agan agan, mau tanya kalau overheating pernah dibahas di halaman berapa ya ? thankyou...

Buat yang Kuda nya kurang bertenaga

Buat agan2 yang kudanya pada ngebul, terkentut2, kurang tenaga, mesin goyang dll.
Ane terima service atau konsultasi.. kebetulan ane kerja di salah satu bengkel khusus mobil diesel / injection pump di Tangerang
Hubungin ane di 085719538679 atau bisa via PM

overheating!

Quote:Original Posted By AWibowo12
agan agan, mau tanya kalau overheating pernah dibahas di halaman berapa ya ? thankyou...


Ikut urun rembug gan....
Overheating bisa beberapa sebab:
1. Bisa jadi air radiator kurang, coba cek air radiator.
2. Kompresi terlalu tinggi atau mungkin silinder head pernah di papras yang menyebabkan tingginya kompresi.
3. Coba cek oli silikon kipas radiator, karena kurangnya oli silikon kipas bisa bikin hembusan angin kipas berkurang.

4. Oli mesin kurang, coba cek.
5. Timing pembakaran terlalu tinggi.
6. Setelan klep terlalu rapat, coba cek...



Quote:Original Posted By haripuritan
Ikut urun rembug gan....
Overheating bisa beberapa sebab:
1. Bisa jadi air radiator kurang, coba cek air radiator.
2. Kompresi terlalu tinggi atau mungkin silinder head pernah di papras yang menyebabkan tingginya kompresi.
3. Coba cek oli silikon kipas radiator, karena kurangnya oli silikon kipas bisa bikin hembusan angin kipas berkurang.

4. Oli mesin kurang, coba cek.
5. Timing pembakaran terlalu tinggi.
6. Setelan klep terlalu rapat, coba cek...


terimakasih balasannya gan, kuda diesel saya ini kalau kena macet atau stasioner ditempat diatas kira kira 1 jam, langsung kompling rasanya berat dan ac-nya langsung nggak dingin lagi, mobil juga larinya ngeden. Saya mengira ini overheating apakah benar ? air radiatior, oli mesin oke2 saja, sedangkan klep, silikon dan kompresi saya belum bisa cek...ada usul tambahan ? tq b4

Timing Belt

Quote:Original Posted By moejip
abank-abank, ganti timing belt + ongkos di beres kira2 abis brp y?
soalny udah klewat km 200rban, mohon pencerahannya.....


sekedar masukan pengalaman saya.
Sekedar info buat para joki.
Sebulan yg lalu saya ganti timing belt kuda glx 1.6 bensin.
- Timing Belt ori : Rp. 350rb di toko sparepart Legok - Serang
- Tensioner ori : Rp. 85rb ,,
- Ongkos pasang: Rp. 175rb di bengkel Carisa di lingkar selatan Serang - Banten.
- Tips Mekanik : Rb. 15rb (seiklasnya...he...he..he...)
Total Rp. 625rb, puas gan.....ternyata biaya perawatan kuda tidak menyeramkan ya....bravo para joki....specialnya para joki di Serang - Banten.
Quote:Original Posted By AWibowo12
terimakasih balasannya gan, kuda diesel saya ini kalau kena macet atau stasioner ditempat diatas kira kira 1 jam, langsung kompling rasanya berat dan ac-nya langsung nggak dingin lagi, mobil juga larinya ngeden. Saya mengira ini overheating apakah benar ? air radiatior, oli mesin oke2 saja, sedangkan klep, silikon dan kompresi saya belum bisa cek...ada usul tambahan ? tq b4


senasib gan, bedanya KD sy larinya ttp ok sih, pas jalan lg jg AC bs adem lg. sementara udh rojok radiator, visco malah ganti, pake coolant,stel klep jg. mgkn perlu dicek apa stasioner terlalu rendah & ternyata visco tu ga sekedar diisi oli aja, bisa distel jg mau ngelock di temp berapa
Quote:Original Posted By MSO1512NVG
senasib gan, bedanya KD sy larinya ttp ok sih, pas jalan lg jg AC bs adem lg. sementara udh rojok radiator, visco malah ganti, pake coolant,stel klep jg. mgkn perlu dicek apa stasioner terlalu rendah & ternyata visco tu ga sekedar diisi oli aja, bisa distel jg mau ngelock di temp berapa


wah...salaman dulu nih..senasib sepenanggungan
Kl KDku setelah turun 1/2 mesin tapi sampai pistonnya juga ikutan, ganti radiator baru, selinder head beli copotan yang belum setahun umurnya, visco fan ganti baru, oli pake Idemitsu (saran dari agan 4D56C katanya lebih adem dari Shell), coolant Prestone yg gak hrs campur air lg hasilnya kl di jalan yg gak macet dan AC hidup posisi kecepatan 80-100km/jam di siang terik posisi jarumnya 1/4. Yah kalo kena macet parah 1/2 kurang. Kl pagi hari gak hidupin AC dan jalan 60km/jam posisinya hanya naik sedikit dari garis bawahnya.
Tapi mobilku udh gak pake thermostat yach
Quote:Original Posted By MSO1512NVG
senasib gan, bedanya KD sy larinya ttp ok sih, pas jalan lg jg AC bs adem lg. sementara udh rojok radiator, visco malah ganti, pake coolant,stel klep jg. mgkn perlu dicek apa stasioner terlalu rendah & ternyata visco tu ga sekedar diisi oli aja, bisa distel jg mau ngelock di temp berapa

kalau misal kuda agan-agan sampai overheat, coba setelah mesin dingin dicek dulu apakah air radiator dan reservoir cadangannya berkurang (malah bisa sampai habis) atau tidak. seandainya berkurang drastis, patut dicurigai cap atau tutup radiator yg sudah jelek. cek juga selang-selang sambungan radiator apabila sudah ada yg rembes sebaiknya diganti.

Quote:Original Posted By drjeckyl
Kl KDku setelah turun 1/2 mesin tapi sampai pistonnya juga ikutan, ganti radiator baru, selinder head beli copotan yang belum setahun umurnya, visco fan ganti baru, oli pake Idemitsu (saran dari agan 4D56C katanya lebih adem dari Shell), coolant Prestone yg gak hrs campur air lg hasilnya kl di jalan yg gak macet dan AC hidup posisi kecepatan 80-100km/jam di siang terik posisi jarumnya 1/4. Yah kalo kena macet parah 1/2 kurang. Kl pagi hari gak hidupin AC dan jalan 60km/jam posisinya hanya naik sedikit dari garis bawahnya.
Tapi mobilku udh gak pake thermostat yach

kuben ane dari pertama minang jarum temperatur selalu di posisi 1/2 kurang sedikit. ga pernah di posisi 1/4.
Quote:Original Posted By FaCa_Bdg
kalau misal kuda agan-agan sampai overheat, coba setelah mesin dingin dicek dulu apakah air radiator dan reservoir cadangannya berkurang (malah bisa sampai habis) atau tidak. seandainya berkurang drastis, patut dicurigai cap atau tutup radiator yg sudah jelek. cek juga selang-selang sambungan radiator apabila sudah ada yg rembes sebaiknya diganti.


kuben ane dari pertama minang jarum temperatur selalu di posisi 1/2 kurang sedikit. ga pernah di posisi 1/4.


Agan Faca, pengalaman saya, kl jarum manteng di 1/2 kurang, maka air radiator tdk berkurang&AC normal. tp kl kena macet, temp naik ke tepat 1/2,AC jd ga dingin & air radiator terbuang via reservoir. mgkn ni visco baru stelannya terlalu enteng jg ya. kl jalan normal sih temp max di 1/4 krn termostat udh dilepas
Quote:Original Posted By drjeckyl
Kl KDku setelah turun 1/2 mesin tapi sampai pistonnya juga ikutan, ganti radiator baru, selinder head beli copotan yang belum setahun umurnya, visco fan ganti baru, oli pake Idemitsu (saran dari agan 4D56C katanya lebih adem dari Shell), coolant Prestone yg gak hrs campur air lg hasilnya kl di jalan yg gak macet dan AC hidup posisi kecepatan 80-100km/jam di siang terik posisi jarumnya 1/4. Yah kalo kena macet parah 1/2 kurang. Kl pagi hari gak hidupin AC dan jalan 60km/jam posisinya hanya naik sedikit dari garis bawahnya.
Tapi mobilku udh gak pake thermostat yach


Weeeiiitttsss...ada temennya nih, aku jg gak pake thermostat, posisi jarum mirip2 jg, yg beda sih aku oli mesin pake meditran sx, radiator pake air kran.
Quote:Original Posted By MSO1512NVG
Agan Faca, pengalaman saya, kl jarum manteng di 1/2 kurang, maka air radiator tdk berkurang&AC normal. tp kl kena macet, temp naik ke tepat 1/2,AC jd ga dingin & air radiator terbuang via reservoir. mgkn ni visco baru stelannya terlalu enteng jg ya. kl jalan normal sih temp max di 1/4 krn termostat udh dilepas


weeeiiitttsss...ada temen satu lagi, tp btw, punyaku gak pernah sampe stgh sih, kalo jalan normal jg cuman diatas garis "C" dikit, gak sampe 1/4.
Quote:Original Posted By rahxepon
Weeeiiitttsss...ada temennya nih, aku jg gak pake thermostat, posisi jarum mirip2 jg, yg beda sih aku oli mesin pake meditran sx, radiator pake air kran.


katanya kalau nggak pake termostat jadi tambah boros...bener nggak sih gan ?
Quote:Original Posted By AWibowo12
katanya kalau nggak pake termostat jadi tambah boros...bener nggak sih gan ?


Kayaknya sih iya gan, karena kalo tanpa thermostat maka mesin akan sulit mencapai suhu idealnya jadi kinerjanya bakal kurang optimal. Punyaku konsumsi BBM-nya 1:8 untuk dalam kota, 1:9 untuk luar kota. CMIIW.
Quote:Original Posted By rahxepon
Kayaknya sih iya gan, karena kalo tanpa thermostat maka mesin akan sulit mencapai suhu idealnya jadi kinerjanya bakal kurang optimal. Punyaku konsumsi BBM-nya 1:8 untuk dalam kota, 1:9 untuk luar kota. CMIIW.



joki sejati ga peduli konsumsi BBM-nya
Quote:Original Posted By theyul
joki sejati ga peduli konsumsi BBM-nya


Quote:Original Posted By rahxepon
Kayaknya sih iya gan, karena kalo tanpa thermostat maka mesin akan sulit mencapai suhu idealnya jadi kinerjanya bakal kurang optimal. Punyaku konsumsi BBM-nya 1:8 untuk dalam kota, 1:9 untuk luar kota. CMIIW.


ini bensin 1.6 ya?

yg ane dalkot rata-rata 1:7an kadang lebih dikit karena sekali keluar 1 mobil langsung isi 7 orang

tapi kalau ke jakarta isi 7 orang pp gitu dapat 1:10. bahkan waktu dibawa ke tanggerang isi 4 orang kecepatan konstan 90an bisa dapat 1:13 kurang dikit.
Quote:Original Posted By FaCa_Bdg
ini bensin 1.6 ya?

yg ane dalkot rata-rata 1:7an kadang lebih dikit karena sekali keluar 1 mobil langsung isi 7 orang

tapi kalau ke jakarta isi 7 orang pp gitu dapat 1:10. bahkan waktu dibawa ke tanggerang isi 4 orang kecepatan konstan 90an bisa dapat 1:13 kurang dikit.


Ini KD gan. Boros sih, tp mau dibikin irit takutnya ntar malah gak bisa diajak kebut2an
Quote:Original Posted By rahxepon
Ini KD gan. Boros sih, tp mau dibikin irit takutnya ntar malah gak bisa diajak kebut2an


sama borosnya gan sama punya ane
tapi waktu dibawa ke sarangan kata sopir yg bawanya bilang :
Quote:Original Posted By rahxepon
Ini KD gan. Boros sih, tp mau dibikin irit takutnya ntar malah gak bisa diajak kebut2an



ane kira kuben ternyata KD toh. baru denger KD minumnya nyamain kuben, tapi memang sebanding dengan tenaga yang dihasilkan. mau irit otomatis kalau diajak lari ya loyo

Quote:Original Posted By 2V7
sama borosnya gan sama punya ane
tapi waktu dibawa ke sarangan kata sopir yg bawanya bilang :

kuben di garasi sih stelan normal saja, standar sj.

sopirnya girang karena hasrat untuk ngajak kuda lari gampang :