KASKUS

Mengenang Tragedi Terowongan Mina 1990

Quote:WARNING !
Trit ini bukan trit SARA. Ini pengetahuan sejarah. Bagi yang cuma ingin pasang iklan, cari ribut atau debat gak jelas berkepanjangan, apalagi menghina salah satu agama. Lebih baik gak usah komen di trit ini. Terima kasih.



Musim Haji telah tiba. Jutaan umat muslim dari seluruh penjuru dunia kembali berkumpul di berkumpul di tanah suci untuk menunaikan salah satu rukun iman dalam agama Islam, yakni Ibadah Haji.

Spoiler for Ibadah Haji:


Ingatkah/tahukah Anda bahwa dalam sejarah pelaksanaan Ibadah Haji, pernah terjadi tragedi pada tahun 1990 di sebuah terowongan di Mina?

Mina adalah sebuah lembah di padang pasir yang terletak sekitar 5 kilometer sebelah Timur kota Mekkah, Arab Saudi. Ia terletak di antara Mekkah dan Muzdalifah.Mina mendapat julukan kota tenda, karena berisi tenda-tenda untuk jutaan jamaah haji seluruh dunia. Tenda-tenda itu tetap berdiri meski musim haji tidak berlangsung. Mina paling dikenal sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan lempar jumrah dalam ibadah haji
Spoiler for Kota Mina:

Spoiler for Foto satelit tenda-tenda haji di Kota Mina:


Mina didatangi oleh jamaah haji pada tanggal 8 Dzulhijah atau sehari sebelum wukuf di Arafah. Jamaah haji tinggal di sini sehari semalam sehingga dapat melakukan shalat Dzuhur, Ashar, Maghrib, Isya dan Subuh. Kemudian setelah sholat Subuh tanggal 9 Dzulhijah, jamaah haji berangkat ke Arafah.

Jamaah haji datang lagi ke Mina setelah selesai melaksanakan wukuf di Arafah. Jamaah haji ke Mina lagi karena para jamaah haji akan melempar jumrah. Tempat atau lokasi melempar jumrah ada 3 yaitu Jumrah Aqabah, Jumrah Wusta dan Jumrah Ula. Di Mina jamaah haji wajib melaksanakan mabit (bermalam) yaitu malam tanggal 11,12 Dzulhijah bagi jamaah haji yang melaksanakan Nafar Awal atau malam tanggal 11,12,13 dzulhijah bagi jamaah yang melaksanakan Nafar Tsani (melempar jumroh sampai 3 hari).

Mina juga merupakan tempat atau lokasi pemotongan hewan qurban di hari Idul Adha. Di Mina ada mesjid Khaif, merupakan masjid dimana Nabi Muhammad SAW melakukan shalat dan khutbah ketika berada di Mina saat melaksanakan ibadah haji.

Pada tgl. 2 Juli 1990, ibadah haji diwarnai kabar duka dari Mekkah . Yaitu tewasnya 1.426 orang jemaah haji akibat saling injak di terowongan Haratul Lisan, Mina. Dari seluruh korban tersebut sebanyak 649 jemaah asal Indonesia menjadi korban insiden maut tersebut. Itu terjadi karena jemaah, baik yang akan pergi melempar jumrah maupun yang pulang, berebutan dari dua arah untuk memasuki satu-satunya terowongan yang menghubungkan tempat jumrah dan Haratul Lisan.
Spoiler for Terowongan Haratul Lisan, Mina:


Musibah itu terjadi karena masing-masing ingin mendapatkan yang afdhal atau utama dalam ibadahnya. Sehingga terjadi konsentrasi manusia dalam waktu yang bersamaan. Diawali dengan puluhan hingga ratusan ribu jemaah haji dari berbagai penjuru dunia berjalan lewat terowongan Haratul Lisan. Kekacauan itu segera berubah menjadi tragedi. Mereka berdesakan, berimpitan, dan lalu berguguran.

Lebih dari seribu orang jemaah Haji dari berbagai negara meninggal dunia, dan kebanyakan di antara mereka adalah jemaah Haji asal Indonesia.

Peristiwa terjadi karena jemaah haji baik yang akan pergi melempar jumrah maupun yang pulang, berebutan dari dua arah untuk memasuki satu-satunya terowongan yang menghubungkan tempat jumrah dan Haratul Lisan. Puluhan orang telah berjatuhan, tapi dorongan massa seolah tak peduli. Desakan terasa semakin kuat karena massa di belakang tidak tahu apa yang terjadi dan terus merangsek.

Petugas keamanan Arab Saudi yang jumlahnya tidak memadai tak mampu berbuat banyak. Ribuan anggota jemaah bahkan mulai naik lewat lewat pintu barat, yang seharusnya menjadi pintu keluar. Tak ayal, massa yang saling terdorong mengakibatkan banyak yang terjatuh lalu terinjak-injak.

Kepanikan semakin menjadi-jadi. Mereka yang di tengah tergencet, sementara yang di pinggir terjepit di pagar dan bahkan terlempar ke lantai bawah ketika pagar jebol. Setelah melayang enam meter ke bawah, mereka menimpa jemaah di lantai satu. Gema basmalah dan takbir "Bismillahi Allahu Akbar" kini bercampur dengan rintihan, teriakan, dan lolongan kesakitan jemaah yang terdesak, tersikut, jatuh, terimpit, tertimpa, dan terinjak jemaah lainnya.

Jemaah haji asal Indonesia yang kebanyakan sudah berusia lanjut dengan kondisi fisik yang memang relatif lebih lemah, akibat terpaan cuaca di Mekkah yang kurang bersahabat banyak menjadi korban dalam tragedi tersebut. Keesokan harinya ambulans dan mobil-mobil polisi terlihat sibuk menyingkirkan orang-orang dari lokasi musibah untuk memudahkan upaya penyelamatan. Jenazah-jenazah terpaksa ditumpuk-tumpuk di atas truk karena kurangnya ambulans. Bahkan jemaah yang terluka pun terpaksa ikut dievakuasi ke rumah sakit menumpang truk yang penuh tumpukan jenazah.
Spoiler for Korban Tragedi Mina:


Kini, di tengah semua perdebatan tanpa akhir tentang siapa yang harus bertanggung jawab, serta iringan derai air mata saudara, anak, istri, teman, dan kerabat di Tanah Air, jenazah para korban telah dikebumikan di Ma'la. Di pekuburan khusus jemaah haji di kawasan Jakfariyah, Mekah, bersama jenazah2 lainnya dari seluruh dunia beristirahat dengan tenang. Cita-cita mereka untuk memenuhi panggilan Allah telah terkabul.

Selain tragedi Terowongan Mina ini, ada beberapa musibah lainnya yang pernah terjadi dalam pelaksanaan ibadah haji, baca trit :
http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=16697215

Cerita tragedi diatas, bukan untuk menakut-nakuti calon jemaah haji dan keluarganya, melainkan untuk membuat mereka dan kita semua semakin tawakal, mendekatkan diri pada Allah, waspada dan berhati-hati saat menjalankan ibadah haji di Tanah Suci.

Saat ini pemerintah Arab Saudi telah melakukan banyak perluasan pada areal lokasi ibadah dan meningkatkan keamanan dan kenyamanan bagi para jemaah haji. Panitia haji Indonesia pun telah semakin memperbaiki kualitas layanan.

SUMBER :
1, 2, 3, 4, 5

Quote:Jika berkenan, bolehlah TS dikasih
atau kalo belum ISO, dikasih juga gak pa2

Jika kurang berkenan, TS mohon maaf... tapi jgn dikasih


Quote:Mari mampir juga di trit ane yang lain :

Musibah-musibah yang pernah terjadi dalam Ibadah Haji
Cara UNIK dan EFEKTIF mengakali Rumah yang SEMPIT
Komparasi kursi DPR RI dengan Kursi Parlemen Negara2 Maju
Periksa Rem Kendaraan Anda Sekarang Juga !!! (Yang Punya Mobil/Motor Masuk)
Cinta adalah .... Sex adalah ....
Coba ketik kata "SMU" di Google (BB++)

Mari mampir juga di lapak ane :
Menyewakan Pelaminan Palembang (area Palembang)
wah turut berduka gan
Semoga tahun2 yang akan datang nggak ada lagi kejadian seperti itu ya gan...

Satu pesan saya... "BUDAYAKAN ANTRI..."
Pasti nggak akan kejadian yang kayak begitu...
Sangat-sangat memukau yak terowongannya..Jadi inget pas maen PS Grand Turismo ada Terowongan kek gitu..


ikut mengenang gan




Best Regards,
WSSChanger
emang sedih kalo inget2 tuh kejadian
makasih gan sharenya,,,

nice inpo..
gara gara dorce naik haji noh
turut berduka & mengenang gan..
tragedi naas penuh musibah..