superseiya99Avatar border
TS
superseiya99
Menciptakan Jurusan Favorit Baru di Universitas-Universitas Indonesia

Menurut ane alternatif pilihan kuliah di Indonesia perlu ditambah keragaman nya. Semakin banyak pilihan jurusan yang prospektif maka akan semakin banyak peluang terciptanya sumberdaya manusia unggul dan semakin terpenuhi kebutuhan-kebutuhan bangsa.
Perlu kiranya kita (khususnya pihak yang berkemampuan) “maksain” menciptakan jurusan-jurusan baru di berbagai sekolah dan universitas. Ditambah lagi kita juga harus bisa memberi penerangan dan motivasi bagi para pelajar mengenai pilihan-pilihan jurusan dan pembellajaran di sekolah maupun kampus.
Menurut ane jurusan-jurusan yang selama ini menjadi trend setiap taunya adalah :
1.\tBuat siswa-siswi yang kemampuan intelektual atau kemampuan finansialnya tinggi biasanya milih fakultas kedokteran. Buktinya kampus-kampus yang buka jurusan kedokteran sebagian besar menempatkan jurusan tersebut selalu di passing grade tertinggi setiap taunya. Yang jadi masalah kadang banyak orang yang milih jurusan tersebut dengan alasan ingin keliatan keren,bonafit dan terpandang. Ini mesti dibenahi.emoticon-Blue Guy Smile (S)
2.\tJurusan lain yang rata-rata ada di setiap universitas adalah fakultas ekonomi khususnya manajmen dan akuntansi. Alasanya sederhana,biar gampang cari kerja.emoticon-Blue Guy Smile (S)
3.\tSekolah tinggi kedinasan juga jadi favorit yang lain,alasan nya karena sederhana juga yaitu biar masa depan nya terjamin,maksudnya biar ga usah nyari kerja pas udah lulus.emoticon-Blue Guy Smile (S)
4.\tAda juga yang milih jurusan-jurusan hanya biar gampang dapet gelar,urusan ilmu yang didapet mah urusan nanti,yang penting kuliah nya ga susah terus bisa seneng-seneng pas kuliah. emoticon-Cape d... (S)
5.\tJurusan ilmu eksak biasanya ga terlalu favorit karena kuliah nya susah terus ada pandangan bahwa susah juga nanti nyari kerjanya,secara di Indonesia lembaga ilmu pengetahuan yang ada masih sedikit serta di Indonesia juga “penghargaan” buat ilmuan dari masyarakat jauh lebih rendah daripada penghargaan buat artist you tube emoticon-Cape d... (S)
6.\tJurusan-jurusan multimedia dan IT mulai menjadi favorit yang cukup besar.emoticon-Blue Guy Smile (S)
Ga ada yang salah dari trend-trend tersebut,namun ane kok mikir ya bahwa menurut ane ada yang harus dirubah,ditambah dan dibenahi dari trend tersebut,menurut ane gini :
1.\tMilih jurusan pas kuliah ga boleh karena rasa pengen keren atau ga mau ambil pusing dengan perkuliahan.
2.\tPilihan jurusan kadang sering terlalu dipaksakan oleh orang tua. Celakanya kalo orang tuanya kurang melek terhadap perkembangan dunia pendidikan emoticon-Berduka (S)
3.\tSekolah kadang cuma fokus ngajarin gimana cara lulus seleksi,dan kurang bisa mengarahkan siswa milih jurusan ini harus dibenahi
4.\tUniversita dan dinas pendidikan penting kiranya untuk memperbanyak alternatif jurusan,yaitu jurusan-jurusan yang menurut ane gini :
a.\tBisa membantu pengelolaan sumberdaya di Indonesia misalnya jurusan teknik perminyakan,teknik pertambangan,teknologi pertanian dan lain-lain. Jurusan-jurusan ini nyatanya masih dikit di Indonesia(bandingkan dengan kedokteran),akhirnya pertambangan kita banyak dikuasaain asling emoticon-I Love Indonesia (S)
b.\tJurusan-jurusan yang bisa menjaga budaya Indonesia. Nyatanya masih banyak kampus yang fakultas sastra asing nya lebih banyak dari sastra lokal.emoticon-Berduka (S)
c.\tJurusan-jurusan yang bisa bantu transportasi di Indonesia. Kalo ane ga salah 3/5 wilayah kita kan laut,maka kalo pengen pemerataan ekonomi, akses transportasi kudu lancar. Nah kita kan ga mungkin pake mobil di laut,maka kita butuh pesawat atau kapal laut,Cuma masalahnya kalo pesawat masih mahal dan masih banyak dikuasain maskapai asing lalu kapal laut kita malah sering denger tuh Cuma tenggelamnya. Maka menurut ane penting tuh jurusan teknik penerbangan dan perkapalan. Kita lanjutin cita-citanya BJ Habibi lah,visinya keren banget tuh! emoticon-Berbusa (S)
d.\tJurusan-jurusan ilmu pendidikan harus juga dibenahi biar Indonesia punya pengajar-pengajar yang kompeten,ga Cuma kejar setoran kurikulum dan nungguin tanggal 1 emoticon-Blue Guy Smile (S)
Itu Cuma sedikit perasaan-perasaan ane dari ngamatin mahasiswa-mahasiswa,kampus-kampus dan siswa-siswa aja sih gan,ane yakin agan punya pandangan yang lebih keren,karena itu yu kita kerenkan Indonesia sama-sama.
Kasih rating yang bagus yaa…cendol?boleh
emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
0
2.8K
11
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan