Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jokondugaLAvatar border
TS
jokondugaL
yang cinta indonesia masuk gan !! [Situs Muaro Jambi Segera Siap Jadi Cagar Budaya]
ada hal keren gan di sumatra gan .... pokoknya mantafffffffffffff

Spoiler for image:


ini ane dapatin dari pulau sumatra



Jakarta, - Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang Kebudayaan, Wiendu Nuryati, menyatakan situs Candi Muaro Jambi telah siap ditetapkan sebagai cagar budaya. “Tinggal satu langkah lagi menuju penetapan,” kata Wiendu saat dihubungi pada Senin, 4 Juni 2012.

Ia menuturkan tim ahli yang dibentuk pemerintah untuk menyusun rekomendasi penetapan situs telah menyelesaikan penelitian lapangannya di Jambi pada pekan lalu. Hasil penelitian tersebut kemudian akan disusun menjadi dokumen rekomendasi untuk penetapan cagar budaya. Sebelum pemerintah menetapkan suatu kawasan sebagai kawasan cagar budaya, kata Wiendu, pemerintah harus mendapatkan rekomendasi dari para ahli.

“Pekan depan rekomendasi tersebut selesai disusun,” kata dia. Setelah rekomendasi tersebut selesai, dokumen itu akan diserahkan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk dirapatkan. Hasil rapat tersebut yang akan menentukan nasib situs Muaro Jambi untuk ditetapkan sebagai cagar budaya atau tidak. Penetapan itu nantinya akan dilakukan melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan kebudayaan.

Wiendu sendiri optimistis hasil rekomendasi para ahli tersebut nantinya akan mengusulkan penetapan situs Muaro Jambi sebagai cagar budaya. Ia mengatakan situs tersebut cukup pantas dijadikan cagar budaya karena memiliki potensi budaya dan terancam mengalami kerusakan akibat usaha pertambangan di sekitar situs.

Adapun tim ahli yang ditunjuk pemerintah untuk membuat rekomendasi penetapan berasal dari berbagai ahli di bidangnya masing-masing. Wiendu mengatakan terdapat 13 orang ahli yang berasal dari berbagai profesi dan guru besar berbagai universitas yang diterjunkan ke Jambi untuk meneliti situs tersebut.

Ketiga belas tim tersebut adalah ahli hukum, geologi, antropologi, perencanaan wilayah, bencana, dampak lingkungan, dan sebagainya. “Mereka akan memetakan semua jenis ancaman kerusakan situs,” kata Wiendu.

Selain itu, tim ahli juga akan menetapkan batasan-atasan wilayah situs. Batas itu nantinya akan digunakan Menteri Pendidikan untuk membuat surat keputusan mengenai program pemagaran candi.

Situs Muaro Jambi merupakan kompleks percandian purbakala yang diperkirakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu. Kompleks candi itu terletak di Kecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi.

lihat lebih jauh gan
peta wisata
Spoiler for image:


Candi Tinggi
Spoiler for image:


Telago Rajo
Spoiler for image:


Candi Gumpung
Spoiler for image:


Kanal kuno
Spoiler for image:


Candi Kembar Batu
Spoiler for image:


Kompleks Situs Muaro Jambi
Spoiler for image:


pencitraan udara nya gan
Spoiler for image:


sumber

bagaimna menurut agan2 sekalian... emoticon-thumbsup
di komeng mas agan dan emoticon-Rate 5 Star, emoticon-Ngakak
kalo berkenan boleh kasih ane emoticon-Blue Guy Cendol (L)nya...
0
2K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan