nombeAvatar border
TS
nombe
Quantitative Easing : Mekanisme dan Dampaknya
Quantitative Easing : Mekanisme dan Dampaknya





Apa sih Quantitative Easing itu (QE)? Kebanyakan trader yang masih newbie biasanya bingung apa itu QE, bagaimana cara kerjanya, proses serta dampak yang ditimbulkan dalam dunia trading. Dalam trading ada dua analisa digunakan yaitu analisa teknikal dan analisa fundamental.
Nah, Quantitative Easing ini termasuk dalam teknik analisa fundamental. Kenapa bisa begitu?? Biasanya jika ada news tentang QE maka pergerakan harga di market pun akan berubah secara cepat, entah itu naik ataupun turun.

Dalam thread ini ane akan bantu menjabarkan sejarah moneter dunia yang disebabkan QE, bagaimana mekanisme dari QE dan apa dampak yang akan ditimbulkan. tapi sebelumnya ane akan menjelaskan apa itu Quantitative Easing terlebih dulu. Quantitative Easing itu sebuah pelonggaran kebijakan moneter yang dilakukan oleh bank sentral suatu negara. Kebijakan ini berhubungan dengan adanya pencetakan uang baru dalam jumlah besar. Dan uang baru yang beredar tersebut akan disalurkan pada bank-bank lokal dengan harapan dapat memacu perkreditan rakyat, mendorong pembelanjaan dan mengurangi tekanan pada bank lokal di suatu negara/kawasan. Mungkin kita bertanya-tanya, moneter yang terjadi dulu apa hubungannya dengan QE??? ada hubungannya, justru ini yang mendasari terjadinya moneter.



sejarah Moneter Dunia

Quote:



Mekanisme Quantitative Easing
Quote:



Dampak Quantitative Easing
Quote:




Apabila QE tersebut dijalankan sesuai dengan prosedur yang ada maka dampak yang diberikan akan positif pula. Tetapi jika Kebijakan QE tersebut disalahgunakan maka secara tidak langsung juga akan memperburuk keadaan perekonomian suatu negara. Dari penjelasan panjang lebar di atas bisa ane simpulkan bahwa QE memiliki pengaruh yang besar terhadap perekonomian suatu negara, bahkan bisa dalam lingkup Internasional.

Sekian sedikit penjelasan ane untuk agan-agan sekalian. Semoga bisa menambah wawasan serta pengetahuan tentang ekonomi global khususnya mengenai QE.



Referensi: Quantitative Easing



Quote:
Diubah oleh nombe 06-03-2013 11:12
0
4K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan