Quote:Original Posted By lugazh
Anlisa lanjutan :
Sebenenya analisa ini baru bisa dilakukan kalau point yang dijelaskan di summary sudah dilakukan. Ekspektasinya adalah kalau misal IACV sudah di bersihkan atau bahkan diganti dgn yang baru maka mesin akan beroperasi normal pada RPM idle. Tapi pun misal masih juga bermasalah maka suspect nya bisa jadi ada di part lain, bisa jadi ECU nya atau part lain di mesin. Sekali lagi utk sampai ke poin analisa lanjutan ini sebaiknya saran yang ada di bagain summary di lakukan terlebih dahulu

1. ECU apa om prie ane lagi coba bongkar2.
2. apa setiap kali bongkar IACV gasketnya harus diganti om? pakae sealed gasket bisa ya?
3. trus posisi lubang kecil disamping lubang besar apa memang ditutup gasket?
4. kalau mau kasih gasket pake sealer, ngolesinnya di badan ECCS nya atau dibadan IACV-nya?


hadeh lier bongkar sendiri....maklum udah generasi tuwir om..
Quote:Original Posted By lugazh

2. apa setiap kali bongkar IACV gasketnya harus diganti om? pakae sealed gasket bisa ya?
3. trus posisi lubang kecil disamping lubang besar apa memang ditutup gasket?
4. kalau mau kasih gasket pake sealer, ngolesinnya di badan ECCS nya atau dibadan IACV-nya?

hadeh lier bongkar sendiri....maklum udah generasi tuwir om..


Ane jawab ya :
2. Paking atau gasketnya biasanya gak rusak Om kalo nyopot IACV, makanya jgn dipakein sealent banyak2. Atau malah kalo masih ada packing nya dan kondisi masih bagus, gak usah ditambahin sealent juga gpp.
3. Ketutup Om, pan kalo lihat di body ECCS nya cuma ada satu lubang doang khan (yang besar), lubang kecilnya gak ada. Itu ketutup sama packing nantinya.
4. Kalo gak ada gasket atau packingnya bisa bikin dgn nyeplak bentuk luar IACV nya. Kemaren waktu ane bongkar IACV juga gasketnya ancur karena ane kebanyakan pake sealent, jadi pas dibongkar gasketnya nempel semua. Mau gak mau dikerok pake cutter biar bersih. Setelah itu ane bikin gasket abal2 dari kertas bungkus rokok A-Mild (kebetulan kemaren nemunya bungkus rokok ini doang). Kasih sedikit sealent, mau sealentnya diolesih di packing atau di body eECCS sama aja. Naaah misal pas bongkar IACV dah gak ada gasketnya ya pastiin masangnya lagi nanti pake sealent secukupnya.

Btw, nyambung infonya yang baru terungkap dari B13 gorup di FB kalo ternyata selang vakum booster rem bocor. Kalo aja kondisi ini diawal dikasih tau mungkin analisa nya gak meleber kemana2. Kondisi vakum yang bocor mempengaruhi idle Om Gus. Jadi ini di prioritasin dulu penyelesaiannya, cari selang vakum booster yang bener sebagai gantinya.

Kalo di kasus ane pernah ngalamin ujung selang vakum booster rem pecah, tapi masih bisa diakalin dgn potong seperempat trus ganti selang biasa (yang bagus yang tahan vakum). So far sampe sekarang aman2 aja. Walau gitu ane tetep ngerekomendasiin ganti sama selang vakum booster rem yang utuh juka memungkinkan. Selang IACV juga begitu, pastikan gak ada yang pecah atau bocor. Kalo selang ini sedikit lebih mudah utk replacementnya, karena gak ada valve nya seperti halnya selang vakum booster.


~Prianto~
baru sempat bersihin Air Filter, Air Flow sama throttle body. Untuk IACVnya belum sempat... waktu pengerjaannya tidak sampai 60 menit





Quote:Original Posted By preeant
Mau sedikit kasih field report utk acara ngoprek dadakan bersama hari minggu kemarin. Kebetulan ada dua member forum dimarih yaitu Om Kenzie dan Om Yudhi yang curhat masalah kondisi idle di Genesis nya yang gak stabil. Indikasinya RPM terasa "ngayun" atau turun naik, dan juga RPM ngedrop kalo gas habis di sentak. Sempet ane saranin dulu utk melakukan service standard utk mencoba solved problem RPM idle ini, tapi terkendala karena belum pernah melakukan hal itu sebelumnya. Walaupun sebenernya petunjuk DIY dah pernah di posting di forum ini juga, tapi keragu2an utk mengerjakannya sendiri masih ada.

Akhirnya Om Ary berinisiatif utk ngoprek bareng aja sebatas DIY service standard, dgn catatan masing2 mengerjakan B13 nya. Karena ini bukan bengkel dan sifat DIY adalah dikerjakan sendiri atau bisa disebut juga DWYOR (Do it With Your Own Risk), maka sebenernya acara ngoprek bareng dadakan kemaren lebih mirip kaya project coba2 utk menyebarkan virus DIY kepada sesama owner B13 Genesis, supaya bisa lebih "care" utk perawatan B13 dan memberanikan diri utk mencoba melakukan perawatan rutin yang sebenernya mudah utk dilakukan sendiri. Dengan ekpektasi tentunya masalah RPM idle bisa terselesaikan.

Hari minggu kumpul di parkiran depan toko Om Ary dipinggir Jl.Cirendeu Raya, janjian jam 9 pagi tapi juragan tokonya baru nongol jam 10. Total B13 yang ngumpul ada enam, 4 Genesis dan 2 Sunny.





Karena udah mulai berasa panas terik mataharinya, langsung dimulai aja acara DIY nya. Ane tendem sama Om Yudhi sedang Om Ary tendem sama Om Kenzie. Target DIY service standard nya kali ini adalah :
1. Bersihin TB
2. Bersihin filter udara dan box filternya
3. Bersihin busi
4. Bersihin filter bensin (optional)
Peralatan atau tools standar yang dibutuhkan : Kunci 10 model T panjang, Carburator cleaner, Kunci busi, kain lap

Sebagai tambahan DIY service standarad adalah :
5. Bersihin MAF sensor
6. Bersihin IACV
Standard tools yang dibutuhkan : Kunci 10 model T pendek, Tang jepit, MAF sensor celaner, Carburator Cleaner, obeng (+), lem sealant (optional)

Utk pengerjaan di bengkel umumnya service standard mobil hanya utk point 1-4, sedangkan point 5-6 umumnya dikerjakan hanya bila diminta. Sedangkan masalah idle di B13 Gensis justru seringkali penyebabnya adalah point 5 dan 6 yang kotor/perlu dibersihkan.

Sayangnya karena keasikan ngoprek sampe lupa di dokumentasikan pas masing2 lagi pada kerja jadi mekanik dadakan.... Dan dari empat Genesis yang ada cuma kelar kepegang tiga doang, Gene ane, Gene Om Yudhi dan Gene Om Kenzie bisa kelar, sementara Gene nya Om Ary nyusul sendiri selanjutnya. Tapi full support Om Ary sebagai tendem nya Om Kenzie emang patut dapet acungan jempol, sampai masalah vakum bocor juga bisa terselesaikan...



Berikut pose Om Yudhi setelah kelar DIY service standard di Gene nya sendiri. Ternyata gak susah khan ya Om...



Kalo yang ini foto para wisudawan sarjana lulusan DIY service standard Nissan B13, semoga bermanfaat ya utk perawatan B13 nya masing2... (dari kiri ke kanan : Om Denna, Om Nolien, Om Ary, Om Kenzie, Om Yudhi)



Naah yang ini penampakan sexy Sunny nya Om Nolien, the only B13 yang ane tau jalan wara wiri pake kutang. Muantaabhh....sebelumnya pernah ane singgung masalah range harga Nissan Sunny, jadi ini adalah B13 Sunny yang dulunya Om Nolien angkat seharga 7 jt. Tapi utk sampe jadi kaya gini butuh pengorbanan euy restorasinya, secara kalo diitung total udah bisa abis sampai kisaran 20 jt....



Sekian field reportnya kali ini......


~Prianto~


absen sore sambil nyimak, mantab jaya acara ngoprek barengnya, istimewa sampe2 toko tetangganya Om Ary ditutup smua nyambut tim VIP B13 kaskus
Quote:Original Posted By preeant






Permasalahan utama :
Potensi penyebab permasalahan :
1. Suplai bensin yang tidak normal
2. Sistem pengapian yang terganggu
3. Kondisi sensor2 vital yang kotor atau rusak

3. Utk kondisi sensor2 yaitu MAF sensor dan IACV-AAC
Jadi kita akan fokus di point ke-3 ini sebagai potensi penyebab permaslaahan...

Tindakan awal:

Mohon dijelaskan dimarih Om, itu nyemprot MAF sensornya pakai apa...?? MAF sensor cleaner atau Carburator cleaner...??



Ini waktu di test nya dalam kondisi soket MAF sensor terpasang atau tidak...?? Kalau waktu test soket MAF sensornya terpasang dan mesin bisa nyala ketika gas dipanteng di RPM 2500 ketas, asumsi ane MAF sensornya masih berfungsi dengan baik. Soalnya kalo dalam keadaan soket MAF sensor terpasang dan kita coba stater mesin dgn pedal gas di tahan, misal MAF sensornya udah modar tuuh mesin gak bakalan bisa nyala.


Anlisa lanjutan :
Sebenenya analisa ini baru bisa dilakukan kalau point yang dijelaskan di summary sudah dilakukan. Ekspektasinya adalah kalau misal IACV sudah di bersihkan atau bahkan diganti dgn yang baru maka mesin akan beroperasi normal pada RPM idle. Tapi pun misal masih juga bermasalah maka suspect nya bisa jadi ada di part lain, bisa jadi ECU nya atau part lain di mesin. Sekali lagi utk sampai ke poin analisa lanjutan ini sebaiknya saran yang ada di bagain summary di lakukan terlebih dahulu.

Semoga bisa membantu....


~Prianto~


1. maf sensor ane semprot2 dengan maf cleaner setelah keliling2 seluruh toko onderdil mobil di ptk, akhirnya dapat di ACE
2. Mobil dinyalakan setelah socket dipasang.
Kasus yg terjadi setelah iacv dan maf dibersihin sama yaitu mobil nyala sekali kick dan pada rpm diatas 2500 bagus, cuman pada kasus setelah iacv dibersihin, bunyi mesin lebih stabil dan halus, tapi itupun tidak berlansung lama sekitar 30 detik trus rpm drop dan gak lama mati.
Yang ane heran setelah sekali kick nyala, habis mati trus distart susah sekali bahkan seringnya gak mau nyala.
Apa mesin nyala settelah disempot2 pake carbu cleaner dan maf cleaner bukan karena doping dari bahan cleaner tersebut yg masih tersisa? sehingga setelah bahan cleaner habis, mesin trus mati dan gak mau nyala?
tapi ini baru pikiran ane om,

harap dibaca baik2 dari awal sampe akhir

Quote:Original Posted By lugazh
om2 sekalian , tentu udah pada tahu semua problem yg lagi ane hadapi. sejauh ini part yg sudah ane ganti meliputi :
- busi
- coil
- cup delco
- fuel pump
- fuel filter
- air filter
dan bengkel teralkhir katanya juga udah bersih2in
tapi problem hidup sebentar trus blebek...blebek...mati masih saja terjadi.
biasanya setelah dibersihin, mobil nyala dan digas2 dgn posisi rpm 2500 ketas nrmal saja, tapi begitu dilepas...itulah trus blebek...blebek...sendat2 trus mati, habis itu distart susah lagi, kalu pun hidup setelah dikick agak lama....paling cuman sebentar nyala.
kayak tadi habis ane semprot2 sensor maf nya, ane pasang terus start...nyala...meraung-raung.....begitu dilepas..gak lama mat dan susah distart lagi.......pusing...pusing...
Mau tanya nih om IACV-ACC itu fungsinya untuk apa dan dimana posisinya..kalau yg diujung eccs itu apa ya?
Trus apa2 saja yg bisa dibersihin secara DIY hal2 yg berhub dengan injecksi
Tadi ane berani2 in buka IACV trus ane semprot2 pake carbu cleaner, cuman ane ragu mau nyopot bendolan yg kayak condensator ntuh, secara ane semprot2 memang kotor sekali, sampai habis setengan carbu cleanernya, tapi masih keluar warna coklat2nya, seperti blum bersih.
bagian mana aja seh yg harus dibersihin dibag IACVnya? apa yg bendol kayak condensor boleh dilepas dan dibersihin pake carbu, secara nampak sih ada bautnya 2 buah.
Habis ane semprot2 ane pasang, start...langsung jreng dan mesinnya meraung-raung, secara suara enak gak sendat2..........tapi gak lama setelah ane lepas gas n dalam posisi idle.......trus drop di 500 rpm dan gak lama mati....dan seperti biasanya susah distart lagi.
Ane pikir apa nyalanya karena pengaruh doping carbu cleaner yg masih tersisa ya....kok sepertinya begitu doping carcu cleanernya habis trus drop lagi?
makasih ya om-om atas respon dan atensinya


setelah dibaca2 betmen rasa gak perlu terlalu banyak quotenya, langkah pertama ya quote penyakitnya dulu aja...

ini kayaknya betmen pernah ngalamin deh, kebetulan kejadiannya di ichan & di SJ410 betmen... dua mobil, gejala ampir sama, penyebab yang berbeda..

sebelumnya maaf, betmen gak bermaksud mentahin lagi analisa dari temen2 disini ya.. selain itu betmen juga gak punya maksud buat bikin om lugazh pusing karena ada masukan baru dan aneh lagi dari betmen...

gejala gene om lugazh, kalo betmen rangkum tuh kira2 gini (kalo salah tolong koreksi)
Spoiler for "klik : penyakit":


sebelumnya betmen mo tanya dulu, itu kalo mesin nyala setelah mati karena stall & di start dalam waktu lama, knalpot keluar asap gak? mungkin putih atau agak kehitam2an asapnya...

disini betmen kasi suspect ke bagian bahan bakar... kalo menurut om pri, setelah fuel pump ma fuel filter diganti, suplai bahan bakar gak ada masalah.. betmen setuju disitu, tapi bukan berarti mesin harus normal setelah fuel pump ma fuel filter diganti... soalnya perjalanan bahan bakar ke mesin tuh gak cuma lewat dua part itu aja, tapi masih ada fuel rail ma nozzle injector...
btw fuel filter yang diganti yang di dalem ruang mesin aja atau sekalian yang di deket tanki bensinnya?

saran betmen, disini om lugazh kalo misal belum terlalu menguasai bagian2 mesin/elektikal mobil & gak terlalu yakin buat jalaninnya, mending minta bantuan mekanik senior kepercayaan atau bengkel yang profesional (gak harus bengkel resmi)... maap ya om lugazh, betmen gak bermaksud merendahkan om lugazh atau nganggap om lugazh gak bisa kerjain.. cuma disini betmen mo ngingetin kalo ini bukan bahan DIY biasa2 alias resikonya agak tinggi juga.. tapi kalo misal om lugazh merasa mampu jalaninnya, ya bagus aja soalnya bisa buat tambah pengalaman juga... maap kalo om lugazh merasa gak berkenan

pertama yang harus dilakukan, start dulu mesin, tahan nyala bentaran aja gak usah sampe bermenit2 dibawah 1 menit juga gak masalah.. kalo nyalanya harus sambil tahan pedal gas di rpm menengah, tahan aja dulu.. setelah beberapa saat lepasin gasnya terus kalo mesinnya mulai stall biarin aja sampe mati...

ini saatnya periksa beberapa kemungkinan, klik spoiler dibawah..
Spoiler for "klik : cara ngetes":

jawaban pertama, kalo busi ternyata basah bensin atau bau bensin yang menyengat :
Spoiler for "klik : pertama":


kalo misal gak sesuai dengan jawaban pertama, ini jawaban kedua, kalo busi gak ada basah/bau bensin menyengat :
Spoiler for "klik : kedua":



penanganan selanjutnya, untuk jawaban kedua ampir bisa disebut wajib dilakukan tapi kalo ternyata cocok ma jawaban pertama, ini gak harus dilakukan...

jawabannya di post yang bawah ya om, kasian postingan betmen yang bawah dianggurin

Smile ini juga baca baik2 ya

ngelanjutin postingan atas, coba nozzle injectornya dibersiin deh..

ini kerjaan buat yang udah level intermediate sampe expert ya, beginner gak disarankan dan jangan lupa untuk DIY, Do With Your Own Risk alias betmen gak ikut tanggung jawab kalo ada kegagalan dalam pengerjaan yang berdampak kerusakan kecil maupun fatal

Spoiler for "klik : bersiin nozzle":


sekali lagi betmen ngingetin, Do With Your Own Risk ya, betmen gak bertanggung jawab atas segala kerusakan yang terjadi akibat kesalahan proses pengerjaan


kenapa betmen ngasi analisa ini di 2 post ini?

pertama, di ichan betmen pernah kejadian mesin stall terus pas pertama idup.. setelah mati susah gila nyalainnya, walaupun udah nyala tapi tetep aja stall terus... pas dibuka busi, itu busi basah sama bensin aja.. itu berarti kalo di mobil karbu, bensinnya banjir jadi susah nyala bener mesinnya...
betmen juga gak ngerti kenapa injeksi bisa banjir, sampe sekarang masih jadi misteri.. tapi waktu itu betmen ngatasinnya ya itu, cabut sekering fuel pump, paksa sampe nyala mesinnya, pas mesin mati karena abis bensin ya betmen coba nyalain lagi aja... Alhamdulillah sampe sekarang normal2 aja

kedua, di SJ410, tempo hari pernah juga ngalamin kayak gitu.. mesin stall setelah nyala pertama kali, kalo sampe mati, susah banget buat nyalanya lagi... disitu betmen ngatasinnya pas mesin pertama kali nyala, gas ditahan dulu di rpm menengah (diatas 2000) selama beberapa menit... setelah beberapa menit itu, mesin baru bisa stabil.. usut punya usut ternyata spuyer karburatornya kekecilan, setelah diganti sama yang lebih besar spuyernya, sampe sekarang normal lagi gak ada apa2
apa hubungannya spuyer ma injeksi? siapa tau nozzle injectornya mampet & gak nganterin bbm dengan baik dan akhirnya bensin tekor... who knows kan




sekarang kalo ternyata semua yang betmen bilang diatas gak berhasil, nampaknya itu bener2 banyak yang harus diperiksa deh om lugazh... termasuk apa yang udah ditulis ma om pri juga... soalnya betmen kebetulan gak bisa menganalisa dengan baik kalo mobilnya gak ada di depan betmen langsung... maklum betmen nubietol


tapi semoga tulisan betmen yang pendek maksa ini bisa bantu om lugazh menyelesaikan masalahnya & makin awet ma genenya amiiiiiiin.....

oh iya, biasakan setiap ngerjain apapun ketika perbaikan ini, cabut kutub negatif (-) aki & jangan lupa juga pasang lagi kalo mau test


sekali lagi makasih, dan betmen sebagai nubietol mohon maap kalo replynya panjang banget




Quote:Original Posted By ichan135


ini juga tar diedit, semua ditelaah dulu...


Nunggu jwban betmen....
Quote:Original Posted By saint_saiya
Project Om Nolien selanjutnya nih.....



http://en.wikipedia.org/wiki/File:St..._ng_sentra.JPG


bikin strutbar ada yang tau kah om-om?
Quote:Original Posted By pendobrak252


bikin strutbar ada yang tau kah om-om?


maap OOT, klik link INI om, postingan betmen buat om...

makasi

selang radiator bawah

Lapor Bos.. bis beli :
1. selang radiator atas Rp.15.000 (KW punya katana)
2. selang radiator bawah Rp. 125.000 (KW B13)
lokasi atrium senen.... pissss
Quote:Original Posted By cincinkeren


Setuju sama betmen...mending beli mesin copotan...


nyimak sambil manggut2 narik jenggot...
Quote:Original Posted By saint_saiya


Sabar Oum Gus Bud,.....pelan-2x...


kita jo rasa om..sabar.. telp aja toko spart nissan di senen om, mereka bisa kirim.
No Afgan No Rosa.. Kotak: pelan pelaann..sajjaa
Quote:Original Posted By pendobrak252


bikin strutbar ada yang tau kah om-om?


Coba cek LINK INI



Quote:Original Posted By sabilbilal


kita jo rasa om..sabar.. telp aja toko spart nissan di senen om, mereka bisa kirim.
No Afgan No Rosa.. Kotak: pelan pelaann..sajjaa


pelan2...masih peret yak..?
Quote:Original Posted By preeant


Sundul dikit ahh penampakan DRL di frame fog lamp. Keren juga Om, kalo sempet upload picture sorotan lampu DRL nya ke jalan pas malam hari. Lampu besarnya gak usah dinyalain, jadi biar ketahuan seberapa terangnya.

Btw, DRL nya beli di tangomotor ya Om...??

~Prianto~


Siap om Pri...ntar ane upload fotonya

DRL ane beli di kaskus
Quote:Original Posted By miogenesis
baru sempat bersihin Air Filter, Air Flow sama throttle body. Untuk IACVnya belum sempat... waktu pengerjaannya tidak sampai 60 menit







T-Shirt Nissan B13 Series

Pake gak ya buat kopdar besok.....





~Prianto~
Quote:Original Posted By preeant
Pake gak ya buat kopdar besok.....





~Prianto~


Pake donk oum....
Quote:Original Posted By cincinkeren


Pake donk oum....


Uwwaaahhh..udah jadi ajaaahhh..mantaapp
Just info Nih Om ... Kemaren maren ane ambil cuti (ngabisin cuti tahunan juga).
Dengan nekatnya ane bongkar sendiri power window bermodal postingan DIY service Power window yang di posting Om Pri dan Om Edu.

Alhamdulillah ane berhasil ganti kabel baja yang kusut pake kabel gas motor vespa (ane cuman pake 1 kable udah cukup) alhasil jendela dah bisa naek turun lagi ....
makin cinta nih sama group ini ... banyak manfaat yg bisa kita ambil ... keep posting Bro ...