umpan mancing ikan tombro/mas

Quote:Original Posted By HardiDidiDito
resep juaranya ki demang gan. kalau saya cuma mau numpan upgrade aja . iya gan kan yang di report yang juara doang. yang ga juara di cut aja daripada jadi junk ga ada yang baca haahaha . tp emang saya kan jarang turun juga, jadi jarang report deh . soalnya keseringan jadi kedi+koki doang. bukan jadi pemancing .
kalau soal boncos sih dulu sering gan. tapi kalau skrg alhamdulillah sudah jarang. dan soal ketiban itu sudah biasa gan di kolam GTan. udah sering ketiban. dan niban pun juga udah sering. ya jadi sering main tiban2an deh. makanya saya besarin badan saya. biar kalau niban asik . hehehee .
ga mahal kok gan. saya pakai bahan essence goldenfish aja yang ecek2. makanya itu saya pakai dosis besar. sudah sering mencoba segala dosis. ketemu cocoknya ya dosis segitu. emang rada boros sih. tapi lebih baik boros dikit kan yang penting bisa narikin daripada irit2 tapi ga narik2in .
pasta ananas sih kalau kata orang itu pasta anggur nanas jadi 1. tapi saya masih kurang yakain itu pasta apa. yang jelas saya cocok dengan baunya. makanya saya pakai itu . ditoko2 pancing banyak kok gan pasta ananas.


Saya penduduk baru gan,mau nanya ramuan umpan tombro untuk daerah TUBAN yang bagus pakai essen apa aja gan,sekedar info:ikan terberatnya 7,9 Kg.mohon ilmunya gan dibagi.terima kasih
Quote:Original Posted By kedot
16.Resep ala Profesor Anto. = ikan mas

1. bandeng 1 ekor.

2. daun pandan.

3. sereh batang.

4. biang susu 1/2 sdm.

5. Pelet bandul.

No. 1 s/d 4 direbus jadi satu, kemudian setelah matang air rebusan di

campur ma pelet bandul buat bom. Bandeng dipisahin dagingnya aja

kemudian diulet ama pelet yang udah di campur ma air tadi. Atur supaya pas

buat umpan...terserah enaknya gimana.


17. Bilzter
aya newbie di dunia permancingan.. sekedar ingin share dan mohon masukan dari sesepuh2 disini.. tepat kemarin adalah kali pertaama nya saya memancing.. karena di ajak oleh sepupu saya... kami memancing ikan mas dengan menggunakan umpan yang di racik oleh sepupu saya... kandungan nya :
- sagu
- pasta (kmarin pake aroma nanas dan pandan)
-vanili
kemudiian di kukus...
(resep ini di dapat dari paraaa pemancing disana)
kmarin mancing 4 jam cuma dapat total 9 kg.. sedang kan juaranya klo gak salah 25kg..

yg ingin saya tanyakan buat para sesepuh... adakah tambahan khusus yang perlu di tambah kan pada resep di atas aagar resep itu semakin maknyuuss buat ikan2 mas tsb....

mohon masukan nya dari teman2 sekalian..
semoga newbie oot spt saya di perkenankan gabung di forum mancing ini
trims


18. Racing Snail
Sebetulnya,umpan patin itu terlalu nyengat ga dimakan,kurang juga ga dimakan.

Coba racikan aci + essen.

Bahan:
1. esen duren 15 tetes
2. esen nangka 10 tetes
3. esen banana 10 tetes
4. esen belut 10 tetes
5. esen seafood 10 tetes
6. pasta pandan 1/2 sedndok makan
7. air 1 gelas aqua
8. sagu 3 sdm muncung penuh

Cara membuat:
- campur semua bahan dalam satu wadah, aduk rata.
- pastikan kompor untuk memasak ada apinya/menyala dengan baik.
- masak semua bahan sampai matang.
- sajikan dengan taburan pelet halus.

Sudah mengankat induk 6,5 kg dan 7,5 kg.

===============

Bahan:
1. duren
2. strawberry
3. jambu
4. tenggiri
5. sari laut
6. air 2 gelas (±400cc)
7. sagu 4 sdm fenuh

Cara membuat:
- campur semua bahan dalam satu wadah, aduk rata
- pastikan kompor untuk memasak ada apinya/menyala dengan baik
- masak semua bahan sampai matang ±5minit
- sajikan dengan taburan pelet halus.

Sudah mengangkat ikan patin 53 ekor (889 kg)

sudah ane coba gan hasilnya juara 1 (8,55kg) biarpun cuma dapet 2 ekor 2,5jam , makasih nih gan jadi punya umpan andalan saya

Ikan Mas
kabar baik lagi , hari minggu 15/11/09 mancing galatama emas di cisalak subang , session pertama menang total 86kg , session kedua menang induk 1 ( 5,692 kg) + c extra senangnya , mau dibagiin ke agan2 sekalian dengan memakai umpan dari kang asep sbb :

Asep Syaifudin:

Salam Berebesan teman”semuanya,

Saya sangat mendukung sekali bila ada teman” yang mau sharing mengenai

pengalaman yang berhasil

dengan umpan yang bagus bila di coba… dan saya juga ingin bagi

pengalaman mancing galatama.

Racikan ini sudah terbukti cukup jitu bila di coba pada mancing

galatama.

Selamat mencoba :

1.Pasta Strawberry 1/2 sendok makan.
2.Pasta Mocca 1 sendok makan.
3.Coconut (Diva) 5 tetes.
4.Coffe Noir (Diva) 5 tetes.
5.Vanili bubuk 1 sachet kecil.

lalu semua bahan yg ada di atas di campur dengan air satu gelas aqua dan dicampur dgn sagu 2 sendok
makan lalu direbus sampai matang -+1/4 jam.

Resep ini telah memberikan juara 1 di Tongyang Bekasi & Juara 2 di Taman Mini Jkt. Selamat
mencoba semoga dewi keberuntungan beserta kita semua…


19. Rezkad = Bawal
kalo kata temen ane yg suka mancing galatama bawal di daerah Jl. Haji Ten, Rawasari (deket kampus Trisakti), umpan yg mantep itu pake usus ayam (yg masih ada kotorannya) ama kecoak gundul (dipencet biar keluar isi perutnya)...

Ikan Mas
ikut sharing oplosan coba2 ane yak

pasta (/sdt): melon
essens (/cc): melon, leci, pandan, nangka, duren, rose, choya, seafood

takaran : terserah (usahain melon&duren; lebih nonjol baunya, yg laen samain takerannya)

sifat umpan : awal agak lambat, tapi kalo sabar & konsisten maen di satu titik ikan2 gede bakalan nyamber nih umpan, bagus jg dipake klo hujan/malam

met mencoba

umpan galatama ikan mas (modif dr salah satu umpan di tabloid mancing):

pasta : durian (1 sdm), pisang ambon (1 sdm) mocca (1 sdt)
essens : choya (1.5 cc), seafood (1.5 cc), daging ( 2 cc), bolu (3 cc), garlik (10 tetes)

silakan di coba gan.....ditunggu report nya

20. andrezi82 ?
Setuju,
Sabtu kemaren berhasil jadi juara satu dengan essence Durian yg lebih banyak dari biasanya (agak nekat dengan resiko ikan malah kabur) sekitar 2,5 sendok makan
ditambahkan dengan :
Choya 3 tetes
Usar 5 tetes
Nilam 5 tetes
coconut diva 3 cc

21. Helowen = Mas
kalo ane biasa main patin oplosan dasar cuman pake cengkih...
selebihnya ane masukin strawberry pasta 2 tutup besar, garlic 1 tutup kecil, almond 1 tutup kecil.
alhamdulillah....babonnya naek terus...terakhir ane bawa 2 amplop
biasa ane mancing patinnya di Kopo.

ane cobain oplosan itu untuk galatama ikan mas di subang, alhamdulillah...babon 8Kg naek, ane juara 2 disana.

ane lagi ngoplos dasar tembakau yg di rendem...rencananya mau ampe seminggu, skrg baru 3 harian. gak tau nanti di masukin essen apaan, yg penting dasarnya dah ada.

22. Innoth = Mas

Wah, nuhun kang.. dikasih oplosan Pandan nih

Biar ga OOT & skalian ngbahas Pandan.. Tolong cek ramuan dari tetangga sebelah nih gan..
Quote:
Umpan hijau
Bahan2
Pelet 1/2 Bungkus
1. Pandan Pasta 1/2 Botol
2. Essen Coconut 5 CC
3. Essen tenggiri 2 CC
4. Essen Choya 2 CC
5. Vanili bubuk 1 botol kecil merah
6. Melon 3 CC
4. Durian 3 CC
Reportnya : Ane pernah coba u/GT murmer dsini lumayan jalan.. dapet Babon terus, walau ga juara.
Temen di Tangerang jg pernah pake resep ini juara terus..

Mohon saran nya, apa ada essens yg kurang ? atau ada yg over ?

Nuhun.

23. Girl In Jamban = Ikan Mas

"kuku bima" rasa anggur (1 atau 2 sct) + choteng (2cc) + usar (2 tts)....

klo mau pake oplosan jadi beli aja ama kang Nug, oplosan birlang & oplosan "aroma stroberi+kayumanis"....asal konsisten maen di 1 spot dijamin tetangga kiri kanan bakal nonton doang


prnah gw pake resep umpan yg ada bako nya ( dr frum sebelah) :

Pasta :nangka, santan, nanas (msg2 1 sdm)
essens : bako 234, garlik, hiu, kerupuk (msg2 1 cc, kecuali bako 234nya 1/2cc)

mayan haslnya 2 kali dpt amplop ikan merah + breskap

oiya ntu oplosan tester doang, ga usah dibayar.

-------------------------------------------------

Essence Cherry Diva 6 cc....diganti cherry goldenfish 2 cc
Jamaican Rum 4 cc....1 cc
Essence Pala 2 cc.....1/2 cc
Pasta Pandan Kupu2......1 sdt
Black Choya (Keith Harris) 4 cc......diganti choya goldenfish 1 cc
Tenggiri 3 cc.....1 cc
Bulus 1 cc......1/2 cc

Usar 2 tts.....5 tts
Nilam 6 tts.......gak dipake


hasilnya :

juara II (6.7 kg) + ikan rame 7 ekor
-----------------------
silakan yg mau nyobain ramuan umpan yg sehari2 ane pakai
Quote:
oplosan jadi (produk mana aja terserah, sesuaikan ama umpan2 yg sering dipakai dikolam tsb)...2-3 cc
choya 1 cc
kerupuk 2 cc
almond 1 cc
coconut 2 cc
usar 2 tts
sagu 2 sdm, air 125 cc
boncos tidak ditanggung.


Resep patin :
essen kweni 5cc
essen cempedak 3cc
essen melati 2cc
essen nangka 2cc
essen garlic 1cc
ulsar 3 tetes
nilam 3 tetes
pasta durian secukup nya utk pewarna kuning

cara buat: semua essen d campur jadi 1 aduk dengan 2 sendok makan sagu + 2 gelas aqua
Prestasi d bonang juara 1 9kg
prestasi d bayur juara 1 5,76kg

Quote:Original Posted By dongdotgila
Resep patin :
essen kweni 5cc
essen cempedak 3cc
essen melati 2cc
essen nangka 2cc
essen garlic 1cc
ulsar 3 tetes
nilam 3 tetes
pasta durian secukup nya utk pewarna kuning

cara buat: semua essen d campur jadi 1 aduk dengan 2 sendok makan sagu + 2 gelas aqua
Prestasi d bonang juara 1 9kg
prestasi d bayur juara 1 5,76kg


Mantap sharingnya gan..
cek korang
kalo resep buat patin di aplikasiin ke ikan mas cocok gak gan ??? atau ada yg hrs dirubah/ditambah/dikurangin ????
Quote:Original Posted By Girl.In.Jamban
kalo resep buat patin di aplikasiin ke ikan mas cocok gak gan ??? atau ada yg hrs dirubah/ditambah/dikurangin ????

Pada dasarnya cocok om.. paling kasih penambahan essens yg rada dominan di oplosan itu atau essens yg rada extreme aja..
Tujuan nya kan katanya Patin suka yg baunya nyengat..

cmiiw yaa
kalo misal ane cari essen satuan yang lumayan kumplit + murmer tapi ok, dimana kira2 yang jualan onlen gan?
Coba cek FJB mancing / Id kaskus Rinz Beauty klo gak salah
Quote:Original Posted By krocomumetz
Coba cek FJB mancing / Id kaskus Rinz Beauty klo gak salah


oke gan makasih infonya, mau coba satu2 resep yang ada dimari, kalo ada bahannya kan gampang
Quote:Original Posted By LuciaGlory
kalo misal ane cari essen satuan yang lumayan kumplit + murmer tapi ok, dimana kira2 yang jualan onlen gan?


Coba cek PMnya.

Kalo ane taruh sini,keenakan tokonya ane promosiin.
ada yang pernah nyobain di BBI lom ?
minta ramuan jitunya dong...
kondisi aernya coklat susu
wah mantap, akhirnya banyak referensi bikin umpan maut.

nice trit nih....
Quote:Original Posted By kedot
Coba cek PMnya.

Kalo ane taruh sini,keenakan tokonya ane promosiin.


makasih om mod
Quote:Original Posted By kedot
Coba cek PMnya.

Kalo ane taruh sini,keenakan tokonya ane promosiin.


pm donk gan
umpan GT lele

1. ulet jerman ( jangkrik jga bisa)+ minyak ikan (10 butir) + bima angur
2. kepiting laut yg baru ganti cangkang. carinya agak susah
3. ikan mas di kukus setengah matang

tp klo di bekasi daerah bintara ane td mlm angkat babon 3,56kg babon terberat 1. pake yg no 1. temen ane jaga pake yg no 1. dapet ikan rame ke 2
alhamdulilah mancing gratis
share ya gan...ini umpan kuncian, kalu ikan lagi mogok...dapet lapak mati...hasil racik2 mumer bisa pakek berkali2...
entah terlalu keras atau gmn, yang pasti ikannya lambat makan tapi sekali makan pasti master...

terberat 7,9 kg juara 1
yg lain lupa tp sering juara indukan koq gan, sampe sekarang masih tak pakek buat kuncian aja...karena saya tipe pemancing patin yg lebih suka narik banyak ketimbang manyun n tunggu lama ikan baru makan...

soalnya pernah ketiduran di kolam hahah tapi 10 menit sebelum bubar narik 10,40 kg wkwkwk dijetawain sekolam dah...tapi saya gag suka dgn mancing cari indukan gan gag puas rasanya kalau narik dikit sekalipun indukan...

nah kalau umpan total jg macet, ini umpan selalu turun n saya bawa ditas

pasta red bell pisbon :2 botol
pasta sirsat hijau morison :1 botol
lecy golden fish :1 botol
chery golden fish :1 botol
choya golden fish :1 botol
milk golden fish :2 tutup botol golden fish
almond golden fish :1 tutup botolnya
buttercoockies stella: 1 tutup botolnya
usar 5tetes
perhatikan antara botol dan tutup botolnya

tampung di botol pocari 330 cc, pakainya 2 sendok makan muncuuungg+oplosan 3 tutup pocari+air 220 cc
udara pas dingin tambah sereh 3 tetes waktu masak di plastk...
Quote:Original Posted By aditya.irviano
manteb euyyy...
Da lama ga sharing di marih....
kbanyakan boncosnya jd males

trakhir pake ini :

Green Tea 3 cc
Blueberry 3 cc
Cherry 2 cc
Strawberry 3 cc
Coconut 1 cc
Bolu item 1 cc
Choya 2 cc
Krupuk 1 cc
usar 2 tetes

udah jadi dbagi 2, buat 2 sdm aci
maen di FV siang2 panasss sesi 1
hasinya banyak bengong..tp tiap narik babon banci smua...
ikan rame orra, babon gede orra
padahal lapak babon
apa yg salah yaa


mungkin usar nya bisa diganti pake nilam aja om ngeliat komposisi dasar nya kurang cocok kalo dimasukin usar nilam pake 1/2cc + durian 10 tetes
kalo ngga boleh deh usarnya diganti ma sereh .. soalnya blueberry cocok tuh didampingin ma sereh klop dah :thumbsup

Quote:Original Posted By Adenium_loverz
share ya gan...ini umpan kuncian, kalu ikan lagi mogok...dapet lapak mati...hasil racik2 mumer bisa pakek berkali2...
entah terlalu keras atau gmn, yang pasti ikannya lambat makan tapi sekali makan pasti master...

terberat 7,9 kg juara 1
yg lain lupa tp sering juara indukan koq gan, sampe sekarang masih tak pakek buat kuncian aja...karena saya tipe pemancing patin yg lebih suka narik banyak ketimbang manyun n tunggu lama ikan baru makan...

soalnya pernah ketiduran di kolam hahah tapi 10 menit sebelum bubar narik 10,40 kg wkwkwk dijetawain sekolam dah...tapi saya gag suka dgn mancing cari indukan gan gag puas rasanya kalau narik dikit sekalipun indukan...

nah kalau umpan total jg macet, ini umpan selalu turun n saya bawa ditas

pasta red bell pisbon :2 botol
pasta sirsat hijau morison :1 botol
lecy golden fish :1 botol
chery golden fish :1 botol
choya golden fish :1 botol
milk golden fish :2 tutup botol golden fish
almond golden fish :1 tutup botolnya
buttercoockies stella: 1 tutup botolnya
usar 5tetes
perhatikan antara botol dan tutup botolnya

tampung di botol pocari 330 cc, pakainya 2 sendok makan muncuuungg+oplosan 3 tutup pocari+air 220 cc
udara pas dingin tambah sereh 3 tetes waktu masak di plastk...


ajiiib pake 3 tutup pocari ane paling kenceng 2 tutup luar botol 50cc aja terkadang udah over dosis om
Quote:Original Posted By casterbaonk
mungkin usar nya bisa diganti pake nilam aja om ngeliat komposisi dasar nya kurang cocok kalo dimasukin usar nilam pake 1/2cc + durian 10 tetes
kalo ngga boleh deh usarnya diganti ma sereh .. soalnya blueberry cocok tuh didampingin ma sereh klop dah :thumbsup



ajiiib pake 3 tutup pocari ane paling kenceng 2 tutup luar botol 50cc aja terkadang udah over dosis om
Sumpeee gannn
Quote:Original Posted By innoth
Sumpeee gannn


seriuuuuuusss gombong yuk gombong ntar sore .............
misi om....
tanya lagi nih sapa tau ada racikan umpan gt bawal yang ajib....
udah liat lapak tetangga udah pada make usus ayam, pala ayam, ati ayam, anak kecoa, jangkrik, dan masih buanyak lagi, kayaknya ikan udah gak mood makan yang begituan, nah sekiranya mungkin ada master gt bawal disini boleh dong sharing umpan jitunya...
yang udah ane pake :
sarden + pelet
cumi
pucung
tahu + essen (kurang tau bumbunya apa aja)
cacing
kelomang laut
umpan upil mete
martabak
masih banyak lagi

juara 1 cuma sekali pas pake pucung, abis itu bengong lagi wkwkwkwk
Quote:Original Posted By Adenium_loverz
share ya gan...ini umpan kuncian, kalu ikan lagi mogok...dapet lapak mati...hasil racik2 mumer bisa pakek berkali2...
entah terlalu keras atau gmn, yang pasti ikannya lambat makan tapi sekali makan pasti master...
.
terberat 7,9 kg juara 1
yg lain lupa tp sering juara indukan koq gan, sampe sekarang masih tak pakek buat kuncian aja...karena saya tipe pemancing patin yg lebih suka narik banyak ketimbang manyun n tunggu lama ikan baru makan...

soalnya pernah ketiduran di kolam hahah tapi 10 menit sebelum bubar narik 10,40 kg wkwkwk dijetawain sekolam dah...tapi saya gag suka dgn mancing cari indukan gan gag puas rasanya kalau narik dikit sekalipun indukan...

nah kalau umpan total jg macet, ini umpan selalu turun n saya bawa ditas

pasta red bell pisbon :2 botol
pasta sirsat hijau morison :1 botol
lecy golden fish :1 botol
chery golden fish :1 botol
choya golden fish :1 botol
milk golden fish :2 tutup botol golden fish
almond golden fish :1 tutup botolnya
buttercoockies stella: 1 tutup botolnya
usar 5tetes
perhatikan antara botol dan tutup botolnya

tampung di botol pocari 330 cc, pakainya 2 sendok makan muncuuungg+oplosan 3 tutup pocari+air 220 cc
udara pas dingin tambah sereh 3 tetes waktu masak di plastk...


Kayaknya oke nih gaaan...
Patut dicoba neeeh.... Tq