galaperkasaAvatar border
TS
galaperkasa
Memangkas Tagihan Listrik dengan Lampu LED
Spoiler for G.LED Profile:


Sebagian masyarakat mungkin sudah nggak asing dengan lampu LED atau Light Emitting Diode. LED adalah lampu kecil yang pencahayaannya berasal dari pancaran dioda yang dialiri listrik. Teknologi ini sudah lama digunakan pada bidang elektronika Contoh yang paling mudah kita temui adalah lampu kecil pada remote TV.

Atau kalau anda pernah melihat radio, TV atau komputer yang sedang dibongkar untuk reparasi, lampu-lampu indikator yang dipakai pada peralatan tersebut juga memakai LED. Kini LED sudah mulai diaplikasikan untuk penerangan rumah tinggal. Untuk menjadi lampu penerangan, LED-LED tersebut digabungkan dalam sebuah bohlam untuk memberikan pencahayaan yang kuat.

Spoiler for Jenis lampu LED :


Ada tiga jenis lampu LED yang beredar di pasaran yakni LED strips yang bisa menggantikan lampu neon, LED projector yang berfungsi sama seperti lampu halogen yakni untuk pencahayaan langsung atau down-light dan LED bulb yang fungsinya bisa menggantikan lampu hemat energi dengan tipe pencahayaan ke segala arah. Kelebihan lampu LED menurut Erwin Sanjaya, Manager Toko Lampu Panca Mulya adalah konsumsi energinya sangat kecil, tidak menghasilkan panas dan daya tahannya sangat kuat.

“ Sebagai perbandingan, pencahayaan lampu LED 5 watt sudah setara dengan lampu halogen 20 watt. Sekitar seperempatnya saja. Dilihat dari perbandingan ini saja sudah kelihatan penghematan biayanya. Apalagi kalau menggunakan AC ruangan. Karena lampu tidak menghasilkan panas, AC pun tak perlu dihidupkan terlalu besar sehingga konsumsi listriknya pun juga kecil,” jelasnya. Dari aspek harga, meski masih lebih mahal dibandingkan lampu biasa, lampu LED sudah tidak semahal tahuntahun sebelumnya..

Sebagai gambaran lampu halogen 20 watt harganya Rp 22 ribu sedangkan lampu LED 5 watt harganya Rp 70 ribu. Menurut Erwin, jika dihitung dengan pemakaiannya, biaya yang dikeluarkan jauh lebih kecil. Berikut gambaran perbandingan ka l - kulasi biaya untuk satu buah lampu. Dengan penghematan seperti ini, bayangkan kalau kita memakai beberapa lampu. Erwin mencontohkan misalnya untuk rumah ukuran 10 x 10 m2 dengan tinggi ruang 2,75 m dibutuhkan sekitar 6 titik lampu untuk mendapatkan pencahayaan optimal.

Jika masing-masing titik memakai lampu hemat energi sebesar 18-23 watt maka konsumsi listriknya sekitar 108-138 watt. Sedangkan kalau memakai lampu LED 5 watt, listrik yang dibutuhkan hanya sekitar 30 watt. Mengurangi pemakaian listrik tak hanya membuat kita menghemat uang, tapi juga berkonstribusi mengurangi pemanasan global dan efekefek lain yang semakin merusak lingkungan. Apalagi jika pemakaian lampu LED ini diikuti dengan pola hidup yang ramah lingkungan seperti memakai peralatan listrik secukupnya, mematikan lampu jika tak dipakai serta perilaku hemat lainnya.(yud)

Quote:


Quote:


Quote:


sumber
Diubah oleh galaperkasa 14-11-2012 15:39
0
5.6K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan