viyazAvatar border
TS
viyaz
attila the hun
maap kalo emoticon-Repost



Attila the Hun adalah seorang raja Hun, menginvasi Eropa dari stepa Rusia sampai berbatasan Prancis. Dia dijuluki "The Scourge of God".

Suku Hun kemungkinan besar berasal dari Asia Tengah yang dulu selalu mengancam China ratusan tahun yang lalu (suku Xiongnu). Tulang punggung pasukan mereka adalah pemanah berkuda.

Saat raja Hun (pamannya) Ruga (atau Rua), meninggal, Attila dan saudaranya Bleda naik tahta menggantikannya. Sebelumnya, Ruga telah membuat perjanjian dengan Romawi Barat dan Timur. Romawi Timur membayar upeti kepada Hun, membuka pasar kepada pedagang Hun, dan memulangkan kaum pelarian sebagai perjanjian perdamaian.

Attila mencoba memperluas kekuasaannya ke timur, sampai Armenia sebelum dikalahkan pasukan Sassanid Persia di Armenia.

Attila mengalihkan pandangannya ke Eropa, memperluas wilayah kekuasaannya di Balkan dengan menaklukan Serdica (Sofia), Arcadiopolis, dan Phillippopolis (Plovdiv). Lalu, mereka menyerang Konstantinopel, tapi terhenti oleh tembok kokoh Konstantinopel. Romawi Timur terpaksa memberi mereka upeti tinggi untuk menghentikan mereka.

Mereka terus memperluas wilayahnya sampai seluruh Balkan, tapi hanya Moesia yang berhasil.

Lalu mereka bergerak lagi ke barat dengan menyerang kerajaan Visigoth di Tolouse, membuat aliansi dengan Kaisar Romawi Barat, Valentinan III. Dia mendapat sekutu-sekutunya yaitu Alans, Ostrogoth, Brugundian, dll.

Singkatnya, Attila dan horse-archernya menjadi ancaman bagi Romawi Barat dan Timur, sampai dia dikalahkan oleh jendral Flavius Aetius dalam pertempuran Chalon.

Tahun 452, Attila menikahi Honoria.

Attila menyiapkan invasinya ke Italia. Lalu, Valentinan III mengirim 3 utusan untuk bertemu Attila, salah satunya adalah uskup Leo I. Leo I berhasil 'mengusir' Attila dari Italia dan kembali ke Hungaria. Namun, Romawi Timur telah menyebrangi sungai Danube dibawah jendral juga bernama Aetius dan memaksa Attila kembali ke kampung halamannya.

Tahun 453, Attila meninggal. Anaknya, Ellak, Dengizich, dan Ernak saling merebut kekuasan Hun. Mereka terbagi-bagi, dan diusir dari Eropa.

Spoiler for peta kekuasaan Hun (warna ungu):


capek juga ngetik sendiri. kasih emoticon-Blue Guy Cendol (L)dong biar ga haus hehhe
Siege
Siege memberi reputasi
1
20.6K
120
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan