KASKUS

Quote:Original Posted By Pathfinder99
Ada satu hal yang membuat penasaran selama ini..........

Ada yang bisa jelasi? Kenapa baret yang digunakan oleh semua satuan2 TNI (kecuali POM) semuanya selalu menghadap ke kiri????? Sedangkan baret yang digunakan oleh Polri dan POM semuanya selalu menghadap ke kanan????? apakah ada artinya????


Ada yg masih ingat Cakrabirawa? paspampres zaman pak Karno. Warna baretnya=RPKAD (kopasus) tapi bedanya kopasus miring baret ke kiri sedangkan cakrabirawa miring baret ke kanan..Cakrabirawa pernah dicibir kopasus karena hal tsb
Zaman dulu kan semua pasukan reguler pakenya helm tempur gan, yang pasukan khusus baru pake baret

Lha sekarang, semua pasukan reguler berlomba pake baret warna warni.....
Kalo gitu yg pasukan khusus yg pake helm tempur aje ye...
Zaman dulu kan semua pasukan reguler pakenya helm tempur gan, yang pasukan khusus baru pake baret

Lha sekarang, semua pasukan reguler berlomba pake baret warna warni.....
Kalo gitu yg pasukan khusus yg pake helm tempur aje ye...
Zaman dulu kan semua pasukan reguler pakenya helm tempur gan, yang pasukan khusus baru pake baret

Lha sekarang, semua pasukan reguler berlomba pake baret warna warni.....
Kalo gitu yg pasukan khusus yg pake helm tempur aje ye...
ijin gan...mohon pencerahan baret dan emblem penerbad untuk penampakan pic na.......pliiissss.............
Gan OOT dikit.... bedanya pasukan organik dan non organik apaan sih gan....?? Makasih sebelumnya atas infonya...
Quote:Original Posted By neonick17
Gan OOT dikit.... bedanya pasukan organik dan non organik apaan sih gan....?? Makasih sebelumnya atas infonya...


awam saya :

pasukan non organik= pasukan yang membawa senjata /dalam keadaan siap tempur (darurat militer/sipil)

pasukan organik = pasukan tanpa senjata/ biasanya dalam tujuan pembinaan (masa damai)
Quote:Original Posted By PapinZ
awam saya :

pasukan non organik= pasukan yang membawa senjata /dalam keadaan siap tempur (darurat militer/sipil)

pasukan organik = pasukan tanpa senjata/ biasanya dalam tujuan pembinaan (masa damai)


eeemm...CMIIW
pasukan organik = pasukan yg pangkalannya diwilayah tugasnya. eg. kodam
pasukan non organik = pasukan yg pangkalannya berada ditempat lain. eg. kostrad
nambahin aja gan..
bea cukai klo g salah jg pakai baret utk ptgs patroli dan dog handler :CMIIW
Spoiler for baret bc::

Quote:Original Posted By ziLLuvAn
nambahin aja gan..
bea cukai klo g salah jg pakai baret utk ptgs patroli dan dog handler :CMIIW
Spoiler for baret bc::


baret bea cukai siaap tempur,,,
denger2 infonya bea cukai saat ganyang malaysia jaman soekarno pernah mau diusulkan utk jadi angkatan kelima
Quote:Original Posted By bhieby
ijin gan...mohon pencerahan baret dan emblem penerbad untuk penampakan pic na.......pliiissss.............


mbantu nyumbang yaah....
pas ane pernah "les" d sono dulu.....




(maaf g ngerti caranya pake spoiler..... maklum .. nubitol )

Quote:Original Posted By Bakes
Zaman dulu kan semua pasukan reguler pakenya helm tempur gan, yang pasukan khusus baru pake baret

Lha sekarang, semua pasukan reguler berlomba pake baret warna warni.....
Kalo gitu yg pasukan khusus yg pake helm tempur aje ye...


ambil dah tuh baret semua , baret2an , brevet2an , baret lo merah , brevet lo banyak , so what? gw mesti 5M sambil teriak WOW gitu?
Quote:Original Posted By siluman_kera
ambil dah tuh baret semua , baret2an , brevet2an , baret lo merah , brevet lo banyak , so what? gw mesti 5M sambil teriak WOW gitu?



hayahhh... panjenengan kan nganggone kupluk bermikrofon

tumben komentare radi galak masbro
Quote:Original Posted By kudaperang2
Baret pada militer awalnya memiliki sejarah. seperti pada kopasus, konon yang pertama melatih kopasus adalah tentara baret merah belanda. dan warna ungu marinir konon berhubungan dengan legenda ratu laut selatan.

Seiring majunya waktu, warna baret berubah sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Untuk lebih mengenal kesatuan-kesatuan dalam ketentaraan kita. silahkan dilihat, Bagi yang mau nambahin silahkan lebih bagus lagi kalo ada yang dalam kondisi siap tempur. dan mohon juga cendolnya

Spoiler for Angkatan darat:


Spoiler for Angkatan Laut:


Spoiler for Angkatan Udara:


Spoiler for Kepolisian:



paling top nih:




Quote:Original Posted By exgangster
mbantu nyumbang yaah....
pas ane pernah "les" d sono dulu.....

(maaf g ngerti caranya pake spoiler..... maklum .. nubitol )



Wuih... ada Pak Haruno
Beliau dimana sekarang mas..??
Quote:Original Posted By martinmolanov


Ada yg masih ingat Cakrabirawa? paspampres zaman pak Karno. Warna baretnya=RPKAD (kopasus) tapi bedanya kopasus miring baret ke kiri sedangkan cakrabirawa miring baret ke kanan..Cakrabirawa pernah dicibir kopasus karena hal tsb


nambahin aja

Quote:Original Posted By Pathfinder99
Ada satu hal yang membuat penasaran selama ini..........

Ada yang bisa jelasi? Kenapa baret yang digunakan oleh semua satuan2 TNI (kecuali POM) semuanya selalu menghadap ke kiri????? Sedangkan baret yang digunakan oleh Polri dan POM semuanya selalu menghadap ke kanan????? apakah ada artinya????


nambahin aja dari penjelasan agan2 yg sdh ada,
Oom-ku yang masih aktif di Pasmar-1 (Surabaya) pernah bilang kalo lambang di baret menghadap kanan untuk angkatan bersenjata dengan tugas keamanan & penegakan hukum dalam negeri, sedangkan yang menghadap kiri untuk angkatan bersenjata yang bertugas untuk pertahanan & kedaulatan negara (TNI)
kalau untuk baret2 lainnya seperti pramuka, menwa atau yang lainnya aku ndak ngerti mengapa menghadap ke kiri
Quote:Original Posted By Dankomar


baret bea cukai siaap tempur,,,
denger2 infonya bea cukai saat ganyang malaysia jaman soekarno pernah mau diusulkan utk jadi angkatan kelima


bener tuh gan, karena pada masa itu bea cukai sangat militan, kalau ndak salah baru sekitar tahun 1984-1987 penggunaan senjata api di bea cukai dikurangi karena adanya pengurangan wewenang. tapi sampai saat ini semua pegawai bea cukai yang baru masuk tuh tetap dilatih secara militer dan harus bisa menggunakan senjata api dan bea cukai punya senjata api buatan pindad yang dibuat khusus buat bea cukai
CMIIW :-)