vreemdelinAvatar border
TS
vreemdelin
TERJEMAHAN SURAT FIFA UNTUK MENPORA
Quote:



FIFA

Kepada Yang Mulia

Dr. Andi Alfian Malarangeng

Mentri Pemuda dan Olahraga

Jakarta

Zurich, 26 November 2012

SG/tre/oco



Situasi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia

Yang Mulia Bapak Mentri,

Kami akan memberitahukan kepada Anda tentang situasi PSSI saat ini dan resiko sanksi yang mungkin akan menjadi kenyataan dengan segera.

Selama tahun-tahun terakhir ini, FIFA dan AFC telah mengamati dengan dekat situasi sepakbola di Indonesia untuk mengatasi kesulitan yang menghambat perkembangan sepakbola. Kami mulanya berpikir bahwa pembuatan statuta baru dan diikuti dengan pemilihan yang terselenggara pada bulan Juli 2011 akan melahirkan suasana dan jalan baru untuk perbaikan sepakbola di Indonesia. Sayangnya, masalah kembali muncul dengan pertengkaran internal yang berujung pada terbentuknya sebuah liga yang tidak direstui dan sebuah tim nasional tandingan.

Karena AFC dan FIFA masih punya maksud baik untuk membantu persepakbolaan Indonesia, AFC dan FIFA membentuk sebuah Task Force dengan tanggungjawab untuk menyertai proses tersebut dengan menyelenggarakan sebuah forum untuk berdebat atas masalah-masalah yang ada dan membantu memberi nasihat pada pihak-pihak yang terlibat.Sebagai tambahan, sebuah Joint Committee juga dibuat untuk memutuskan hal-hal yang tertunda pembahasannya. Sesudah beberapa kali pertemuan, tampaknya CJ tersebut tidak menghasilkan hasil yang diharapkan seperti yang diperlihatkan pada kontroversi terakhir yang berhubungan dengan masalah pelepasan pemain untuk membela Tim Nasional.

Masalah Indonesia sudah diperdebatkan di tingkat tertinggi FIFA pada beberapa kesempatan. Komite Asosiasi FIFA sudah memutuskan pada Septemner 2012 untuk memberi kesempatan pada PSSI sampai tanggal 10 Desember 2012 untuk mengadopsi statuta baru dan untuk bekerja sesuai dengan rancangan yang baik bagi para anggota/delegasi. Komite sudah mengingatkan bahwa jika terjadi kegagalan, kasus ini akan dibawa dihadapan Komite Eksekutif FIFA pada tanggal 14 Desember 2012 untuk mendapatkan sanksi yang bisa sampai pada penghentian sementara (suspension).

Sayangnya lagi, tampaknya tujuan yang sudah digariskan kembali tidak dapat dicapai dan karena itu kami memperkirakan bahwa PSSI akan mendapat sanksi.

Sungguh dan seperti yang sering kami ungkapkan sebelumnya, peran PSSI adalah untuk mengorganisasi dan mengawasi sepakbola dalam segala jenisnya sesuasi dengan pasal 10 dan 13 Statuta FIFA. Karena itu, liga dari sebuah anggota FIFA harus dibawah pengawasan dan direstui oleh anggota FIFA tersebut (artikel 18 dari Statuta FIFA). Situasi sekarang jelas-jelas tidak sesuai dengan kewajiban tersebut. Keberadaan dari liga illegal/swasta tidak dapat diterima karena hal tersebut memberi peluang atas perilaku yang tidak bisa diterima seperti kurangnya prosedur pengadilan yang adil atau bahkan lebih buruk lagi, pengaturan hasil pertandingan (match-fixing) yang merupakan salah satu keprihatinan utama FIFA pada saat ini.

Karena batas waktu akan segera tiba dan sesuai dengan situasi terkini, kami kembali mengingatkan bahwa pemerintah Indonesia harus sadar akan adanya sanksi yang akan dijatuhkan pada Indonesia. Kami sadar bahwa Indonesia sangat gemar dengan sepakbola dan sanksi tersebut akan memiliki dampak utama bagi Indonesia. Kami sudah berusaha dengan tanpa lelah untuk mengatasi masalah ini tetapi kami mohon maaf bahwa tidak ada lagi pilihan kecuali tujuan FIFA dan AFC dapat dipenuhi atau ada perkembangan yang signifikan sudah dibuat untuk meyakinkan organ FIFA yang terkait.


Hormat kami,

FIFA



Jerome Valcke

Sekretaris Jendral

Cc: AFC

PSSI



(diterjemahkan oleh Y. Nugroho Widiyanto, Mahasiswa S3 Pengajaran Bahasa Asing di Ohio State University, Columbus, USA)

(silakan disebarkan demi perkembangan sepakbola nasional)

SUMBER

Quote:
Diubah oleh vreemdelin 18-12-2012 02:00
0
4.8K
72
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan