KASKUS

masalah dengan kopling dan mesin

malem agan2 semua.
mau minta arahan nih.
mobil saya hyundai accent 2001 MT
bulan lalu saya ganti kopling saru set baru original
awal2 pake lancar2, lalu baru minggu kemaren masalah timbul.
komdisinya pas hari minggu saya bawa mobil tersebut jalan
kebetulan jalanan macet parah
masalah yang muncul adalah kopling makin lama makin berat dan tambah jauh dan akhirnya selip.
selip disini saya jelaskan dulu bahwa gigi bisa masuk tapi mobil tidak mau jalan.
akhirnya saya dorong kepinggir untuk mendiamkan mobilnya dulu.
kondisi penunjuk suhu mesin tidak panas (normal).
setelah mesin dingin, mobil bisa jalan kembali.
bisakah agan2 membantu ada apa dengan mobil saya?
hr ini sy bawa ke BERES dianalisa katanya masalah dengan fuel pump.
mohon bantuannya dari agan2 apakah pernah mengalami kendala yg sama?
thx
malammm hack-ers lama gak ngejank diracun mulu di grup watsap hehehe
ada bau khas kopling gak om?
kalo kopling sih mestinya ga ada hubungan sama fuel pump...


Quote:Original Posted By andiwiraatmaja
malem agan2 semua.
mau minta arahan nih.
mobil saya hyundai accent 2001 MT
bulan lalu saya ganti kopling saru set baru original
awal2 pake lancar2, lalu baru minggu kemaren masalah timbul.
komdisinya pas hari minggu saya bawa mobil tersebut jalan
kebetulan jalanan macet parah
masalah yang muncul adalah kopling makin lama makin berat dan tambah jauh dan akhirnya selip.
selip disini saya jelaskan dulu bahwa gigi bisa masuk tapi mobil tidak mau jalan.
akhirnya saya dorong kepinggir untuk mendiamkan mobilnya dulu.
kondisi penunjuk suhu mesin tidak panas (normal).
setelah mesin dingin, mobil bisa jalan kembali.
bisakah agan2 membantu ada apa dengan mobil saya?
hr ini sy bawa ke BERES dianalisa katanya masalah dengan fuel pump.
mohon bantuannya dari agan2 apakah pernah mengalami kendala yg sama?
thx


Quote:Original Posted By andiwiraatmaja
malem agan2 semua.
mau minta arahan nih.
mobil saya hyundai accent 2001 MT
bulan lalu saya ganti kopling saru set baru original
awal2 pake lancar2, lalu baru minggu kemaren masalah timbul.
komdisinya pas hari minggu saya bawa mobil tersebut jalan
kebetulan jalanan macet parah
masalah yang muncul adalah kopling makin lama makin berat dan tambah jauh dan akhirnya selip.
selip disini saya jelaskan dulu bahwa gigi bisa masuk tapi mobil tidak mau jalan.
akhirnya saya dorong kepinggir untuk mendiamkan mobilnya dulu.
kondisi penunjuk suhu mesin tidak panas (normal).
setelah mesin dingin, mobil bisa jalan kembali.
bisakah agan2 membantu ada apa dengan mobil saya?
hr ini sy bawa ke BERES dianalisa katanya masalah dengan fuel pump.
mohon bantuannya dari agan2 apakah pernah mengalami kendala yg sama?
thx


kopling harusnya ga ada hubungannya sama fuelpump, coba cek master kopling bawah deh, kalo fuel pump mungkin udah lemah jg, soalnya kudu nunggu dingin baru bisa jalan lg, mending ganti, nah yg sekarang di pake buat cadangan aja om
Quote:Original Posted By andiwiraatmaja
malem agan2 semua.
mau minta arahan nih.
mobil saya hyundai accent 2001 MT
bulan lalu saya ganti kopling saru set baru original
awal2 pake lancar2, lalu baru minggu kemaren masalah timbul.
komdisinya pas hari minggu saya bawa mobil tersebut jalan
kebetulan jalanan macet parah
masalah yang muncul adalah kopling makin lama makin berat dan tambah jauh dan akhirnya selip.
selip disini saya jelaskan dulu bahwa gigi bisa masuk tapi mobil tidak mau jalan.
akhirnya saya dorong kepinggir untuk mendiamkan mobilnya dulu.
kondisi penunjuk suhu mesin tidak panas (normal).
setelah mesin dingin, mobil bisa jalan kembali.
bisakah agan2 membantu ada apa dengan mobil saya?
hr ini sy bawa ke BERES dianalisa katanya masalah dengan fuel pump.
mohon bantuannya dari agan2 apakah pernah mengalami kendala yg sama?
thx


Kopling ga ada hubungan sama Fuel Pump. Pindah bengkel aja.
Btw ganti kopling dimana? Beres yg diagnoas FP harus ganti jg?
siang agan2 smw.
gan ane mw meminang accent th.2000 niy.
ane mw tanya klo th. 2000 itu ada yg bekas taxi ga?
sama suara mesin accent, ane baru 2x ngecek c accent, dan suara mesinnya sama seperti ada suara gesekan besi atau semacamnya.
lebih jelas kedenger klo kap mesin dibuka c.
ane dgr suara 2 mobil accent kyk gtu, apa semua mesin accent suaranya begitu ya gan?

mohon pencerahannya.
ngab ngab ngabsen dulu ah....
Quote:Original Posted By schizo_brutal
ada bau khas kopling gak om?
kalo kopling sih mestinya ga ada hubungan sama fuel pump...






Quote:Original Posted By tukang_sulap


kopling harusnya ga ada hubungannya sama fuelpump, coba cek master kopling bawah deh, kalo fuel pump mungkin udah lemah jg, soalnya kudu nunggu dingin baru bisa jalan lg, mending ganti, nah yg sekarang di pake buat cadangan aja om


Quote:Original Posted By #avodio#


Kopling ga ada hubungan sama Fuel Pump. Pindah bengkel aja.
Btw ganti kopling dimana? Beres yg diagnoas FP harus ganti jg?


Siang agan2 semua,
Kopling tidak ada indikasi kebakar (bau hangus)
Master kopling atas dan bawah sudah di cek, semua masih bagus.
Nah, maka dari itu saya bingung.
Saya cerita sedikit, sekitar 3 bulan lalu saya beli kopling 1 set di Atrium senen, salah satu authorized penjual sparepart hyundai, setelah konsultasi disarankan mengganti kopling punya Mitshubish*, katanya enteng dan saya pasang dan memang benar koplingnya enteng banget. Saya pasang di bengken NON RESMI. Nah setelah beberapa lama jalan kejadiannya pas macet kopling mulai bermasalah, masuk gigi bisa tapi tidak mau jalan.
Saya bawa ke bengkel resmi hyundai di pasar baru, disana dianalisa bahwa kampas kopling tidak rata & lidah2 kopling yg spt matahari terlalu lunak.
Saran mereka ganti kopling dan cover kopling yg seperti matahari.
Saya menuruti dengan menggantinya.
Setelah sebulan gejalanya timbul lagi, sama persis.
Kalo macet & panas kopling bisa masuk tapi tidak mau jalan.
Akhirnya kemaren saya bawa ke bengkel hyundai di pluit, mereka analisa fuel pump bermasalah dan akhirnya diganti
Tapi saya belum test lagi dlm keadaan macet
Jdnya skrg kalo bawa mobil was2 kalo ada macet, ngeri selip lagi.
Jd saya harus gmn yah agan2 semua?
thanks
saya garuk2 kepala bacanya om masuk gigi bisa tapi gak mau jalan? kalo masuk gigi kan artinya kopling udah bebas, tapi ga mau jalan itu saya bingung
bentar...ga mau jalan itu mesinnya bisa putaran tinggi ga? jadi biar di gas, mesin bisa mutar seperti biasa ga ada gejala tersendat?


Quote:Original Posted By andiwiraatmaja






Siang agan2 semua,
Kopling tidak ada indikasi kebakar (bau hangus)
Master kopling atas dan bawah sudah di cek, semua masih bagus.
Nah, maka dari itu saya bingung.
Saya cerita sedikit, sekitar 3 bulan lalu saya beli kopling 1 set di Atrium senen, salah satu authorized penjual sparepart hyundai, setelah konsultasi disarankan mengganti kopling punya Mitshubish*, katanya enteng dan saya pasang dan memang benar koplingnya enteng banget. Saya pasang di bengken NON RESMI. Nah setelah beberapa lama jalan kejadiannya pas macet kopling mulai bermasalah, masuk gigi bisa tapi tidak mau jalan.
Saya bawa ke bengkel resmi hyundai di pasar baru, disana dianalisa bahwa kampas kopling tidak rata & lidah2 kopling yg spt matahari terlalu lunak.
Saran mereka ganti kopling dan cover kopling yg seperti matahari.
Saya menuruti dengan menggantinya.
Setelah sebulan gejalanya timbul lagi, sama persis.
Kalo macet & panas kopling bisa masuk tapi tidak mau jalan.
Akhirnya kemaren saya bawa ke bengkel hyundai di pluit, mereka analisa fuel pump bermasalah dan akhirnya diganti
Tapi saya belum test lagi dlm keadaan macet
Jdnya skrg kalo bawa mobil was2 kalo ada macet, ngeri selip lagi.
Jd saya harus gmn yah agan2 semua?
thanks


Quote:Original Posted By schizo_brutal
saya garuk2 kepala bacanya om masuk gigi bisa tapi gak mau jalan? kalo masuk gigi kan artinya kopling udah bebas, tapi ga mau jalan itu saya bingung
bentar...ga mau jalan itu mesinnya bisa putaran tinggi ga? jadi biar di gas, mesin bisa mutar seperti biasa ga ada gejala tersendat?






Jadi begini awal gejalanya, kalo lg macet, kopling terasa makin lama maikn berat (terasa agak susah balik), dan jarak kopling makin lama makin tinggi, nah makin parahnya, kopling bisa masuk tapi ngak bisa jalan, ud di gas2 ngak bisa jalan juga.
Mekanik hyundai pluit juga bilang kalo gigi bisa masuk tapi ngak bisa jalan, itu bukan dari kopling nya.
Mereka periksanya langsung fuel pump dan mereka bilang masalah dr fuel pump dan menyuruh saya test ride dalam keadaan macet.
Saya sebagai org yg awam juga bingung.
Saya browsing2 di internet tidak ketemu jawabannya.
Quote:Original Posted By andiwiraatmaja


Jadi begini awal gejalanya, kalo lg macet, kopling terasa makin lama maikn berat (terasa agak susah balik), dan jarak kopling makin lama makin tinggi, nah makin parahnya, kopling bisa masuk tapi ngak bisa jalan, ud di gas2 ngak bisa jalan juga.
Mekanik hyundai pluit juga bilang kalo gigi bisa masuk tapi ngak bisa jalan, itu bukan dari kopling nya.
Mereka periksanya langsung fuel pump dan mereka bilang masalah dr fuel pump dan menyuruh saya test ride dalam keadaan macet.
Saya sebagai org yg awam juga bingung.
Saya browsing2 di internet tidak ketemu jawabannya.


Pindah bengkel atuh gan, kan udah diinfo klo FP ga ada hubungan sama kopling, apalagi sama gigi bisa masuk tp ga bisa jalan.
FP itu hubungannya sama bahan bakar, tugasnya memompa bahan bakar, klo mesin masih nyala tanpa gejala tersendat ya berarti FP aman.
Agan sudah ngikutin kata mekanik ganti FP kan? Brp duit? 1jeti lebih ya?
Trus skrg masih masalah? Kalo masih masalah, komplen aja kemekanik tsb lagi, liat aja dia nyalahin apa lagi yg bermasalah.

Btw gabung FB HACK yuk, banyak sepuh yang siap berbagi ilmu
http://www.facebook.com/groups/hyund...ent.community/
Oom sekalian...

Avega saya tahun 2008 mesinnya ngelitik pas di gas itu, Nah biar ga ngelitik lagi harus diapain ya?
Apa karena saya pake Premium dan Fastron...

Maaf saya awam sekali soal mobil, hal beginian aja masih kurang paham...

terima kasih
Quote:Original Posted By AntonEgo
Oom sekalian...

Avega saya tahun 2008 mesinnya ngelitik pas di gas itu, Nah biar ga ngelitik lagi harus diapain ya?
Apa karena saya pake Premium dan Fastron...

Maaf saya awam sekali soal mobil, hal beginian aja masih kurang paham...

terima kasih


Ratio kompresi Avega 11 om jd cocoknya pake RON 92, klo pake premium dijamin gelitik.
Dipekiwan ada penjelasannya
ok, jadi saya sih curiganya di bagian pelepasan tuas kopling...
kmaren bearing / laher kopling diganti juga ga? baik itu yang pertama di beli di atrium maupun yang di BERES?

Quote:Original Posted By andiwiraatmaja


Jadi begini awal gejalanya, kalo lg macet, kopling terasa makin lama maikn berat (terasa agak susah balik), dan jarak kopling makin lama makin tinggi, nah makin parahnya, kopling bisa masuk tapi ngak bisa jalan, ud di gas2 ngak bisa jalan juga.
Mekanik hyundai pluit juga bilang kalo gigi bisa masuk tapi ngak bisa jalan, itu bukan dari kopling nya.
Mereka periksanya langsung fuel pump dan mereka bilang masalah dr fuel pump dan menyuruh saya test ride dalam keadaan macet.
Saya sebagai org yg awam juga bingung.
Saya browsing2 di internet tidak ketemu jawabannya.


absen...
udah lama ga kmari

mau tnya2 sparepart dong

disc brake, tie road, n long tie road brapaan ya harga nya?

mngkin ada yg pernah ganti.
Pagi HACK....
Quote:Original Posted By #avodio#
Pagi HACK....


pagi cyynnn...
Quote:Original Posted By bilikikik


pagi cyynnn...


pagi cong...hehehe
Quote:Original Posted By tukang_sulap


pagi cong...hehehe


cendol mampir gan...

met pagi menjelang siang HACK'ers
Quote:Original Posted By aderwinto08


cendol mampir gan...

met pagi menjelang siang HACK'ers


thx gan...btw avatarnya blm di ganti nih
go go