soiponAvatar border
TS
soipon
{Demi Tutupi Utang} Bakrie Pastikan Lepas Aset Tol dan Lahan Lido ke Hary Tanoe (MNC)
Bakrie Pastikan Lepas Aset Tol dan Lahan Lido ke Hary Tanoe
Whery Enggo Prayogi - detikfinance
Selasa, 11/12/2012 16:24 WIB

Jakarta - PT Bakrieland Development Tbk (ELTY) pastikan melepas beberapa asetnya demi membayar utang. Melalui anak usahanya, PT Bakrie Toll Road (BTR), lima ruas tol dijual ke Grup MNC milik pengusaha Hary Tanoe senilai Rp 2 triliun.

Presiden Direktur ELTY, Ambono Janurianto menjelaskan, ruas tol telah berpindah tangan ke grup MNC yang meliputi Kanci-Pejagan, ataupun yang masuk dalam konsesi Pejagan-Pemalang, Pasuruan-Probolinggo, Batang-Semarang, Ciawi-Sukabumi serta Cimanggis- Cibitung.

Menurutnya, akuisisi ini akan segera tuntas sebelum pergantian tahun 2012. Kesepakatan angka transaksi antara Bakrie-MNC telah terjadi beberapa minggu lalu.

"Semua masih meninggu penyelesaian, diharapkan bisa selesai tahun ini juga," kata Ambono di Jakarta, Selasa (11/12/2012).

Penjualan satu paket juga termasuk akuisisi lahan 1.000 ha yang dikuasai Bakrieland. Niat Bakrie untuk membangun taman bermain kelas dunia, layaknya Disney, akan diteruskan Hary Tanoesoedibjo.

Sayangnya Ambono belum mau menyebut detail transaksi lahan strategis di Lido tersebut. Keseluruhan penjualan aset ini diharapkan akan meringankan perusahaan, karena hasilnya diperuntukan sebagai pengurangan utang.

"Tahun depan, beban utang kami terutama dari BTR bisa berkurang," paparnya.


Niat Grup MNC, melalui PT MNC Land Tbk (dulu bernama PT Global Land Development Tbk) memang sudah terdengar lama. Sebelumnya lokasi pilihan pendirian theme park adalah Bali, kawasan wisata yang sudah dikenal masyarakat dunia.

Total investasi pendirian theme park ini mencapai Rp 6 triliun. Selain membangun taman hiburan, perseroan berencana membangun kawasan terintegrasi mulai dari hotel, resort. Akibat sulitnya mencari lahan di Bali, MNC pun mengalihkan pembangunan ke Lido.

[url=http://finance.detik..com/read/2012/12/11/162435/2115528/6/bakrie-pastikan-lepas-aset-tol-dan-lahan-lido-ke-hary-tanoe?f9911023]Source[/url]

MNC Ambil Alih Tol Bakrie Rp2,1 Triliun
Nur Januarita Benu - Okezone
Selasa, 11 Desember 2012 19:01 wib

JAKARTA - PT Bakrieland Development Tbk (ELTY) yang membawahi PT Bakrie Toll Road (BTR) mendivestasikan aset (menjual) lima ruas tol kepada MNC Group. Divestasi aset tersebut tak hanya mencakup tol, tapi juga beserta seluruh karyawan BTR.

"Semuanya di BTR dijual, beserta seluruh karyawannya. Hanya ada beberapa karyawan di jajaran eksekutif yang kami tahan," kata Presiden Direktur Bakrieland Ambono Janurianto, saat Paparan Publik, di Elite Club, Jakarta, Selasa (11/12/2012).

Dia juga mengatakan, kelima ruas tol yang dijual ke MNC Group tersebut, yakni tol Ciawi-Sukabumi, Batang-Semarang, Kanci- Pejagan, Pejagan-Pemalang dan Cimanggis-Cibitung.

"Penjualan aset tol ini nilai enterprise-nya kurang lebih Rp2,1 triliun. Harganya memang tidak terlalu bagus, tapi kita memang harus sudah prepare itu," ungkapnya.

Ambono menyatakan, saat ini proses penjualan aset tol ini belum mencapai final closing dengan pihak MNC Group, milik Hary Tanoesoedibjo. Padahal pihaknya menargetkan, dapat terealisasi pada tahun ini.

"Divestasi sudah hampir menjadi kenyataan. Harus berhati-hati menyampaikan hal ini. Sudah disiapkan dari dua minggu lalu, sudah terjadi ksepakatan. Tapi, Ada persyaratan-persyaratan yang belum capai final closing," jelas Ambono.

Syarat-syarat tersebut di antaranya sindikasi bank pada aset tol tersebut. Salah satunya BNI.

"Tapi saya tidak melihat ada sesuatu yang besar yang dapat membatalkan. Idealnya selesai tahun ini, agar chapter jalan tol tidak kebawa di 2013," imbuhnya. (wdi)

Source

Selasa, 11 Desember 2012 | 19:52 WIB
Bakrie Jual Lido Resort ke Hary Tanoe

TEMPO.CO, Jakarta - PT Bakrieland Development Tbk (ELTY) tak hanya menjual PT Bakrie Toll Road, anak usaha yang bergerak di infrastruktur jalan tol, kepada Hary Tanoesudibjo. Perusahaan ini juga menjual aset properti Lido Resort kepada bos MNC Group itu.

Direktur Utama Bakrieland, Ambono Janurianto, menyatakan transaksi penjualan resor yang terletak di Sukabumi itu bersamaan dengan transaksi penjualan Bakrie Toll Road. "Sekitar dua pekan lalu. Malah mungkin transaksi Lido ini bisa cepat rampung ketimbang jalan ton," kata Ambono ketika menggelar paparan publik perusahaan di Elite Club Epicentrum, Selasa, 11 Desember 2012.

Menurutnya, aset pariwisata ini memang sudah dilirik oleh Hary Tanoe untuk nanti dikembangkan. ELTY sendiri memiliki saham sebanyak 50 persen di aset tersebut. Semua sahamnya itu, kata dia, bakal dilepas dan menjadi milik Hary Tanoe seutuhnya.

Sayangnya, Ambono masih enggan membuka angka penjualan aset properti yang seluas 1.037 hektare tersebut. Ia memperkirakan nilai perusahaan atau enterprise value dari Lido Resort bisa mencapai Rp 1 triliun. Sama dengan penjualan Bakrie Toll Road, alasan penjualan Lido Resort adalah untuk mengurangi beban utang perusahaan.

Source

Selamat kepada Hary Tanoe (MNC)! Semoga bisa mengelola ruas tol yang dibiarkan mangkrak oleh Bakrie dan membangun aset Lido Resor menjadi kebanggaan Indonesia.

Selamat juga pada Bakrie sehingga dapat dana untuk menutupi utang2nya yang bejibun dan bisa menarik nafas.

emoticon-Matabelo
0
2.7K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan