KASKUS

Quote:Original Posted By lola0
Agan2 numpang berbagi kebanggaan tanah air yang subur.
Dari dulu pisang adalah tanaman kesukaanku, ada beberpa orang mengatakan bahwa rumah dengan tanaman ini angker, sy tidak peduli. Tanaman ini mudah perawatannya tidak dirawatpun berbuah .

Hari ini panen lagi, pisang raja bulu yg ditanam di depan rumah. Penyiraman agak jarang pada masa bunga, sehingga jumlah sisirnya cuma sedikit(4), tetapi buahnya betul - betul tidak mengecewakan, 'mekrok' semua. Tidak akan ada pisang raja yang spt ini di pasar. Karena di pasar, pisang, dipanen dengan patokan ukuran pisang (takut di curi orang), sedangkan yang ini, patokannya adalah warna pisang yang menguning. Sehingga ukurannya bisa jumbo.
Spoiler for panen:


seperti itu ya Om pengalamannya
Quote:Original Posted By lola0
Agan2 numpang berbagi kebanggaan tanah air yang subur.
Dari dulu pisang adalah tanaman kesukaanku, ada beberpa orang mengatakan bahwa rumah dengan tanaman ini angker, sy tidak peduli. Tanaman ini mudah perawatannya tidak dirawatpun berbuah .

Hari ini panen lagi, pisang raja bulu yg ditanam di depan rumah. Penyiraman agak jarang pada masa bunga, sehingga jumlah sisirnya cuma sedikit(4), tetapi buahnya betul - betul tidak mengecewakan, 'mekrok' semua. Tidak akan ada pisang raja yang spt ini di pasar. Karena di pasar, pisang, dipanen dengan patokan ukuran pisang (takut di curi orang), sedangkan yang ini, patokannya adalah warna pisang yang menguning. Sehingga ukurannya bisa jumbo.
Spoiler for panen:


ikutan tampil.....

pisang barangan di atas standar pasar
Spoiler for :
Quote:Original Posted By yogo1991
ikutan tampil..... pisang barangan di atas standar pasar
Spoiler for :


Puas kalau hasil menanam sendiri
mampir sebentar di pisang lovers
lumayan buat nambah pengetahuan
Quote:Original Posted By gadismanise
mampir sebentar di pisang lovers
lumayan buat nambah pengetahuan


mampir juga
kemaren baru bongkar akar pisang
banyak banget ternyata om
dan sudah beranak pinak

harus dibongkar karena ditengah" kebun cabe
Quote:Original Posted By TheWeakest


mampir juga
kemaren baru bongkar akar pisang
banyak banget ternyata om
dan sudah beranak pinak

harus dibongkar karena ditengah" kebun cabe


wah bukannya akar pisang itu susah bongkarnya Om

ini kan tanaman paling cepat berkembang
Quote:Original Posted By gadismanise


wah bukannya akar pisang itu susah bongkarnya Om

ini kan tanaman paling cepat berkembang


bukan susah lagi om
saya pikir cuma dibawahnya aja
ternyata udah kesamping kiri, kanan, serong kiri, serong kanan
Quote:Original Posted By TheWeakest


bukan susah lagi om
saya pikir cuma dibawahnya aja
ternyata udah kesamping kiri, kanan, serong kiri, serong kanan


lantas bagaimana solusinya Om
kalau sudah seperti itu akar pisangnya
Quote:Original Posted By TheWeakest
mampir juga
kemaren baru bongkar akar pisang banyak banget ternyata om dan sudah beranak pinak harus dibongkar karena ditengah" kebun cabe


Memang besar bonggol akarnya,

Karena itu saat panen, selain menebang batang juga membuang sebagian akar ini. Caranya, waktu panen, menebangnya separuh pohon saja dulu, supaya bisa didorong. Kemudian akarnya dipisahkan dari anaknya dengan cara di tusuk linggis, sekenanya saja di beberapa tempat. Setelah itu, batang pohon yang separuh didorong, dan akarnya akan ikut rubuh. Sehingga akar pohon akan tetap rapi dan tidak kemana-mana.

Kalau ingin membuang akar yang sudah terlanjur tidak dibersihkan dulunya saat panen, caranya adalah, gunakan linggis, gali di tempat pisang itu tumbuh, Besar dan dalam, untuk pisang yang sudah dipanen 2 kali saja bisa sekitar 25 cm dalamnya, pake linggis. siip
ada yang punya tanaman pisang merah ngak... sewaktu pulang ke jambi ternyata di kebun ada pisang merah...akhirnya dapat mencicipi rasanya...gile manis plus buah pisangnya bener2 bongsor...makan satu buah serasa makan 10 buah pisang seribu hari.
Quote:Original Posted By lola0


Puas kalau hasil menanam sendiri


setuju, memang puas meski sebenernya beli dipasar bny yg jual. tp masa tunggu, ngerawat bikin kita puas nikmatinnya.
Quote:Original Posted By ands
ada yang punya tanaman pisang merah ngak... sewaktu pulang ke jambi ternyata di kebun ada pisang merah...akhirnya dapat mencicipi rasanya...gile manis plus buah pisangnya bener2 bongsor...makan satu buah serasa makan 10 buah pisang seribu hari.


wah ane dulu punya, pas ditinggal keluar kota cukup lama (5thn) ditebang, gede bgt pohonnya, ane malah belum sempet rasain buahnya.
Quote:Original Posted By lola0


Memang besar bonggol akarnya,

Karena itu saat panen, selain menebang batang juga membuang sebagian akar ini. Caranya, waktu panen, menebangnya separuh pohon saja dulu, supaya bisa didorong. Kemudian akarnya dipisahkan dari anaknya dengan cara di tusuk linggis, sekenanya saja di beberapa tempat. Setelah itu, batang pohon yang separuh didorong, dan akarnya akan ikut rubuh. Sehingga akar pohon akan tetap rapi dan tidak kemana-mana.

Kalau ingin membuang akar yang sudah terlanjur tidak dibersihkan dulunya saat panen, caranya adalah, gunakan linggis, gali di tempat pisang itu tumbuh, Besar dan dalam, untuk pisang yang sudah dipanen 2 kali saja bisa sekitar 25 cm dalamnya, pake linggis. siip


ow gitu caranya om
kemaren udah keburu dipangkas sampe bawah
eh muncul lagi (padahal tukangnya bilang udah bersih)
akan saya lakukan untuk kedepannya
nais tips
manteb yah pisang tapi sayang saya nanam pisang bagus-bagus susah hidupnya
Quote:Original Posted By stefani123
manteb yah pisang tapi sayang saya nanam pisang bagus-bagus susah hidupnya


masalahnya dimana? tanah nya campur puing2?
Quote:Original Posted By stefani123
manteb yah pisang tapi sayang saya nanam pisang bagus-bagus susah hidupnya


masak sich Tante pisang susah tumbuhnya
pisang pertama saya,
thx tante lola
Spoiler for pisang raja bulu:
Quote:Original Posted By stefani123
manteb yah pisang tapi sayang saya nanam pisang bagus-bagus susah hidupnya


kelihatannya pisang cukup mudah hidup kok..

Quote:Original Posted By JungleBoy77
pisang pertama saya,
thx tante lola
Spoiler for pisang raja bulu:


bagus om klo bisa sampe berbuah tuh..
Quote:Original Posted By JungleBoy77
pisang pertama saya,
thx tante lola
Spoiler for pisang raja bulu:


apa kabar pisang nya sekarang Om
nyari bibit pisang di mana y?