KASKUS

Tips sebelum membeli tablet Android murah

Pertamakainya dipelopori oleh Apple dengan iPad buatannya, awalnya tablet PC hadir untuk segmen menengah keatas. Namun seiring populernya OS Android yang menawarkan open source, jadilah sosok tablet kini tampil lebih merakyat, variasi harga yang ditawarkan pun kian terbilang miring ditangan manufaktur asal Cina. Bila dahulu tablet berharga diatas Rp4 jutaan, kini banyak berseliweran tablet Android yang digadang mulai dari harga Rp1 jutaan.

Dari segi harga pastinya sangat memikat, dengan kocek tak sampai Rp1,5 juta Anda sudah bisa membawa pulang tablet berukuran 7 inchi plus OS Android yang didukung aplikasi Market yang berisi ratusan ribu aplikasi yang siap diunduh. Kemudian terciptalah segmen di pasar, yakni tablet middle low, pemainnya tak melulu vendor hape lokal, ada juga merek dari luar, walau masuk ke pasar dengan bundling lewat operator CDMA.

Nah, sebagai konsumen Anda harus cermat untuk memilih produk mana yang memang pas untuk kebutuhan. Memang prinsip ‘harga menentukan kualita’ tak bisa dihilangkan, tapi lewat tips ini diharapkan Anda dapat memilih dan memilah produk tablet middle low mana yang terbaik dan pas sesuai dengan kebutuhan. Selamat menyimak.


1. Perhatikan merek prosesor.
Perlu dicatat, meski ada tablet yang diluncurkan oleh vendor merek lokal, bukan berarti tablet itu dibuat sendiri oleh vendor yang bersangkutan, melainkan tablet tersebut dibuat oleh vendor lain (pihak ketiga). Jadi walau Anda jumpai tablet berharga ‘murah’ tapi mengusung prosesor dari Qualcomm, itu bisa menjadi poin yang positif untuk Anda hitung sebagai kekuatan.

Untuk menekan harga jual, biasanya vendor lokal mengurangi kualitas dari beberapa komponen atau fitur yang digunakan, semisal kualitas layar, kualitas kamera, kualitas casing yang digunakan, atau kualitas dari aksesoris pendukung seperti kabel data, charger, dan lain-lain. Namun bukan berarti kualitas Android lokal pasti jelek atau dibawah merk terkenal, karena kenyataannya banyak juga tablet atau hp lokal yang memiliki kualitas baik.

2. Perhatikan versi OS yang ditawarkan.
Umumnya tablet-tablet Android middle low yang dijual saat ini paling rendah mengusung versi 2.2 (Froyo). Pastikan bahwa versi yang Anda beli memang Froyo, dan jangan lupa untuk tanyakan ke pihak penjual, apakah versi Froyo di tablet tersebut dapat di upgrade ke 2.3 (Gingerbread). Vendor yang baik pastinya sudah mempersiapkan jalur/layanan upgrade. Ini bisa menjadi keunggulan tersendiri. Dengan upgrade ke Gingerbread, kinerja tablet akan bertambah lebih baik.

3. Pantau penggunaan tablet.
Tentu Anda tidak bisa memantau langsung, disini maksudnya Anda disarankan untuk bergabung dengan komunitas-komunitas atau penggemar dari Android, atau malah akan lebih baik bila Anda cari komunitas atau forum yang spesifik pada merek dan tipe tablet tersebut. Dengan mengikuti pembicaraan di komunitas, sedikit banyak wawasan Anda akan tablet tersebut akan terbuka lebih luas.

4. Perhatikan kecepatan prosesor.
Prosesor adalah otaknya sebuah gadget, semakin tinggi prosesor, maka kinerjanya akan semakin
cepat dan responsif terhadap aplikasi-aplikasi yang dijalankan. Pada tablet Android middle low, umumnya prosesor berada dikisaran 600 Mhz, 800 Mhz, atau paling tinggi 1 Ghz.

5. Perhatikan kapasitas RAM (Random Access Memory).
Kapasitas RAM berhubungan dengan performa tablet Android secara langsung. Semakin besar RAM yang digunakan, maka akan semakin baik pula performa dari tablet, khususnya saat melakukan multi tasking atau membuka beberapa aplikasi secara bersamaan. Kapasitas RAM yang umumnya digunakan adalah 128 MB, 256 MB, 512 MB dan 1 GB. Tablet yang menggunakan RAM sebesar 128 MB pada umumnya agak sedikit lambat bila digunakan untuk multi tasking,
Spoiler for klik:


ane bawa2 laptop aja deh gan ... lebih puas walopun agak berat
sippp, makasih gans, tips nya
kalo android yang bagus tapi harganya masuk akal apa gan??
ane sih emang gak begitu tertarik ama tablet yg murah gan.
karna takut cuma sekali pake doang
Harga kan gak bohong,klo ane pake yg pasti2 aja klo yg lokal harus siap dengan konsekuensinya
Quote:Original Posted By Hydrophobic
Harga kan gak bohong,klo ane pake yg pasti2 aja klo yg lokal harus siap dengan konsekuensinya
bener gan .. di atas hanya tips saja semoga bermanfaat ma yang laen

Betul banget tuh gan, ke 4 faktor tersebut jadi penentu murah nya tablet...

Tapi ane sendiri masih lebih nyaman pake hape android gan...gampang keluar masuk kantong kagak ribet bawa bawa tas ataupun nenteng tablet yg segitu gede xixixizi

Tablet ane cuma buat drmh aje, yg maenin anak ane gan
Quote:Original Posted By fianriyanto
Betul banget tuh gan, ke 4 faktor tersebut jadi penentu murah nya tablet...

Tapi ane sendiri masih lebih nyaman pake hape android gan...gampang keluar masuk kantong kagak ribet bawa bawa tas ataupun nenteng tablet yg segitu gede xixixizi

Tablet ane cuma buat drmh aje, yg maenin anak ane gan


ane masih setia sama nexus s n galaxy mini
sips gan bs buat panduan ane

Nitip ya gan
Quote:..:: Meja Laptop Portable Plus Pendingin FREE ONGKIR ::..

tablet murah lebih sering ngehang n cepet panas.....
duit emang ngga boong.....
Kebetulan ane mo beli nih, klo picopad kira2 recomended gak ?
nice inpo gan semoga bermanfaat buat ane



Posted with RASTA TUBAN JATIM (raf_)
ane nambahin satu gan....
perhatiin juga ada atau enggaknya service centre di kota agan2 sekalian atau paling tidak di dekat kota agan tinggal...
toh agan2 gak mau juga apabila Android agan harus nginep berbulan2 di toko buat ngantri service....
percuma kan kalau spek bagus tapi tempat service gak ada....
makasih gan infonya,
buat ane android dr smartfren seharga 888 rb uda cukuplah
inpoh keren gan
tips yang bermanfaat gan, ane lagi nabung buat beli
wah berguna buat ane yang mau beli android gan hehe
menurut agan2 tablet merk lokal yang lumayan kualitasnya, bisa tlp dan sms apa?
IMO z3 bagus apa ga ya, gan??
Ane, udah pake tablet seharga 1.5 jtaan. Pertama kali lancar-lancar aja, terus semakin ditambahin aplikasi kinerja semakin menurun, baterai cepat panas, 3 jam udah habis baterainya.
Lalu, apakah baterai itu bisa diganti? Ternyata tidak, kita harus ke servis centernya dulu. Karena penutupnya dibuat menyatu, gak kayak hp yang bisa ganti baterai secara mudah.
Lama-kelamaan ane dibuat kesel sendiri sama tablet mau browsing, muncul pesan "application not responding". Lalu ane hapus beberapa aplikasi yg ga dibutuhkan, lumayan kencang larinya. Tp masih ada proses yg lag.
Kualitas kamera dibilang buruk. Karena gelap, padahal katanya 2mp.
Audio standar.
Akhirnya, ane reset nih tablet, kinerja seperti asal. Kenceng. Sekarang ane harus menentukan aplikasi yg penting aja diinstal di tablet, supaya ga lemot. Tapi masih lemot juga.
Akhirnya ane jual nih tablet...
Emang ada harga ada kualitas. Saran ane sebelum membeli tablet, cobain beberapa aplikasinya, jalankan secara bersamaan, kalo ga lemot bearti bagus.
ane mah samsung galaxyy tab 2 user gan.....aman terkendali
×