Tehnik Memancing Di Alam Liar

Pic of Swamp Thing
Spoiler for fish on:


Hasil Mancing KFC - ers

Quote:Original Posted By depokcity1


Spoiler for lobster air tawar:


Quote:Original Posted By broiler

Spoiler for blom tau ikan apaan..?:


Quote:Original Posted By benderaputih


Spoiler for beunteur:


Quote:Original Posted By broiler
Akhirnya ketemu namanya. Thanks Suhu Almujaddid atas linknya

Spoiler for Gymnogeophagus balzanii a.k.a Argentine humphead:


Dan koreksi Datuk, ternyata bukan red devil ini adalah :

Spoiler for Amphilophus citrinellus a.k.a Midas cichlid:


Trus juga koreksi Datuk, ini kerabat dekat red devil :

Spoiler for Amphilophus longimanus a.k.a Amphilophus hogaboomorum:



Quote:Original Posted By Phoenix24


sekalian nyumbang pict neh

Spoiler for red devil:



Spoiler for gurame padang sidempuan nan jauh dimata:


Quote:Original Posted By rio naga
pas sampai disana gk tau air lagi tinggi n banyak sampah gan. Dapat kiriman banjir dari lipat kain. Hasil nya lumayan tp kurang memuaskan.

Spoiler for pertama:


Spoiler for kedua:


Spoiler for ane gan:


Spoiler for temen ane:


Spoiler for hasil:


Quote:Original Posted By rio naga


Spoiler for kedua:



Spoiler for keempat:


Quote:Original Posted By harimau_rawa


Spoiler for Geso berat dibawah 1 kg:


Spoiler for lagi gan:


Spoiler for lagi:



Quote:Original Posted By broiler


Spoiler for gurameh & friends:






Quote:Original Posted By Fadhra
Tehnik memancing ikan gabus tolol aka gabus males aka betutu

Umpan yang paling mantab untuk memancing ikan ini adalah udang dan cacing. Untuk jenis udang bisa rebon, namun satu mata pancing dipasang rebon sampai penuh atau juga bisa udang dengan ukuran sedang namun kulitnya dikupas terlebih dahulu dan kepalanya dibuang.
Untuk cacing yang paling baik adalah yang biasa hidup di pohon pisang yang membusuk, karena menurut orang-orang cacing ini didalam tubuhnya tidak terdapat banyak tanah atau kotoran. Namun selain itu juga tidak menutup kemungkinan untuk jenis cacing lain.
Spot pancing yang bagus untuk ikan ini adalah didekat bebatuan dirawa atau sungai pada kedalaman kisaran setengah meter dan pilihlah yang airnya lebih tenang. Ikan ini biasanya hidup dibawah batu dan sering berdiam diri ditempat tersebut, namun terkadang juga suka hidup didekat tumbuhan-tumbuhan air seperti enceng gondok dan ganggang.
Quote:Original Posted By Fadhra


Tehnik Mancing Gurame


gurame table size aka ukuran 4 - 6 ons cenderung mempunyai sifat karnivora dan lebih cocok dengan umpan - umpan seperti jangkrik, gaang, ulet pisang dll...

tapi untuk gurame baboon apalagi gurame di TN yang penampakannya sudah sebesar bantal orang dewasa, lebih cenderung menjadi omnivora jadi umpan daun pisang, buncil kedelai, daun talas dan pisang emas aka pisang emas lebih cocok untuk jenis ini

dan yang paling harus diperhatikan adalah jarak pelampung dengan umpan...usahakan umpan mengantung....jangan main dasaran..

--------------------------------------
Quote:Original Posted By Fadhra

Tehnik mancing ikan belida

Ikan Belida adalah ikan yg hidup tdk berkelompok.
Hidup ditepi sungai yg mempunyai tempat berlindung seperti tanggul kayu, akar pohon, atau kayu (gelondongan yg tenggelam).
Ikan Belida ini biasanya mempunyai tempat sendiri dan tdk pindah tempat bila tdk merasa terganggu.
Ikan ini juga suka melompat (mengambil udara di atas) sampai berkali-kaii disaat air sungai dlm posisi tenang.

Cara memancing ;
~ Menentukan lokasi, ada baiknya kita hrs mempunyai info atau paling tdk melihat ikan tersebut meloncat di permukaan.
~ Posisi penempatan umpan paling baik dr dasar kita tarik ke atas 30 - 50 cm. Bila spot memungkinkan, baru kita meletakan umpan pada dasar sungai.
~ Ikan belida ini lbh suka mencari makan pd malam hari, dimulai dr jam 5 sampai tengah malam.
~ Pada jam tersebut pilihlah kondisi air sungai saat pasang

Umpan,
~ Undang hidup, ukuran di sesuaikan dgn besar sasaran ikan.
~ Anak ikan sepat, mujair, nila, atau sejenis ikan wader yg masih hidup.
~ Cacing merah (usahakan umpan sekali-kali digerakan).

Teknik,
Bila ikan memakan umpan, biarkan umpan dibawa sampai 3 - 5 mtr. Tergantung kondisi si ikan menariknya.
Kenapa hrs membiarkan umpan di bawa jalan beberapa saat?
Karena umpan kita adalah umpan hidup dan kebiasaan ikan belida ini tdk langsung menelan umpan, tapi umpan hidup tersebut akan digigit dan dihempas beberapa kali sampai pingsan baru di telan.
Setelah itu baru kita gentak..Ikan ini pintar melepaskan mata kail , jadi usahakan tali senar tdk kendur.

nanti lanjut lagi..

kerja rodi dulu..
Quote:Original Posted By Fadhra
Tehnik Mancing Ikan Sepat Siam

-umpan : cacing / anakan telor kererangga (yg putih itua)
-Bom : remasan kerupuk / ampas dari pembuatan minyak goreng dari Kelapa

ada beberapa teknik memancingnya..
1. Teknik Timbul.. Umpan / Bubuk BOM disebarkan di Spot, tunggu beberapa saat ikan sepat dan ikan Sepat& ikan Sepat Siam akan Muncul. dengan Tegeg 4.5 - 5 meter. senar kecil pendek saja 1 meter, mata kail kecil, umpan cacing tanah (kecil saja)....dengan perlahan joran disorongkan dekat mulut ikan sepat siam yang lagi makan umpan bom dipermukaan air, dekatkan perlahan ke mulut ikan,, tenggelamkan sekitar 1/2 cm kedalam air... biasanya ikan akan terpengaruh melihat umpan cacing kita, .. jika dimakan jangan disentak.. cukup diangkat saja... Akan sulit memancing ikan ini dengan teknik Timbul, jika suasana spot gaduh, angin bertiup, ikan -ikan sering lagi tenggelam. jika ada gerakan-gerakan... atau suara gaduh....

2. Teknik kocok-kocok... Teknik ini yang paling jitu... Spot ditutupi dengan daun pisang seluas 1 -2 meter persegi... ditengah-tengan dibuat lubang kecil untuk hot spot dan Umpan Bom... setelah umpan Bom ditebarkan di Hot spot tadi kemudian dikocok-kocok hot spot... agar umpan bom tenggelam, ini akan memangil ikan-ikan sepat siam mendekat pada hot spot kita, turunkan umpan sekitar 1-2 jengkal dari permukaan... lebih mudah pakai pelampung untuk deteksi apakah umpan dimakan oleh ikan sepat siam. Jika Pelampung bergetar kemungkinan ikan lagi makan umpan.... Kejelian dan kebiasaan melihat gerakan pelampung akan dapat membedakan umpan kita ikan sepat siam , atau ikan kecil lainnya...
Quote:Original Posted By broiler


Tehnik MAncing ikan Betok aka Betik :


Ikan betok adalah sejenis ikan air tawar yang hidup liar di kali, waduk dan danau alam. Ikan betok jarang dipelihara sebagai ikan piaraan. Ikan betok termasuk ikan yang memiliki sifat sebagai ikan predator atau karnivora. Ikan betok memiliki nama lain yaitu ikan betik (jawa), ikan puyu (melayu) atau ikan pepuyu (bahasa banjar) dan dalam bahasa Inggris, ikan ini memiliki nama Climbing gouramy karena kemampuan ikan betok yang bisa memanjat ke daratan. Dalam bahasa latin ikan ini memiliki nama Anabas Testudineus

Ikan betok memang memiliki warna agak gelap dengan warna kuning di bagian bawah tubuhnya garis - garis gelap melintang secara samar di permukaan kulitnya. Ukuran tubuhnya kira-kira sebesar telapak tangan dengan ukuran maksimal sepanjang 15 cm. ikan bethok dalam keadaan normal menggunakan insang sebagai alat untuk bernafas, namun dalam kondisi ekstrim ia menggunakan labirynth yang dimilikinya untuk mengambil oksigen langsung di udara. Dengan cara ini pula ia bertahan hidup dalam kondisi air yang minim dan sesekali berpindah dengan menggunakan siripnya sebagai alat untuk bergerak. Namun daya kekuatannya didaratan memang hanya beberapa jam saja, jika terlalu lama maka ia akan mati.

ikan Betok termasuk indemik asli ikan indonesia. Ikan paling gampang dipancing baik secara glosor dan pelampung gantung. Umpan yang disuguhkan pemancing adalah cacing, entung, cangkilung, remahan mie instan, laron, Poa (sejenis rayap), perla (anak kecoa), jangkrik kecil dan belatung. Agar ikan ini ngumpul di spotnya lalu chuming (bom) pakai kroto. Bisa juga chumming pakai ulat bambu / cankilung potong-potong pakai cutter / silet, sekaligus dipakai buat umpan ini.

Ikan betok di rawa atau danau, mereka sukanya tinggal di bawah tanaman air seperti enceng gondok atau kapu-kapu, di daerah yang tidak terlalu dalam. Tempat favorite ikan betok itu jika mancing dari pinggir danau adalah lokasi yang banyak tumbuhan airnya atau ada semak -semak yang menjorok ke atas ai. Nah dilokasi itu umpan cacing dan mata kail yang kecil saja digemari ikan betook. Caranya cacingnya dipasang secara panjang, melambai-lambai. Lalu memancingnya di gantung dengan pelampung.

Ikan Betok agresif sama umpan bergerak. Kalau ikan betok main di pinggir begini biasanya ada sepasang, dan sangat agresif kalau ada yang mendekati sarangnya. Jadi mancingnya dilempar saja dan d gerak-gerakan sedikit umpannya pasti langsung nyamber. Tapi kalau di satu spot setelah dapat 2 ekor terpancing pindahlah ke spot semak-semak yang lain lagi, karena ikan betok yang lain jarang yang mendekati sarang yg lain.

Menurut pancinger ikan betok bahwa ikan ini baru meninggalkan sarangnya kalau sudah sore menjelang maghrib, atau kalau panas kemudian hujan dan panas. Untuk mensiasati hal ini Anda bisa mancing glosor dengan timah bawah dengan pelampung, isi 2 atau 3 kail, pakai umpan cacing yang bergerak dan pelet amis untuk baunya sebagai bom.

Sumber : pemancing.com dan zonamancing.com
Quote:Original Posted By broiler


Mancing ikan Baung

Mancing ikan Baung sangat mengasikkan, sambaran ikan ini membuat adrenalin kita terpacu. Untuk menaklukkan ikan ini juga tidak mudah, perlu tenaga ekstra untuk menaklukkannya. Baung adalah ikan air tawar yang dapat hidup dari perairan di muara sungai sampai ke bagian hulu. Bahkan di Sungai Musi (Sumatera Selatan), baung ditemukan sampai ke muara sungai di daerah pasang surut yang berair sedikit payau. Selain itu, ikan ini juga banyak ditemui di tempat-tempat yang letaknya di daerah banjir. Secara umum, baung dinyatakan sebagai ikan yang hidup di perairan umum seperti sungai, rawa, situ, danau, dan waduk.

Baung bersifat noktural, yaitu hewan yang banyak beraktivitas pada malam hari seperti mencari makan. Selain itu, baung juga memiliki sifat suka bersembunyi di dalam liang-liang di tepi sungai tempat habitat hidupnya. Di alam, baung termasuk ikan pemakan segala (omnivora). Namun ada juga yang menggolongkannya sebagai ikan karnivora, karena lebih dominan memakan hewan-hewan kecil seperti ikan-ikan kecil. Untuk memancing ikan baung, umpan jitu yang perlu kita persiapkan umumnya umpan yang mempunyai bau amis bahkan mengarah ke bau busuk. Tapi secara umum pakan baung antara lain ikan-ikan kecil, udang-udang kecil, remis, insekta, molusca, dan rumput. Contoh umpan jitu yang sering dipakai oleh para pemancing adalah, udang yang sudah mati dan berbau, kuning telur asin (telur bebek), potongan daging ikan, umpan kucur dan lain – lain.Umpan di satu lokasi dan lokasi lainya bisa berbeda

Katanya umpan jitu yang pantas dicoba :

Bahan :
1. 1 botol bekas air mineral.
2. 1 ekor ikan baung.(lele, gabus, belut)
3. 1 butir telur busuk.
4. Kapas secukupnya.

Cara buat :
1. Potong dadu 1 ekor ikan baung.
2. Masukkan isi telur busuk dan potongan ikan kedalam botol, biarkan selama 3 hari.

Cara pakai :
1. Celupkan kapas pada campuran telur dan potongan ikan.
2. Balut mata kail dengan kapas tersebut sampai semua tertutup kapas, bau busuk berguna untuk mengundang ikan datang.

Untuk memancing ikan Baung biasanya di daerah Sumatera Selatan terdapat umpan yang disebut “kucur” yang merupakan campuran dari usus ayam, isi perut ikan dan telur itik dicampur dan dibusukkan sehingga menimbulkan bau yang sangat menyengat dan dapat menarik penciuman ikan di dalam air. Saking hebatnya aroma ikan ini banyak juga pemancing yang cukup terganggu dengan aromanya. Umpan kucur untuk ikan Baung terbukti sering berhasil, bahkan juga aneka ikan lain juga berhasil di tangkap.

Meski termasuk ikan nokturnal, namun pemancingan di siang hari sering berhasil juga. Ikan Baung biasanya bersebunyi di dasar perairan dan juga lubang – lubang yang berada di pinggir sungai yang berada didalam air. Seperti lele kerabatnya, ikan Baung dapat juga ditangkap dengan menggunakan umpan alami lain seperti cacing, atau jangkrik.
sumber: Dari berbagai referensi

Sungai atau kali yang jelas telah terangkat oleh tangan joran ane adalah Kali Ciliwung aliran Depok.

Silahkan sharing tentang ikan baung ini dan tentunya lokasinya
Quote:Original Posted By Fadhra

Memancing Ikan Tembakang

Ikan Tembakang atau ikan Kissing Gurame, termasuk ikan yang sulit untuk dipancing, ikan ini mendiami rawa-rawa dan biasa bermain atau bersembunyi diantara tumbu-tumbuhan air. Bentuk fisik ikan ini menyerupai gurami, berbadan pipih dan sedikit membulat.
Ikan ini termasuk ikan yang mulai langka dan sudah jarang ditemui bahkan sudah banyak orang yang tidak mengetahui ikan ini. Rawa-rawa yang mulai sulit ditemukan karena pembangunan,
Ikan Tembakang termasuk ikan yang susah untuk dipancig, umpan untuk memancing ikan ini sama dengan umpan untuk memancing ikan mas...alternatif lain dengan memakai laron atau ulet buah


Quote:Original Posted By Nda poenya
Tambahan buat umpan tembakang, bisa juga pake daun labu siyem atau talas rawa...
Quote:Original Posted By Fadhra

Tehnik mancing ikan Nilem

Untuk memancing ikan ini kita memerlukan, Joran yang ujungnya sangat lentur, karena ikan jenis ini memakan umpan dengan sangat lembut dan tanpa hentakan ikan ini jarang kena pancing, maka anda hars ekstra konsentrasi ke ujung joran, kerena biasanya ujung joran hanya bergerak dengan sangat lembut dan pada waktu itulah anda siap mengentak joran tsb.
Memancing ikan melem atau sering di kenal dengan sebutan populer nutul biasanya hanya di pinggiran sungai dengan ukuran kail no 0,5 sampai no.2, dengan benang pancing ukuran 0,15mm hingga 0,18mm
ikan melem/nilem ini biasanya bergerombol, jadi sekali makan biasanya tak akan berhenti sebelum kawanan ikan tersebut pindah tempat.Berat ikan melem dewasa berkisar 1- 2Kg.
biasanya ikan suka di air dangkal di pinggiran sungai yang banyak batu cadas

Umpan

- lumut
- tempe
- pelet
- singkong

Quote:Original Posted By Fadhra

Memancing Ikan Wader


Pada umumnya hampir sama dengan cara diatas, namun perbedaanya anda lebih baik menggunakan apungan jika memancing di rawa atau ditempat yang airnya tenang.

1. Pilih tempat dipinggir rawa yang cukup dalam didekat tumbuhan-tumbuhan air, karena ikan ini lebih suka ditempat seperti ini dan tidak harus ketengah rawa.

2. Menurut pengalaman untuk mendapatkan hasil tangkapan ikan wader yang lebih besar (Biasanya ikan wader dirawa ukurannya lebih besar dari pada yang bisa hidup disungai), gunakan umpan lumut sawah yang di campur dengan sedikit garam dan pati kanji. Caranya gunakan ember kecil kemudian campur lumut sawah dengan sedikit air, sedikit garam dan pati kanji. Jika sudah masukan mata pancing kedalam ember tersebut dan diputar-putar hingga lumut menempel pada mata pancing dan menggumpal.

3. Untuk umpan anda juga tetap bisa menggunakan umpan seperti ketika mancing di sungai, karena umpan utama dari wader adalah roti, bakwan dan tahu.

4. Ketika anda memancing tunggu hingga apungan turun kebawah, karena ikan wader sangat rakus dan agresif, sehingga ketika makan saling berebut dan dibawa lari. Apabila apungan bergerak sedikit-sedikit saja dan berulang-ulang lebih baik biarkan saja tunggu hingga turun.


sumber
Quote:Original Posted By Fadhra


Tehnik mancing nila aka mujaer aka mujahidin..

Triknya:

Ikan nila seperti ikan air tawar pada umumnya mencari makan pada pagi hari antara jam 7-10 dan sore hari antara jam 15-18.
Gunakan dedak sebagai penarik untuk membuat ikan berkumpul dekat lokasi kita memancing. Basahkan dedak terlebih dahulu baru lemparkan ke "hotspot"-nya.
Ikan nila besar (babon) biasanya memangsa hewa-hewan kecil (udang) di pinggir kolam dan menyukai lumut.
Untuk ikan nilai merah yang biasanya sangat sulit untuk dipancing, gunakan umpan anak nila berukuran jari orang dewasa.
Untuk memancing di danau umumnya menggunakan umpan lumut, dan tingkat kesulitannya lebih tinggi karena banyaknya ketersediaan makanan bagi ikan di danau.
Untuk di rawa payau kita dapat menggunakan umpan udang kecil ataupun lumut

Quote:Original Posted By Fadhra
Tehnik Mancing Bawal

Memancing ikan bawal memang mempunyai sensasi tersendiri. Jenis ikan ini merupakan pemakan segala dan agresif. Hidup di air tawar, dan suka bergerombol. Mempunyai gigi yang tajam seperti piranha.

Untuk memancing ikan bawal banyak pilihan umpan yang bisa dipakai, karena bawal merupakan ikan yang sangat rakus. Segala umpan dimangsanya, mulai casting, serangga, ikan kecil, pelet dan lain-lain. Namun saya sendiri cenderung menyukai umpan pelet. Karena dengan umpan pelet dapat menciptakan aroma yang dapat mengundang ikan.

Biasanya saya menggunakan umpan yang beraroma udang, atau kita campur dengan udang kering yang sudah dihaluskan. Tapi jangan terlalu halus, karena kulit/cangkang udang yang mengkilat dapat juga menggoda mata ikan. Jadi selain dari aroma, kita juga bisa menggoda mata ikan dengan warna mengkilat cangkang udang.

Karena gigi bawal yang tajam, maka perlu pemikiran khusus untuk rangkaian pancing. Para pemancing biasanya menggunakan kawat seling untuk mengatasi gigi bawal, tapi saya lebih memilih memakai benang nylon yang dipasangi kelem (pipa besi kecil). Karena benang nylon tidak kaku seperti seling, sehingga mudah dihisap oleh ikan. Untuk model rangkaian dan jumlah mata kail yang dipakai tergantung kesukaan dan kebutuhan. Yang terpenting adalah rangkaian di dekat mata kailnya.

sumber
Quote:Original Posted By Fadhra
Memancing Ikan Tawes

Ikan Tawes adalah sejenis ikan permukaan yang sangat suka memburu benda-benda bergerak di permukaan air. Oleh sebab itu, untuk memancingnya sangat tidak disarankan menggunakan teknik dasaran.

Kalau umpan Tawes menggunakan cacing merah, laron, kotoran gemak/puyuh, bungkil atau pelet yang diramu dan diberi esen tertentu sih itu sudah biasa dan nggak ada asyiknya. Yang paling asyik apabila kita menggunakan umpan jenis daun-daunan. Tarikan dan rasa hentakannya sunguh luar biasa.

Daun-daunan yang paling banyak disukai oleh Tawes adalah rumput-rumputan, daun kacang panjang atau daun kacang hijau, lembayung muda, kangkung, bayam, daun rambatan, dan bisa juga menggunakan seuntai bulir padi.

tips mancing ikan tawes

Umpan Tawes Rumpu – rumputan :

Apabila kita ingin menggunakan rumput-rumputan, cari rumput panjang (teki) yang ada ditengah sawah, pilih yang lunak, dan yang paling bagus adalah rumput yang tumbuh diantara tanaman kacang tanah.

Pilih sebagian digunakan untuk Bom (rumpon pengundang gerombolan ikan Tawes), dan sebagian lainnya untuk umpan.

Cara memasang umpannya adalah:

Pakai pelampung yang berbentuk panjang agar mudah dilempar,
pilih senar yang lembut ukuran 10-15 lbs,
Gunakan timah lempengan agar yang bisa kita tempelkan diatas rangkaian pancing.
Gunakan pancing yang kecil, maksimal ukuran 4-6.
Pakailah rangkaian pancing tunggal.
Pasang rumput dengan cara dijepit dengan timah yang sudah kita tempelkan di senar diatas rangkaian pancing, kemudian lilit dengan sisa senar diatas pancing, dan terakhir, pancing ditancapkan di ujung rumput. Dikira-kira penempatannya, jangan terlalu keujung, tetapi juga jangan terlalu ke tengah.
Setelah terangkai dengan baik, Lemparkan pancing ke arah bom.
Tunggu dan sekalian berdoa yang banyak agar ikan segera memakan umpan.

Umpan Tawes : Daun-Daunan
Triknya mirip dengan menggunakan umpan tawes rumput-rumutan, tetapi pemasangan umpannya tidak serumit apabila menggunakan rumput. Cukup daunnya dikaitkan ke pancing, dan tinggal lempar ke sasaran (bom). Apabila menggunakan daun-daunan, seyogyanya rangkaian timah agak diperberat agar mudah untuk melemparkan ke sasaran.

Umpan Tawes : Padi
Kalau menggunakan umpan tawes dengan padi pemasangannya mirip dengan cara memasang umpan rumput. Keuntungannya, karena lebih berat, sehingga melemparnya menjadi lebih mudah.

Sedangkan padi yang dipilih, harusnya yang sudah berisi, tetapi tidak terlalu tua, karena mudah putus ketika akan dipasang. Pilih untaian padi yang penuh, dan tidak terlalu panjang.

Silahkan dicoba memancing tawes dengan teknik menggiurkan ini. Sekali anda merasakan sensasi ketika umpan anda dimakan tawes, dijamin akan ketagihan selamanya.


source artikel
Quote:Original Posted By Fadhra
Tehnik Mancing Patin

Ikan patin liar melimpah di sungai saat musim hujan di lokasi yang relatif dalam, sedangkan saat kemarau hanya terdapat di lubuk-lubuk yang secara historis memang merupakan rumah bagi ikan patin. Sangat lazim bahwa ikan patin saat musim kemarau hidup di lubuk-lubuk tertentu dan orang desa secara turun-temurun sudah memahaminya.
Saat musim hujan, ikan ini menyebar bermigrasi secara massal dari lubuk-lubuk tempat musim kemarau bersembunyi dan bergerak ke arah hilir. Pada saat inilah ikan ini terlihat dengan jelas populasinya melimpah, terbukti dengan banyaknya pancinger yang “panen” ikan ini. Lokasinya bisa di sembarang tempat, asalkan lebih dalam dibanding rata-rata kedalaman sungai. Kalau musim kemarau mancingnya di lubuk-lubuk konvensional yang memang secara historis ada ikan patinnya, sedangkan saat musim hujan maka wilayah mancingya bisa lebih luas. Saat musim hujan baik mancing siang dan malam hari peluangnya sama saja dalam menaikkan ikan patin ke pinggir sungai, tetapi saat musim kemarau tiba, mancing malam lebih berpeluang menaikan ikan ini ke darat.
Umpan yang dipakai bisa beragam mulai dari cacing, pellet, roti tawar, adonan pellet (pellet yang resepnya seperti mancing di kolam pancingan). Cara mancingnya bisa dengan berpelampung atau dengan cara mancing dasar, karena ikan patin mempunyai sifat bentopelagik (hidup didasar sungai, tetapi secara periodik/berinterval menyembul ke atas permukaan)

sumber
Quote:Original Posted By Fadhra
Tehnik Mancing Lele

Siapkan umpan seperti usus ayam, kulit ayam, jangkrik, orong-orong atau juga bisa laba-laba biasa. Jika anda memilih menggunakan usus ayam atau kulit ayam, sebelumnya di rebus terlebih dahulu (setengah matang) dan ketika merebus dikasih garam secukupnya. Hal ini dilakukan karena mengurangi kadar lemak namun tetap harus menjangga aroma amis agar tidak hilang.

Pilih lokasi yang airnya keruh, sungai dengan air yang tenang, pinggir rawa yang agak dangkal kira-kira sedalam 75 cm. Mungkin beberapa juga berpendapat ketika habis hujan merupakan salah satu waktu yang tepat.

Ikan lele pada umumnya sangat agresif ketika makan umpan, karena umpan biasanya langsung ditelan melalui mulutnya yang besar dan langsung dibawa lari.
Geseran dikit ye...minta tempat pejwan...
Wah...Manteb..
Secara rekan Angler Solo raya biasa di alam liar..waduk habitatnya..
Rumah baru ye.....nenggak dulu ah....
Quote:Original Posted By sepaidermen2




kalo g om nda, ya yang tak quote ini jadi TS. .



Keadilan harus ditegakan,hanya dia yg belum jadi ts......
Quote:Original Posted By kedot


Keadilan harus ditegakan,hanya dia yg belum jadi ts......


setuju mod..

kapok om nocan.