Quote:Original Posted By kakashid
Om kalo stroom aki berapa lama seh? terus biaya nya berapa yah maklum blonan pernah


Tergantung akinya gan.
Klo aki-aki ama nenek-nenk pasti lama ngecesnya
Pas dateng di tukang aki di ukur dlu, brapa tegangannya.
Kalo tegangannya 0 ya kuranglebih 7 jam.
Klo punya ane kmaren teg msh 10v. cuman disetrum 3 jam dah penuh.
Biayanya kena 10rb.
Quote:Original Posted By 1nd0r4m
Belokin stir ampe mentok ke slh st arah, abis itu diliat, busihing armnya kyk sobek gt gak. Tp mending dibw ke bengkel langganan aja buat di cek atau ke astra kl msh garansi.

Thanks berat mas bro untuk pencerahannya. Nanti akan dicekkan ke bengkel resmi pas servis berkala gak lama lagi.

Quote:Original Posted By monsar
Kemaren pas setrom aki, dibilangin ama tukang aki.
Klo di bwah rpm 3000 aki blm keisi.
Jd kalo manasin mobil rpm minimal 3000 baru ngisi setrumnya.
Bneran nih ?

Kalau gak salah dulu pernah baca juga ada yang bilang begitu. Tapi pernah gw test pake DMM ke aki, kalau mesin off voltasenya sekitar 12v. Dan begitu mesin dinyalakan posisi idle, voltasenya naik ke kisaran 14v. Berarti alternatornya sudah ngecharge aki toh meskipun mesin masih idle dan belum sampai ke 3000 RPM?
Quote:Original Posted By LotusHwa
Thanks berat mas bro untuk pencerahannya. Nanti akan dicekkan ke bengkel resmi pas servis berkala gak lama lagi.


Kalau gak salah dulu pernah baca juga ada yang bilang begitu. Tapi pernah gw test pake DMM ke aki, kalau mesin off voltasenya sekitar 12v. Dan begitu mesin dinyalakan posisi idle, voltasenya naik ke kisaran 14v. Berarti alternatornya sudah ngecharge aki toh meskipun mesin masih idle dan belum sampai ke 3000 RPM?


Coba rpm dibuat 3000 gan.
Apa voltasenya ttep 14v ato ada kenaikan teg walopun sedikit.
permisi gan, ada beberapa pertanyaan ni

1. klo kaca spion xenia 2009 kan bisa diatur tuh dari dalem...tp karena kesenggol motor, jadi keluar gitu kacanya, kyk copot gitu, tapi masih nyambung ama kabel dalemnya...betulinnya abis brp ya gan?

2. klo KM 40rb, apa aja yang harus diperhatikan untuk di service gan? untuk xenia 2009

3. klo ngerem, lampu blakang 2-2nya nyala...tapi klo lg mundur trus ngerem, lampu sbelah kiri yg warna merah nggak nyala...itu gimana ya gan?

maap gan klo banyak nanya, thx ya gan
Quote:Original Posted By manbaby
permisi gan, ada beberapa pertanyaan ni

1. klo kaca spion xenia 2009 kan bisa diatur tuh dari dalem...tp karena kesenggol motor, jadi keluar gitu kacanya, kyk copot gitu, tapi masih nyambung ama kabel dalemnya...betulinnya abis brp ya gan?

2. klo KM 40rb, apa aja yang harus diperhatikan untuk di service gan? untuk xenia 2009

3. klo ngerem, lampu blakang 2-2nya nyala...tapi klo lg mundur trus ngerem, lampu sbelah kiri yg warna merah nggak nyala...itu gimana ya gan?

maap gan klo banyak nanya, thx ya gan


bantu jawab newbee om :
1) saran ane sih ganti aja 1 set cari yang cabutan buanyakk , harga paling sebelah dibawah 500 rb.
2) seperti service 20 rb km tetapi agak mahal sedikit krn adanya penggantian oli gardan / matic & kuras radiator kl memang perlu serta ganti filter kabin ac.
3) salah satu lampu di rem antara yg lampu kecil/senjanya putus atau lampu rem besar yg putus, saran minta 2 org yg bantu cek dlm kondisi siang hari diinjek remnya kl nyala berarti lampu rem besar bagus jd lampu senjanya aja yg putus. Tetapi gantinya harus 1 bulb
Quote:Original Posted By LotusHwa
Kalau gak salah dulu pernah baca juga ada yang bilang begitu. Tapi pernah gw test pake DMM ke aki, kalau mesin off voltasenya sekitar 12v. Dan begitu mesin dinyalakan posisi idle, voltasenya naik ke kisaran 14v. Berarti alternatornya sudah ngecharge aki toh meskipun mesin masih idle dan belum sampai ke 3000 RPM?


betul om

Quote:Original Posted By manbaby

2. klo KM 40rb, apa aja yang harus diperhatikan untuk di service gan? untuk xenia 2009

3. klo ngerem, lampu blakang 2-2nya nyala...tapi klo lg mundur trus ngerem, lampu sbelah kiri yg warna merah nggak nyala...itu gimana ya gan?

maap gan klo banyak nanya, thx ya gan


2. coba carbon clean aja gan sama cek bagian kopling..
3. cek kabel" lampu belakangnya


Quote:Original Posted By monsar
Kok bisa om?
Kan aki juga dices ama alternator.
Kecuali nyalain audio, tp engine posisi off.

Kemaren pas setrom aki, dibilangin ama tukang aki.
Klo di bwah rpm 3000 aki blm keisi.
Jd kalo manasin mobil rpm minimal 3000 baru ngisi setrumnya.
Bneran nih ?
Ane waktu dibilangin, cuman manggut2...
Antara percaya gak percaya.

Omongan tukang aki td bisa d buktiin gak ?
Di tes pake avo ato gmna...


1. ga juga om tetep ada pengisian tapi ga sekejem di rentan 3000-5000an RPM, kalo uda deket" redline, pengisian akan berkurang
2. ga juga om, kita panasin biasa juga asal A/C, lampu, audio ga nyala juga uda keisi
3. kalo om mao test, om test pake voltmeter digital aja, itu keliatan angka"nya real time kok.

Quote:Original Posted By saro04
suhu2

nubi nih mau tanya??
untuk avanza S m/t tahun 2010 berapa fuel consumptionnya untuk di dalam kota?
kemarin ane coba itung untuk dalkot dengan motede fuel bensin-reset ode-fuel udah 2 kali nyoba, dua2nya ga sampe 1:8??
kok kayaknya boros banget yah

trims para suhu2


dalkotnya rute mana om?
si bleki Av-S M/T angkatan 2007 konsumsi BBM.na antara 1:8-9 dalkot, jarang bener dibawah 1:8 tapi ga perna bisa tembus 1:10.
rutenya Puri Indah - UnTar - Puri Indah.
kalo kombinasi sama tol BSD, bisa 1:10 paling boros, paling irit perna ampe 1:12.

Quote:Original Posted By eyb
dakot stop n go, 1:11 stabil drive style agresif, lukot 1:16, pake bbm premium+petrol conditioner

coba kutang bro, sapa tahu ntu filter udah mo mampet.


sumpeh irit bener om mobil lu

si bleki dalkot paling average 1:8.5, lukot average 1:13...

Quote:Original Posted By pjka
selamat pagi
semoga hari ini membawa kesuksesan bagi karier, bisnis, dan keluarga kita


amin om

Quote:Original Posted By ervir
pake pikooollll donkkkk....




Quote:Original Posted By rimbani

oh ya, kopling terus2an dipake lama2 tambah berat ya? Harus rajin ganti kanvas kopling yak? Ane nubie banget nih masalah perkoplingan

emang kemaren gejalanya gimana mas dul sampe harus ganti kopling set selain tarikan ngempos dan bensin jadi boros? Ada berasa aneh gak pas nginjek koplingnya? Atau cuma berasa berat aja injeknya


gejalanya ye brad?
1. tenaga berasa kurang
2. suka selip kuplingnya
3. pas nanjak juga jadi suaranya doang gede larinya segitu gitu aja
4. susah masuk gigi / oper gigi, especially gigi 1 ama R
5. bensin boros baru berasa kalo keluar kota / diisi penuh

kalo berasa aneh ato keras ato grejel" apa enggak pas nginjek kupling si gua ga berasa ya, kupling gua pan uda hidrolik.

dulu di papanja gua si kasusnya ampe stuck di gigi 2 ga bisa dioper ke gigi 1, pas dibuka dekrupnya uda kemakan sama bearing koplingnya uda remuk, padahal pas dibongkar baru 55rb km

Quote:Original Posted By abdul9500
yap betul kopling set
enteng banget,cuma kata nya kalo masalah enteng/nggak nya bisa di setel lewat dekrup atau apa nya gitu.

gejala nya,kalo nanjak agak panjang langsung kempos paling mentok gigi 2,gigi 3 abis dah napas nya,boros nya setengah mati. tadinya ane bilang ama bos bos ane ganti aja lah sama MB s-klasse taun 95an kan harga nya agak mirip,FC nya mirip,kenyamanan nya beda
kemaren ane tes lagi,kalo itungan kasar lebih irit (ane bukan pake metode full to full,cuma dari 1/4 ke 1/2 kembali ke 1/4 dapet 148km,rute nanjak mulu,wong naik gunung keluar masuk hutan,macet2an,ngeblong "agak cpet"
waktu sebelom ganti kopling dengan rute yg sama dan metode yg sama di Km80an udah 1/4 lagi


1. bisa dul. dimaenin celahnya tapi lupa dimananya
2. bisa beda setengahnya gitu papanja gua si ada beda 10-20% doang, ga perna ampe setengahnya beda bensinnya

Quote:Original Posted By punda_poensan

kw super merk daikin gan untuk plat sama laher nya.
kalau oli ga tau tuh, soalnya temen yg beli ane nya lagi ada urusan waktu itu

ya kalau harga ori kemrin tanya ke bengkel 390 rb an gan yua setara 400 rb

sekarang dah enak lagi, tanjakan juga mantabss


hoo, pakek daikin ya kangs? sipsipsip/
mantabs lahh, tarik maaangg

Quote:Original Posted By LotusHwa
Thanks berat lagi untuk responnya, mas bro. OK, kayaknya biar aman bawa ke salon mobil aja yah untuk bersihin ruang mesinnya.

Coba dicek setelannya yang ada di ban belakang kanan...
Bawa ke bengkel, gak usah ke BERES juga gpp. Atau kalau mau, bisa dicoba kerjakan sendiri asal punya dongkrak dan sedikit keberanian. Lepas ban kanan belakang dan atur sendiri setelan rem tangannya dari sana.

Spoiler for Setelan optional rem tangan di roda kanan belakang:


Kemungkinan terlalu kuat setelannya di bagian situ, jadi gerak putar roda belakang jadi gak bebas aka terbelenggu.


1. coba cek ID wingsilver deh om, bilang aja temennya si vulvy sama Mr.Chaos, mestinya dia tau
2. wow sep sep sep OK OK OK setelah ujian selesai langsung DIY

Quote:Original Posted By mr.Chaos

klo ane dikasi tau sama temen yg buka bengkel di serpong.. pas ganti kopling di KM 107.000an nah kata dia umur kopling itu 70rb gan yg standar


halo pret

sumpah kupling lu irit bener nald

Quote:Original Posted By muryan

saat ini gw pengen cari muffler cutter buat xenia. mana di jogja yg ori toyota sulit bgt.

bahkan di dealer toyota dan toko khusus TGP nya pun abis.


gua lupa dulu di FJB ada yang jual dah, cuma logonya toyota.
kalo ga salah dulu si rimbani perna beli.

Quote:Original Posted By apriasnoto
Kmnya 60 ribu, sekarang maticnya kalo di kecepatan 40km kadang2 kosong kalo digas alias gak ada tenaganya terus di 80km an jalannya berebet alias agak ndutndutan, ada yg tau gak gan kira2 apanya?

Kalo bengkel matic buat avanza yg rekomen dari agan2 di sekitar bintaro atau alam sutera tangerang dimana ya gan?

Mohon pencerahannya gan....
Thanks yaaaa


1. coba carbon clean dulu gan
2. coba cek businya, kalo uda mulai kemakan, coba ganti businya.
3. coba ganti oli maticnya dan coba ganti oli gardannya
4. ganti saringan oli dan ganti juga saringan udaranya
hope it helps

Quote:Original Posted By LotusHwa

Btw, ada yang jadi concern nih...

Beberapa waktu yang lalu, ada temen yang bawa mobil ke rumah. Mesinnya kan masih panas tuh abis jalan, terus dimatikan waktu selesai parkir.
Nah, di sini kedengeran dari bagian mesinnya ada bunyi "tik tik tik" gitu. Bunyi yang sama juga pernah gw denger di mesin motor gw dulunya, tapi sekarang sudah gak ada lagi.

Pertanyaannya, itu sebenarnya bunyi apaan yah? Ada apa dengan mesinnya? Apakah ada yang salah/ buruk dengan keluarnya bunyi seperti itu? Soalnya normalnya kan seharusnya gak keluar suara seperti itu setelah mesin dimatikan dalam keadaan panas.

Thanks.


pemuaian, om
di papanja gua selalu ada bunyi begitu pas mesin baru dimatiin, anehnya di motor gua 2-2nya ga perna ada bunyi kayak gt
Quote:Original Posted By manbaby
permisi gan, ada beberapa pertanyaan ni

1. klo kaca spion xenia 2009 kan bisa diatur tuh dari dalem...tp karena kesenggol motor, jadi keluar gitu kacanya, kyk copot gitu, tapi masih nyambung ama kabel dalemnya...betulinnya abis brp ya gan?



gw bantu yg nomer 1 ya gan, yg 2 dan 3 dah dijawab agan2 di sini.

kebetulan Xenia gw juga tahun 2009. itu spion ente yg elektrik atau diatur pake engkol dr dlm kabin?

kalo elektrik, tinggal bawa ke beres aja. dulu gw jg pernah ngalami, untungnya ga ada yg patah dalemannya. jadi cuma kaca aja yg copot, bisa langsung dibenerin dengan dilem lg pada motornya jadi bisa digunakan lagi.

Quote:Original Posted By vulvyaddicted
gua lupa dulu di FJB ada yang jual dah, cuma logonya toyota.
kalo ga salah dulu si rimbani perna beli.


iya om, dah dpt ane dr toko aksesoris di sini.

emang sih logonya toyota, tapi gpp lah daripada beli di tukang knalpot yg pake dilas.
sorry dopost.
absen dulu ah mumpung buka internet
tadi ketemu om eyb di jalanan

Quote:Original Posted By vulvyaddicted

1. bisa dul. dimaenin celahnya tapi lupa dimananya
2. bisa beda setengahnya gitu papanja gua si ada beda 10-20% doang, ga perna ampe setengahnya beda bensinnya


gatau dah bang,mungkin karena masih baru ganti kali ya
tadi tes lagi,jadi aneh FC nya sharing secara kasat mata ya
isi 50rb (11,11L)
odo reset 0
kondisi jarum
awal isi: gak nyampe pas 3/4
akhir masuk garasi: masih di atas 1/2 dikit
KM abis: 91km
rute: rw.mangun-tol dalkot-puri kembangan-komplek metro pertama
kecepatan:
pergi: gak lebih dari 80kpj menyebalkan karena ane jadi sweeper,voorijder jalan nya pelan bet,mana konvoi pake bigbird pula
pulang: agak cepet,karena batre low,oper gigi seenak nya,oper di 4000rpm,selip kanan kiri

itu kira2 abis berapa liter yak ada gak 9literan?
kalo 9liter berarti 91/9= 1L=10,1km
masih itungan irit dah cuma kok ngelitik nya jadi tambah parah yak sekali-kali isi shell ah
permisi om.. sebelumnya salam kenal ya.. saya mau menawarkan moon roof untuk modifikasi, lsng cek ke linknya aja ya om.. thx
http://www.kaskus.co.id/showthread.p...#post760375797
selamat pagi
Quote:Original Posted By monsar
Kok bisa om?
Kan aki juga dices ama alternator.
Kecuali nyalain audio, tp engine posisi off.

Kemaren pas setrom aki, dibilangin ama tukang aki.
Klo di bwah rpm 3000 aki blm keisi.
Jd kalo manasin mobil rpm minimal 3000 baru ngisi setrumnya.
Bneran nih ?
Ane waktu dibilangin, cuman manggut2...
Antara percaya gak percaya.

Omongan tukang aki td bisa d buktiin gak ?
Di tes pake avo ato gmna...

ngga setuju om
mesin stasioner tetep membuat alternator bekerja memasok listrik kok

buktinya ?
pernah macet >1 jam kan ? pasti lah apalagi kalo tinggal di jkt
nah kalo macet AC tetep nyala kan ? iya lah, masak mau sauna
nah setelah macet sejam-an, mesin di start akinya ngga ngedrop kan ? itu buktinya
gan, ane penguna ANX kebetulan tiap hari lewat jalanan yang berdebu +/- 20 km (jalan tanah), ada tips atau saran gak supaya mesin mobil ane awet?

selama ini kendalanya si cuma kotor aja khususnya di bagian mesin sama body...takutnya ada kompnen mesin di ANX yang bermasalah sama debu
Quote:Original Posted By restrictedheart
gan, ane penguna ANX kebetulan tiap hari lewat jalanan yang berdebu +/- 20 km (jalan tanah), ada tips atau saran gak supaya mesin mobil ane awet?

selama ini kendalanya si cuma kotor aja khususnya di bagian mesin sama body...takutnya ada kompnen mesin di ANX yang bermasalah sama debu


Rajin-rajin aja om bersihin filter udara setiap 2000 - 3000 km sekali.

Quote:Original Posted By vulvyaddicted
betul om
2. coba carbon clean aja gan sama cek bagian kopling..
3. cek kabel" lampu belakangnya
1. ga juga om tetep ada pengisian tapi ga sekejem di rentan 3000-5000an RPM, kalo uda deket" redline, pengisian akan berkurang
2. ga juga om, kita panasin biasa juga asal A/C, lampu, audio ga nyala juga uda keisi
3. kalo om mao test, om test pake voltmeter digital aja, itu keliatan angka"nya real time kok.
dalkotnya rute mana om?
si bleki Av-S M/T angkatan 2007 konsumsi BBM.na antara 1:8-9 dalkot, jarang bener dibawah 1:8 tapi ga perna bisa tembus 1:10.
rutenya Puri Indah - UnTar - Puri Indah.
kalo kombinasi sama tol BSD, bisa 1:10 paling boros, paling irit perna ampe 1:12.
sumpeh irit bener om mobil lu
si bleki dalkot paling average 1:8.5, lukot average 1:13...
amin om

gejalanya ye brad?
1. tenaga berasa kurang
2. suka selip kuplingnya
3. pas nanjak juga jadi suaranya doang gede larinya segitu gitu aja
4. susah masuk gigi / oper gigi, especially gigi 1 ama R
5. bensin boros baru berasa kalo keluar kota / diisi penuh
kalo berasa aneh ato keras ato grejel" apa enggak pas nginjek kupling si gua ga berasa ya, kupling gua pan uda hidrolik.
dulu di papanja gua si kasusnya ampe stuck di gigi 2 ga bisa dioper ke gigi 1, pas dibuka dekrupnya uda kemakan sama bearing koplingnya uda remuk, padahal pas dibongkar baru 55rb km
1. bisa dul. dimaenin celahnya tapi lupa dimananya
2. bisa beda setengahnya gitu papanja gua si ada beda 10-20% doang, ga perna ampe setengahnya beda bensinnya
hoo, pakek daikin ya kangs? sipsipsip/
mantabs lahh, tarik maaangg
1. coba cek ID wingsilver deh om, bilang aja temennya si vulvy sama Mr.Chaos, mestinya dia tau
2. wow sep sep sep OK OK OK setelah ujian selesai langsung DIY
halo pret
sumpah kupling lu irit bener nald
gua lupa dulu di FJB ada yang jual dah, cuma logonya toyota.
kalo ga salah dulu si rimbani perna beli.
1. coba carbon clean dulu gan
2. coba cek businya, kalo uda mulai kemakan, coba ganti businya.
3. coba ganti oli maticnya dan coba ganti oli gardannya
4. ganti saringan oli dan ganti juga saringan udaranya
hope it helps
pemuaian, om
di papanja gua selalu ada bunyi begitu pas mesin baru dimatiin, anehnya di motor gua 2-2nya ga perna ada bunyi kayak gt


Busyet panjang banget multi quotenya , borongan tapi mantab
dopost
Quote:Original Posted By abdul9500
absen dulu ah mumpung buka internet
tadi ketemu om eyb di jalanan



eh om TS, kemaren ane ketemu anak TYCI mirip banget sama om TS
Quote:Original Posted By eyb
ada multitester kan,,,,,,,, sama adaptor / pake aki motor, buat simulasiin dulu sebelum dipasang ke mubi bro. gerak motor up/down trus r/l berfungsi, baru deh di pindahin ke mubil, power + pastikan ikut acc1,(ikut kunci kontak)


Akhirnya spion elektrik sudah terpasang dengan DIY

Step2 yg newbie lakukan:
  1. Lepasin door trim ki-ka.
  2. Karena ada plastic nya di balik door trim, gw lepasin speaker depan.
  3. Copot spion lama & pasang spion yg baru (3 baut)
  4. Sisipin kabel ke lubang, posisi kabel harus di belakang jalur kaca. Lalu masukan kabel ke dalem karet yg menghubungkan ke kabin (iket kabel pake kawat)
  5. Setelah semua nya terpasang, pastikan kabel dari spion cocok dengan kabel yg ada di soket pengaturan…. Kata om EYB pake multitester ajah… tandai kabel untuk spion kiri dan kanan. Putih= naik turun, coklat/merah=kiri kanan, kuning=massa.
  6. Urutan kabel di soket (posisi doket menghadap ke depan) = (dari kiri) merah, hitam, kuning, coklat(r), putih(r), putih (L), coklat(L)….. warna kabel bisa berbeda… soalnya warna yg gw dapet dr om eyb beda sama yg gw punya… dan skema nya beda juga spt nya.
  7. Kalo udah semua cocok tinggal solatip sambungan kabel. Dan solatip kuat2 soket nya atau bisa juga di lem pake lem plastic yg di panasin.
  8. Untuk kabel positif ambil langsung dari positif perkabelan kabin, jadi power akan on apabila kunci kontak ON. Kabel negative nemplok di body (massa).
  9. 9. Selesai…. akhirnya avanza e pake spion avanza g


Gampang ternyata asal sabar… yg lama itu masukin kabel ke dalem lobang karet dr pintu ke kabin… perawan moden
Mungkin kalo soket + kabel dari beres sih lebih simple kali ya… ga kaya punya gw ini harus ngurut2in posisi kabel ke soket.

Kira2 begitu, sorry ga sempet foto detail
Efek samping DIY: sikring 10a spion putus, spt nya gw sempet salah nyolokin

Spoiler for 'spion':

DIY peredam kap mesin, niru AVS :o

Ijin share DIYan yg simple2 doang bole kan om om sesepuh

soalnya kebetulan di rumah abis upgrade genteng pake baja ringan, sekalian beli alumunium foil biar panasnya matahari gak merambat masuk ke dalem rumah..

jadi dibeli lah barang ini:

Spoiler for jreng:

nah, sebelum eksekusi, ane intip mobil om EYB, dan di tunjukkin lah bentuk peredam AVS tuh kayak apa, dan kancing2nya
Spoiler for jreng:

akhirnya datenglah hari sabtu, jadi mulailah ane ambil2 penggaris, gunting, spidol permanen buat ngukur dan nandain spot2 lobang di kap mesin..

jadinya kayak gini:
Spoiler for jreng:


itu setelah ane draw beberapa line buat jadi patokan ukuran, sama posisi lobang kancingnya..

nah soal kancing, kemarin ane pas beli kancing di atrium senen, ane tanya sama yg jualan.. ternyata klo model yg kayak di AVS itu, gak bisa di copot pasang

jadi ane putusin buat pake kancing yg bisa di buka lagi.. bisa dibuka lagi dengan modal obeng kembang (cuman ga ane poto)

jadinya gini deh skrg mobil ane:
Spoiler for jreng:


Review pribadi ane:

Suara: gak banyak perubahan, suara mesin (dari luar mobil) terdengar lebih alus, cuman terdengar suara kompresor AC doang

dari dalem? sama aje! klo ga mau denger suara mesin musti pasang di firewall juga.. cuman keknya ribet

Panas: sepulang dari jalan2 semalem, pas pulang, ane pegang tuh kap dan amazed banget.. adem! bahkan ga ada anget2nya sama sekali.. :

meskipun gak rapih2 amat kerjaan ane, tapi klo DIY ternyata ada kepuasan tersendiri klo dah sukses

DC:
alumunium foil bubble, beli 800rb/roll, asumsi pake 2 meter (2/30 x 800rb) = 53.333
kancing² 13 x 2rb = 26.000
alumunium tape merk sansui 1 roll = 30.000 (padahal kepakenya 2 meter doang ) mayan sisanya buat emak ane nambel panci klo bocor
parkir beli kancing, beli alu foil, alu tape = 10rb

total: 119.333 + roko 1 batang = 120.000

bahan & alat yg diperluin:
  1. aluminium foil bubble
  2. aluminium tape
  3. gunting
  4. obeng
  5. penggaris


special thanks to om yoga, buat kasi ane contoh kancingnya, kasi tau lokasi toko kancingnya, dan bole intip kap mesinnya

trims juga buat om phytagoras, karena ane pake rumus phytagoras buat ngukur titik2 yg mau ane lobangin
Quote:Original Posted By vulvyaddicted
halo pret

sumpah kupling lu irit bener nald


biasa klo turunan ga perna nahan kopling gw.. netral aja biar ngeblong ampe bawah.. :
Quote:Original Posted By mr.Chaos
Ijin share DIYan yg simple2 doang bole kan om om sesepuh

soalnya kebetulan di rumah abis upgrade genteng pake baja ringan, sekalian beli alumunium foil biar panasnya matahari gak merambat masuk ke dalem rumah..

jadi dibeli lah barang ini:

Spoiler for jreng:

nah, sebelum eksekusi, ane intip mobil om EYB, dan di tunjukkin lah bentuk peredam AVS tuh kayak apa, dan kancing2nya
Spoiler for jreng:

akhirnya datenglah hari sabtu, jadi mulailah ane ambil2 penggaris, gunting, spidol permanen buat ngukur dan nandain spot2 lobang di kap mesin..

jadinya kayak gini:
Spoiler for jreng:


itu setelah ane draw beberapa line buat jadi patokan ukuran, sama posisi lobang kancingnya..

nah soal kancing, kemarin ane pas beli kancing di atrium senen, ane tanya sama yg jualan.. ternyata klo model yg kayak di AVS itu, gak bisa di copot pasang

jadi ane putusin buat pake kancing yg bisa di buka lagi.. bisa dibuka lagi dengan modal obeng kembang (cuman ga ane poto)

jadinya gini deh skrg mobil ane:
Spoiler for jreng:


Review pribadi ane:

Suara: gak banyak perubahan, suara mesin (dari luar mobil) terdengar lebih alus, cuman terdengar suara kompresor AC doang

dari dalem? sama aje! klo ga mau denger suara mesin musti pasang di firewall juga.. cuman keknya ribet

Panas: sepulang dari jalan2 semalem, pas pulang, ane pegang tuh kap dan amazed banget.. adem! bahkan ga ada anget2nya sama sekali.. :

meskipun gak rapih2 amat kerjaan ane, tapi klo DIY ternyata ada kepuasan tersendiri klo dah sukses

DC:
alumunium foil bubble, beli 800rb/roll, asumsi pake 2 meter (2/30 x 800rb) = 53.333
kancing² 13 x 2rb = 26.000
alumunium tape merk sansui 1 roll = 30.000 (padahal kepakenya 2 meter doang ) mayan sisanya buat emak ane nambel panci klo bocor
parkir beli kancing, beli alu foil, alu tape = 10rb

total: 119.333 + roko 1 batang = 120.000

bahan & alat yg diperluin:
  1. aluminium foil bubble
  2. aluminium tape
  3. gunting
  4. obeng
  5. penggaris


special thanks to om yoga, buat kasi ane contoh kancingnya, kasi tau lokasi toko kancingnya, dan bole intip kap mesinnya

trims juga buat om phytagoras, karena ane pake rumus phytagoras buat ngukur titik2 yg mau ane lobangin


biasa klo turunan ga perna nahan kopling gw.. netral aja biar ngeblong ampe bawah.. :


bro, dibalik almu buble itu kalo dikasih 1 lembar peredam akustik, kayaknya bisa buat redam suara mesin biar gak kedengeran dari luar kali ya.

Quote:Original Posted By takewerkewer
Akhirnya spion elektrik sudah terpasang dengan DIY

Step2 yg newbie lakukan:
  1. Lepasin door trim ki-ka.
  2. Karena ada plastic nya di balik door trim, gw lepasin speaker depan.
  3. Copot spion lama & pasang spion yg baru (3 baut)
  4. Sisipin kabel ke lubang, posisi kabel harus di belakang jalur kaca. Lalu masukan kabel ke dalem karet yg menghubungkan ke kabin (iket kabel pake kawat)
  5. Setelah semua nya terpasang, pastikan kabel dari spion cocok dengan kabel yg ada di soket pengaturan…. Kata om EYB pake multitester ajah… tandai kabel untuk spion kiri dan kanan. Putih= naik turun, coklat/merah=kiri kanan, kuning=massa.
  6. Urutan kabel di soket (posisi doket menghadap ke depan) = (dari kiri) merah, hitam, kuning, coklat(r), putih(r), putih (L), coklat(L)….. warna kabel bisa berbeda… soalnya warna yg gw dapet dr om eyb beda sama yg gw punya… dan skema nya beda juga spt nya.
  7. Kalo udah semua cocok tinggal solatip sambungan kabel. Dan solatip kuat2 soket nya atau bisa juga di lem pake lem plastic yg di panasin.
  8. Untuk kabel positif ambil langsung dari positif perkabelan kabin, jadi power akan on apabila kunci kontak ON. Kabel negative nemplok di body (massa).
  9. 9. Selesai…. akhirnya avanza e pake spion avanza g


Gampang ternyata asal sabar… yg lama itu masukin kabel ke dalem lobang karet dr pintu ke kabin… perawan moden
Mungkin kalo soket + kabel dari beres sih lebih simple kali ya… ga kaya punya gw ini harus ngurut2in posisi kabel ke soket.

Kira2 begitu, sorry ga sempet foto detail
Efek samping DIY: sikring 10a spion putus, spt nya gw sempet salah nyolokin

Spoiler for spion:


manteplah akhirnya berhasil juga......... biasanya suka kebalik antara gerak kanan kiri atau atas bawah
Quote:Original Posted By abdul9500
absen dulu ah mumpung buka internet
tadi ketemu om eyb di jalanan



gatau dah bang,mungkin karena masih baru ganti kali ya
tadi tes lagi,jadi aneh FC nya sharing secara kasat mata ya
isi 50rb (11,11L)
odo reset 0
kondisi jarum
awal isi: gak nyampe pas 3/4
akhir masuk garasi: masih di atas 1/2 dikit
KM abis: 91km
rute: rw.mangun-tol dalkot-puri kembangan-komplek metro pertama
kecepatan:
pergi: gak lebih dari 80kpj menyebalkan karena ane jadi sweeper,voorijder jalan nya pelan bet,mana konvoi pake bigbird pula
pulang: agak cepet,karena batre low,oper gigi seenak nya,oper di 4000rpm,selip kanan kiri

itu kira2 abis berapa liter yak ada gak 9literan?
kalo 9liter berarti 91/9= 1L=10,1km
masih itungan irit dah cuma kok ngelitik nya jadi tambah parah yak sekali-kali isi shell ah


hehe iya kemarin lihat B...TO........ markir didepan blubird pas aku abis beli air galon, trus muter lagi abis beli sayur ketemu deh DUO maut berbatik lengan panjang bro dul dan adikknya.........

keren euy udah ada larsen di kap mesin
Quote:Original Posted By eyb
bro, dibalik almu buble itu kalo dikasih 1 lembar peredam akustik, kayaknya bisa buat redam suara mesin biar gak kedengeran dari luar kali ya.


kayaknya ga ngaruh banyak bro... ini aja kalo ane dengerin seksama, suaranya itu berasal dari lubang2 grill depan

btw kapan2 klo bro yoga ke lindeteves kita bareng yuk, kemarin ada liat barang yg menarik juga buat di aplikasiin di lantai 1 LTC..
Quote:Original Posted By monsar
Kok bisa om?
Kan aki juga dices ama alternator.
Kecuali nyalain audio, tp engine posisi off.

Kemaren pas setrom aki, dibilangin ama tukang aki.
Klo di bwah rpm 3000 aki blm keisi.
Jd kalo manasin mobil rpm minimal 3000 baru ngisi setrumnya.
Bneran nih ?
Ane waktu dibilangin, cuman manggut2...
Antara percaya gak percaya.

Omongan tukang aki td bisa d buktiin gak ?
Di tes pake avo ato gmna...


Kl aki kurang setrum akan diisi oleh altenator tp kl kebutuhan listrik uda melebihi kapasitas altenator ya ambil dr aki, otomatis akan bikin aki cpt jebol.
Omongan tukang aki nya gak bener tuh. Intinya listrik mobil stlh nyala disuplai ama altenator, aki cm kepake buat starter mobil doang. Kl seandainya kebutuhan listrik kurang krn psg audio br ambil setrum dr aki.
Sama st lg yg gak kalah penting, mbl ente itu itu dibuat dgn teknologi canggih jd gak perlu pake pemansan sgl kyk mbl jaman jebot. Apalg pas sblm dimatiin pake acara digeber2 dl. Kl msh kyk gitu mah jgn pake avanza/xenia. Pake toyota corona taksi aja. Kasian Av nya.

barang dagangan indoram - 1ndoram
Filter Udara K&N NOS (new old stock)
Jaket ADRENALIN tipe ADN-03 (uk. XXL) & Tankbag 7gear tipe ENDURO
STRUTBAR u/ Avanza / Xenia & All New Avanza/Xenia
Promo Paket STRUTBAR & STABILIZER