705513Avatar border
TS
705513
Pencari kerja di Indonesia kurang kompeten, menurut agan bgm ?
Bursa tenaga kerja diyakini sebagai salah satu cara yang cukup efektif menyerap angkatan kerja Indonesia yang cukup tinggi. Banyak angkatan kerja yang akhirnya terserap dari bursa tenaga kerja yang digelar baik oleh perusahaan atau institusi.

Meski mengakui efektivitas bursa tenaga kerja, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar menyatakan, hasil dari kegiatan tersebut tidak maksimal. Berangkat dari pengalaman selama ini, kegiatan itu belum bisa secara maksimal menyerap tenaga kerja lantaran persoalan kompetensi pencari kerja.

Berdasarkan kajian Kemenakertrans, maksimal 85 persen pencari kerja yang terserap dari bursa tenaga kerja. "Setiap bursa kerja biasanya sangat membludak, tetapi berdasarkan pengalaman sebelumnya dari 100 persen peluang, hampir 15 persen tidak terisi, ini akibat dua hal yaitu kompetensi tidak memenuhi kriteria, kedua tidak tercapai kesepakatan soal gaji dan lokasi kerja," ujar Muhaimin saat membuka bursa kerja Kemenakertrans di JIExpo, Kemayoran, Jumat (5/10).

Berdasarkan survei angkatan kerja nasional Badan Pusat Statistik (BPS) per Februari 2012, jumlah penganggur tercatat 7,61 juta orang dari total angkatan kerja nasional 120,4 juta jiwa.

Berdasarkan situasi itu, Muhaimin menilai bursa kerja merupakan salah satu strategis cukup tepat untuk mempercepat penyerapan sumber daya manusia.

"Target kita pada 2014 angka pengangguran menjadi 5,1 persen, sehingga upaya membuka lapangan kerja dan mengurangi angka pengangguran harus dilakukan secara intensif," paparnya.

Cak Imin, sapaannya, juga percaya momentum pengurangan pengangguran akan terasa tahun ini dengan PDB nasional yang berdasarkan data terakhir mencapai USD 3.540 per kapita.

"Dengan penguatan ekonomi Indonesia sudah sepatutnya pemerintah menggandeng swasta, lembaga pendidikan, dan lembaga rekrutmen untuk rutin menggelar acara semacam bursa kerja," katanya.

http://www.merdeka.com/uang/pencari-...-kompeten.html

menurut ane kebanyakan sekarang sekolah mengandalkan nilai bagus, padahal nilai bagus g identik dengan kemampuan skill dalam pkerjaan yg bagus jg. Alangkah baiknya di sekolah di kenalkan implementasi langsung lapangan kerja, karena persaingan kita bukan tingkat lokal lagi tapi sdh international emoticon-I Love Indonesia (S)
0
2.5K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan