liong_sanAvatar border
TS
liong_san
[History] Sejarah Jepang (yo penggemar Jepang kesini)
Dengan segala keterbatasan pengetahuan. Saya mencoba untuk membahas tentang sejarah Jepang dari awal sampai masa sekarang. Jika ada kesalahan dan ketidak akuratan mohon maaf karena keterbatasan pengetahuan dan mohon bantuan dari momod2 yang terhormat. emoticon-Smilie

Dirangkum dari buku Dewa Perang Jepang, Novel2 sejarah (Taiko, The Heike Story), site japanese history.org dan om google plus om wiki emoticon-Big Grin

Langsung saja

Jepang adalah salah satu Negara yang memiliki sejarah yang cukup panjang, dan sebagai salah satu negara maju yang menguasai industry saat ini ada baiknya kita lebih mengenal sejarah Jepang dari awalnya.
Jika mengacu dari luas wilayahnya jelas Jepang bukanlah negara yang luas. Luas wilayahnya “hanya” 370.000 km2 bandingkan dengan wilayah darat Indonesia yang mencapai 1,919,317 km2.
Wilayah Jepang dibagi atas 9 propinsi dan 47 daerah. Kesembilannya adalah Hokkaido, Tohoku, Kanto, Chubu, Kinki, Chugoku, Shikoku, Kyusu dan Okinawa.
Terjadinya kepulauan Jepang dimulai dari zaman Paleolitikum sekitar 30,000 tahun yang lalu. Ini dapat diketahui dari sisa2 peninggalan alat2 yang digunakan pada masa 14,000 tahun yang lalu (Permulaan masa Jomon) dan dari sejarah bangsa Yamato dan Ainu.
Penduduk Jepang sendiri berasal dari beberapa negara yang singgah dan melakukan perdagangan. Sebagian besar orang awam menganggap bahwa bangsa Ainu adalah bangsa asli penduduk Jepang. Tetapi tidak ada bukti2 sejarah kebenaran hal tersebut. Berdasarkan penemuan fosil2 dan alat2 dari kebudayaan Jomon. Maka ada pula yang berkesimpulan bahwa penduduk asli Jepang adalah penduduk yang memiliki budaya tersebut. Ada juga teori selatan dan utara yang menyatakan penduduk asli Jepang berasal dari daerah2 selatan maupun utara seperti China, Mongol, Thailand, Siberia, Turki, Melayu dan Tibet.
http://en.wikipedia.org/wiki/File:Ja...cation-cia.gif
Jaman Di Jepang
Secara umum zaman di jepang dapat dibagi menjadi 5 bagian yaitu :
1.\tAbad Kuno (Kodai)
Meliputi zaman primitif Genshi Jidai (abad ke 3), zaman Yamato (270-549), zaman Nara(539-781), dan zaman Heian (781-1198)
2.\tAbad Pertengahan (Chusei)
Meliputi zaman Kamakura (1198-1339), zaman Muromachi (1339-1573), dan zaman Azuchi Momoyama / Sengoku Jidai (1573-1603)
3.\tAbad Pra Modern (Kinsei)
Zaman Edo (1603-1868)
4.\tAbad Modern (Kindai)
Zaman Meiji (1868-1912)
5.\tAbad Sekarang (Gendai)
Zaman Taisho (1912-1926), Zaman Showa (1926-1991) dan zaman Heisei (1991-sekarang)

Abad Kuno (Kodai)

Ini adalah awal dari kebudayaan dan pemerintahan seorang kaisar. Dimulai dari masa primitive (Genshi Jidai) yang berpindah pindah, menetap dan kemudian mendirikan Buraku (sebuah pemerintahan kecil seperti desa atau perkampungan). Diperkirakan pada abad 1 sudah terdapat 100 lebih buraku.

a.\tZaman Primitif
Pada Zaman ini jepang telah mengenal 3 budaya antara lain adalah kebudayaan zaman batu (zen jomon seki), kebudayaan jomon (jomon bunka) dan kebudayaan yayoi (yayoi bunka). Kaisar yang terkenal pada zaman ini adalah Jinmu Tenno yang menurut legenda dianggap sebagai titisan dewa matahari Amaterasu.
Link
http://en.wikipedia.org/wiki/List_of...anese_monarchs

b.\tZaman Yamato
Dizaman ini agama Budha masuk ke Jepang. Dan ditengah zaman ini terdapat sebuah masa juga yag dinamakan zaman Asuka. Dizaman ini agama Budha diangkat sebagai agama negara. Dizaman ini muncul tokoh yang bernama Pangeran Shotoku yang merupakan wali dari kaisar wanita pertama yang bernama Kaisar Suiko atau Suiko Tenno. Hal ini dikarenakan pada masa itu terddapat aturan yang menyatakan jika kaisar masih terlalu muda atau kaisar adalah wanita maka harus ada seorang wali yang menjalankan pemerintahan untuknya.
Jasa yang dibuat oleh Pangeran Shotoku antara lain :
-\tMenyebarkan agama Budha dan menjadikannya sebagai agama negara, juga membangun kuil2 sebagai penunjangnya. Kuil yang terbesar adalah Honryuji di propinsi Nara.
-\tPertama kalinya terjadi hubungan diplomasi dengan negeri China yang saat itu berada pada pemerintahan dinasti Sui dan mengirimkan duta besar pertama yang bernama Onono Imoko.
Pic :
http://www.japanesehistory.org/cgi-b....pl?ononoimoko
-\tPembuatan undang-undang dasar yang pertama yang mengatur tentang pemerintahan, keamanan, kepegawaian dan penyebaran agama sehingga terdapat penggolongan pada pejabat yang dibagi menjadi 12 tingkatan. Undang2nya yang berisi 17 pasal dinamakan Junana Jokempo (17 pasal undang-undang).
Setelah wafatnya Pangeran Shotoku keadaan Jepang menjadi kacau. Mengetahui keadaan tersebut, duta besar yang dikirimkan untuk China Inono Imoko kembali ke Jepang untuk membantu menyelesaikan konflik yang terjadi. Inono Imoko membantu kaisar untuk merebut kekuasaan yang dipegang oleh klan Shoga yang sangat kuat pada waktu itu. Pada masa inilah pemerintah menyerukan tentang reformasi Taika yang menjadi awal lahirnya masa Hakuho.

c.\tZaman nara
Setelah Gonmei Tenno diangkat menjadi kaisar yang ke-43 (707) dia memindahkan ibukota ke Nara Heijokyo pada tahun 710. Kebudayaan yang ada pada masa itu meniru kebudayaan Tiongkok. Dizaman ini juga ditulis buku sejarah jepang tertua yang terdiri dari 3 jilid yang dibuat pada tahun 712. Kemudian dilanjutkan pembuatan buku sejarah yang lebih lengkap sebanyak 20 jilid yang selesai pada tahun 720 dan dinamakan Nihon Shoki.
Pada tahun pemerintahan Shomu Tenno (724-749), kaisar kembali menyebarkan ajaran Budha dan ditandai dengan didirikannya kuil besar Daibutsuden yang menggunakan kayu terbesar didunia dan memiliki patung Budha yang setinggi 16 meter.

d.\tZaman Heian
Pada tahun 794 Kanmu Tenno (781-806) memindahkan ibukota ke Kyoto. Pada masa ini lahirlah aksara Jepang yang dinamakan Hiragana dan Katakana.
Pada masa ini Jepang dihadapkan dengan situasi munculnya keluarga2 Samurai yang ingin menancapkan pengaruhnya dipemerintahan. Yang terkuat saat itu adalah Keluarga Fujiwara. Cara yang digunakan keluarga Fujiwara adalah dengan menikahkan putrid-putrinya dengan Tenno. Sehingga jika Tenno berhalangan karena sakit, masih kecil atau perempuan maka keluarga Fujiwara bias menjadi wali atau penasihat Tenno (Kanpaku)

bentar dupdate nanti gan

Update

Perselisihan Heike/Taira dan Minamoto/Genji
Awal perselisihan antara kedua keluarga ini dimulai dari masa pemberontakan Hogen (1156) yang didasari keinginan mantan kaisar Sutoku yang ingin berkuasa lagi. Mantan kaisar Sutoku didukung oleh Minamoto No Tameyoshi, Putra bungsunya Minamoto no Tametomo, Taira no Tadamasa dan perdana Menteri Fujiwara no Yorinaga. Sedangkan kaisar yang sedang berkuasa Tenno Go-Shirakawa didukung oleh menteri Fujiwara Tadamichi, Taira No Kiyomori dan Minamoto No Yoshitomo. Pertempuran itu dimenangkan oleh pasukan kaisar Go-Shirakawa.
Pada pertempuran itu Minamoto No Tametomo adalah yang tergagah. Dikisahkan bahwa tangan kirinya lebih panjang dari tangan kanannya sehingga bisa menarik busur berukuran besar lebih panjang dan dapat menenggelamkan kapal2 musuhnya dengan mudah.
Setelah kekalahan mantan kaisar. Yorinaga dan Tadamasa dihukum mati oleh kaisar. Yoshitomo sebenarnya berusaha agar ayahnya diampuni tetapi kaisar menolak dan menghukum mati Tameyoshi.

http://en.wikipedia.org/wiki/File:Mi...o_Tametomo.jpg

Tiga tahun setelahnya (1159) Yoshitomo dan Fujiwara Nobuyuri memulai pemberontakan Heiji dengan menangkap Kaisar Go-Shirakawa dan membunuhi menteri2nya. Hal itu dilakukan Karena ketidak puasan Yoshitomo atas posisi yang diberikan kaisar kepadanya dibandingkan yang diberikan pada Kiyomori, setelah pengorbanan yang dilakukan keluarga Minamoto.
Kiyomori menaklukkan Yoshitomo dan Nobuyori dan membunuh kedua anak sulung Yoshitomo besertanya. Sedangkan Anak ketiga Yoritomo dan anak2 Yoshitomo yang masih kecil diasingkan.

Minamoto No Yoshitsune

http://en.wikipedia.org/wiki/File:Mi...Yoshitsune.svg

Dilahirkan pada tahun 1159 pada saat ayah dan kedua kakak sulungnya dibunuh oleh Kiyomori. Yoshitsune merupakan anak ke-9 Yoshitomo yang lahir dengan nama kecil Ushiwakamaru. Setelah kekalahan ayahnya ushiwaka segera diasingkan ke kuil Kurama yang terletak di gunung Hiei di dekat Ibukota Kyoto. Seiring berjalannya waktu ushiwaka tumbuh menjadi seorang pemuda yang gagah dan pandai dalam memainkan pedang. Pada saat itu dia mendengar mengenai Pendekar yang menantang semua samurai di jembatan Gojo. Sampai saat ini pendekar tersebut telah mengalahkan 999 orang dan merampas semua pedang mereka. Yoshitsune segera merasa tertarik dan manjadi lawan yang ke 1000 dari orang tersebut ingin melihat betapa hebatnya dia. Kemudian Yoshitsune bertemu dan melawan orang tersebut. Setelah pertarungan Yoshitsune berhasil mengalahkan orang itu dan dia pun menjadi bawahan Yoshitsune yang bernama Saito Musashibo Benkei.

http://en.wikipedia.org/wiki/File:Benkei.jpg

Karena tidak ingin terus diawasi oleh orang2 Kiyomori, Yoshitsune melarikan diri ke wilayah Hiraizumi propinsi Mutsu dan berlindung kepada Fujiwara No Hidehira yang merupakan kepala keluarga samurai yang sangat kuat diwilayah tersebut.
xlabsmedan
xlabsmedan memberi reputasi
-1
47.2K
200
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan