ItemKelingAvatar border
TS
ItemKeling
Naik Motor Itu Wajib Pake Sepatu yang Safety!


Beberapa waktu lalu tepatnya di bulan Agustus, Dmblog sempat mengunjungi teman yang baru saja menyelesaikan operasi melepas pen di kaki kanannya. Teman DMblog yang satu ini tahun lalu sempat cedera parah, tulang tumit kaki kanannya remuk karena terjatuh dari motor. Lukanya cukup parah karena footstep (rearset) menghantam kakinya terlebih dulu yang dikombinasikan bobot motor, rider dan kecepatan motor.



Alhasil teman DMblog berinisial H.N. ini harus menggunakan tongkat selama lebih dari tiga bulan. Setelah diusut apa yang menjadi penyebab parahnya cedera yang ia dialami, ternyata H.N. hanya menggunakan sepatu kets yang pastinya tidak safety untuk naik motor. Soalnya mata kaki ke atas kan tidak tercover oleh sepatu, padahal bagian mata kaki merupakan salah satu sektor yang rentan cedera!

Makanya DMblog secara lantang mewajibkan para pembaca untuk menggunakan sepatu yang tepat ketika mengendarai motor. Apalagi rata-rata pembaca DMania adalah mengguna moge di atas 600cc yang punya tenaga lebih! Tentunya power motor di atas rata-rata harus diimbangi dengan rasa kesadaran safety riding yang lebih tinggi juga.



Selain menggunakan helm, jaket dan sarung tangan, DMania juga wajib nih menggunakan sepatu yang tepat guna. Nggak harus racing boots kok! Yang penting sepatu sudah didesain untuk melindungi kaki ketika kecelakaan terjadi. Sepatu yang dibuat untuk pengendara motor pasti memiliki protektor dan melindungi minimal hingga ke atas mata kaki!

Sepatu kayak gini wajib kalo DMania nggak pingin kaki kalian dibungkus sepatu perban hingga mirip lontong gara-gara insiden kecelakaan! (Amit-amit deh!) Desain sepatu untuk pengendara motor juga udah banyak kok, nggak sekedar racing boots atau motorcross boots. Tipe yang pas untuk penggunaan harian juga ada, bahkan Forma boots juga bikin desain khusus buat cewek.



So… Nggak ada alasan lagi tuh males pake riding boots karena bentuk yang nggak matching dengan pakaian atau nggak menarik. Safety itu selalu nomor satu! Nah… Seandainya riding boots terlalu mahal, bisa lirik safety shoes yang dipakai pekerja berat seperti proyek bangunan. Harganya nggak terlalu mahal apalagi jika dibandingkan biaya operasi yang mencapai 3 unit Yamaha Mio J. Hiiyyy!!!

Inget kata orang bijak, sehat itu mahal harganya bro. Lebih baik mencegah kan daripada mengobati?

Source: http://www.duniamotor.com/naik-motor...u-yang-safety/

Contact: 0838.9996.9008 Pin BB: 32692A71
0
4.3K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan