Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

FantasticityAvatar border
TS
Fantasticity
Sumber Energi Hijau dan Ramah Lingkungan



---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Akhir-akhir ini kita tahu sedang dihadapkan dengan issue tentang Global Warming yg salah satunya disebabkan oleh hasil pembakaran bahan bakar energi fosil... nah untuk thread ane kali ini, ane mw memberi sedikit informasi tentang beberapa sumber energi alternative yg tentunya lebih ramah lingkungan.


1. Energi Angin
Kekuatan anginadalah salah satu sumber energi yg paling murah dan ramah lingkungan. Tenaga angin banyak jumlahnya, tidak habis-habis, tersebar luas, bersih, dan merendahkan efek rumah kaca. Jerman adalah negara dunia yg paling byk memanfaatkan energi angin dengan 16.000 turbin dia bisa menghasilkan 25% kebutuhan listrik negaranya. Jadi, kapan kita punya Pembangkit Listrik Tenaga Angin (PLTA) padahal negara ini pnya byk potensi dari energi angin.
Spoiler for Turbin Angin:


2. Energi Geothermal (Panas Bumi)
Energi Geo (Bumi)thermal (panas) berarti memanfaatkan panas dari dalam bumi. Inti planet kita sangat panas- estimasi saat ini adalah,500 celcius (9,932 F). Pembangkit Listrik tenaga geothermal menggunakan sumur dengan kedalaman sampai 1.5 KM atau lebih untuk mencapai cadangan panas bumi yang sangat panas.
Pembangkit listrik tenaga Panas Bumi hampir tidak menimpulkan polusi atau emisi gas rumah kaca. Tenaga ini juga tidak berisik dan dapat diandalkan. Pembangkit listik tenaga geothermal menghasilkan listrik sekitar 90%, dibandingkan 65-75 persen pembangkit listrik berbahan bakar fosil.
Sayangnya, bahkan di banyak negara dengan cadangan panas bumi melimpah, sumber energi terbarukan yang telah terbukti ini tidak dimanfaatkan secara besar-besaran. Seperti potensi energi panas bumi di Indonesia yg mencakup 40% potensi panas bumi dunia emoticon-I Love Indonesia (S) dan tersebar di 251 lokasi pada 26 propinsi dengan total potensi energi 27.140 MW atau setara 219 Milyar ekuivalen Barrel minyak. Kapasitas terpasang saat ini hanya 1.194 atau 4% dari seluruh potensi yang ada.emoticon-Berduka (S)
Spoiler for PLTP:

Spoiler for PETA:


3. Energi Air
AirAdalah Satu zat yg sangat penting untuk kehidupan manusia dan semua makhluk hidup di bumi. salah satu manfaatnya adalah sebagai sumber energi (PLTA) .Cara kerja PLTA adalah mengubah aliran air menjadi energi listrik. PLTA ternyata bermacam-macam, mulai yang berbentuk mikro-hidro dengan kemampuan memberikan energi listrik untuk beberapa rumah saja sampai yang berbentuk raksasa seperti Bendungan Karangkates yang dapat menyediakan listrik untuk berjuta-juta orang-orang.
Spoiler for PLTA Micro-Hydro:




4. Energi Surya (Matahari)
Energi Surya (Matahari)adalah energi yang didapat dengan mengubah energi panas surya (matahari) melalui peralatan tertentu menjadi sumber daya dalam bentuk lain seperti listrik. Teknik pemanfaatan energi surya mulai muncul pada tahun 1839, ditemukan oleh A.C. Becquerel. Ia menggunakan kristal silikon untuk mengkonversi radiasi Matahari. Salah satu Kelemahan sumber energi ini adalah harus mempunyai lahan yg cukup luas untuk mendapatkan energi besar. Indonesia mempunyai potensi energi surya yang cukup besar karna berada di wilayah tropis. Berdasarkan data penyinaran matahari yang dihimpun dari 18 lokasi di Indonesia, radiasi surya di Indonesia dapat diklasifikasikan berturut-turut sebagai berikut: untuk kawasan barat dan timur Indonesia dengan distribusi penyinaran di Kawasan Barat Indonesia (KBI) sekitar 4,5 kWh/m 2 /hari dengan variasi bulanan sekitar 10%; dan di Kawasan Timur Indonesia (KTI) sekitar 5,1 kWh/m 2 /hari dengan variasi bulanan sekitar 9%. Dengan demikian, potesi angin rata-rata Indonesia sekitar 4,8 kWh/m 2 /hari dengan variasi bulanan sekitar 9%.
Spoiler for PLTS dengan Solar Panel:


5. Energi Biomass
Biomass (plant material)adalah sumber renewable energy atau energi terbarukan karena energi ini berasal dari matahari. Melalui proses photosintesa, tanaman menangkap tenaga matahari . Dalam hal ini biomass berfungsi sebagai aki tempat penyimpanan energy surya.
Spoiler for Biomass:


6.Biofuel
Biofueladalah setiap bahan bakar baik padatan, cairan ataupun gas yang dihasilkan dari bahan-bahan organik. Biofuel dapat dihasilkan secara langsung dari tanaman atau secara tidak langsung dari limbah industri, komersial, domestik atau pertanian. Ada 3 cara untuk pembuatan biofuel,pembakaran limbah organik kering (seperti buangan rumah tangga, limbah industri dan pertanian), fermentasi limbah basah (seperti kotoran hewan) tanpa oksigen untuk menghasilkan biogas (mengandung hingga 60 persen metana), atau fermentasi tebu atau jagung untuk menghasilkan alkohol dan ester & energi dari hutan (menghasilkan kayu dari tanaman yang cepat tumbuh sebagai bahan bakar). Proses fermentasi menghasilkan dua tipe biofuel alkohol dan ester. Bahan-bahan ini secara teori dapat digunakan untuk menggantikan bahan bakar fosil tetapi karena kadang-kadang diperlukan perubahan besar pada mesin, biofuel biasanya dicampur dengan bahan bakar fosil.
Spoiler for Biofuel:


Ane cuma berharap emoticon-Blue Guy Cendol (L)dari agan semua.. Thanks for Reading !!
Diubah oleh Fantasticity 07-11-2012 05:05
0
4.2K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan