Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Sinta7Avatar border
TS
Sinta7
Ancaman Gadget Bagi Kesehatan
Kecanggihan teknologi memang membuat banyak orang terlena. Banyak masyarakat yang melupakan akan bahaya yang dapat timbul karena penggunaan yang berlebihan.

Menurut dr. Made A. M. Inggas, SP. BS, ahli saraf dari RS khusus kanker MRCC Siloam Hospitals Semanggi, Jakarta, semua alat elektronik mengeluarkan medan elektromagnetik yang merupakan salah satu jenis radiasi non-ionisasi berbahaya, langsung pada tubuh manusia.

Penggunaan gadget yang tidak bijak dapat berakibat buruk. Keluhan-keluhan yang sering dianggap sepele akan berakibat besar dalam 10-20 tahun mendatang.

Nyeri punggung bawah
Saat duduk, beban tubuh lebih berat 6-7 kali dibandingkan saat berdiri. Tulang atlas (tulang belakang paling atas) yang menyangga tengkorak mengalami beban terberat.

Jadi jika kita duduk dalam posisi yang salah, tulang bagian bawah (vertebrata lumbal 2-3 yang posisinya dekat dengan tulang pinggul) akan menerima beban yang lebih berat lagi.

Akibatnya bagian punggung bawah akan terasa nyeri. Jika terus-menerus dibiarkan maka akan timbul radang yang bisa menyebabkan pengapuran tulang bawah dan terjepitnya syaraf tulang bawah. Jika sudah parah bisa terjadi fraktur atau patah.

Gangguan mata
Monitor komputer menghasilkan radiasi sinar X, ultraviolet, dan radiasi electromagnetic (sama dengan yang dihasilkan oleh microwave). Banyak dari kita mengabaikan apakah layar komputer tempat biasa kita bekerja dilindungi dengan filter antiradiasi atau tidak.

Maka tidak heran, jika berlama-lama menatap layar komputer banyak yang mengeluhkan mata perih, mata menjadi merah dan pusing. Efek jangka panjangnya dapat mengakibatkan rabun mata dan katarak yang akan dirasakan 15-20 tahun mendatang.

Gangguan pendengaran
Suara yang terus menerus diperdengarkan dengan keras akan membuat sel-sel rambut-rambut telinga lelah. Lama-kelamaan sel tersebut akan rusak.

"Kerusakan pada sel rambut menyebabkan terganggunya proses mendengar. Akibatnya, terjadi penurunan fungsi pendengaran. Penurunan fungsi pendengaran hanya bersifat sementara, tapi bila paparan bising berlangsung terus, kerusakan bisa jadi akan permanen," ujar Made.


Sumber : Ancaman Gadget Bagi Kesehatan



__________________
0
925
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan