rizky16410Avatar border
TS
rizky16410
10 PENJARA TERSADIS DI DUNIA ( WOW )
10 Penjara di dunia ini (WOW)
Dari banyak penjara yang ada didunia ini, ternyata ada beberapa penjara yang termasuk penjara paling sadis didunia, penjara tersebut tidak seperti penjara yang biasanya, dan alat-alat,peraturan dalam penjara-penjara tersebut sungguh tidak wajar dan tidak manusiawi dan akan dirangkum dalam 10 Penjara Tersadis Didunia.

1. Caradiru Prison ( Brazil )



Penjara ini juga pernah menghebohkan Brazil dan dunia ketika pecah kerusuhan besar di penjara tersebut pada tahun 1992. Tragedi pembantaian masal yang melibatkan polisi tersempat, ratusan korban berjatuhan, 103 diantaranya tewas terbunuh. Tragedi Caradiru bermula dari meletusnya perang antara gank di penjara tersebut, yang melebar sehingga melibatkan para narapidana. Polisi kemudian mencarikan bala bantuan, Sebenarnya pada saat itu banyak napi yang menyerah dan melemparkan senjata mereka. Mereka meminta perlindungan polisi, tetapi polisi menjawab dengan menembaki mereka.

Perlakuan brutal dari pihak kepolisian memicu protes dimana-mana, tak terkecuali Amnesty International yang mengkampanyekan penjara tersebut ditutup tahun 2002. Amnesty International menilai telah terjadi pelanggaran-pelanggaran hak asasi manusia dalam penjara tersebut yang tidak dapat ditolerir lagi. Tidak hanya itu, fasilitas dalam penjara itu juga sangat buruk, sehingga dapat menyebarkan penyakit yang mematikan.

Pada masa itu Kepala Kepolisian Metropolitan Sao Paulo adalah Ubiratan Guimaraes, dia adalah orang yang dianggap bertanggung jawab atas tragedy ini. Kasus yang ditimbulkan membuat Guimaraes duduk di kursi pesakitan, ia sempat di adili atas pembunuhan 103 orang. Namun pengadilan kemudian membebaskan Guimaraes karena yang bersangkutan mengatakan polisi melakukan itu karena ditembaki. Pemerintah Brazil menganggap bahwa tragedy itu terjadi bukan tanggung jawab pihak kepolisian.

2. Bang Kwang Prison ( Thailand )



Dikenal sebagai Bangkok Hilton. Penjara ini bisa dibilang tidak layak lagi, selain penuh sesak, juga kekurangan tenaga sipir. Para napi kakinya dirantai, kabarnya banyak napi yang gila karena stress karena melewati bulan-bulan pertama di penjara tersebut. Direktur penjaga Khun Nattee mengakui, kalau penjaranya adalah penjara paling keras di Thailand. Disini fasilitas sangat minim. termasuk kesehatan kepada napi yang sangat standar, napi yang sakit hanya bisa meringkuk dikamar dengan rantai dikakinya, dan hanya bisa menunggu obat datang ( kalau dapat )

3. ADX Florence Supermax Prison ( Colorado )



Penjara ini dibangun sebagai respon atas serangan terhadap para sipir dan staff yang terjadi dipenjara lain di Amerika. di penjara ini diterapkan Maximum Security untuk menghindari seranag napi terhadap sipir ataupun staff penjara, karena para napi diisolasi dari staff penjara. Para napi mengalami penyiksaan psikologis karena selama 23 jam hanya dihabiskan didalam selnya. Mereka tidak bisa kemana-mana.

Menjadi salah satu narapidana di ADX adalah salah satu mimpi buruk tak terlupakan bagi mereka. Disana mereka menerima kondisi paling jelek dari yang terjelek. Karena mereka yang berada disini adalah penjahat kelas kakap atau penjahat yang sudah masuk penjara berkali-kali. Disinilah neraka yang bisa mengakibatkan derita seumur hidup.

Selama 13 Tahun beroperasi, dua orang tawanan dikabarkan mati terbunuh di ADX Florence. Salah satunya Laurence Klaker. Ada yang bilang dia mati ditembak, ada juga yang bilang mati bunuh diri.

4. Alcatraz Island Prison ( San Fransisco, CA )



Penjara ini juga dikenal dengan sebutan The Rock atau Devil Island . Di bangun pada tahun 1920-an. Segala ketidaknyamanan ada disini. Alcatraz dirancang sedemikian rupa, sehingga amat kecil kemungkinan para napi bisa lolos dari penjara ini. Alcatraz menciptakan dunia sendiri. Para napi benar-benar tidak bisa melakukan kontak dengan dunia luar lagi.

Pejabat penjara yang arogan,sipir yang kasar, kebijakan yang tidak manusiawi mewarnai hari-hari para napi disana. Tak usah heran apabila ada yang menjadi gila akibat tekanan psikologis yang luar biasa. di sana ada larangan para napi untuk bercakap-cakap dengan napi lain, kalau tidak menurut, hukuman menunggu. Para napi tidak diperbolehkan mengeluarkan emosinya, mereka disuruh diam. Hak-hak asasi manusia di Alcatraz telah dicabut. Sungguh penjara neraka. Penjara ini ditutup pada tahun 1963, tetapi warisan kegelapan terus hidup dan menjadi legenda. Bagi yang masih penasaran dapat dilihat dalam film Escape From Alcatraz.

5. San Quentin Prison ( California )



Pada tahun 1930'an pengelolaan penjara ini sarat dengan korupsi, sampai akhirnya muncul direktur baru Clinton Truman Duffy yang melihat kondisi tak manusiawi dari penjara ini, memutuskan perbaikan pada tahun 1940'an. Tapi sebelum masuknya direktur baru, penjara ini dikenal dengan penjara yang tidak manusiawi memperlakukan para napi. Kepala mereka dibotaki dan dipaksa menggunakan seragan yang telah diberi nomor. Kamar para napi sangat sempit dan tidak diberikan lampu sama-sekali.Dalam penjara ini, nyawa seseorang tidak ada artinya lagi. Kerusuhan antar ras kerap terjadi, Rasio antara penjaga penjara dan napi tidak sebanding. Itu sebabnya hal itu terjadi diluar kontrol.

6. Diyarbkr Prison ( Turki )




Penjara ini disebut sebagai penjara terkejam di turki, dimana segala kebrutalan dan kesadisan begitu lumrah terjadi. Dari 1981 sampai 1984, 34 orang tawanan tewas karena penyiksaan berlebihan, baik jiwa maupun fisiknya. Belum lagi kakus penyimpangan seksual yang merajalela.

Para napi sebenarnya telah melakukan protes terhadap pengelolaan penjara. Mereka malakukan mogok makan, bahkan membakar diri sendiri sebagai bentuk protes, namun tidak berhasil. Fasilitas penjara ini sangat mengerikan dan jauh dari standar. Di sini pernah terjadi peristiwa menggegerkan dimana anak-anak dijebloskan di sini dan mendapat hukuman penjara seumur hidup. Kejahatan terhadap kemanusiaan sepertinya menjadi peristiwa biasa saja. Tak heran penjara ini masuk dalam salah satu penjara yang paling sadis di dunia.

7. La Sabeneta Prison ( Venezuela )



Venezuela juga memiliki penjara tak kalah brutalnya, yakni La Sabeneta, dimana kekerasa menjadi santapan hari-hari para napi. Fasilitas yang sangat minim, membuat wabah penyakit begitu mudah menyebar. Maklum, pelayan dokter sangatlah minim, bahkan nyaris tak ada. Makanan kurang dengan menu yang jauh dari sederhana.

Kondisi napi di penjara La Sabeneta adalah yang jelek dari yang terjelek. Tak heran kalo wabah kolera sempat mampir kemari dan memakan korban 700 napi. Disini pun pernah terjadi pembantaian masal yang mengambil korban 100an napi pada tahun 1994. Kematian merajalela di La Sabeneta. Salah sedikit, nyawa bisa melayang. Para staf penjara yang malas mengurus napi, sehingga para napi bisa leluasa berbuat semaunya. Mereka berkelahi bahkan membunuh sesama napi. Para penjaga menutup mata atas kejadian-kejadian ini.

8. Rikers Island Prison ( New York )



Penyiksaan brutal membuat penjara ini begitu dikenal di Amerika. Pada tahun 2007, tawanan Charles Afflic mengalami penyiksaan yang berlebihan dari penjaga penjara sehingga harus menjalani pembedahan otak. Sebanyak 6 napi bunuh diri di selnya karena tak tahan dengan suasana penjara menekan, pada 2003.

Kecendrungan bunuh diri ini memungkinkan karena kondisi hidup yang mengerikan disana. Penjara yang terlalu padat, fasilitas minim, serta aneka kekerasan yang terjadi disana, diduga sebagai pemicu tindakan bunuh diri.

9. La Sante Prison ( Paris, Perancis )



Seperti penjara maut lainnya, disini pun nyawa manusia tak berharga. perlakuan brutal merajalela. Kesewenangan pengelola penjara membuat kehidupan napi benar benar tidak berharga. Banyak napi akhirnya menjadi gila. Sel-sel penjawa yang penuh kutu dan tikus, semakin membuat napi stress.

Sungguh ironis dengan arti kata La Sante yang berarti Health/Kesehatan dalam bahasa inggris. Karena pada kenyatannya hidup di sana sungguh tidak sehat. Perbudakan antar sipir ke napi, napi ke sesama napi, sudah menjadi biasa. Kasus rudapaksaan antar sesama napi sangat tinggi dan terjadi setiap hari. Tak heran kalo banyak napi tak tahan dan akhirnya bunuh diri, atau menjadi gila. Sepanjang tahun 2002 dikabarkan terjadi 122 kasus bunuh diri napi dan disusul 73 napi pada pertengahan 2003.

10. Tadmor Prison ( Suriah )



Kematian di penjara ini seperti tak terhitung banyaknya. Kekerasan di Tadmor begitu mengerikan dan benar-benar tak kenal ampun. Seorang mantan napi Tadmor menggambarkan penjara ini sebagai kerajaan maut dan kegilaan mengerikan.

Tadmor memiliki penjaga haus darah, narapidana penjagal, dan tawanan politik. Pada 1980, sesudah percobaan pembunuhan Preisden di Damaskus, narapidana terpaksa membayar mahal. Para prajurit penyerang penjara, mereka menggunakan helicopter dan mendarat di Tadmor. Para prajurit ini membantai 500 orang tawanan di sel mereka. Para napi ini mati menggenaskan, tidak dapat menyelamatkan diri karena para sipir merantai kaki mereka di sel.
0
10K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan