buzzet889Avatar border
TS
buzzet889
cara bikin kompos metode karung
ini bagi yang penasaran untuk bikin kompos skala rumah tangga

Pertama, yang perlu diketahui adalah bahan baku utama membuat kompos, yaitu sampah itu sendiri. Ada dua jenis sampah yaitu organik dan anorganik. Kita harus memisahkan sampah berdasarkan jenisnya. Yang termasuk sampah organik dan bisa dijadikan bahan kompos adalah sampah coklat (daun kering, rumput kering, serbuk gergaji, serutan kayu, sekam, jerami, kulit jagung, kertas yang tidak mengkilat, tangkai sayuran) dan sampah hijau (sayuran, buah-buahan, potongan rumput segar, daun segar, sampah dapur, ampas teh/kopi, kulit telur, pupuk kandang). Sedangkan yang masuk kelompok sampah anorganik adalah plastik, stereoform, kertas (mengkilat), logam, dan kaca.

Selain itu ada bahan-bahan yang sebaiknya tidak dibuat kompos yaitu:

1. Daging, ikan, kulit udang, tulang, susu, keju, lemak/minyak, ampas kelapa, sisa sayuran yang bersantan (menyebabkan munculnya belatung).
2. Kotoran anjing & kucing (kemungkinan membawa penyakit).
3. Tanaman yang berhama (hama dan bijinya masih terkandung dalam kompos jadi).
4. Ranting, dahan, dan batang kayu yang tidak mudah hancur dalam kompos (mengundang rayap).

Kedua, starter yang digunakan untuk mengurai sampah menjadi kompos. Di toko pertanian sebenarnya dijual starter siap pakai seperti EM4 (effective microorganism 4), tapi barangkali anda akan lebih puas jika bisa membuat sendiri agar lebih hemat. Starter yang dijual di toko harganya berkisar Rp.15.000. Tetapi bila membuatnya sendiri tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun.

Starter buatan sendiri ini biasa disebut dengan MOL (mikro organisme lokal). Bahan yang digunakan untuk membuatnya bisa bermacam-macam, tergantung selera, kebutuhan dan ketersediaan bahan di lingkungan. Kita bisa membuat MOL dari nasi, yang baru maupun basi.

Spoiler for Langkah-langkah membuat MOL yang merupakan starter dalam pengomposan::


Ketiga, wadah untuk memproses sampah menjadi kompos. Wadah ini biasa disebut dengan komposter. Macam-macam jenisnya, ada yang terbuat dari batako, gentong plastik, ada yang namanya keranjang takakura, bahkan bila mau bisa beli jadi yang harganya sampai ratusan ribu. Tetapi, kita bisa menggunakan bahan yang mudah didapat. Kita gunakan karung sebagai tempat membuat kompos.


Keempat, sampah coklat kaya kandungan karbon (C) yang merupakan sumber energi makanan untuk mikroba. Sampah hijau mengandung nitrogen (N) yang diperlukan oleh mikroba untuk tumbuh dan berkembang biak. Sampah organik secara alami akan mengalami penguraian oleh ratusan jenis mikroba, enzim, jamur, dan binatang tanah. Proses penguraian memerlukan suhu tertentu, kelembaban, dan oksigen (udara segar).

Setelah semua hal di atas telah mengerti, sekarang waktunya melakukan tahap-tahap pengomposan. Kita gunakan karung sebagai wadahnya.

Spoiler for Langkah 1::

Spoiler for Langkah 2::


Spoiler for Langkah 3::


Spoiler for Langkah 4::


Spoiler for Langkah 5::


Spoiler for Langkah 6::


Spoiler for Langkah 7::


Spoiler for Langkah 8::


Spoiler for Langkah 9::


Spoiler for Catatan::


sumber http://irniaryani.wordpress.com/2008...metode-karung/
emoticon-I Love Indonesia
Quote:

"monggo di lanjut gan" emoticon-Shakehand2


Spoiler for alternatif MOL:


thanks gan atas emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L) nya emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2
tata604
tata604 memberi reputasi
1
29.6K
164
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan