Quote:Original Posted By firman6661
gan, mohon info MB dong..
ane baru angkat mb mh, buntut udah lumayan panjang cuma di sayap kanan kiri masih ada bulu trotol 1 atau 2 helai..

1. kira kira mb ane di rawat versi mabung? apa versi biasa aja ya gan?
2. pakannya gimana gan setelannya untuk burung kaya gini?
3. bedain stress sama giras gimana ya gan? soalnya burung ane makan lancar tapi liat orang kelabakan, terus kalo denger PC ane cuma bunyi cetak cetek doang.. padahal dulu pas baru beli besokannya ngeriwik..

mohon infonya ya gan..


itu umurya brp bulan gan???
11.versi mabung juga bisa gan biar cepet rontok tuh bulunya....tapi klo biasa jg gpp tapi juga agak lama rontonya.
2.biasa gan kasih jangkrik sama kroto aja.
3.klo burung stres itu biasanya tdk mau makan,tdk mau bunyi ggan,,klo giras itu klo lihat org suka kelabakan,,dicari setelan makanannya sama tempatnya aja tuh gan.mudah-mudahan berguna nich gan
Quote:Original Posted By reanduank
buat mastah disini help ane mo tanya tenta cipoh...
dh 1 minggu tu cipoh ane beli kira" umur 3 bln kata penjualnya bakal lama bunyi tp gk ngjelasin karena apa,nah pas d rumah ane liat dh lama ini bulu"y pada jatoh apa itu cipoh lg mabung yak?
kalo iyah kira" brp lama?
dh kangen pengen denger tu brung ngoceh
makasih sebelumnya...


punten om pertanyaan ane lm kejawab

sampe skrg cipohnya lm bunyi cmn bunyik kek..kek..kek..kek.. doang...
apa cipohnya betina yak
Quote:Original Posted By reanduank


punten om pertanyaan ane lm kejawab

sampe skrg cipohnya lm bunyi cmn bunyik kek..kek..kek..kek.. doang...
apa cipohnya betina yak


sekarang mabung nya sudah selesai apa belum gan????
mungkin karena faktor makanan gan biasa agan kasih makan apa???
bisa juga cipohnya betina???
pas waktu beli dulu sudah bunyi apa belum gan???
Quote:Original Posted By xXhandygokilzXx


sekarang mabung nya sudah selesai apa belum gan????
mungkin karena faktor makanan gan biasa agan kasih makan apa???
bisa juga cipohnya betina???
pas waktu beli dulu sudah bunyi apa belum gan???

kek'y blm gan coz bulu'y msih lm rapih msh ada bulu lama coz yg baru keliatan ijo bgt...
ane ksih UH 1sdt P/S trus kroto 4hari 1x P/S...
dari si abangnya lm bunyi tkutnya itu betina gan tp penjualnya blg ini jantan pasti 100% tp nympe skrg gk ngelagu cmn bsanya gt duank kek..kek..kek..
ni cipoh di ane dh hampir 3 bln gan tp gk ada perkembangan
kl misalkan mabung btuh brp lama seh gan?
Quote:Original Posted By reanduank

kek'y blm gan coz bulu'y msih lm rapih msh ada bulu lama coz yg baru keliatan ijo bgt...
ane ksih UH 1sdt P/S trus kroto 4hari 1x P/S...
dari si abangnya lm bunyi tkutnya itu betina gan tp penjualnya blg ini jantan pasti 100% tp nympe skrg gk ngelagu cmn bsanya gt duank kek..kek..kek..
ni cipoh di ane dh hampir 3 bln gan tp gk ada perkembangan
kl misalkan mabung btuh brp lama seh gan?


ya dirawat kayak burung mabung dl aja gan,,
jangan kebanyakan UH gan pake UK aja,krotonya juga 1minggu 3 kali juga lbh bgs,,,coba dech dicas sama decu lain gan.mudah mudahan bermanfaat gan
Quote:Original Posted By cavalry91


hallo gan..
For Jawaban :
1. Masa mabung kenari tidak bisa ditentukan gan. tergantung perawatan. paling cepet 1 bln paling lama 3 bln. sialnya lagi bisa lebih lama.
2. bukanya gag boleh dimandiin tapi frekuensi mandinya di perpanjang misalnya 1 minggu sekali, karena kalo di mandiin bisa" nanti nyulam (rontoknya satu" tidak langsung brel)..kenapa ? kalo sepengetahuan ane masa mabung itu adalah masa pematian sel bulu yg sudah tua, untuk diganti selbaru (sel bulu)..jd kalo kena air maka sel kulit pada bulu akan basah dan jadi kuat kembali..makanya mandinya diperpanjang dan dikasih vitamin dari dalem. nak kalo mandi seminggu sekali itu ttp perlu karena menghindarkan burung dari kutu.
3. kenari set seperti biasa..tambah mulit vitami (nanti resepnya kalo mau PM ane gan) ane kasi tau..hehehe ..kasih sayuran, buah"an..
4. saat burung mabung merupakan saat yang tepat untuk pemasteran. karena disitulah saat burung itu tenang dan tidak banyak aktivitas. cenderung diam. jadi bagus untuk memberikan master yg tepat. khusunya burung gereja..
5. usahakan full krodong, jauhkan dari lalulalang...menghindari burung kelabakan...

tahanks gan..
salam kicau,semoga bisa membantu..bila ada yang kurang berkenan mohon kritik dan saranya..karena ane juga baru belajar..hehehe


om sy jg mw dong resep'y hhe
KN sy lg ambrol lama bgt trs g bunyi sma skli nih
Quote:Original Posted By akatsukiinside


om sy jg mw dong resep'y hhe
KN sy lg ambrol lama bgt trs g bunyi sma skli nih


uda berapa bulan gan????mungkin ane bisa bantuin
KN agan lokal apa fseries
klo sepengalaman ane gan KN mabung itu pasti bunyi tapi jarang.
selamat malam om
mau tanya kenari saya mabung bulu nya jatuh pagi2 klo saya bersihkan kurung nya , tadi pagi jam 7 saya mandi semprot. 7.30-10.00 jemur , lalu saya gantang angin-anginkan 15menit, lalu saya masukan full kerodong sampai jam 3, lalu saya keluarkan lagi, tiba2 KN saya mandi sendiri di cepuknya om, tapi pada bulu bagian matanya terlihat agak botak om , kenapa ya ? kenari saya ga bunyi nihhh.. :
Quote:Original Posted By bloodyeyes
selamat malam om
mau tanya kenari saya mabung bulu nya jatuh pagi2 klo saya bersihkan kurung nya , tadi pagi jam 7 saya mandi semprot. 7.30-10.00 jemur , lalu saya gantang angin-anginkan 15menit, lalu saya masukan full kerodong sampai jam 3, lalu saya keluarkan lagi, tiba2 KN saya mandi sendiri di cepuknya om, tapi pada bulu bagian matanya terlihat agak botak om , kenapa ya ? kenari saya ga bunyi nihhh.. :


proses mabung mungkin gan,
burung mabung biasanya memang macet bunyi, kenari juga gitu, biasanya kalo mabung jarang bunyi, kalopun bunyi suaranya tak sebagus sebelum ambrol, kurang mecah suaranya
ntar kalo mabungnya kelar juga mulai bunyi lagi
alo lg puh,,,
ane numpang nanya lg dong,,,
kan minggu kmrn KN ane yg buat masteran ditempel KN tmn 3 hari,,
nah dr hr senen ampe skrng cm kmrn doank mo bunyi ntu jg sore doank puh. . .
Kyk,a si down KN ane nah ane mo nanya nih puh,,,
1.kl emang down boleh minta perawatan,a ngak???kasian MB ane ngak ad tmn ngobrol,a. . .
2.kl buat mental KN ngelatih,a gmn puh,,biar kl ad tmn nitip KN ngak drop lg gtu,,,
sgitu aj deh ngak enak nanya bnyk". . .
Tolong dijawab y puh,,,makasih buat yg bisa bantu. . .
Quote:Original Posted By therawasee


proses mabung mungkin gan,
burung mabung biasanya memang macet bunyi, kenari juga gitu, biasanya kalo mabung jarang bunyi, kalopun bunyi suaranya tak sebagus sebelum ambrol, kurang mecah suaranya
ntar kalo mabungnya kelar juga mulai bunyi lagi


gan bro tanya lagi nih , klo mabung itu burung harus dimandikan atau tidak ?
klo saya baca referensi orang-orang ktnya hanya di mandikan 1x seminggu ?
kira2 berapa lama ya mabungnya ? yg jatuh masih pada bulu halus kek nya
EF yang bagus pada saat kenari mabung apa ya gan ?
cara perawatan saya di atas dah benar blom ?
thx before
Quote:Original Posted By xXhandygokilzXx


itu umurya brp bulan gan???
11.versi mabung juga bisa gan biar cepet rontok tuh bulunya....tapi klo biasa jg gpp tapi juga agak lama rontonya.
2.biasa gan kasih jangkrik sama kroto aja.
3.klo burung stres itu biasanya tdk mau makan,tdk mau bunyi ggan,,klo giras itu klo lihat org suka kelabakan,,dicari setelan makanannya sama tempatnya aja tuh gan.mudah-mudahan berguna nich gan


kayanya sih masih belom setahun gan, soalnya yg di sayap itu yg belom rontok bulu piyik warna coklat gitu gan..
setelan makannya berapa berapa sih gan? yang wajar nya?
ane biasanya kroto p5/s5, UH dikit, sama pake voer *toplagu* ijo di tumbuk..

makasih ya gan infonya..

gan mau tanya,
ane punya poci dirumah baru beli 1 bulan yg lalu masih trotolan
waktu prtama ane beli,dirumah udh bunyi berisik bgt,biasanya bunyi jam 5 subuh
nah 3 hri yg lalu ane beli trucuk yang masih bahan blum bisa bunyi,
eh tiba-tiba poci ane ikutan mandek bunyi,cuma salto-salto doang ane liatin

pertanyannya :
- apakah poci ane mau mabung?tp blum ada bulu-bulu halus yg jatoh ato emg mandek bunyi?
- poci ane sering bunyi cer...cer.., apa burung ane ngbagong?tp bulunya ga ngembung

kelamin jantan
jangkrik 5p/s
kroto 3hr 1x
voer ganti 2hr 1x
mandi semprot pagi jam 8
jemur jam 8-stngah 10

mohon bantuannya para master
Quote:Original Posted By bloodyeyes
selamat malam om
mau tanya kenari saya mabung bulu nya jatuh pagi2 klo saya bersihkan kurung nya , tadi pagi jam 7 saya mandi semprot. 7.30-10.00 jemur , lalu saya gantang angin-anginkan 15menit, lalu saya masukan full kerodong sampai jam 3, lalu saya keluarkan lagi, tiba2 KN saya mandi sendiri di cepuknya om, tapi pada bulu bagian matanya terlihat agak botak om , kenapa ya ? kenari saya ga bunyi nihhh.. :


ya ni ane mau nambahin aja gan klo lagi mabung jangan dimandiin gan biar rontok bulunya cepet,,di full krodong aja ndak masalah,
terus diberi biji sawi gan makananya langsung rontok dech bulunya.
itu gan tambahan dari ane mudah2 bermanfaat
Quote:Original Posted By AoiBlue
alo lg puh,,,
ane numpang nanya lg dong,,,
kan minggu kmrn KN ane yg buat masteran ditempel KN tmn 3 hari,,
nah dr hr senen ampe skrng cm kmrn doank mo bunyi ntu jg sore doank puh. . .
Kyk,a si down KN ane nah ane mo nanya nih puh,,,
1.kl emang down boleh minta perawatan,a ngak???kasian MB ane ngak ad tmn ngobrol,a. . .
2.kl buat mental KN ngelatih,a gmn puh,,biar kl ad tmn nitip KN ngak drop lg gtu,,,
sgitu aj deh ngak enak nanya bnyk". . .
Tolong dijawab y puh,,,makasih buat yg bisa bantu. . .


sebelum ditempel kn temen kn agan rajin bunyi apa tidak gan???
KN temen ente itu masih bakalan apa sudah umur gan???
1.iya bisa aja down gan karena kalah ma KN temen ente.bisa juga kelelahan waktu KN ente digandengin ma KN temen ente.
2.sering2 aja dibawa ke latberan gan
mudah2an bermanffat gan
Quote:Original Posted By firman6661


kayanya sih masih belom setahun gan, soalnya yg di sayap itu yg belom rontok bulu piyik warna coklat gitu gan..
setelan makannya berapa berapa sih gan? yang wajar nya?
ane biasanya kroto p5/s5, UH dikit, sama pake voer *toplagu* ijo di tumbuk..

makasih ya gan infonya..



ya difull krodong aja gan biar cepet rontok tuh bulunya
ya diamati gan petama dikasih 4 ijonya gmn rajin bunyi kagak ntar klo uda rajin dipertahanin klo belum tambah 1 begitu seterusnya gan
kasih jangkrik pagi sama sore terus jam 1 siang kasih UH 2ekor aja gan ijo itu ndak suka voer gan kasih pisang aja pisang kepok jangan sampek telat ngasih pisangnya gan.
mudah2an bermanfaat gan
Quote:Original Posted By harilaksono
gan mau tanya,
ane punya poci dirumah baru beli 1 bulan yg lalu masih trotolan
waktu prtama ane beli,dirumah udh bunyi berisik bgt,biasanya bunyi jam 5 subuh
nah 3 hri yg lalu ane beli trucuk yang masih bahan blum bisa bunyi,
eh tiba-tiba poci ane ikutan mandek bunyi,cuma salto-salto doang ane liatin

pertanyannya :
- apakah poci ane mau mabung?tp blum ada bulu-bulu halus yg jatoh ato emg mandek bunyi?
- poci ane sering bunyi cer...cer.., apa burung ane ngbagong?tp bulunya ga ngembung

kelamin jantan
jangkrik 5p/s
kroto 3hr 1x
voer ganti 2hr 1x
mandi semprot pagi jam 8
jemur jam 8-stngah 10

mohon bantuannya para master


umur berepa gan pocinya??
waduh kog salto salto gan pocinya klo ane kasih saran dijual dulu aja gan terus beli yang baru karena poci ente salto salto klo dibuat gantangan jelek gan tapi klo dibuat denger2an sih ya terserah hehehe
biasanya bunyinya uda nglagu apa cuma cer...cer... gt aja gan??
ndak masalah gan itu trucuknya
-klo tidak ada yang rontok berarti ndak mabung gan
-ya biasa gan emank bunyi kacer gt cer cer habis gt baru disambung suara kacernya bukan mbagong gan klo begitu aja.
klo menurut ane krotonya disetop aja gan ntar klo kebablasan bisa2 kacer ente mbagong kasih jangkrik aja mpek kenyang.
mandiinnya pakek keramba aja gan karena doyan banget mandi gan klo disemprot kurang seger hehehe.
Quote:Original Posted By xXhandygokilzXx


umur berepa gan pocinya??
waduh kog salto salto gan pocinya klo ane kasih saran dijual dulu aja gan terus beli yang baru karena poci ente salto salto klo dibuat gantangan jelek gan tapi klo dibuat denger2an sih ya terserah hehehe
biasanya bunyinya uda nglagu apa cuma cer...cer... gt aja gan??
ndak masalah gan itu trucuknya
-klo tidak ada yang rontok berarti ndak mabung gan
-ya biasa gan emank bunyi kacer gt cer cer habis gt baru disambung suara kacernya bukan mbagong gan klo begitu aja.
klo menurut ane krotonya disetop aja gan ntar klo kebablasan bisa2 kacer ente mbagong kasih jangkrik aja mpek kenyang.
mandiinnya pakek keramba aja gan karena doyan banget mandi gan klo disemprot kurang seger hehehe.


thanks gan udh dijawab
waduh gawat nie klo masalahnya udh mesti dijual,
klo misalnya dijual trus ane ganti apaan dong gan?ane baru sebulan ni handle burung kicau,blom ngerti bgt tntang burung
umur kc poci ane masih anakan gan kira-kira 2-3 bulan blm prnh mabung,
kira-kira masih bisa diilangin ga gan kebiasaan saltonya? kasih tipsnya dong biar ga salto
bunyinya manteb gan buat ngebangunin ane jam 5 pagi,ane blom ngerti tipe nglagu kaya gmn,yg jlas panjang dh bunyinya
gan pentet ane kok skrg jd g bunyi pdhl bbrp minggu yg lalu setiap hari pasti bunyi mskipun hanya pagi aja..apakah pemberian jangkrik berpengaruh kah??setiap hari ane kasih 5 jangkrik

oya sekalian tanya klo antara cipoh pa prenjak atas itu yg cepat bunyi yg mana gan???coz katanya cipoh/sirtu itu susah bunyi

Post 

Quote:Original Posted By harilaksono


thanks gan udh dijawab
waduh gawat nie klo masalahnya udh mesti dijual,
klo misalnya dijual trus ane ganti apaan dong gan?ane baru sebulan ni handle burung kicau,blom ngerti bgt tntang burung
umur kc poci ane masih anakan gan kira-kira 2-3 bulan blm prnh mabung,
kira-kira masih bisa diilangin ga gan kebiasaan saltonya? kasih tipsnya dong biar ga salto
bunyinya manteb gan buat ngebangunin ane jam 5 pagi,ane blom ngerti tipe nglagu kaya gmn,yg jlas panjang dh bunyinya


ok gan sama lagi belajarnya nich saling tukar pengalaman aja.
ya diganti poci yang lainnya maksunya gan tapi bisa kog dilangin gan buat aja pangkringanya sejajar gan atas bawah jadi pocinya tidak ada celah buat salto sampai poci agan tidak salto lagi.
ya itu aja gan tambahan dari ane mudah2an bermanfaat