KASKUS

AC jazz 04 manual

gan mo nanya nih..
mobil ane jazz 04 manual kalo pake ac mesin kadang jd tersendat. trus yang paling parah kalo uda jalanan macet si RPM nya tiba2 naik sendiri sampe 2000 lebih n ga mau turun. trus AC jd ga dingin sama sekali yang keluar angin nya aja. kmrn coba tune up di bengkel resmi kata nya semua msh ok. tp masalah nya msh tetep ada kalo lagi macet. kira2 apa masalahnya ya? thx before...
Quote:Original Posted By thierry310709
gan mo nanya nih..
mobil ane jazz 04 manual kalo pake ac mesin kadang jd tersendat. trus yang paling parah kalo uda jalanan macet si RPM nya tiba2 naik sendiri sampe 2000 lebih n ga mau turun. trus AC jd ga dingin sama sekali yang keluar angin nya aja. kmrn coba tune up di bengkel resmi kata nya semua msh ok. tp masalah nya msh tetep ada kalo lagi macet. kira2 apa masalahnya ya? thx before...


Gejala mampet bisa gan jd perform mesin terganggu dan berat. Kl mslh panas kl mcet dcek klistrikannya
Evaporator kotor penyebab ac bau dan angin kecil











Quote:Original Posted By rhendie
ane punya gerobak COLT120ss gan buat nganter nenek kondangan..
dulu ada ACnye gerobak ane gan, semenjak temperaturnya panas terus.. ane cabut dah karet fanbell nye, trs ga nyala lg dah..
nah sekarang ane mao tanya kalo ane mau aktifin ACnya lagi kira2 bisa ya gan..??
mohon pencerahanya gan.. mudah2an bisa dingin lagi gerobak ane , kasian nenek kalo naek mobil ntu kipas2...


bisa banget gan dcek satu2 aja lihat. mana yg harus dganti mana yg bisa dipake...
Quote:Original Posted By ardii1988
Gan mau tanya, tentang kompresor ac,
saya mau ganti kompresor ac mobil dengan kompresor ac rumah,
kira2 sistem pengaliran freon nya sama tidak, apa bila tidak sama, kira2 dimana bedanya,.
yang saya tau di sistem ac,
kompresor -> kondensor -> filter (driyer) ->expantion valve-> evaporator ->kompresor.
mohon pencerahanya ya,



Wah ga bisa gan.. Karena sistem kompresor mobil dan rumah beda. Kalo mobil ikut putaran mesin. Kalo rumah kan dinamo.. Dan input power listriknya juga berbeda..
Quote:Original Posted By RianFahri
salam kenal mas bro Mw tanya ac mobil futura 1.3 thn 95,sekarang saya pakai ac sdh DB n memakai kompresor sanden dengan kondensor ad 2 buah,yg 1 ditempatkan dibawah belakang ban depan bagian kanan ukurannya tidak tw tp hampir sama besar dengan radiator tp lebih kecil n yg 1 didepan radiator.AC hanya mengeluarkan angin saja.yg mw saya tanyakan sbb :

1.kira2 faktornya krn apa.??
2.klo kerusakannya pada kompresornya,bisakah diperbaiki or tidak n klo bisa biayanya brp n dijamin bisa dinginkah serta tahan berapa lama.??
3.bagusan mana kompresor merk sanden or ND klo buat carry 1.3 yg sdh DB.?
4.untuk merk sanden yg bagus buat carry typenya brp n klo ND typenya brp sekalian harganya+masang.??
5.apakah kondensor bisa juga rusak,n klo rusak bisakah diperbaiki n harganya brp..??
6.klo kompresor ad merk sanden n ND,bagaimana dengan kondensor apakah ada merknya juga n klo ada,merk apa yg bagus.??
7.apa bener klo ac carry nga bisa sedingin kaya sedan dikarenakan mesinnya dibawah jok depan sekalipun peredamnya sdh bagus

segitu dulu pertanyaan dr saya n ditunggu jawabannya.thank's


Iya gan.. Kao dr crta agan kmungkinan ada kebocoran di sistem ac agan.. Solusnya kita cari kebocran semua satu2 gan.. Klo mslh kompresor memang bg denso tp biaya lbh mahal dan rubah dudukan yg sdh ada skrg.
Quote:Original Posted By RianFahri
salam kenal mas bro Mw tanya ac mobil futura 1.3 thn 95,sekarang saya pakai ac sdh DB n memakai kompresor sanden dengan kondensor ad 2 buah,yg 1 ditempatkan dibawah belakang ban depan bagian kanan ukurannya tidak tw tp hampir sama besar dengan radiator tp lebih kecil n yg 1 didepan radiator.AC hanya mengeluarkan angin saja.yg mw saya tanyakan sbb :

1.kira2 faktornya krn apa.??
2.klo kerusakannya pada kompresornya,bisakah diperbaiki or tidak n klo bisa biayanya brp n dijamin bisa dinginkah serta tahan berapa lama.??
3.bagusan mana kompresor merk sanden or ND klo buat carry 1.3 yg sdh DB.?
4.untuk merk sanden yg bagus buat carry typenya brp n klo ND typenya brp sekalian harganya+masang.??
5.apakah kondensor bisa juga rusak,n klo rusak bisakah diperbaiki n harganya brp..??
6.klo kompresor ad merk sanden n ND,bagaimana dengan kondensor apakah ada merknya juga n klo ada,merk apa yg bagus.??
7.apa bener klo ac carry nga bisa sedingin kaya sedan dikarenakan mesinnya dibawah jok depan sekalipun peredamnya sdh bagus

segitu dulu pertanyaan dr saya n ditunggu jawabannya.thank's


Iya gan.. Kao dr crta agan kmungkinan ada kebocoran di sistem ac agan.. Solusnya cari kebocran semua satu2 gan.. Klo mslh kompresor memang bg denso tp biaya lbh mahal dan rubah dudukan yg sdh ada skrg.

AC Bocorya

ketika sudah ganti2 selang, dan tambal sulam perangkat2 lain yg sudah bocor.. kebanyakan bocor dari mana ya?

gejalanya kalo sudah "1 bulan mesti freon habis lagi".
kompresor berbunyi. apakah dari kompresornya yg bocor?
Quote:Original Posted By diiizan
ketika sudah ganti2 selang, dan tambal sulam perangkat2 lain yg sudah bocor.. kebanyakan bocor dari mana ya?

gejalanya kalo sudah "1 bulan mesti freon habis lagi".
kompresor berbunyi. apakah dari kompresornya yg bocor?


semua part bisa terkena masalah bocor gan.. coba cek menyeluruh satu persatu dperiksa. jangan tambal sulam saja tapi total ..... termasuk kompresor juga juga bs maslh bocor
om numoangn tanya,

mobil ane grand vitara, kalo siang terik ac nya tuh suka panas gitu knp ya om, kadang dingin trus panas trus dingin lg, kalo malem jg gitu tp ga terlalu berasa panasnya. kayanya pas kompresor cut off langsung panas gitu, pas nyala lg keluar deh hawa dinginnya.
udah pernah cek ke bengkel ternyata extra fan mati, dah dibenerin tetep aja gitu ac nya bos.
kalo ane perhatiin lamanya kompresor nyala and cut off kayanya cuma sebentar, biasanya kan kalo udah sampe suhu ideal baru cut off kan kompresornya?

mohon pencerahannya om hehe, thx
Quote:Original Posted By layev
om numoangn tanya,

mobil ane grand vitara, kalo siang terik ac nya tuh suka panas gitu knp ya om, kadang dingin trus panas trus dingin lg, kalo malem jg gitu tp ga terlalu berasa panasnya. kayanya pas kompresor cut off langsung panas gitu, pas nyala lg keluar deh hawa dinginnya.
udah pernah cek ke bengkel ternyata extra fan mati, dah dibenerin tetep aja gitu ac nya bos.
kalo ane perhatiin lamanya kompresor nyala and cut off kayanya cuma sebentar, biasanya kan kalo udah sampe suhu ideal baru cut off kan kompresornya?

mohon pencerahannya om hehe, thx



kl mmng ac cut off bagus brarti ac agan kotor jd dgn ga maksimal bgt gan... kecuali cut off ga normal br kita curigain ke magnet clutch...
Quote:Original Posted By reindysuwandi
Evaporator kotor penyebab ac bau dan angin kecil













gan, mau nanya mobil ane Nissan Terrano ac nya kadang dingin kadang gak, klo ga dingin cmn angin doang plus bau pula..
udah di cek, kyny magnetic clutch nya yg udah lemah..kmrn pernah ganti magnetnya aja tp kadang masih suka gitu acnya..
magnetic clutch itu ada elektrikalnya ga sih??bisa benerin ga gan??
sekalian mau ngecek keseluruhan sistem ac nih..evap, kondensor, dryer, expansion dkk nya hehe
Quote:Original Posted By M_A780
gan, mau nanya mobil ane Nissan Terrano ac nya kadang dingin kadang gak, klo ga dingin cmn angin doang plus bau pula..
udah di cek, kyny magnetic clutch nya yg udah lemah..kmrn pernah ganti magnetnya aja tp kadang masih suka gitu acnya..
magnetic clutch itu ada elektrikalnya ga sih??bisa benerin ga gan??
sekalian mau ngecek keseluruhan sistem ac nih..evap, kondensor, dryer, expansion dkk nya hehe


iya magnet itu bagian dr electricl juga yang dialiri arus listriknya. kl mmng magnet nya bagus brarti ada mslh lain seperti relay lemah juga bisa...

ac ford lynx 97

gan mobil ane ford lynx 97 ac nya kurang dingin kalo jalan normal,
kalo jalanan macet keluarnya angin doang kek gak ada acnya
panas malah, tadi ane bawa ke bengkel ac dicek katanya kompresor
rusak, suara udah ngorok , dicek di dryernya keluar cairan hitam kayak kecampur oli, kata dia udah parah oli udah kemana-mana termasuk
kondensornya, saran dia diservice semua, kondensor dan kompresor
harus diganti kata dia,karena kondensor juga udah kelihatan item item
ada olinya katanya. apakah benar harus diganti semua kayak pasang baru ya gan, oh iya dia adanya kompresor second ex singapur menurut
agan bagaimana ? kalo baru gak ada,kalo kw untuk ac ford lynx ada gak ya gan ? ford lynx ini sama kayak mazda lantis sih gan spare partnya

bisa pm gak gan dimana bengkel dan biayanya, terus bagaimana sokusinya


Quote:Original Posted By hermitmode
gan mobil ane ford lynx 97 ac nya kurang dingin kalo jalan normal,
kalo jalanan macet keluarnya angin doang kek gak ada acnya
panas malah, tadi ane bawa ke bengkel ac dicek katanya kompresor
rusak, suara udah ngorok , dicek di dryernya keluar cairan hitam kayak kecampur oli, kata dia udah parah oli udah kemana-mana termasuk
kondensornya, saran dia diservice semua, kondensor dan kompresor
harus diganti kata dia,karena kondensor juga udah kelihatan item item
ada olinya katanya. apakah benar harus diganti semua kayak pasang baru ya gan, oh iya dia adanya kompresor second ex singapur menurut
agan bagaimana ? kalo baru gak ada,kalo kw untuk ac ford lynx ada gak ya gan ? ford lynx ini sama kayak mazda lantis sih gan spare partnya

bisa pm gak gan dimana bengkel dan biayanya, terus bagaimana sokusinya




Kl mmng komp ud kaya agan crtain hrs ganti.. Lantis sih kayaknya masi ada barunya. Kondensor sbnrnya bs dflushing kl ga mampet tp krn komp baru dganti aja ga resiko.. Kemudia ekspansi dan drier jg dganti. Ud itu aja sisanya kl ga da bocor cukup dibersihkan..

Selamat pagi
Mw tanya dikit masalah AC om, Mobil saya suzuki escudo 2005, kemarin pagi gk sengaja pipa alumunium yg ke evaforator kepegang ama saya, dan WOW...ternyata panas banget, karena takut terjadi apa2 Ac saya matikan, tp tetep panas,
Itu kira2 knp ya om? Apa pipanya mampet trus panas ya?
Hari ini saya test idupin AC 2menit, saya liat dari selang pembuangan koq gk keluar airnya.
Kalo kayak gitu yg rusak apanya om? Kira2 biaya perbaikannya brp ya?
Terima kasih
Quote:Original Posted By reindysuwandi



kl mmng ac cut off bagus brarti ac agan kotor jd dgn ga maksimal bgt gan... kecuali cut off ga normal br kita curigain ke magnet clutch...


wah bos thx replynya

kalo cut off kompresor berdasarkan apa om?suhu?kalo ane perhatiin kompresor nyala ga ada setengah menit trus off kira2 stengah menit jg trus on lg, apa normal begitu om?

thx ya, ane bayar cendol aja ya om
Quote:Original Posted By ades78
Selamat pagi
Mw tanya dikit masalah AC om, Mobil saya suzuki escudo 2005, kemarin pagi gk sengaja pipa alumunium yg ke evaforator kepegang ama saya, dan WOW...ternyata panas banget, karena takut terjadi apa2 Ac saya matikan, tp tetep panas,
Itu kira2 knp ya om? Apa pipanya mampet trus panas ya?
Hari ini saya test idupin AC 2menit, saya liat dari selang pembuangan koq gk keluar airnya.
Kalo kayak gitu yg rusak apanya om? Kira2 biaya perbaikannya brp ya?
Terima kasih


hmmm pertama ac dingin ga? karena ane ga tau ni kadar panasnya gimana jadi kita patokan ke suhu kabin aja , jd gini kalo ac dingin stabil berarti panas yg agan rasakan tidak perlu dikhawatirkan, kecuali ac jg ga normal dinginnya berarti memang paasnya sudah terlalu parah alias high press tinggi.

kalo sebabnya banyak dr kompresor yg masalah sampai sistem pendinginan di kondensor yg tidak maksimal.

Quote:Original Posted By layev


wah bos thx replynya

kalo cut off kompresor berdasarkan apa om?suhu?kalo ane perhatiin kompresor nyala ga ada setengah menit trus off kira2 stengah menit jg trus on lg, apa normal begitu om?

thx ya, ane bayar cendol aja ya om


seger om cendolnya. thx

iya bener cut itu tergantung suhu nya om.. ini case evap agan ketutup kotoran jd sensor ga maksimal kerjanya..
klo mau cek atw service ac yg bagus dimana ya klo di bekasi.
apv saya th 2005 blm pernah di cek/service ac nya. kayanya skrg kurang maksimal dinginnya.
tx
go go