orronocoAvatar border
TS
orronoco
Sharing: Installation budget car audio system
emoticon-GenitWelcome to my DIY Audio thread emoticon-Genit


Setelah mendapatkan restu dari momod, ane memberanikan diri untuk bikin trit tentang audio mobilemoticon-Big Grin

Kebetulan ada mobil baru penghuni garasi jadi tumbuh semangat ane untuk setting audio sendiri. Kalo agan udah tau trit ane sebelumnya banyak di home audio, nah kali ini ane coba sharing tentang instalasi audio on-budget tapi suara diharapkan berkualitas hi-endemoticon-Malu (S) On budget disini maksudnya ane memakai barang-barang yang memang sudah ada digudang ane sebelumnyaemoticon-Big Grin

"Nothing on the downline can make it better if the source is bad"
Kayaknya statement dari reviewer majalah audiophile tahun 96 ini yang paling ane pegang sampe saat ini. Oleh karena itu ane pake HU (head unit) kelas tertinggi dijamannyaemoticon-Big Grin PIONEER KEH9750emoticon-Big Grin
Iya masih kasetemoticon-Hammer (S) tapi udah support CD changer loohemoticon-Big Grin Perlu diketahui HU ini udah ada fitur TA(time alignment), Auto EQ, 3way aktif, dan fitur lainnya.

Ini tampilannyaemoticon-Smilie
Spoiler for 'HU':

Spoiler for 'HU':

Spoiler for 'HU':

Ini power ampli yang ane pake, ADS PQ8.2. Power asli buatan USA jadul keluaran sesuai spec cuma 20watt x4emoticon-Hammer (S)tapi rating RMS yahemoticon-Big Grin dikimpoi sama 2 subwoofer 10 inch keluaran ADS juga didalam box ported. Kabel speaker ane pake keluaran canare.
Spoiler for 'Power':

Spoiler for 'Subwoofer':

Spoiler for 'Speaker cable':

Urusan kabel interconnect ane juga pake keluaran canare sama connector RCA murah buatan taiwan supaya biaya bisa ditekanemoticon-Big Grin
Spoiler for 'RCA':

Spoiler for 'RCA':

Kira-kira begini nih setting kabelnyaemoticon-Smilie
Spoiler for 'RCA':

Selanjutnya dipasang deh nih HU ke mobil sekalian testing penempatan power ditempat paling efisien.
Spoiler for 'setting':

Spoiler for 'setting':

Lanjut ke speaker yang ane pilih, ini yang paling menarikemoticon-Big GrinBudget awal ane untuk membeli speker depan 2jt. Driver yg ane pilih itu keluaran vifa dan XO (cross-over) custom sendiri. TAPI... karena ada kebutuhan mendesak sehingga budget speker harus turun ke angka 500rb sajaemoticon-Hammer (S) emoticon-Hammer (S) emoticon-Hammer (S)
Repotnya nyari speker spit harga segitu susah yg sesuai sama kriteria ane. Nah pilihan ane jatuh ke speker lokal buatan cina merek Rogers (tapi bukan merek rogers home audio yang legendaris itu loh). harga jauh dibawah 500rb, nanti kita lihat saja performanyaemoticon-Big Grin
Spoiler for 'speker':

Alasan ane pilih speker ini:
1. Capacitor XO udah pake MKP di high pass, walaupun di low pass masih pake elektrolit. Its okay lahemoticon-Big GrinAda pengaturan resistansi di tweter.
2. Tweter soft dome dengan bahan kain.
3. Mid-bass ramping, magnet gak besar. Cocok untuk pintu mobil jaman sekarang. Walaupun masih perlu spacer MDF juga.
Spoiler for 'pasang speaker':

Spoiler for 'pasang speaker':

Spoiler for 'pasang speaker':

Spoiler for 'pasang speaker':

Spoiler for 'pasang speaker':

Nah jadinya kaya begini nih, cantik kanemoticon-Wowcantik
Spoiler for 'done':

Lanjut ke pemasangan kabel listrik. Semua dikerjakan dengan hati-hati dan sesuai dengan standar pemasangan yang amanemoticon-Blue Guy PeaceIstilahnya orang bule sono masang ada standarnya kalo ane malah melebihi merekaemoticon-army:
Spoiler for 'setting':

Karena posisi power dekat dengan HU dan aki mobil, maka kebutuhan kabel juga gak banyak. Kabel listrik yang ane pake keluaran ESOTERIC asli jaman dulu punya. Hehehe kebetulan masih punya sisa buat jadiin patokan kalo mau beli kabel dijaman sekarangemoticon-Big GrinPerlu diketahui kabel listrik yang dijual sekarang itu hampir rata-rata palsu. Contohnya streetwires yang serabutnya dikit, tebel di jacket doank, jacketnya juga gak tahan panas, lalu mudah oksidasiemoticon-Hammer (S)
Spoiler for 'setting':

Ini peletakan subwoofer ane, dibelakang mobil. Hehehe oldschool banget sihemoticon-Big Grin
Spoiler for 'subwoofer':

Selesai sudah, tinggal nyari settingan yang paling bagus dan cocokemoticon-Big Grin
Spoiler for 'setting':

0
18.9K
80
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan