Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

penggunataksiAvatar border
TS
penggunataksi
Pandit Pranggana : Operator Taksi Harus Perhatikan Aspek Keselamatan Penumpang
Pandit Pranggana : Operator Taksi Harus Perhatikan Aspek Keselamatan Penumpang

Diposting oleh : Selany Ranu
Kategori: KEAMANAN - Dibaca: 161 kali

Merdekaonline.com - Jakarta - Masalah keamanan pengguna angkutan umum sudah menjadi persoalan utama yang terkait kehidupan masyarakat. Harus diakui, transportasi umum yang layak dan benar-benar menjamin keselamatan penumpang masih belum terwujud hingga saat ini.

Karenanya, tak salah taksi menjadi salah satu alternatif transportasi pilihan masyarakat, khususnya di daerah perkotaan. Direktur Eksekutif Masyarakat Transportasi Indonesia ( MTI ), Pandit Pranggana menyebutkan, angkutan umum yang ada saat ini, belum mampu mengakomodir kebutuhan masyarakat."Disamping kenyamanan, pengguna taksi biasanya yang membutuhkan efisiensi waktu. Dengan angkutan umum massal saat ini belum ada yang bisa memenuhi kebutuhan itu," jelasnya belum lama ini di Jakarta.

Namun, disinggung mengenai keselamatan penumpang di dalam taksi, Pandit mengakui prakteknya tidak semua operator taksi mampu menjaminan keselamatan terhadap penumpang. Sejumlah operator taksi masih belum mengindahkan aturan pelayanan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan mengenai standar pelayanan taksi. Minimnya system keselamatan di dalam taksi serta kurangnya pengawasan terhadap pengemudi dilapangan merupakan ancaman terhadap keselamatan penumpang.

Oleh karena itu, Pandit menghimbau agar operator taksi mulai memperhatikan aspek keselamatan penumpang. Ia menyebutkan, saat ini yang dapat dijadikan role model untuk penerapan system keamanan taksi adalah Blue Bird Group. Pengawasan yang ketat terhadap pengemudi di lapangan serta teknologi GPS yang ditanam pada setiap kendaraan yang digunakan merupakan jaminan keamanan yang disediakan untuk penumpang."Saat ini, sudah banyak perusahaan taksi yang berkiblat ke Blue Bird," imbuhnya.

Ke depannya,lanjut Pandit, optimis akan ada perbaikan terhadap moda transportasi terutama yang memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penumpang. "Untuk taksi misalnya, kita sedang kaji teknologi yang memungkinkan penumpang mengetahui rute-rute yang akan dilalui taksi. Seperti GPS khusus untuk penumpang," jelas Pandit.(SR)

http://merdekaonline.com/kategori/me...berita&id=1905
0
1.5K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan