bokek_muluAvatar border
TS
bokek_mulu
Segala macam hal tentang pisang
Pisang



Adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya (Musa acuminata, M. balbisiana, dan M. ×paradisiaca) menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama. Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari, yang disebut sisir.

Thread ini hanya membahas pisang penghasil buah konsumsi serta kerabatnya yang berkaitan.

Keanekaragaman Pisang

Pusat keragaman utama pisang terletak di daerah Malesia (Asia Tenggara, Papua dan Australia tropika). Pusat keragaman minor juga terdapat di Afrika tropis. Tumbuhan ini menyukai iklim tropis panas dan lembab. Di daerah dengan hujan merata sepanjang tahun produksi pisang dapat berlangsung tanpa mengenal musim



Teori mengenai keragaman genetik pisang budidaya

Pisang budidaya pada masa sekarang dianggap merupakan keturunan dari Musa acuminata yang diploid dan tumbuh liar. Genom yang disumbangkan diberi simbol A. Persilangan alami dengan Musa balbisiana memasukkan genom baru, disebut B.

Mengikuti anjuran Simmonds dan Shepherd, klasifikasi pisang budidaya sekarang menggunakan nama-nama kombinasi genom ini. Sebagai contoh, untuk pisang 'Cavendish', disebut sebagai Musa (AAA group Dessert subgroup) ‘Cavendish’.

Spoiler for Jenis-jenis pisang:


Budidaya

Pisang secara tradisional tidak dibudidayakan secara intensif. Hanya sedikit yang dibudidayakan secara intensif dan besar-besaran dalam perkebunan monokultur.

Hama dan penyakit

Hama
-Kumbang Cosmopolites sordidus, penyebab bercak hitam
Penyakit
-Penyakit Panama
-Penyakit sigatoka
-Penyakit darah
-Penyakit layu bakteri Xanthomonas



Penggunaan

Berdasarkan cara konsumsi buahnya, pisang dikelompokkan dalam dua golongan, yaitu pisang meja (dessert banana) dan pisang olah (plantain, cooking banana). Pisang meja dikonsumsi dalam bentuk segar setelah buah matang. Pisang olahan dikonsumsi setelah diolah.

Selain memberikan kontribusi gizi lebih tinggi daripada apel, pisang juga dapat menyediakan cadangan energi dengan cepat. Beragam jenis makanan ringan dari pisang: Kripik Pisang asal Lampung, Sale pisang(Bandung), Pisang Molen (Bogor), epe (Makassar).

Pisang mempunyai kandungan energi cukup tinggi. Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium. Pisang juga mengandung vitamin, yaitu C, B kompleks, B6, dan serotonin.

di atas udah ditampilin sebagian makanan yg bisa dibuat dari pisang
di bawah sini ada dikit lagi
Spoiler for makanan dari pisang:


Energi

Nilai energi pisang sekitar 136 kalori untuk setiap 100 gram, yang secara keseluruhan berasal dari karbohidrat. Nilai energi pisang dua kali lipat lebih tinggi daripada apel.

Karbohidrat pisang menyediakan energi sedikit lebih lambat dibandingkan dengan gula pasir dan sirup, tetapi lebih cepat dari nasi, biskuit, dan sejenis roti. Oleh sebab itu, banyak atlet saat istirahat mengonsumsi pisang.
Gula pisang merupakan gula buah, yaitu terdiri dari fruktosa yang mempunyai indek glikemik lebih rendah dibandingkan dengan glukosa.

Untuk melakukan aktivitasnya, otak memerlukan energi berupa glukosa. Glukosa darah sangat vital bagi otak untuk dapat berfungsi dengan baik, antara lain diekspresikan dalam kemampuan daya ingat. Pisang adalah alternatif terbaik untuk menyediakan energi di saat-saat istirahat, pada waktu otak sangat membutuhkan energi yang cepat tersedia.

Kandungan protein dan lemak pisang ternyata kurang bagus dan sangat rendah, yaitu hanya 2,3 persen dan 0,13 persen. Meski demikian, kandungan lemak dan protein pisang masih lebih tinggi dari apel, yang hanya 0,3 persen. Karena itu, tidak perlu takut kegemukan walau mengonsumsi pisang dalam jumlah banyak.



Mineral

Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, kalsium, dan besi.

Bila dibandingkan dengan jenis makanan nabati lain, mineral pisang, khususnya besi, hampir seluruhnya dapat diserap tubuh.

Kadar besi pisang mencapai 2 miligram per 100 gram dan seng 0,8 mg. Bandingkan dengan apel, yang hanya mengandung 0,2 mg besi dan 0,1 mg seng untuk berat 100 gram.

Kandungan vitaminnya sangat tinggi, terutama provitamin A, yaitu betakaroten, sebesar 45 mg per 100 gram berat kering, sedangkan pada apel hanya 15 mg. Pisang juga mengandung vitamin B, yaitu tiamin, riboflavin, niasin, dan vitamin B6 (piridoxin).





wiuh itulah thread saya
kalo berkenan di hati agan ya mbok dikasih emoticon-Blue Guy Cendol (L)tapi kalo ga berkenan jgn juga dikasih emoticon-Blue Guy Bata (L) sakit toh
bagi yg belum iso cukup rate bintang 5
sorry klo emoticon-Purple Repost tapi kyknya ga bakal deh
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Kaskus

ps: cuma mau bilang thx buat pemberi GRP
tata604
tata604 memberi reputasi
1
93.7K
760
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan