KASKUS

Quote:Original Posted By sigit3






kesimpulan nubi, motor lama atau motor belum pake rocker roller arm gak bisa oli full syn dan API maksimal SL ya? cmiiw
tapi kalo gak salah Fastron Full Syn 0W-50 itu kan API SM gan. jeroan Shogun ga kenapa2 itu?


Secara teoritis, memang API SM mengandung sedikit ZDDP, tetapi penambahan aditif bisa menggantikan ZDDP yang hilang. Kalau saya pribadi, Suzuki Shogun 110cc sudah modifan, kompresi-nya sudah 10:1 dan sudah diganti ke Rocker-Roller Arm, sehingga tidak masalah menggunakan Fastron API SM.

Kalau saran saya, coba gunakan Motul Full-Syn atau Amsoil Full-Syn untuk Motor, karena kandungan TBN-nya tinggi dan juga memiliki kaya aditif, memang carinya agak susah gan.
Quote:Original Posted By admapower64


Secara teoritis, memang API SM mengandung sedikit ZDDP, tetapi penambahan aditif bisa menggantikan ZDDP yang hilang. Kalau saya pribadi, Suzuki Shogun 110cc sudah modifan, kompresi-nya sudah 10:1 dan sudah diganti ke Rocker-Roller Arm, sehingga tidak masalah menggunakan Fastron API SM.

Kalau saran saya, coba gunakan Motul Full-Syn atau Amsoil Full-Syn untuk Motor, karena kandungan TBN-nya tinggi dan juga memiliki kaya aditif, memang carinya agak susah gan.


oh, ic ic.. pantes mintanya oli bagus, ternyata dah modif...
jadi

itu dia gan, klo susah dicari agak gimana gitu mau pake...
selain harganya jg sih
Quote:Original Posted By sigit3


oh, ic ic.. pantes mintanya oli bagus, ternyata dah modif...
jadi

itu dia gan, klo susah dicari agak gimana gitu mau pake...
selain harganya jg sih

coba aja gan oli bawaan mobil resmi toyota kemasannya silver tertulis TOYOTA MOTOR OIL di kemasannya...harga per liternya 60 ribu...biasanya dipakai di mobil2 toyota jd dipakai di motor makin enteng,logikanya biasanya dipakai mobil 1500 CC keatas klo cm motor yg CCnya kecil pst +enak kan gan...?
Quote:Original Posted By sigit3


oh, ic ic.. pantes mintanya oli bagus, ternyata dah modif...
jadi

itu dia gan, klo susah dicari agak gimana gitu mau pake...
selain harganya jg sih


Gak masalah gan, yang penting Pelumas agan sesuai dengan spesifikasi bawaan mesin motor agan. Kalau saran saya, ada baiknya agan coba Suncor Petro Canada Duron XL karena pelumas tersebut bagus, dan berdasarkan hasil penggunaan teman saya dan hasil UOA setelah 10k, pelumas tersebut masih dalam kondisi baik, asalkan agan juga membersihkan filter oli agan.

Kalau menurut saya, Petro Canada bagus untuk agan, daripada beli Shell Advance Ultra, karena yang agan butuhkan bukan pelumas berperforma tinggi, tapi lebih ke proteksi mesin.

Semoga membantu.

Quote:Original Posted By R3naFrog

coba aja gan oli bawaan mobil resmi toyota kemasannya silver tertulis TOYOTA MOTOR OIL di kemasannya...harga per liternya 60 ribu...biasanya dipakai di mobil2 toyota jd dipakai di motor makin enteng,logikanya biasanya dipakai mobil 1500 CC keatas klo cm motor yg CCnya kecil pst +enak kan gan...?


TGMO itu khusus buat mobil gan, kalau motor matic sih gak masalah, tapi sejauh ini, belum ada rekan atau teman saya yang mencoba TGMO di motor kopling basah. Logikanya sih benar gan, tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara mobil dan motor.

1. Konsep pendinginan, Stabil atau Non-Stabil.
2. RPM optimal untuk kendaraan agan, Motor lebih tinggi, mobil lebih rendah.
3. Beban Kerja mesin agan, Motor lebih tinggi (umumnya satu silinder), mobil lebih rendah (karena multi silinder).
4. Dan masih banyak lagi.

Putaran RPM lebih tinggi akan jauh mempengaruhi pengurangan TBN pada mesin agan, selain gaya berkendara juga. TAN juga akan cepat bertambah, apabila agan menggunakan BBM RON88 yang masih mengandung Sulphur, karena dalam pelumas, Sulphur adalah racun yang dapat mempercepat oksidasi.

Semoga membantu.
Quote:Original Posted By admapower64


Boleh pake Shell Helix Ultra, tapi pastikan motor agan sudah pakai Rocker-Roller Arm buat pelatuknya. Tapi, yang paling dirugikan oleh ZDDP adalah Catalytic Converter, kalau motor agan sudah pake Catalytic Converter dan Rocker-Roller Arm, penggunaan API SM keatas justru direkomendasikan. API SL dengan ZDDP tinggi (secara umum) untuk motor dengan Flat-Tapped Arm. Tetapi tidak menutup kemungkinan, ZDDP diganti dengan aditif lainnya.


shell advance ama helix bukannya beda ya gan, helix buat mobil, advance buat motor
Quote:Original Posted By admapower64


Gak masalah gan, yang penting Pelumas agan sesuai dengan spesifikasi bawaan mesin motor agan. Kalau saran saya, ada baiknya agan coba Suncor Petro Canada Duron XL karena pelumas tersebut bagus, dan berdasarkan hasil penggunaan teman saya dan hasil UOA setelah 10k, pelumas tersebut masih dalam kondisi baik, asalkan agan juga membersihkan filter oli agan.

Kalau menurut saya, Petro Canada bagus untuk agan, daripada beli Shell Advance Ultra, karena yang agan butuhkan bukan pelumas berperforma tinggi, tapi lebih ke proteksi mesin.

Semoga membantu.



suhu mau tanya donk
duron itu bisa buat motor kopling basah?ada sertifikasi JASO MA nya ga?
pengen nyobain tapi aga ragu takutnya cuma buat kopling kering
Quote:Original Posted By admapower64


TGMO itu khusus buat mobil gan, kalau motor matic sih gak masalah, tapi sejauh ini, belum ada rekan atau teman saya yang mencoba TGMO di motor kopling basah. Logikanya sih benar gan, tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara mobil dan motor.

1. Konsep pendinginan, Stabil atau Non-Stabil.
2. RPM optimal untuk kendaraan agan, Motor lebih tinggi, mobil lebih rendah.
3. Beban Kerja mesin agan, Motor lebih tinggi (umumnya satu silinder), mobil lebih rendah (karena multi silinder).
4. Dan masih banyak lagi.

Putaran RPM lebih tinggi akan jauh mempengaruhi pengurangan TBN pada mesin agan, selain gaya berkendara juga. TAN juga akan cepat bertambah, apabila agan menggunakan BBM RON88 yang masih mengandung Sulphur, karena dalam pelumas, Sulphur adalah racun yang dapat mempercepat oksidasi.

Semoga membantu.

ngga masalah menurut ane gan cz mayoritas anak FU malang tmpt club ane pake itu oli...bahkan karyawan auto 2000 toyota jg bnyk yg make itu oli di motornya bhkan udh ada yg lbh dr 3 tahun make itu oli...y cm skdr info aja...smw kembali ke selera & kepercayaan trhdp oli langganan masing2...

Quote:Original Posted By kamijo69


shell advance ama helix bukannya beda ya gan, helix buat mobil, advance buat motor


Maaf masgan, maksud saya itu Shell Advance Ultra, salah tulis.


Quote:Original Posted By KeCeNk MMS


suhu mau tanya donk
duron itu bisa buat motor kopling basah?ada sertifikasi JASO MA nya ga?
pengen nyobain tapi aga ragu takutnya cuma buat kopling kering


Kalau secara sertifikasi, memang Suncor Petro Canada Duron belum mencantumkan sertifikasi JASO MA. Begitupun pelumas HDMO laiinya, seperti Pertamina Meditran atau Total Rubia Tir. Tetapi, hal yang paling membuat HDMO mirip dengan karakteristik mesin motor adalah absennya Friction Modifier dan juga detergent yang memiliki jumlah yang cukup banyak.

Saya pernah baca di Datasheet-nya kalau tidak salah memang disana sudah meet requirement untuk JASO MA, coba agan cek terlebih dahulu ke situsnya Petro Canada. Yang penting yang agan harus dapatkan adalah HDMO (Heavy-Duty Motor Oil).

Semoga membantu.

Quote:Original Posted By R3naFrog

ngga masalah menurut ane gan cz mayoritas anak FU malang tmpt club ane pake itu oli...bahkan karyawan auto 2000 toyota jg bnyk yg make itu oli di motornya bhkan udh ada yg lbh dr 3 tahun make itu oli...y cm skdr info aja...smw kembali ke selera & kepercayaan trhdp oli langganan masing2...



Tergantung motornya juga gan, kalau ana pake Suzuki Shogun 110 oke sih pake pelumas mobil, tapi memang biasanya itu cocok-cocokan. Amannya kan menggunakan pelumas sesuai rekomendasi, karena banyak kasus karena menggunakan pelumas mobil, malahan rontok dalemannya.

Ada 8 kasus teman saya yang menggunaka pelumas mobil pada mesin motor kopling basah, 4 diantaranya karena selip kopling, dan lainnya adalah kerusakan lainnya, bahkan ada yang sampai turun mesin. Dan mereka tidak ada yang menggunakan TGMO gan, jadi saya belum tahu.

Terima kasih untuk info-nya, itu TGMO yang Tin Can kan gan? Kalo gak salah itu dalemnya salah satu produsen pelumas SuperMajor deh atau Pertamina. Soalnya kalo LGMO (Lexus), isinya dari Total.
Quote:Original Posted By admapower64


Kalau secara sertifikasi, memang Suncor Petro Canada Duron belum mencantumkan sertifikasi JASO MA. Begitupun pelumas HDMO laiinya, seperti Pertamina Meditran atau Total Rubia Tir. Tetapi, hal yang paling membuat HDMO mirip dengan karakteristik mesin motor adalah absennya Friction Modifier dan juga detergent yang memiliki jumlah yang cukup banyak.

Saya pernah baca di Datasheet-nya kalau tidak salah memang disana sudah meet requirement untuk JASO MA, coba agan cek terlebih dahulu ke situsnya Petro Canada. Yang penting yang agan harus dapatkan adalah HDMO (Heavy-Duty Motor Oil).

Semoga membantu.



abis jalan2 ke situs petro sesuai saran suhu
Heavy Duty Engine Oil
Duron XL Synthetic Blend 15W40
"They may also be used in motorcycles and ATV engines where the engine and transmission use a single reservoir. These oils have the high clutch material friction properties required for this application."

Spoiler for 1:

Spoiler for 2:


============================
kesimpulannya aman untuk dipakai motor kopling basahkah suhu?
liat2 tabelnya ga ngerti saya suhu
Quote:Original Posted By KeCeNk MMS


abis jalan2 ke situs petro sesuai saran suhu
Heavy Duty Engine Oil
Duron XL Synthetic Blend 15W40
"They may also be used in motorcycles and ATV engines where the engine and transmission use a single reservoir. These oils have the high clutch material friction properties required for this application."

Spoiler for 1:

Spoiler for 2:


============================
kesimpulannya aman untuk dipakai motor kopling basahkah suhu?
liat2 tabelnya ga ngerti saya suhu


Pada penjelasan yang agan quote, dari sana Petro Canada sudah meng-klaim bahwa Pelumasnya bisa digunakan untuk mesin dan girboks yang berada dalam satu rumah dan satu reservoir karena pelumas tersebut memiliki material friction yang dibutuhkan dalam penggunaan tersebut. Sehingga aman untuk mesin dengan girboks dan kopling dalam satu rumah.

Pelumas ini aman digunakan sebagai pelumas untuk motor agan dengan kopling basah. Untuk lebih jelasnya, agan bisa unduh datasheet-nya di sini, karena ada penjabaran jelas mengenai produk yang akan agan gunakan. Dan ada tabel yang mengatakan Suitable for use untuk JASO-MA/MA2

Dari datasheet yang agan berikan (untuk E-XL 15W-40):
VI = 153
TBN = 9.7

Bisa dipastikan pelumas ini dapat digunakan untuk 10,000 Km lebih, karena TBN 7.5 pun sudah required untuk 10,000 Km. VI senilai 153 dan TBN 9.7 adalah Semi-Synthetic Group III (Dino Oil - Hydrocraked).

Semoga membantu.
Quote:Original Posted By admapower64


Pada penjelasan yang agan quote, dari sana Petro Canada sudah meng-klaim bahwa Pelumasnya bisa digunakan untuk mesin dan girboks yang berada dalam satu rumah dan satu reservoir karena pelumas tersebut memiliki material friction yang dibutuhkan dalam penggunaan tersebut. Sehingga aman untuk mesin dengan girboks dan kopling dalam satu rumah.

Pelumas ini aman digunakan sebagai pelumas untuk motor agan dengan kopling basah. Untuk lebih jelasnya, agan bisa unduh datasheet-nya di sini, karena ada penjabaran jelas mengenai produk yang akan agan gunakan. Dan ada tabel yang mengatakan Suitable for use untuk JASO-MA/MA2

Dari datasheet yang agan berikan (untuk E-XL 15W-40):
VI = 153
TBN = 9.7

Bisa dipastikan pelumas ini dapat digunakan untuk 10,000 Km lebih, karena TBN 7.5 pun sudah required untuk 10,000 Km. VI senilai 153 dan TBN 9.7 adalah Semi-Synthetic Group III (Dino Oil - Hydrocraked).

Semoga membantu.


saya pernah pakai oli duron E-XL... di supra x 125 tahun 2011.... tarikan enteng, engk slip kopling dan hingga 5000km cek dip stik masih dalam batas... tp panas mesin lebih terasa di kaki alias panas...

sekarang ane pakai motor bokap supra x 125 tahun 2005 (yang tahun 2011 di pakai bokap).pernah di isi pakai pertamina meditran SX... harga 5 kali lebih murah... dulu beli seharga 32rb. pas duron harga 160-an ribu.... pertimbangan ane karena kedua oli jenis HDEO... dan lumayan engk selip kopling dan kaki lebih adem... oli di pakai ampai 4000km dan ketika dibuka warna engk hitam pekat... volume oli juga engk berkurang... pokoknya bagus itu oli meditran sx...

sekarang lg pakai oli enduro biasa..soalnya dapet gratis pas tahun lalu ikut barter ban irc di senayan....
misi gan mau nanya, kalo di motor honda karisma ada filter olinya juga gak ya? klo ada letaknya dimana?
Quote:Original Posted By cliffo
misi gan mau nanya, kalo di motor honda karisma ada filter olinya juga gak ya? klo ada letaknya dimana?


ngga ada gan...
Ada yg pernah / pake oli STP Speedtron 20W-50? skrg shogun 110 lagi pk oli ini... kemaren gua liat di Karfur diskon jd 21rban, murah bener... oli mineral kyny tp API udh SL, lebih tinggi dari oli Repsol moto yg sering gua pake...
Quote:Original Posted By KurOsHu
Ada yg pernah / pake oli STP Speedtron 20W-50? skrg shogun 110 lagi pk oli ini... kemaren gua liat di Karfur diskon jd 21rban, murah bener... oli mineral kyny tp API udh SL, lebih tinggi dari oli Repsol moto yg sering gua pake...


waduh,murah bener gan...?
kyknya ane ragu dech gan ma kualitas itu oli...
Quote:Original Posted By supra2005


saya pernah pakai oli duron E-XL... di supra x 125 tahun 2011.... tarikan enteng, engk slip kopling dan hingga 5000km cek dip stik masih dalam batas... tp panas mesin lebih terasa di kaki alias panas...

sekarang ane pakai motor bokap supra x 125 tahun 2005 (yang tahun 2011 di pakai bokap).pernah di isi pakai pertamina meditran SX... harga 5 kali lebih murah... dulu beli seharga 32rb. pas duron harga 160-an ribu.... pertimbangan ane karena kedua oli jenis HDEO... dan lumayan engk selip kopling dan kaki lebih adem... oli di pakai ampai 4000km dan ketika dibuka warna engk hitam pekat... volume oli juga engk berkurang... pokoknya bagus itu oli meditran sx...

sekarang lg pakai oli enduro biasa..soalnya dapet gratis pas tahun lalu ikut barter ban irc di senayan....


tambah satu lagi nih yang puas dengan oli dieselnya pertamina

Quote:Original Posted By KurOsHu
Ada yg pernah / pake oli STP Speedtron 20W-50? skrg shogun 110 lagi pk oli ini... kemaren gua liat di Karfur diskon jd 21rban, murah bener... oli mineral kyny tp API udh SL, lebih tinggi dari oli Repsol moto yg sering gua pake...


Quote:Original Posted By R3naFrog


waduh,murah bener gan...?
kyknya ane ragu dech gan ma kualitas itu oli...


baru denger tuh ada STP Speedtron
boleh dishare dong rasanya gimana
Quote:Original Posted By supra2005


saya pernah pakai oli duron E-XL... di supra x 125 tahun 2011.... tarikan enteng, engk slip kopling dan hingga 5000km cek dip stik masih dalam batas... tp panas mesin lebih terasa di kaki alias panas...

sekarang ane pakai motor bokap supra x 125 tahun 2005 (yang tahun 2011 di pakai bokap).pernah di isi pakai pertamina meditran SX... harga 5 kali lebih murah... dulu beli seharga 32rb. pas duron harga 160-an ribu.... pertimbangan ane karena kedua oli jenis HDEO... dan lumayan engk selip kopling dan kaki lebih adem... oli di pakai ampai 4000km dan ketika dibuka warna engk hitam pekat... volume oli juga engk berkurang... pokoknya bagus itu oli meditran sx...

sekarang lg pakai oli enduro biasa..soalnya dapet gratis pas tahun lalu ikut barter ban irc di senayan....


Ada kemungkinan Pelumas Suncor kurang cocok sama motor agan, mungkin pas proses inreyen mempengaruhi penggunaan pelumas agan selanjutnya, karena ada teman saya, dia lebih cocok menggunakan Pelumas Suncor daripada Pertamina.

Ada yang menggunakan Rubia Tir, ada juga yang menggunakan Rotella. Tetapi, yang lebih bagus yang biasanya digunakan bus MAN atau Scania adalah Mobil 1 Delvac. Saya belum pernah coba semuanya, kebetulan saya tidak pernah menggunakan pelumas Diesel.

Thanks buat share-nya gan.

Quote:Original Posted By KurOsHu
Ada yg pernah / pake oli STP Speedtron 20W-50? skrg shogun 110 lagi pk oli ini... kemaren gua liat di Karfur diskon jd 21rban, murah bener... oli mineral kyny tp API udh SL, lebih tinggi dari oli Repsol moto yg sering gua pake...


Saya kemarin liat di Cf, memang hargnya IDR 21,900, STP sih merek bagus gan, di USA sana udah jadi Pelumas n Aditif buat NASCAR dan NHRA.

Thanks buat share-nya.
oli ane cepet amet kering. kira-kira itu dari apanya ya gan? dari olinya atau mesinnya? duit gw abis kl gini terus T_T
Quote:Original Posted By wijarya
oli ane cepet amet kering. kira-kira itu dari apanya ya gan? dari olinya atau mesinnya? duit gw abis kl gini terus T_T


sebutin merek dan spek oli disini..
lalu kurang berapa banyak pas brp KM.?
Yakin tidak ada kebocoran seal dan gasket ?
Udah cek BUSI belum apa warna kepalanya ?
suhu-suhu... mau tanya? kebetulan selain supra x 125 , ada motor matic honda spacy.

mau tanya untuk oli gear-nya itu SAE nya berapa ya??? soalnya pas beli oli Gear pertamina engk ada ukurannya SAE nya... tp pas kemarin lihat2 oli gear lain... oli castrol ada ukuran SAE 15w-40 tp oli yamalube gear engk ada SAE... klo lihat ukuran SAE-nya castrol untuk ukuran itu biasanya oli diesel/HDEO...

apakah oli gear spacy bisa pakai oli Diesel/HDEO??

go go
×