KASKUS

kbr si gem............

maaf dopost
Quote:Original Posted By diesel4engine
mlm rekan2,
ada kabr baru dari si gem neh, kmrn abis jalan2 ke sby, kena macet berkali2, nah pas macet itu tiba2 ada hal aneh dari si gem, yaitu pas mulai jalan n pindah gaer dari 1 ke gear 2 terjadi goncangan dari roda depan, kyk grinjal gt, ato kyk kena jalan gronjal gt, kira2 knapa ya? ampe skrg tiap ganti gear dari 1 ke 2 mesti gt, tp dari 2 ke 3 alus aja neh, trims ya


nb. as tarik agak goyang
gem matic 3 speed
oli matic top 1 blum ganti 12rb km
bunyi ngung dari bak, montir blg laher perseneling


trims.........


sambil nunggu jawaban dr para senior yg pake gemini matik, ane ikut komentar bung....

sbg perbandingan, kalo di sepeda motor matic, sehabis terkena macet panjang, biasanya jg terjadi gregel-gregel pd saat kendaraan akan bergerak, dan efek ini akan hilang dg sendirinya dalam beberapa hari, dg catatan tdk kena macet panjang lg.
kl ingin lebih cepat hilang efek gregel-gregelnya, biasanya kampas kopling dan rumah koplingnya dibersihkan kotorannya.
nah itu kalo dimotor matic, kl di mobil matic ane gak tau persisnya.

pernah baca2 kl transmisi matic dimobil, digerakan oleh oli sbg transfer energi dr putaran mesin menuju putaran roda, mungkin grinjal-grinjal / gregel-gregelnya pengaruh dr oli matic yg sdh 12.000 km tapi belum diganti, apalagi olinya merk top1, oli yg akhir2 ini dianggap kurang baik. demikian komentar ane bung, utk lebih mantapnya, tunggu jawaban dr para senior igl.....
Quote:Original Posted By sitepujun
Wow...mahal amat olinya Pak Ketua.....harga itu mendekati setoran sebulan .........kwkwwkwkkwkwk........

Bagaimana cara pakai engine flush itu Pak?

salam,

sitepujun


dear bro sitepu,
Waaa... selagi ada duit nyobalah pake oli import, tapi kalau yg kelewat canggih sepert motul atw mobil1 nggak berani... mesin udah bocor gitu bisa habis berapa liter olinya...

Engine flush diisi sebelum ganti oli, gunanya mengencerkan oli dan gum (kerak2 oli) dalam mesin. Lain engine flush lain lama flushihng-nya di mesin. STP misalnya perlu 10 - 15 menit diputar di mesin sebelum dikuras, cyclo yg kemarin nubie coba perlu 3 - 5 menit flushing. Kalau engine sudah diflush oli filter harus ganti supaya kotoran yang tertahan di filter oli nggak mutar lagi ke mesin.

Ada baiknya sekali-sekali engine di-flush supaya kerak dan residu oli bisa dikeluarkan dan pelumasan oli bisa lebih maksimal.

salam nubie,
bp
Quote:Original Posted By diesel4engine
mlm rekan2,
ada kabr baru dari si gem neh, kmrn abis jalan2 ke sby, kena macet berkali2, nah pas macet itu tiba2 ada hal aneh dari si gem, yaitu pas mulai jalan n pindah gaer dari 1 ke gear 2 terjadi goncangan dari roda depan, kyk ginjal gt, ato kyk kena jalan gronjal gt, kira2 knapa ya? ampe skrg tiap ganti gear dari 1 ke 2 mesti gt, tp dari 2 ke 3 alus aja neh, trims ya


nb. as tarik agak goyang
gem matic 3 speed
oli matic top 1 blum ganti 12rb km
bunyi ngung dari bak, montir blg laher perseneling


trims.........


dear bro,

dari gejalanya kemungkinan kopling selip, nubie punya juga kadang2 gitu, biasanya kalau jalan dikecepatan tanggung yg bikin transmisi kagok jadi bolak-balik ngoper naik-turun 1-2-1-2. Pertanyaannya apakah sewaktu kena macet kemarin itu selama nunggu antrian posisi gigi dinetralkan (n) atau tetap di (d) tapi ditahan pakai rem? Kalau nubie nahan transmisi hanya kalau perlu maju dengan kendali rem, kalau stop n go pelan tanpa laju mobil perlu dikendalikan rem bisanya waktu posisi berhenti nubie netralkan (n) sambil pedal rem diinjak atau direm tangan kalau jalan miring. Kalau selama macet posisi berhenti mobil ditahan rem ada kemungkinan kopling jadi selip, akibatnya transmisi gemetar sewaktu shift up dari 1-2. Selain kemungkinan kopling selip, bergetar waktu shift up bisa juga karena sirkulasi minyak tidak lancar karena ada kotoran. Untuk sementara coba ganti oli matic, nubie pakai castrol atf tqd III (di Toda 52 rb/ltr) krn harganya relatif masih terjangkau. Jangan pakai oli dexron IV atau yg buat toyota (innova, yaris, altis) karena tidak cocok. Matic gemini jt maih primitif, jadi pakai oli yg canggih tdk akan membantu.

salam nubie,
bpf
Quote:Original Posted By parjo1
sambil nunggu jawaban dr para senior yg pake gemini matik, ane ikut komentar bung....

sbg perbandingan, kalo di sepeda motor matic, sehabis terkena macet panjang, biasanya jg terjadi gregel-gregel pd saat kendaraan akan bergerak, dan efek ini akan hilang dg sendirinya dalam beberapa hari, dg catatan tdk kena macet panjang lg.
kl ingin lebih cepat hilang efek gregel-gregelnya, biasanya kampas kopling dan rumah koplingnya dibersihkan kotorannya.
nah itu kalo dimotor matic, kl di mobil matic ane gak tau persisnya.

pernah baca2 kl transmisi matic dimobil, digerakan oleh oli sbg transfer energi dr putaran mesin menuju putaran roda, mungkin grinjal-grinjal / gregel-gregelnya pengaruh dr oli matic yg sdh 12.000 km tapi belum diganti, apalagi olinya merk top1, oli yg akhir2 ini dianggap kurang baik. demikian komentar ane bung, utk lebih mantapnya, tunggu jawaban dr para senior igl.....


dear kang parjo,

mungkin hampir mirip di motor matic dan di trans matic, ada kontak kopling yg tidak sempurna sehingga membuat friksi dan menimbulkan getaran.

memang banyak yg berkomentar kurang tetang oli top1, ada yg mengutip data hasi pengujian lah, ada yg meragukan asal-usul olinya lah..., ada yg bilang merk nggak jelas lah... yaa tapi dari pengalaman nubie sih kalau untuk pemakaian normal tdk ada masalah, hanya secara logis-psikologis kalau kita pilih barang--apalagi oli yg kerjanya berat kena tekanan, friksi, n panas--biasanya kita--kalau mau mobilnya awet dan sehat--akan pilih oli yg jelas: pake bikinan indonesia atau bikinan luar yg jelas asal-usulnya...

salam nubie,
bpp
akhirnya ga dapet juga gemininya
tapi masih ijin menyimak ya gan..
disini ilmunya bejibun, cocok kalo buat oprek mengoprek...
..sesama sedan diesel

Isuzu Gemini Japan

Iseng-iseng browsing nemu ginian, kira-kira hoax bukan ya.....
Makasih.
Quote:Original Posted By alhuddin
akhirnya ga dapet juga gemininya
tapi masih ijin menyimak ya gan..
disini ilmunya bejibun, cocok kalo buat oprek mengoprek...
..sesama sedan diesel


Sabar aja Om..
Coba aja kalo ke Surabaya mampir ke Jl. Ngagel 127 A pojok jembatan,
beberapa waktu lalu ada iklan di harian Surya jual gemini diesel kl ga salah minta 20an..masih ada ga..

Sekalian tanya sama suhu-suhu gemini, parts paking knalpot sama paking bawah mesin (bawah knalpot) itu part numbernya berapa ya?kaloada penampakannya dan ancer2 harganya..ada yang bisa bantu? Trims..
Soalnya waktu hidupin ada asap dan olie netes tapi selama ini dari indikator oli ga berkurang banyak tetap kondisi full.


salam,
nasgor41

Matic slip...

Quote:Original Posted By pbastriadi
dear bro sitepu,
Waaa... selagi ada duit nyobalah pake oli import, tapi kalau yg kelewat canggih sepert motul atw mobil1 nggak berani... mesin udah bocor gitu bisa habis berapa liter olinya...

Engine flush diisi sebelum ganti oli, gunanya mengencerkan oli dan gum (kerak2 oli) dalam mesin. Lain engine flush lain lama flushihng-nya di mesin. STP misalnya perlu 10 - 15 menit diputar di mesin sebelum dikuras, cyclo yg kemarin nubie coba perlu 3 - 5 menit flushing. Kalau engine sudah diflush oli filter harus ganti supaya kotoran yang tertahan di filter oli nggak mutar lagi ke mesin.

Ada baiknya sekali-sekali engine di-flush supaya kerak dan residu oli bisa dikeluarkan dan pelumasan oli bisa lebih maksimal.

salam nubie,
bp


Kalo oli import yg harga lebih mahal dengan standard mutu yg sama dgn oli produk Pertamina ( spec dapat dilihat pada kemasan ) apakah ada perbedaan saat digunakan Pak Ketua?

Soalnya, beberapa kali saya perhatikan spec oli yg katanya import dan harga mahal gak beda spec-nya dgn oli keluaran Pertamina yg harganya lebih bersahabat.

Quote:Original Posted By pbastriadi
dear bro,

dari gejalanya kemungkinan kopling selip, nubie punya juga kadang2 gitu, biasanya kalau jalan dikecepatan tanggung yg bikin transmisi kagok jadi bolak-balik ngoper naik-turun 1-2-1-2. Pertanyaannya apakah sewaktu kena macet kemarin itu selama nunggu antrian posisi gigi dinetralkan (n) atau tetap di (d) tapi ditahan pakai rem? Kalau nubie nahan transmisi hanya kalau perlu maju dengan kendali rem, kalau stop n go pelan tanpa laju mobil perlu dikendalikan rem bisanya waktu posisi berhenti nubie netralkan (n) sambil pedal rem diinjak atau direm tangan kalau jalan miring. Kalau selama macet posisi berhenti mobil ditahan rem ada kemungkinan kopling jadi selip, akibatnya transmisi gemetar sewaktu shift up dari 1-2. Selain kemungkinan kopling selip, bergetar waktu shift up bisa juga karena sirkulasi minyak tidak lancar karena ada kotoran. Untuk sementara coba ganti oli matic, nubie pakai castrol atf tqd III (di Toda 52 rb/ltr) krn harganya relatif masih terjangkau. Jangan pakai oli dexron IV atau yg buat toyota (innova, yaris, altis) karena tidak cocok. Matic gemini jt maih primitif, jadi pakai oli yg canggih tdk akan membantu.

salam nubie,
bpf


Sewaktu masih pakai transmisi matic, kalo ketemu macet dan lampu merah, saya selalu pindahkan tuas ke posisi N dan sesekali posisi P ( tergantung berapa lama perkiraan berhentinya ) dan jarang sekali sekali saya tahan laju kendaraan di posisi D dengan rem.

Sampai terakhir saya tukar ke manual, itu transmisi matic sangat sehat dan perpindahan gigi juga sangat lembut, bahkan dari posisi 1 ke 2 perpindahannya sangat cepat tanpa harus tekan gas dalam-dalam.

Sebelumnya pernah mengalami perpindahan gigi yg sangat kasar dan menghentak, cuma stel kabelnya aja dan ganti oli matic, semua masalah hilang ( tak semua mekanik paham, karena waktu itu harus pindah bengkel juga ternyata ).

salam,
sitepujun
Quote:Original Posted By Nasgor41
Sabar aja Om..
Coba aja kalo ke Surabaya mampir ke Jl. Ngagel 127 A pojok jembatan,
beberapa waktu lalu ada iklan di harian Surya jual gemini diesel kl ga salah minta 20an..masih ada ga..

Sekalian tanya sama suhu-suhu gemini, parts paking knalpot sama paking bawah mesin (bawah knalpot) itu part numbernya berapa ya?kaloada penampakannya dan ancer2 harganya..ada yang bisa bantu? Trims..
Soalnya waktu hidupin ada asap dan olie netes tapi selama ini dari indikator oli ga berkurang banyak tetap kondisi full.


salam,
nasgor41


paking knalpot gemini kayanya bisa pakai punya mobil lain, yg penting sama besar ukuran lobangnya.
copot lebih dahulu knalpot punya gemininya, terus di ukur besarnya, cari deh yg ukurannya mirip2.
masalah oli netes, coba di amati lebih teliti, dr mana asalnya,
- apakah dr selang turbo
- apakah dr filter oli (biasanya sehabis mengganti filter oli, ada tumpahan oli dr sisa oli yg terdapat di filter)
- apakah tetesan solar dr injector pump
- atau memang benar2 dr knalpot


Quote:Original Posted By alhuddin
akhirnya ga dapet juga gemininya
tapi masih ijin menyimak ya gan..
disini ilmunya bejibun, cocok kalo buat oprek mengoprek...
..sesama sedan diesel


sedan diesel agan, nissan cedric yg ini ya ?
br dapet tgl 8 oktober 2012, wuih.... jauh jg belinya, orang malang beli mobil di jakarta barat.

Talking Ijin bergabung yaa

Permisi agan2, suhu dan master Gemini lovers, salam kenal & newbie ijin bergabung yaa

Id : andray777
Nama : Andray
Lokasi : Tanah abang 5
No hp : 0852 17502246
Mobil : Isuzu Holden Gemini Diesel 1,5 Turbo th 1991 - Warna Silver

Baru mantau thread ini, kira2 3 bulanan, baru awal Oktober 2012 jadi kepingin ngerasain jalan2 pake Gemini diesel. Btw ane mau tanya : 1) Apa ada pengaruh di kinerja mesin klo stater dibuat manual dengan tekan tombol selama 10detik sbanyak 3x baru bisa kontak dan stater si Gemininya?... 2) Apa nama alat yg dilingkaran merah pd foto?... 3) Harus disambung kemana kabel yg dilingkaran biru?... 4) Kabel yg dilingkaran hijau jg disambung kemana ya?... Smoga agan2x semua berkenan utk menjawab yaa


Tes Foto

Quote:Original Posted By andray777
Permisi agan2, suhu dan master Gemini lovers, salam kenal & newbie ijin bergabung yaa

Id : andray777
Nama : Andray
Lokasi : Tanah abang 5
No hp : 0852 17502246
Mobil : Isuzu Holden Gemini Diesel 1,5 Turbo th 1991 - Warna Silver

Baru mantau thread ini, kira2 3 bulanan, baru awal Oktober 2012 jadi kepingin ngerasain jalan2 pake Gemini diesel. Btw ane mau tanya : 1) Apa ada pengaruh di kinerja mesin klo stater dibuat manual dengan tekan tombol selama 10detik sbanyak 3x baru bisa kontak dan stater si Gemininya?... 2) Apa nama alat yg dilingkaran merah pd foto?... 3) Harus disambung kemana kabel yg dilingkaran biru?... 4) Kabel yg dilingkaran hijau jg disambung kemana ya?... Smoga agan2x semua berkenan utk menjawab yaa

[img][/img]

Smile Tambah foto

Quote:Original Posted By andray777
Permisi agan2, suhu dan master Gemini lovers, salam kenal & newbie ijin bergabung yaa

Id : andray777
Nama : Andray
Lokasi : Tanah abang 5
No hp : 0852 17502246
Mobil : Isuzu Holden Gemini Diesel 1,5 Turbo th 1991 - Warna Silver

Baru mantau thread ini, kira2 3 bulanan, baru awal Oktober 2012 jadi kepingin ngerasain jalan2 pake Gemini diesel. Btw ane mau tanya : 1) Apa ada pengaruh di kinerja mesin klo stater dibuat manual dengan tekan tombol selama 10detik sbanyak 3x baru bisa kontak dan stater si Gemininya?... 2) Apa nama alat yg dilingkaran merah pd foto?... 3) Harus disambung kemana kabel yg dilingkaran biru?... 4) Kabel yg dilingkaran hijau jg disambung kemana ya?... Smoga agan2x semua berkenan utk menjawab yaa



1. tdk ada pengaruh thp mesin, sebaiknya tombolnya ditekan kira2 25 hitungan, biasanya sy menekan tombol sambil berhitung 1 s/d 25 baru di starter, sekali kontak langsung greng.....
kalau berhitung 1 s/d 10 glow plugnya panasnya kurang membara, jd harus 3x tekan baru greng.

2. namanya idle up vakum solenoid
3. kabel lingkaran biru disambung ke kabel yg ada di magnet kompresor AC (kabel + nya)
4. kabel lingkaran ijo di pasang di body / chasis mobil.





mobil ini dapet dr [url]www.berniaga.com[/url] ya?
tepatnya ini : http://www.berniaga.com/Holden+Gemin...+-10464821.htm



BUAT YG PENASARAN PENGIN LIHAT PHOTONYA "Novi Amelia"
Model yg nabrak 7 orang dan cuma pakai bikini, ini ada photonya, silahkan di nikmati.... he he he

Spoiler for Novi Amelia sehabis nabrak & masih di borgol:
Quote:Original Posted By alhuddin
akhirnya ga dapet juga gemininya
tapi masih ijin menyimak ya gan..
disini ilmunya bejibun, cocok kalo buat oprek mengoprek...
..sesama sedan diesel


Nyari Gemini itu ibarat nyari harta karun om, mesti sabar......jangan terbawa emosi nanti malah rugi sendiri....

Jangan tergiur dengan harga murahnya saja ya, sy pernah beli Gemini mulai harga 4 juta - 23 juta

Pengalaman yg 4 juta itu banyak lagi kena biaya, bisa kena 8-12 juta lagi, rugi di waktu dan makan pikiran...capek deh.....mending cari yg siap pakai dan kalopun harus masuk bengkel cuma hal-hal kecil saja


salam,
sitepujun

Selamat bergabung.........

Quote:Original Posted By andray777
Permisi agan2, suhu dan master Gemini lovers, salam kenal & newbie ijin bergabung yaa

Id : andray777
Nama : Andray
Lokasi : Tanah abang 5
No hp : 0852 17502246
Mobil : Isuzu Holden Gemini Diesel 1,5 Turbo th 1991 - Warna Silver

Baru mantau thread ini, kira2 3 bulanan, baru awal Oktober 2012 jadi kepingin ngerasain jalan2 pake Gemini diesel. Btw ane mau tanya : 1) Apa ada pengaruh di kinerja mesin klo stater dibuat manual dengan tekan tombol selama 10detik sbanyak 3x baru bisa kontak dan stater si Gemininya?... 2) Apa nama alat yg dilingkaran merah pd foto?... 3) Harus disambung kemana kabel yg dilingkaran biru?... 4) Kabel yg dilingkaran hijau jg disambung kemana ya?... Smoga agan2x semua berkenan utk menjawab yaa




Selamat bergabung buat om andray777, salam kenal dari Medan...dan selamat menikmati sensasi ber-Gemini....

Kalo ada kesulitan dengan spare part boleh kontak kita yg di Medan, mudah-mudahan bisa kita bantu...

salam,
sitepujun
Quote:Original Posted By parjo1
BUAT YG PENASARAN PENGIN LIHAT PHOTONYA "Novi Amelia"
Model yg nabrak 7 orang dan cuma pakai bikini, ini ada photonya, silahkan di nikmati.... he he he

Spoiler for Novi Amelia sehabis nabrak & masih di borgol:


Adduh....kejam banget perlakuannya ya om, kaya korban kekejaman PKI aja, itu sangat tidak pantas...tidak manusiawi....

salam,
sitepujun
Quote:Original Posted By sitepujun
Adduh....kejam banget perlakuannya ya om, kaya korban kekejaman PKI aja, itu sangat tidak pantas...tidak manusiawi....

salam,
sitepujun


itu bukan dari kekejaman polisi mas..melainkan novi amalianya sendiri yang membuka bajunya dan mempertontonkan tubuhnya dikantor polisi....dan polisi memborgoll tangan tersangka dikarenakan tersangka terus bertingkah yang jauh diluar logika dikarenakan pengaruh narkoba.

jadi bukan karena pak polisinya yang tidak manusiawi..justru novinya sendiri yang tidak tidak punya rasa manusiawi.

mohon maaf kalau ada salah2 kata.
Quote:Original Posted By thenanda
itu bukan dari kekejaman polisi mas..melainkan novi amalianya sendiri yang membuka bajunya dan mempertontonkan tubuhnya dikantor polisi....dan polisi memborgoll tangan tersangka dikarenakan tersangka terus bertingkah yang jauh diluar logika dikarenakan pengaruh narkoba.

jadi bukan karena pak polisinya yang tidak manusiawi..justru novinya sendiri yang tidak tidak punya rasa manusiawi.

mohon maaf kalau ada salah2 kata.


d bilang salah sich emank sala si novi, tp gan mana pantes pose begituan d jepret ama si POLISHIT?????
sedan diesel agan, nissan cedric yg ini ya ?
br dapet tgl 8 oktober 2012, wuih.... jauh jg belinya, orang malang beli mobil di jakarta barat.

[/QUOTE]

hehehe... bung parjo mantebs deh... jadi malu
disini ga ada yg sesuai anggaran om.. #curcol hahaha
udah muter2 liat gemini di jatim ga ada yg cocok
go go