FoodDrinkAvatar border
TS
FoodDrink
Keramik Tembus Pandang dari Legacy, Merek Lokal Gan!
Ane mao sharing sedikiit tentang keramik yang memiliki efek transulent nih gan dari Legacy...



Tempat saji makanan yang menarik adalah salah satu cara termudah untuk memberikan kesan yang baik pada makanan Agan. Percaya deh, piring plastik dan kawan-kawannya (walau memiliki sertifikasi food grade) tidak pernah membuat apapun tampak menjadi lebih menggiurkan gan. Jadi, simpan aja mereka di rak dapur agan-aganwati yang paling dalam, terutama jika Agan-Aganwati sedang menjamu tamu. Yang Agan-Aganwati perlukan adalah wadah berbahan keramik -- pilihan yang tradisional, namun terbukti lebih aman dan sesuai.



Karena seiring dengan waktu, ekspektasi orang akan sebuah hidangan semakin tinggi gan. Terdapat jenis keramik yang memiliki efek transulent gan yaitu; Bone China/ Fine Bone yang akan meningkatkan tampilan masakan Agan-Aganwati dalam sekejap!

Presentasi yang dulu sempat di nomor dua kan, kini menjadi hal yang dipikirkan secara khusus gan. Meski enak seperti makanan restoran berbintang, performa sebuah hidangan akan jadi jelek jika ditampilkan asal-asalan gan. Jadi dibutuhkan visual yang baik selain rasa dari makanan itu sendiri.



Banyak macam keramik yang bisa Agan-Aganwati pilih, salah satunya adalah jenis keramik yang semakin digemari, yaitu bone china atau fine bone. Dalam kasta keramik, bone china berada di antara stoneware dan tingkat tertinggi, porselen. Jika stoneware berbahan utama keramik, bone china/ fine Bone terbuat dari keramik dan tulang sapi gan...inget tulang sapi yah gan...bukan tulang gajah...hahahah

Para pembuat keramik memproses tulang sapi melalui pembakaran hingga 1,000 celcius sehingga menjadi steril dan berubah menjadi abu. Abu ini kemudian dicampur dengan air sebelum dicampur dengan material lain.


*gambar di atas itu stoneware gan

Perpaduan keduanya menciptakan hasil yang disukai orang, terutama mereka yang bergerak di bidang horeka (hotel, restoran, kafe) gan, karena warna putih yang jernih dan kilauan yang lebih baik. Salah satu produk fine bone berasal dari Legacy gan, sebuah merek lokal yang menyediakan peralatan makan keramik gan (jadi harga bersahabat karena asli dibuat di Indonesia, tetapi kualitas mantabs gan soalnya dieksport keluar negeri gan). Produk-produk Legacy diproduksi di Bogor gan setahu ane dan udah lama melayani permintaan di Amerika Serikat dan Eropa.


*gambar di atas itu contoh efek transulent gan

Kombinasi tulang sapi dan keramik juga menghasilkan karakteristik yang artistik gan, yaitu efek transluscent atau tembus pandang. Tidak semua bone china / fine bone memiliki sifat seperti ini gan, karena yang menentukan adalah komposisi keramik dan tulang sapi, dan materi lain yang dibutuhkan dalam proses pembuatannya gan.

Walau dapat digunakan untuk wadah makanan, bone china/ fine bone ini memiliki efek tembus pandang yang lebih banyak digunakan untuk keperluan dekoratif. Contohnya pada kafe yang interiornya banyak bermain dengan pencahayaan temaram, bone china biasanya dipakai dalam bentuk tempat lilin atau lampu gan.



Karena material dan proses pengerjaan yang lebih rumit, harga bone china/ fine bone pun lebih tinggi daripada stoneware. Di showroom Legacy, harga perangkat makan bone china dijual mulai dari 20.000 (piring kecil) hingga 200.000 per buah.

Jika tertarik, agan2 dapat mengunjungi showroom Legacy di alamat berikut: Jl. Sultan Iskandar Muda No. 10 F-G, Kompleks Ruko Arterimas, Arteri Pondok Indah, Jakarta Selatan - 12240, telp. 729 33335.



L
*Legacy Fine Tabletop di Jakarta Culinary Festival 2012

Berikut Tips Merawat Keramik gan...emoticon-I Love Indonesia (S)

Dishwasher adalah cara terbaik untuk membersihkan peralatan keramik gan, karena menggunakan suhu air yang lebih optimal dan proses pencucian tidak merusak keramik karena tidak menggunakan alat penggosok gan (jadi kalo ada warna atau pola gambar di piring agan, gak cepet somplak gan...hehehe.

Namun jika tidak ada dishwasher, Agan-Aganwati bisa menggunakan spons yang lembut. Kalo makan makanan berminyak, jangan buru-buru disikat gan. Rendam dulu di air hangat, lalu cuci, dan keringkan.

Selamat mencoba gan...emoticon-I Love Kaskus (S)

Jangan lupa comment and rate yah gan...
Kalo commentnya ok dan berbobot, ane hadiahin cendol....emoticon-I Love Kaskus (S)

SUMBER

SUMBER 2
Diubah oleh FoodDrink 12-11-2012 06:00
0
8.4K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan