KASKUS

Quote:Original Posted By wheedz_best


wah, gak ngeti juga kalo tahun2 sebelumnya mas. coba deh ntar tak cari2...


sip mbah hehehehhe
suroan kemana?

Star 

Ijin malingtas,

Di akhir tahun dan menjelang awal pembukaan tahun.

Salam guyub

Semoga segala tujuan dan cita2 mulia terlaksana bersama widhi ne Gusti.
Dan leluhur senantiasa arif mendampingi.



...............
Quote:Original Posted By rora vee
Ijin malingtas,

Di akhir tahun dan menjelang awal pembukaan tahun.

Salam guyub

Semoga segala tujuan dan cita2 mulia terlaksana bersama widhi ne Gusti.
Dan leluhur senantiasa arif mendampingi.



...............


wah tapanya baru selesai ya mbak?

kata mbah buto kemaren lg tapa sinjang rambut

saatnya turun gunung ya mbak



hihihihihihihi
Quote:Original Posted By wheedz_best


ketemu mas..
ternyata tidak selalu sama. Diwali selalu dirayakan sekitar bulan oktober-november, sedangkan kalender jawa yang kita tahu berdasarkan perputaran bulan sehingga tiap tahunnya selalu maju sekitar 12 hari. jadi kebetulan saja 1 suro tahun ini dan tahun depan bertepatan dengan hari ketiga perayaan Diwali.


sip om

makasih banget infonya
Quote:Original Posted By wheedz_best


wah, sepertinya di rumah saja mbah. saya ndak tau tata caranya suroan cara kejawen mbah, dari dulu dijauhkan dari tradisi kejawen. padahal yo pengen nguri2 budaya jawa. tahun ini baru mulai perjalanan saya dan keinginan saya untuk nguri2 budaya jawa, terutama sekali setelah gabung di thread MIL ini.

kalo ritual mbah prabu biasanya apa? saya paling nanti rencana mau kirim2 doa, kopi, & dupa. kalau gak terlalu merinding. nek merindingnya parah yo kabur wae.

soalnya kemarin terakhir kirim kopi, sore sudah niat kalau malam mau ngirim kopi, tapi ndilalah kok lupa. lha anak ragil saya jadi rewel nangis terus gak seperti biasanya. sampai hampir frustrasi karena gak tau gimana caranya biar gak nangis terus. gak nyadar saya, sampai isteri saya bilang "ini kok aneh, apa ada yang nggodain ya?" tiiing...langsung deh saya inget. saya buatkan kopi, saya niatkan ngaturi semua leluhur & guru dari saya & isteri, baru kata2 niat saya habis langsung mak jreeeng merinding bombay. sugeng rawuh, sumangga... lalu saya kabur...
dan anak ragil saya langsung terlelap dengan nyenyaknya.

ternyata hanya dengan niat di hati, beliau2 sudah mendengar dan menyempatkan untuk rawuh...


hehehehe selamat mbah sudah bisa merasakan sendiri
jadi tidak hanya katanya si A, si B dan si C
sudah bisa merasakan sendiri beberapa "pertanda pertanda" yg muncul
diperdalam aja om, nanti juga akan bisa "membaca tanda tanda" dengan sendirinya
saya paling ke keramat, makam makam keramat dan situs situs untuk doa ngalap berkah. bentar lg mau ke pemandian yg ada keramat beringin tua nya
Quote:Original Posted By wheedz_best


wah, mantap mbah. saya titip salam aja dulu. belum bisa nglakoni secara totalitas seperti mbah prabu. dari sisi pekerjaan dan keluarga masih banyak halangannya. bisanya doa dari rumah, yang penting niatnya dulu, insya Allah doanya sampai.


amin mbah
ga papa kok, ga harus keluar
berdoa dan hening dirumah juga suatu hal yg baik
Spoiler for banyubiru:


Spoiler for makam mbah tombro mbah kera putih:


tadi siang saya ke banyu biru...
ngambil air buat mandi mandi malam ini
eeeh pas makam mbah kera putih terbuka....
lalu disapalah saya oleh kuncennya
maka kami ngobrol ngobrol
ahirnya bisa ziarah ke makam mbah kera putih dan mbah tombro.



Selamat Mesu Diri, Memperingati Wulan Suro.

Mugi Gusti Tansah Paring Pepadang Dumateng Panguripan Kito Sedanten.


Quote:Original Posted By wheedz_best


ketemu mas..
ternyata tidak selalu sama. Diwali selalu dirayakan sekitar bulan oktober-november, sedangkan kalender jawa yang kita tahu berdasarkan perputaran bulan sehingga tiap tahunnya selalu maju sekitar 12 hari. jadi kebetulan saja 1 suro tahun ini dan tahun depan bertepatan dengan hari ketiga perayaan Diwali.

Manstaff ... Salam kenal Kembali

Quote:Original Posted By balaprabu


wah tapanya baru selesai ya mbak?

kata mbah buto kemaren lg tapa sinjang rambut

saatnya turun gunung ya mbak



hihihihihihihi


Sinjang rambut ki opo? ..... Gosip beud Dah mbah butho

Msi mau lanjut mesu diri dimarih mas. Salam buat temen2 MIL smua. Kebetulan kangen tritnya mbah TS, moga2 bisa Ktemuan di timur sana dalam semester terdekat (Nek mbah TS e ga kburu balik jakarta )

Selamat bersih2, selamat me mulai lelaku, selamat menguatkan niat dalam perilaku prihatin tapi tdk memprihatinkan .... Hehehhehehhe

Quote:Original Posted By rora vee

Manstaff ... Salam kenal Kembali



Sinjang rambut ki opo? ..... Gosip beud Dah mbah butho

Msi mau lanjut mesu diri dimarih mas. Salam buat temen2 MIL smua. Kebetulan kangen tritnya mbah TS, moga2 bisa Ktemuan di timur sana dalam semester terdekat (Nek mbah TS e ga kburu balik jakarta )

Selamat bersih2, selamat me mulai lelaku, selamat menguatkan niat dalam perilaku prihatin tapi tdk memprihatinkan .... Hehehhehehhe



alooooowwwwwwwwwwww nyaaaaiiiiiiiiii
topo sinjang rambut itu kek ratu kalinyamat, tau ndiri kaaaannnn
tadi nengokin yg abis kerokan di tegalduwur, keknya kena bersih2 tuh

ditunggu 3gp topo sinjangnya ______________
Quote:Original Posted By rora vee

Manstaff ... Salam kenal Kembali



Sinjang rambut ki opo? ..... Gosip beud Dah mbah butho

Msi mau lanjut mesu diri dimarih mas. Salam buat temen2 MIL smua. Kebetulan kangen tritnya mbah TS, moga2 bisa Ktemuan di timur sana dalam semester terdekat (Nek mbah TS e ga kburu balik jakarta )

Selamat bersih2, selamat me mulai lelaku, selamat menguatkan niat dalam perilaku prihatin tapi tdk memprihatinkan .... Hehehhehehhe



hehehehhee

nah itu udah di jabarkan ama mbah buto mbak hehehe
wah mau ke timur mbak?
Quote:Original Posted By ButoGalak


alooooowwwwwwwwwwww nyaaaaiiiiiiiiii
topo sinjang rambut itu kek ratu kalinyamat, tau ndiri kaaaannnn
tadi nengokin yg abis kerokan di tegalduwur, keknya kena bersih2 tuh

ditunggu 3gp topo sinjangnya ______________


kemana aja mbah malam 1 suro?
ritual malam 1 suro tahun ini biasa saja, sore nyempetin ngaji beberapa kali. sempet lihat kirab dokar, dua kali kirab drumband, serta kirab obor. lumayan rame juga . malam menyempatkan diri berdoa di petilasan, lalu ke tengah kota doa doa disana. sepertinya hawanya agak agak gimana gitu. bawaanya marah terus, entah kenapa. ketika pulangnya baru kerasa lebih adem dan tenang.
Quote:Original Posted By ButoGalak


alooooowwwwwwwwwwww nyaaaaiiiiiiiiii
topo sinjang rambut itu kek ratu kalinyamat, tau ndiri kaaaannnn
tadi nengokin yg abis kerokan di tegalduwur, keknya kena bersih2 tuh

ditunggu 3gp topo sinjangnya ______________


Walah ... Tapa hanya tertutup rambut to alias wudo?????

........

Quote:Original Posted By balaprabu


hehehehhee

nah itu udah di jabarkan ama mbah buto mbak hehehe
wah mau ke timur mbak?


Iya mas mau ketimur. Kl semua lancar disana dan disini, mau makaryo sbntr di bumi ronggolawe, rencana mau cuti kerja 1 bln, kbetulan sdh berhak thd cuti spt itu, Tp nda tau di acc ap tdk Oleh CEO .... Doain ya





Quote:Original Posted By rora vee


Walah ... Tapa hanya tertutup rambut to alias wudo?????

........



Iya mas mau ketimur. Kl semua lancar disana dan disini, mau makaryo sbntr di bumi ronggolawe, rencana mau cuti kerja 1 bln, kbetulan sdh berhak thd cuti spt itu, Tp nda tau di acc ap tdk Oleh CEO .... Doain ya







ooo sip sip mbak
sedikit berkisah

kemaren terpaksa harus mendadak mengantarkan saudara ke surabaya. ketika sebelum berangkat saya mempersiapkan diri dulu. untungnya sempet untuk bersih bersih dan melakukan tolak bala. ketika terahir saya bakarkan hio. tiba tiba ada kejadian di jalan depan rumah. terjadi tabrakan antara anak sekolah. dua orang anak smp yg memakai sepeda dan dua orang anak sma yg memakai motor.setelah sempet keluar dan ikut melihat bagaimana keadaan yg tabrakan, alhamdulilah ga ada yg berdarah darah. saya sempet was was. kenapa kok bagitu menyalakan hio mendapat pertanda begini.

sayangnya saya ga bisa memilih.maksudnya saya kudu membantu saudara saya yg mau ke surabaya ini. paling ga menemaninya agar ga ketakutan sendiri karena ga tau jalan. kalo saja saya punya kemampuan memilih pasti saya akan menolak untuk pergi. ternyata bener pertanda itu. sampai surabaya, urusannya jd begitu ruwet. anehnya urusan itu dilakukan orang orang tua tapi sipatnya kekanakan. kalo saya bilang pertandanya itu bener. yaitu tabrakan antar anak sekolah, tabrakan antar anak kecil. adu gengsi, ketakutan kaya anak bayi, sampai slaing gedein ego menunjukan prestasi masing masing. maunya dihormati dan banyak lagi lainnya.

sebuah pembelajaran lah buat perenungan saya kedepannya.
ritual suro semalam agak aneh

mau ngambil kembang buat sajen nemu ulat, pertanda akan banyak yg grogot grogot?entahlah. semoga saya terhindar dari hal tersebut. lalu ketika jalan hendak doa, kaya panasan banget. jalan bener bener dipinggir jalan raya berulang kali dipepet oleh bis dan truk serta mobil. saya sampe dua kali neriakin sopir yg ugal ugalan. apakah pertanda bahwa tahun depan banyak yg nyerempet nyerempet, dan banyak emosi yg berlebihan?entahlah. semoga saja diparingi selamat seger waras dan banyak rejeki. amin.
ritual malam 1 suro kemaren saya cuma pergi ke alun alun. ditengah jantung kota santri ini saya membawa sekotak kecil kembang. saya taruh ditengah alun alun. karena sudah jam setengah 1 malam maka sudah sepi saat itu. lalu saya duduk dan menikmati rokok. saat itu saya coba meditasi tapi rasanya malah sulit sekali mengheningkan cipta.

lalu saya teringat membawa kemenyan dr jakarta di dalam tas. saya cari cari dan ketemu. saya liat kiri dan kanan sepi. maka saya mulai menggigit menyan sampe menjadi serpihan kecil. lalu serpihan kemenyan itu saya campurkan dalam bara api rokok. ah bau semerbak kemenyan malam itupun menguar. nikmat sekali. ahirnya bisa bakar kemenyan di tengah alun alun. ditengah jantung kota santri ini hehehe...

anehnya suasana jd begitu hening sekali. nikmat sekali. seolah sekeliling keramaian warung seputar alun alun menghilang. cuma ada saya dan langit. ah entahlah, tp rasanya tenang sekali. semoga dapat membawa keberkahan untuk setahun kedepan.

amin
pa pentingnya ritual malam 1 suro?
kenapa kok ga diperingati dengan meriah saja sih?biar kaya tahun baru masehi.
biar penuh gemerlap dan terompet, biar penuh kembang api.
kemaren saya lihat banyak pihak mulai melakukan hal itu.
sore hari kota saya meriah dengan berbagai pawai di desa masing masing.
sore hari pawai dokar lewat depan rumah saya, murid sd islam setempat dikarak naik dokar.
malamnya dua kali drumband dan pawai obor liwat depan rumah.
para santri dari taman pendidikan lokal di desa saya yang melakukan pawai tersebut.
juga banyak kembang api berledakan di udara.
kata salah satu kenalan saya, di alun alun lebih rame.
ada 5 drumband bergantian keliling kota.
dibawakan para santri santri madrasah, tidak lupa pawai oncor dan kembang api.
hal yang sangat bagus sekali memeriahkan tahun baru islam.
tapi bagi mereka yang menganut ajaran jawa akan memahami bahwa 1 suro bukan untuk senang senang.
siang hari saya bertemu sopir angkot, yg berasal dr desa jauh dr pusat kota.
dia bercerita nanti malam akan kungkum di sumber air untuk memperingati pergantian tahun.
kenapa sih harus ritual, tirakat dan memperbanyak prihatin serta doa diawal tahun atau dibulan suro?.
karena masyarakat jawa memahami bahwa namanya kehidupan manusia itu kadang diatas kadang dibawah.
kita ga hidup senang terus, karena itu waspada sangat diperlukan.
tahun depan kalo bisa kita tetap selamat dan selalu dalam kesehatan dan keberkahan.
kalo bisa malah meningkat rejeki dan juga taraf kehidupan kita.
itu yg didoakan, itu yg diperjuangkan, itu yang dirituali oleh masyarakat yg paham.
itulah kenapa banyak yg susah susah melakukan berbagai macam tirakat.
berbagai macam ritual, semua agar diberikan keselamatan menjalani tahun yg akan datang.
semua pegangan dicuci, dicharge, diperkuat, sebagai sipat kandel siap menghadapi tantangan kehidupan di tahun yg baru ini.

semoga kita diparingin keselamatan, seger waras dan peningkatan rejeki dan taraf kehidupan serta tercapai cita cita di tahun yg baru ini.

amin