Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

AdanWAvatar border
TS
AdanW
Hari Ini, Buruh Demo Kedubes Korsel Dan Jepang


JAKARTA - Ribuan buruh yang tergabung dalam Majelis Pekerja Buruh Indonesia, MPBI akan melakukan unjuk rasa di Kedutaan Besar Korea Selatan dan Jepang di Jakarta pada hari ini, Rabu (05/12).

Presidium MPBI, Said Iqbal mengatakan mereka menuntut agar perusahaan asal Korea Selatan dan Jepang mematuhi aturan soal alih daya atau outsourcing dan menjamin kebebasan buruh untuk berorganisasi.

"Kita ke Kedubes Korea (Selatan) melawan outsourcing karena simbolnya Korea ini kan Samsung, Samsung ini anti serikat buruh jadi kalau ada buruh membuat serikat buruh dipecat dan dia menggunakan ribuan tenaga outsourcing yang melanggar aturan," kata Iqbal.

"Sikap investor Korea yang diwakili oleh Kedubesnya harus bersikap tegas dia harus mengajarkan pengusaha-pengusahanya taat terhadap aturan di Indonesia khususnya soal outsourcing dan tenaga kontrak."

Iqbal mengatakan hal serupa juga dituntut terhadap perusahaan-perusahaan asal Jepang meskipun perusahaan asal negeri sakura itu menurut Iqbal kasusnya lebih sedikit.

Kriminalisasi buruh

Dalam aksi yang menurut Iqbal akan diikuti oleh 25 ribu buruh itu mereka juga menuntut kepolisian untuk menghentikan aksi yang mereka sebut kriminalisasi buruh yang menuntut penetapan upah layak.

"Di Surabaya ada dua aktifis buruh dipenjara saat melakukan aksi demo upah minimum di depan kantor gubernur dan dikenai pasal karet seperti penghasutan padahal cuma dorong-dorongan kok dikenai pasal penghasutan," kata Iqbal.

"Sementara di Bogor ada delapan orang buruh mulai dipanggil oleh Kepolisian Daerah Jawa Barat dengan tuduhan merusak pagar perusahaan lalu ketua serikat pekerja Indocement dikenai pasal perbuatan tidak menyenangkan."

Aksi buruh di pusat Jakarta ini jika jadi terlaksana maka merupakan aksi yang kedua dilakukan oleh kelompok buruh dalam dua pekan terakhir.

Pemerintah sebelumnya telah meminta buruh untuk melakukan aksi secara damai.

sumber : IYAA.com

__
demo lagi emoticon-Big Grin
0
3.9K
56
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan