gyovannzAvatar border
TS
gyovannz
Mengenal Kriptografi (Ilmu Persandian)


Pengenalan Kriptografi

Kriptografi adalah ilmu atau seni yang mempelajari bagaimana cara mengamankan pesan atau berita pada saat ditransmisikan maupun pada saat disimpan. Kriptografi sering di identik-an dengan kasus-kasus penyadapan username atau password . Ilmu kriptografi ini juga sering disebut kriptologi yang menggunakan teknik-teknik matematika yang berhubungan dengan keamanan informasi contohnya seperti kerahasiaan data, keabsahan data, identitas data dan autentikasi data. Hanya aspek tersebut yang dapat ditangani oleh kriptografi, tidak semua aspek keamanan yang bisa ditangani dengan kriptografi.

Tujuan Menggunakan Kriptografi

Ada empat tujuan dasar dalam menggunakan teknik kriptografi yaitu :

Menjaga kerahasiaan agar informasi yang tersedia tidak dapat di akses atau tidak dapat diketahui oleh pihak yang tidak memiliki otoritas untuk mengetahui informasi yang telah di isikan sandi.
Menjaga keutuhan informasi agar pada saat informasi di transmisikan tidak terjadi perubahan oleh pihak yang tidak memiliki otoritas untuk mengubahnya. Contohnya untuk menghindari pinyisipan, penghapusan dan pensubsitusian datalain kedalam data aslinya.
Memasitikan identitas antar dua pihak yang saling berkomunikasi dan memastikan keaslian dari isi data, waktu pengirimanm, dll.
Mencegah penyangkalan bahwa data yang dikirimkan memang berasal dari pengirim yang benar yang telah sesuai dengan perjanjian.

Sejarah Kriptografi

Awal mulanya kriptografi klasik pada zaman dahulu dimulai dengan menggunakan metode enkripsi yang memakai kertas dan pensil ataupun alat mekanik untuk menulis yang sederhana. Algoritma klasik ini terbagi dua yaitu :
  • Algoritma transposisi

Cara yang digunakan dalam mengamankan pesan pada algoritma ini dengan mengubah susunan huruf-huruf yang berada pada pesan.
  • Algoritma substitusi

Cara yang digunakan dalam mengamankan pesan pada algoritma ini dengan mengganti setiap huruf ataupun kelompok huruf dengan sebuah huruf dan kelompok huruf yang baru.
Algoritma kriptografi tersebut harus memiliki kekuatan untuk melakukan pembingungan (konfusi) dan peleburan (difusi) agar dapat mengamankan data dan informasi. Agar algoritma sandir tidak mudah diketahui orang lain, algoritma tersebut harus meletakkan kekuatannya pada kunci bukan pada kerahasiaan algoritma tersebut. Teknik untuk menguji kehandalan kriptografi dinamakan kriptanalisa.

Enkripsi

Enkripsi merupakan cara untuk mengamankan suatu informasi agar informasi tersebut tidak dapat dibaca. Untuk dapat membacanya diperlukan suatu penguasaan ilmu yang bernama kriptografi. Dasar matematis proses enkripsi ini yaitu menggunakan relasi antara dua himpunan yang berisi elemen teks terang (plain text) dan berisi elemen teks sandi (chipertext).

Aplikasi Kriptografi

Saat ini penggunaan kriptografi sudah mulai banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Pada saat melakukan pengoperasian benda-benda teknologi seperti sekarang ini tidakmemerlukan pengetahuan khusus tentang kriptografi karena pengaplikasian nya sudah dapat langsung dipakai. Berikut ini beberapa contoh aplikasi yang menggunakan kriptografi dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Handphone (HP)
  2. Kartu ATM
  3. Kartu kredit
  4. Internet
  5. Jaringan LAN
  6. GPS
  7. ID Card (RFID)
Diubah oleh gyovannz 05-12-2012 06:14
0
12.7K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan