kuntulberototAvatar border
TS
kuntulberotot
YAHUDI DI INDONESIA
pengelana Yahudi, Jacob Saphir, adalah orang pertama yang menulis mengenai komunitas Yahudi, setelah mengunjungi INDONESIA. Namun, beberapa anggota komunitas juga merupakan imigran Yahudi dari Irak, iran, afganistan pakistan, Yaman jumlah yahudi diperkirakan sekitar 2.000 jiwa.

POPULASI
Pada akhir tahun 1960-an, menurut Kongres Yahudi Sedunia populasi Yahudi di Indonesia diperkirakan ada 20 orang Yahudi asli yang tinggal di Surabaya dan Jakarta. Nenek moyang mereka adalah imigran Yahudi asal Yaman, Irak, Mesir, Iran, India, Inggris, Belanda, Jerman, Austria, Portugis, Spanyol dan Eropa Timur. Serta 500 orang keturunan Yahudi asal Belanda, Jerman dan El Salvador tinggal di Manado dan Tondano, yang mana mendapatkan jaminan atas kebebasan beribadah oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, ditandai dengan diizinkannya pendirian sebuah Sinagoga dan tugu berbentuk Menorah. Terdapat pula sejumlah kecil komunitas Yahudi ekspatriat di Bali.

Menjadikan Yahudi agama resmi

Sebagai kaum minoritas, kaum Yahudi sering mendapat perlakuan diskriminatif, baik oleh Pemerintah maupun oleh masyarakat. Hal itu terkait dengan stigma bahwa mereka adalah antek-antek Zionis Israel. Kasus tawuran massal pernah terjadi antara komunitas Arab dengan kaum Yahudi di daerah Pasar Besar, Surabaya pada dekade tahun '70-an. Pernah juga terjadi amuk massa, pengrusakan dan pengibaran bendera Palestina pada awal tahun 2009 di sebuah Sinagoga di jalan Kayoon No. 4, Surabaya. Insiden ini dipicu oleh kebrutalan Israel di Gaza, Palestina dan berujung pada penyegelan sementara yang dilakukan oleh Pemkot Surabaya atas Sinagoga tersebut, yang merupakan Sinagoga tertua di Indonesia. Pada tahun 2010, The United Indonesian Jewish Community (UIJC) ingin Yahudi ditulis pada kartu tanda penduduk (KTP) sebagai Agama resmi. Mereka juga ingin pernikahan dengan ajaran Yahudi diakui secara resmi di Indonesia karena selama ini kaum Yahudi di Indonesia "meminjam" prosesi Agama yang mereka peluk agar pernikahan mereka diakui oleh Pemerintah.
Karena itu, komunitas Yahudi di Indonesia sedang berupaya agar Yahudi diakui sebagai Agama resmi di Indonesia. Selain itu, mereka meminta Agama Yahudi menjadi salah satu pilihan kolom Agama di KTP. Mereka sudah menyewa pengacara untuk mengusahakannya, baik lewat jalur hukum formal maupun lobi-lobi.

Kontroversi organisasi IIPAC

IIPAC (Indonesia Israel Public Affair) disebut-sebut sebagai lembaga Yahudi Indonesia yang menjembatani kerjasama bisnis orang-orang Yahudi dengan Indonesia. Bahkan banyak yang mengira bahwa Benjamin Ketang (Ketua IIPAC) adalah seorang keturunan Yahudi. Namun agaknya anggapan ini cukup salah kaprah, karena Ketang bukanlah keturunan Yahudi. Nama aslinya adalah Nur Hamid Ketang dan dia adalah salah satu kader muda organisasi Nahdatul Ulama yang pernah menyelesaikan master studinya di Hebrew University, israel. Lembaganya tidak pernah bekerja sama dengan UIJC dan pihak aktivis Synagoga Minahasa, yang merupakan komunitas Yahudi resmi Indonesia yang di akui Israel. UIJC dan aktivis Synagoga Minahasa adalah organisasi keagamaan Yudaisme, bukan organisasi bisnis seperti IIPAC. Pihak UIJC juga menyatakan bahwa organisasinya tidak pernah melakukan kerja sama dengan Benjamin Ketang, selaku pihak IIPAC. Bahkan dinyatakan bahwa kedua belah pihak mengaku tidak saling mengenal.
Kontroversi lain yang pernah dilakukan pihak IIPAC adalah mengenai perayaan HUT negara Israel. Nur Hamid Ketang dan rekannya Unggun Dahana pernah menggagas perayaan HUT Israel di Indonesia 2011 lalu. Publik agaknya telah salah mengerti karena mengira yang merayakan HUT Israel adalah komunitas Yahudi, namun nyatanya bukan. Pihak UIJC dan aktivis Synagoga di Minahasa sendiri menolak untuk merayakan HUT Israel karena mereka tidak merasa sebagai warga negara Israel. Komunitas keturunan Yahudi juga sangat menyayangkan tindakan perayaan HUT Israel oleh IIPAC karena hal tersebut hanya akan mendatangkan kecaman terhadap komunitas Yahudi Indonesia yang sebenarnya sama sekali tidak merayakan HUT Israel.

emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)
0
8K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan