KASKUS

Quote:Original Posted By arowanakaskus
bro Inline6 dan rekan2 rakkus,
saya bikin pegangan pecut larsen ke bonggol, pake kuningan. tujuannya buat nambahin panjang pecut larsen yg standar supaya bisa main di frekuensi yg lebih rendah.

pertanyaan:
1. pegangan dari kuningan tsb kalau butek, apakah mempengaruhi kualitas pancaran?
2. apakah ukuran dimensi (diameter bawah, diameter atas, dan tinggi) pegangan pecut tsb berpengaruh terhadap kualitas pancaran? sebaiknya pegangan pecut tsb menggunakan bahan dari apa?
3. yg memiliki pancaran paling besar, bagian puncak pecut atau bagian bawahnya ? atau keduanya sama besar pancarannya, hanya bolak balik bergantian sifatnya?

salam.


1. Pertanyaannya dibalik, kenapa antena built up jarang banget yg bahannya kuningan? berarti memang kurang ideal aja buat bahan antenna. Selain konduktivitas kurang bagus, berat & mudah korosi.

2. Pegangan pecut bagian dari antena juga otomatis berpengaruh ke Impedance antena...pecut sama tapi dimensi pegangan beda otomatis loadingnya beda juga.
Quote:Original Posted By FT.2800M
diamond f22 kah?
ada image/pictnya ga kaka?


menilik panjangnya bukan f22/f23/x300 (2 section) karena panjangnya 6 meter mendekati x700H namun x700h terdiri 3 section. coba deh simak tabel dibawah :
http://www.diamondantenna.net/Produc...e_station.html
Quote:Original Posted By arowanakaskus


bro Inline6 dan rekan2 rakkus,
saya bikin pegangan pecut larsen ke bonggol, pake kuningan. tujuannya buat nambahin panjang pecut larsen yg standar supaya bisa main di frekuensi yg lebih rendah.

pertanyaan:
1. pegangan dari kuningan tsb kalau butek, apakah mempengaruhi kualitas pancaran?

****pegaruh dong,,,kan aliran rf/listrik/medan magnet adalah pada lapisan terluar dari bahan penghantar,,hanya saja efeknya tidak begitu berasa kl sekedar dimonitor lwt radio,,tebtunya dengan perangkat yg mumpuni

2. apakah ukuran dimensi (diameter bawah, diameter atas, dan tinggi) pegangan pecut tsb berpengaruh terhadap kualitas pancaran? sebaiknya pegangan pecut tsb menggunakan bahan dari apa?

***berpengaruh, pake aja alumunium,,murah lagi

3. yg memiliki pancaran paling besar, bagian puncak pecut atau bagian bawahnya ? atau keduanya sama besar pancarannya, hanya bolak balik bergantian sifatnya?

***radiasi rf antenna sama besar pada bagian antenna, titik panas terukur pada bagian konektor, dan wajar karena pada bagian koneksi.
salam.


semua diatas tergantung frekuensi kerja dari suatu pemancar,,semakin tinggi frekuensi semakin sensitif dampak bahan dll terhadap pancaran


Quote:Original Posted By inline6

1. Pertanyaannya dibalik, kenapa antena built up jarang banget yg bahannya kuningan? berarti memang kurang ideal aja buat bahan antenna. Selain konduktivitas kurang bagus, berat & mudah korosi.

***kurang ideal terhadap cuaca, gampangnya mudah berubah warna,dampak ke nilai daya hantar sinya rf, built up, yg mehol2 getu yg perbiji antennanya 12jt-an pake tembaga, entah ada campuran apanya,udah bertahun2 perubahan warnanya minim,,baik yg terlindungi fiber/tdk

2. Pegangan pecut bagian dari antena juga otomatis berpengaruh ke Impedance antena...pecut sama tapi dimensi pegangan beda otomatis loadingnya beda juga.
***apapun yg terhubung dng antena akan berpengaruh pada impedansi/patern antenna



pakai stainles ajah..--- xixixixixixii


pendapat nubi sih gitu...
Quote:Original Posted By simbrong
menilik panjangnya bukan f22/f23/x300 (2 section) karena panjangnya 6 meter mendekati x700H namun x700h terdiri 3 section. coba deh simak tabel dibawah :
http://www.diamondantenna.net/Produc...e_station.html


ya nunggu aja penampakannya
kalau 6m bener ya bagi 2 karena fibernya ada 2 ( katanya ) ,..
jadi mainnya bukan di VHF alias bukan di 2m band

itupun kalau sticknya ada 2
kalau fibernya 2 tapi dalemannya terbagi beberapa bagian bisa jadi 2m band juga

velocity factor pada logam

ada yg tau gak velocity factor pd alumunium ???????
salam....
Quote:Original Posted By JZ19INF
ada yg tau gak velocity factor pd alumunium ???????
salam....


Untuk kalkulasi antena menggunakan alumunium pakai saja nilai 95% atau 0.95

Antena Mobil for Yaesu VX 1 or VX 6

Guys,.....
sy pakai yaesu vx-1 dan vx-6, rencana mau pakai antena mobil
mungkin ada pendapat dari teman2, kira2 antena apa yg bisa sy gunakan sehingga dapat memperluas jangkauan secara maximal spt 10kilometer
apakah ada jenis kabel yg hrs digunakan?
ada teman menyampaikan bahwa tidak sembarang memakai antena karena unitnya akan rusak krn pada saat TX arus yg dikirim lewat antena luar tdk sebanding dengan kemampuan antena sehingga arus TX berbalik ke unit shg dapat merusak unit, mohon pencerahan
TQ

Antena Mobil for Yaesu VX 1 or VX 6

guys,.... mau tanya dong, mgkn ada yg bisa beri pencerahan
sy pakai yaesu vx-1 dan vx-6
rencananya mau dipakai di mobil tapi bingung mau pakai antena dan kabel apa krn takut g cocok,
ada yg bilang kalau g cocok bisa-bisa unitnya jd rusak karena arus tx nya berbalik merusak unit krn tdk bisa disalurkan antena secara sempurna
kira-kira mgkn ada teman2 yg tau antena plus kabel yg cocok dipakai di mobil sehingga JANGKAUAN MAKIN LUAS mgkn -/+10km utk main di VHF dan UHF nya,
tq y
Quote:Original Posted By 605337
guys,.... mau tanya dong, mgkn ada yg bisa beri pencerahan
sy pakai yaesu vx-1 dan vx-6
rencananya mau dipakai di mobil tapi bingung mau pakai antena dan kabel apa krn takut g cocok,
ada yg bilang kalau g cocok bisa-bisa unitnya jd rusak karena arus tx nya berbalik merusak unit krn tdk bisa disalurkan antena secara sempurna
kira-kira mgkn ada teman2 yg tau antena plus kabel yg cocok dipakai di mobil sehingga JANGKAUAN MAKIN LUAS mgkn -/+10km utk main di VHF dan UHF nya,
tq y


Untuk di perkotaan dataran

- Pake HT Komunikasi Mobil ke Mobil kalau komunikasi sesama mobil : , jangkauan susah kalau lebih dari 2km, pake antenna mobil sebagus apapun.


Kalau antenna yg menurut gw bagus daya pancarnya buat di mobil antenna 2x5/8 sekelas Hustler CGT-144/CG-144 , RX&TX jauh lebih bagus kalau dibandingkan antenna 1x 5/8 apalagi 1/4 lambda. Minusnya antena mobil 2x5/8 panjangnya mencapai ~2,25m

curcol (ditipu beli antena online)

kalo postingnya nggak sesuai silahkan dihapus.
2 minggu yang lalu liat iklan di [url]www.b*kas.com[/url], ada antena G7 second dijual. Saya minat karena emang lagi butuh. Telpon2, tanya2 akhirnya deal.
Setelah uang ditransfer, barang nggak nyampe2, telpon pengirimnya nomornya nggak aktif, tanya nomor resi ke forwarder ternyata nomornya salah.
heah... nasib... pelajaran mendingan pakai rekber deh, biar aman.
kemarin itu terlalu ngebet, jadi kurang hati2.
Quote:Original Posted By niksenh
om2... temen gw bilang antena stik HT bisa dipasang di luar ruangan, diperpanjang pake kabel RG58 ke HTnya (dijadiin antena luar)
bener gtu


Quote:Original Posted By JZ09IYY
Bisa saja, tapi nanggung banget gan... hehehe..

Kalo bisa, trus perlu dimatch lagi nggak? Bugdet tipis (baca tread di atas)
Btw, yang dimatch itu antena atau kabel+antena?
Apakah kabel bisa sepanjang yang kita perlu, seperti kabel antena TV? Kalo kabel antena TV kan bisa kita sambung seperlunya (jarak antena dan TV) tidak terlalu berpengaruh.
Quote:Original Posted By inline6
Untuk di perkotaan dataran

- Pake HT Komunikasi Mobil ke Mobil kalau komunikasi sesama mobil : , jangkauan susah kalau lebih dari 2km, pake antenna mobil sebagus apapun.


Kalau antenna yg menurut gw bagus daya pancarnya buat di mobil antenna 2x5/8 sekelas Hustler CGT-144/CG-144 , RX&TX jauh lebih bagus kalau dibandingkan antenna 1x 5/8 apalagi 1/4 lambda. Minusnya antena mobil 2x5/8 panjangnya mencapai ~2,25m


yg nemplok di FM 1/4lamda gmn om? ok ga tugh











btw kalau ada yg nyari cusfcraft arxIIb / ringgo ranger bisa pm ane
Quote:Original Posted By FT.2800M
yg nemplok di FM 1/4lamda gmn om? ok ga tugh
...


Fairnya bandingin antena sama yg dimensinya sekelas sih....

antena yg nemplok di FM better dibanding 1/4 lambda biasa om :
Quote:Original Posted By inline6
Fairnya bandingin antena sama yg dimensinya sekelas sih....

antena yg nemplok di FM better dibanding 1/4 lambda biasa om :


hahaha ,..kalau ga liat sendiri ga percaya ya om .
1/4 lamda lumayan mancarr nya
Maaf gan, nubie mo nanya...gue mau beli FT 2900, tp kata temen, RIG ini sgt peka,shg banyak splet yg mampir...Kira2.antena dan kabel apa ya yang cocok untuk RIG ini?....(disarankan jgn pake Diamond 23)...gue tinggal di Jakal, jogja gan....Makasih gan atas infonya....
Quote:Original Posted By kamandanu76
Maaf gan, nubie mo nanya...gue mau beli FT 2900, tp kata temen, RIG ini sgt peka,shg banyak splet yg mampir...Kira2.antena dan kabel apa ya yang cocok untuk RIG ini?....(disarankan jgn pake Diamond 23)...gue tinggal di Jakal, jogja gan....Makasih gan atas infonya....


Bisa pakai antena Hygain Lokal merk Gazden
kabel bisa RG58/8 atau belden 9913

splet ngga ada sama sekali kalau antena tidak terlalu tinggi (maks 10 meter) dan tetangga ngga ngebrik
Quote:Original Posted By kamandanu76
Maaf gan, nubie mo nanya...gue mau beli FT 2900, tp kata temen, RIG ini sgt peka,shg banyak splet yg mampir...Kira2.antena dan kabel apa ya yang cocok untuk RIG ini?....(disarankan jgn pake Diamond 23)...gue tinggal di Jakal, jogja gan....Makasih gan atas infonya....


selama antenna benar masang dan ngesett nya ga akan ada masalah apalagi ft2900 sapa bilang mudah kena splet tuh yang bilang krn :
1. antenna nya ga bener
2. karena dapet cerita doang blom pernah pakai
3. beli rig 2nd dpt yg jelek

bukan nya fanatik ya untuk kelas radio plastik ft2900 ini bagus krn ada rf squel seperti attunator di icom 2200 .

apalgi f23 tuh antenna rx nya bagus

nanya

Quote:Original Posted By inline6


Untuk di perkotaan dataran

- Pake HT Komunikasi Mobil ke Mobil kalau komunikasi sesama mobil : , jangkauan susah kalau lebih dari 2km, pake antenna mobil sebagus apapun.


Kalau antenna yg menurut gw bagus daya pancarnya buat di mobil antenna 2x5/8 sekelas Hustler CGT-144/CG-144 , RX&TX; jauh lebih bagus kalau dibandingkan antenna 1x 5/8 apalagi 1/4 lambda. Minusnya antena mobil 2x5/8 panjangnya mencapai ~2,25m


kira2 klu beli di jakarta ada ga ya? CGT-144/CG-144 apakah dualband? krn mau cari yg dualband juga sebab unitnya kan VX6R gan,... masalah kabelnya gmn y?
ada juga g info pakai Diamond 7000
mohon pencerahan
Quote:Original Posted By kamandanu76
Maaf gan, nubie mo nanya...gue mau beli FT 2900, tp kata temen, RIG ini sgt peka,shg banyak splet yg mampir...Kira2.antena dan kabel apa ya yang cocok untuk RIG ini?....(disarankan jgn pake Diamond 23)...gue tinggal di Jakal, jogja gan....Makasih gan atas infonya....


Quote:Original Posted By FT.2800M
selama antenna benar masang dan ngesett nya ga akan ada masalah apalagi ft2900 sapa bilang mudah kena splet tuh yang bilang krn :
1. antenna nya ga bener
2. karena dapet cerita doang blom pernah pakai
3. beli rig 2nd dpt yg jelek

bukan nya fanatik ya untuk kelas radio plastik ft2900 ini bagus krn ada rf squel seperti attunator di icom 2200 .

apalgi f23 tuh antenna rx nya bagus


Iya om sy jg pake ft 2900 gak ada masalah dgn interpern,,sy pake antena ARX2B ringo ranger dan kabel andrew heliax 1/2"...
atau mungkin yg ke
4. rekanan anda takut di pentungin,tu ft 2900 kan bisa di adjust sampe 110 watt.....he he he
tentang splet/sporius itu yang benar pada sisi TX bukan pada sisi RX, dalam hal ini FT2900 lebih disalahkan dari sisi RXnya yg gampang kena splet,padahal ini nilai lebih tersendiri,,

radio secanggih apapun itu ga bisa memilah RX harmonic/sporious dari frekuensi center
banyak yg mengeluhkan memang gara2 sensitivnya rx radio ini,,ane sih demen2 aja,,orang antena pendek,,jd ketolong rx yg imut imut heheheheee
×