Quote:Original Posted By kurniawanboy
pagi smuanya
om mw tanya motor ane tiger 2headlamp th 2011
baru ganti aki sebulan yg lalu

nah pas ane ngidupin lampu utama + reting koq lampu utamanya ikut ngedip ya??? itu mslhnya knp???


Masalah klasik om.Mau aki baru atau lama pasti gitu.Itu gara-gara bohlam tigy revo sebiji bohlamnya punya watt gede. 21watt. Kalo gk mau ngedip ganti pake led. bisa beli atau bisa bikin. Cara lain bisa pasangin relay buat headlamp nya.
Quote:Original Posted By kurniawanboy
pagi smuanya
om mw tanya motor ane tiger 2headlamp th 2011
baru ganti aki sebulan yg lalu

nah pas ane ngidupin lampu utama + reting koq lampu utamanya ikut ngedip ya??? itu mslhnya knp???


wah, baru liat nih kalo om posting disini
hehehe

|
|
|
|
|
|


Quote:Original Posted By ghinandjar04
Masalah klasik om.Mau aki baru atau lama pasti gitu.Itu gara-gara bohlam tigy revo sebiji bohlamnya punya watt gede. 21watt. Kalo gk mau ngedip ganti pake led. bisa beli atau bisa bikin. Cara lain bisa pasangin relay buat headlamp nya.
Quote:Original Posted By varizal
klo diputus,apakah potongan kawat dr spull trsebut (kuning putih) d diemin gt aja ato gmn gan? soalnya kan terusan nya jalur itu ke saklar lampu..
brrti ini bnr ya gan kabel2 bawaan motor g perlu d obrak-abrik
(repot kynya klo mesti bukain selotip nya )


Potongan yg dari spul d isolasi. Trus yg menuju k saklar lampu d sambungkan dng plus setelah kontak dari accu jd lampu gk ikut putaran mesin lg. gk perlu bukain kabel body kcuali kalo kabel body mau d ganti dng kabel yg lbih bagus kualitasnya
Gann...

ada yang tau ini gak ?
Electro Luminescent Strips atau EL

Spoiler for EL:


ada yg pernah eksperimen pake itu gan ?
Quote:Original Posted By Ryanninjutsu
Gann...

ada yang tau ini gak ?
Electro Luminescent Strips atau EL

Spoiler for EL:


ada yg pernah eksperimen pake itu gan ?

mirip yg ane jual 5th yg lalu gan,itu pake inverter lagi bukan? kayaknya di gudang masih ada tuh,tapi warna putih
Quote:Original Posted By Jaka.asmara
Potongan yg dari spul d isolasi. Trus yg menuju k saklar lampu d sambungkan dng plus setelah kontak dari accu jd lampu gk ikut putaran mesin lg. gk perlu bukain kabel body kcuali kalo kabel body mau d ganti dng kabel yg lbih bagus kualitasnya


oh y y...paham ane gan sistematika nya..
tp d kenyataan nya ane bingung mana yg kabel lampu mn yg kabel pengisian..bedain nya dr mn y gan di spull magnet satria f itu?
klo mw nguruti jalur kabel ny kan otomatis hrs bukain tuh selotip,biar keliatan jalur kabel ini mengrah k mn
Quote:Original Posted By hokiedokie
mirip yg ane jual 5th yg lalu gan,itu pake inverter lagi bukan? kayaknya di gudang masih ada tuh,tapi warna putih


wuih, mantab gan, iya pake inverter lagi kayaknya gan
cara kerjanya gimana gan ?
bisa di tempel ga gan ?
bisa dipotong gak ya ?
bisa dijelasin gak gan spek lengkapnya ?
Quote:Original Posted By varizal
oh y y...paham ane gan sistematika nya..
tp d kenyataan nya ane bingung mana yg kabel lampu mn yg kabel pengisian..bedain nya dr mn y gan di spull magnet satria f itu?
klo mw nguruti jalur kabel ny kan otomatis hrs bukain tuh selotip,biar keliatan jalur kabel ini mengrah k mn

Ben ra bingung..kerja pakai alat(multi tester)
baca sana sini. ini itu. aye milih bkin lampu hazard pakek sambungin kabel sen kanan sen kiri + saklar. nah di blog KoTsK dibilang saklar DPST. nah, saklar yang DPST itu yang bijimane? kalo saklar on off biasa yang ada 2 kaki itu sama engga kaya DPST ? aye punya yang modelnya di push on off, itu DPST ? terus kabel yang di sambungin itu warnanya apa? berarti harus potong kabel dong? mongtor ane mio.
pusyiinnk gan

nyoba bikin rangkaian LED di PCB polos, terkendala di software nya, ga terlalu ngerti cara pakenya, jadi mau bentuk sesuai dengan bentuk dari Mall utk PCB kurang bagus,
ga bisa sesuka hati designnya
skrng ane pake Proteus Ares dan Isis, mumet tenan gaaann,

ada yang punya saran gak enaknya software yg dipake buat design PCB ?
yang board edgenya bisa dibentuk sesuai selera, jadi bentuk PCBnya ga kotak polos gitu...

mohon bantuannya suhu
ane butuh ilmu,
kalo ada + tutornya, mumet bgt
Quote:Original Posted By xdhzx
baca sana sini. ini itu. aye milih bkin lampu hazard pakek sambungin kabel sen kanan sen kiri + saklar. nah di blog KoTsK dibilang saklar DPST. nah, saklar yang DPST itu yang bijimane? kalo saklar on off biasa yang ada 2 kaki itu sama engga kaya DPST ? aye punya yang modelnya di push on off, itu DPST ? terus kabel yang di sambungin itu warnanya apa? berarti harus potong kabel dong? mongtor ane mio.


Bisa aja pake yg push on/off om. Ngambil kabel baru langsung dari aki aja kalo mau.Atau ambil dari kabel kontak. Cuma ane gk tau kabel kontak mio itu yg warna apa Jangan lupa flashernya ganti pake punya mobil biar kuat ngangkat ke-4 bohlamnya om. Kalo dulu sya pake dobel flasher. Yang ori motor saya tetep jadiin flasher sein.Yang flasher tambahan saya jadiin buat hazard.
Quote:Original Posted By ghinandjar04
Bisa aja pake yg push on/off om. Ngambil kabel baru langsung dari aki aja kalo mau. Atau ambil dari kabel kontak. Cuma ane gk tau kabel kontak mio itu yg warna apa Jangan lupa flashernya ganti pake punya mobil biar kuat ngangkat ke-4 bohlamnya om. Kalo dulu sya pake dobel flasher. Yang ori motor saya tetep jadiin flasher sein.Yang flasher tambahan saya jadiin buat hazard.


busset yang ini lebih susah pasangnya, pake flasher 2 biji. kira2 di toko aksesoris motor jual kaga ya flasher buat mobil? itu PnP apa ada ubahan gan? masih ga paham gimana skemanya. diliat dari blog KoTsK skemanya tinggal potong jalur lampu. benerkah begitu? lah dikasi tau sama agan, ambil dari aki ato kontak. nahlo bingung dah
Quote:Original Posted By xdhzx
busset yang ini lebih susah pasangnya, pake flasher 2 biji. kira2 di toko aksesoris motor jual kaga ya flasher buat mobil? itu PnP apa ada ubahan gan? masih ga paham gimana skemanya. diliat dari blog KoTsK skemanya tinggal potong jalur lampu. benerkah begitu? lah dikasi tau sama agan, ambil dari aki ato kontak. nahlo bingung dah


flasher kan ambil input dari kontak jg
keluaran flasher ke saklar .. trus ke lampu sein ... idem toh?

DPST = double pole single throw ... 1 switch, 2 terminal ... ibarat 2 saklar OFF/ON tunggal ente klik bareng2 jd antara sein kiri & kanan gak saling short tp bisa dinyalain bareng ...

di toko listrik/elektronika banyak kok
quote 1-1 yah.

Quote:Original Posted By KoTsKiNoVa
flasher kan ambil input dari kontak jg
keluaran flasher ke saklar .. trus ke lampu sein ... idem toh?


tar dulu nih. liat dari diagramnya sih. pertama ambil sumber yang sebelum saklar ori. terus dipakein saklar DPDT 4 kaki. outputnya potong jalur yang sesudah saklar ori. begitu?

lah kalo begini. hazard doang dong yang jalan. sen kiri kanan jadi ga guna kalo saklar DPDT nya on.

Quote:Original Posted By KoTsKiNoVa

DPDT = double pole double throw ... 1 switch, 2 terminal ... ibarat 2 saklar OFF/ON tunggal ente klik bareng2 jd antara sein kiri & kanan gak saling short tp bisa dinyalain bareng ...

di toko listrik/elektronika banyak kok


yang banyak di toko elektronik apanya nih om? saklarnya apa flashernya?
malem gan suhu...
nubih mau tanya lagi nih,
kalo headlamp jalurnya dikasih relay gitu fungsinya buat apa ya?
ada efeknya gak?
kalo efeknya bagus, mau ta cobain nih suhu...
mohon pencerahannya ya..trims
Quote:Original Posted By xdhzx
quote 1-1 yah.



tar dulu nih. liat dari diagramnya sih. pertama ambil sumber yang sebelum saklar ori. terus dipakein saklar DPDT 4 kaki. outputnya potong jalur yang sesudah saklar ori. begitu?


lah, piye toh baca diagramnya?



mana yg dipotong?

Quote:Original Posted By xdhzx
lah kalo begini. hazard doang dong yang jalan. sen kiri kanan jadi ga guna kalo saklar DPDT nya on.


mobil kan begitu jg ... gak bisa nge-sein kalo hazard lagi ON
makanya ane bikin modul pake relay2an
rada repot bikin & install'nya, tp hazard otomatis off kalo sein dinyalakan

Quote:Original Posted By xdhzx
yang banyak di toko elektronik apanya nih om? saklarnya apa flashernya?


saklarnya
kalo flashernya mah di toko kendaraan

oia, bukan DPDT ya, tp DPST .. ane udah edit postingan sebelumnya
Quote:Original Posted By xdhzx
busset yang ini lebih susah pasangnya, pake flasher 2 biji. kira2 di toko aksesoris motor jual kaga ya flasher buat mobil? itu PnP apa ada ubahan gan? masih ga paham gimana skemanya. diliat dari blog KoTsK skemanya tinggal potong jalur lampu. benerkah begitu? lah dikasi tau sama agan, ambil dari aki ato kontak. nahlo bingung dah


Prinsip kerjanya sama aja gan. Banyak cara lain yg dipake tapi untuk tujuan yg sama. Kira-kira skema sederhananya kaya gini lah. Tapi ini skema yg pake dobel flasher/ flasher tambahan yg ane pake doeloe. Jadi gk usah merubah skema lampu sen bawaan ori mongstor..
Spoiler for hazard dadakan:


Kalo flasher buat mobil ya jelas beli di toko/bengkel mobil dong om.
Biasanya kalo flasher mobil punya 3 pin. Tapi yg dipake cuma 2 pin. Jadi yg 1 pin lagi nganggur.

Quote:Original Posted By KoTsKiNoVa
flasher kan ambil input dari kontak jg
keluaran flasher ke saklar .. trus ke lampu sein ... idem toh?

DPST = double pole single throw ... 1 switch, 2 terminal ... ibarat 2 saklar OFF/ON tunggal ente klik bareng2 jd antara sein kiri & kanan gak saling short tp bisa dinyalain bareng ...

di toko listrik/elektronika banyak kok



IDEM om Nova. : :

Quote:Original Posted By carburetor
malem gan suhu...
nubih mau tanya lagi nih,
kalo headlamp jalurnya dikasih relay gitu fungsinya buat apa ya?
ada efeknya gak?
kalo efeknya bagus, mau ta cobain nih suhu...
mohon pencerahannya ya..trims


Supaya arusnya lebih stabil aja gan. Karena ngambil arus langsung dari Aki. Konsumsi listrik sama aja tapi output cahaya lebih maksimal. Itu karena terbantu sama relay. Pemilihan kabel juga pengaruh. Ane biasa pake kabel yg merk sinar uk. 2mm sm yg 3mm. kabel input dari aki usahakan yg lebih tebal. Tapi kalo motor pengen dipasangin relay harus fullwave dulu gan.
Quote:Original Posted By KoTsKiNoVa
lah, piye toh baca diagramnya?



mana yg dipotong?

ya pokoknya kaya gitu deh. bukan dipotong yah. disambung gitu? :

Quote:Original Posted By KoTsKiNoVa

mobil kan begitu jg ... gak bisa nge-sein kalo hazard lagi ON
makanya ane bikin modul pake relay2an
rada repot bikin & install'nya, tp hazard otomatis off kalo sein dinyalakan

aye pilih yang instant aja deh. hehehe

Quote:Original Posted By ghinandjar04
Prinsip kerjanya sama aja gan. Banyak cara lain yg dipake tapi untuk tujuan yg sama. Kira-kira skema sederhananya kaya gini lah. Tapi ini skema yg pake dobel flasher/ flasher tambahan yg ane pake doeloe. Jadi gk usah merubah skema lampu sen bawaan ori mongstor..
Spoiler for hazard dadakan:


Kalo flasher buat mobil ya jelas beli di toko/bengkel mobil dong om.
Biasanya kalo flasher mobil punya 3 pin. Tapi yg dipake cuma 2 pin. Jadi yg 1 pin lagi nganggur.


wogh maksute kaya gini, tapi flasher mongstor ane udah rusak, kedipnya males malesan.
masutnya sekalian ganti flasher , biar biayanya ga gede. itu flasher mobil apa gan? apa aja atau mobil tertentu?
Quote:Original Posted By xdhzx
ya pokoknya kaya gitu deh. bukan dipotong yah. disambung gitu? :


aye pilih yang instant aja deh. hehehe


wogh maksute kaya gini, tapi flasher mongstor ane udah rusak, kedipnya males malesan.
masutnya sekalian ganti flasher , biar biayanya ga gede. itu flasher mobil apa gan? apa aja atau mobil tertentu?


flasher ori mobil jauh lebih murah daripada ori motor. punya kijang aja ori cmn 15rb. bandingin dengan flasher ori hando yg rata2 60rb di prislis HET




jadi inget filter bensin. filter bensin toyota,daihatsu,sijuki (mobil) harganya jg kisaran 12-20rb an orinya. lha punya bebek2 rata2 ori 30rb an
Quote:Original Posted By didikjepara
Ben ra bingung..kerja pakai alat(multi tester)


iya kang...ehehhehe
suwun masukan nya..
ok tak cb utak-atik dl ya..ntr klo ada yg kurang paham,ane balik lg dengan membawa pertanyaan lg