KASKUS

Quote:Original Posted By Kardonos
minggu ini sangat menyedihkan gan..soalnya ayam kampung di kandang banyak yang co.id.. (kayaknya kena flu burung soalnya saya lihat jengger berwarna ke-ungu-an)..ini menjadi suatu pelajaran berharga..gimana ya gan tindakan pencegahan seperti ini ? satu hari mati sekitar 20 ekor..saya rasa hal yang paling penting kita diskusikan adalah tindakan pencegahan pada penyakit ayam kampung dan ransum yang baik..klo sudah panen sebanyak apapun pasti pasar menampung..mohon pencerahannya gan..


gan jangan cepat mengambil kesimpulan flu burung
setau saya musim panas begini, dan cuaca tidak bersahabat, biasanya penyakit pernapasan sering meraja lela biasanya di sebut snot, ayam jadi susah bernapas cengan ciri2 ayam melakukan pernapasan melalui mulut, jadi mulut ayam terus terbuka pada siang hari, coba pakai neomeditril, untuk seluruh ayam yang ada dengan ketentuan ayam yang sudah sakit (terdengar suara ngorok diberi dosis pengobatan dan yang masih sehat di beri dosis pencegahan
juga lakukan pendinginan suhu kandang, terserah caranya, bisa dengan menyiram atap kandang atau dengan menggunakan kipas angin

salam sukses
Quote:Original Posted By ariessty
gan jangan cepat mengambil kesimpulan flu burung
setau saya musim panas begini, dan cuaca tidak bersahabat, biasanya penyakit pernapasan sering meraja lela biasanya di sebut snot, ayam jadi susah bernapas cengan ciri2 ayam melakukan pernapasan melalui mulut, jadi mulut ayam terus terbuka pada siang hari, coba pakai neomeditril, untuk seluruh ayam yang ada dengan ketentuan ayam yang sudah sakit (terdengar suara ngorok diberi dosis pengobatan dan yang masih sehat di beri dosis pencegahan
juga lakukan pendinginan suhu kandang, terserah caranya, bisa dengan menyiram atap kandang atau dengan menggunakan kipas angin

salam sukses


Benerr gann .. ini karena cuacaa yang lagi gak bershbat bisa sajaa . masih mau pergantiann musiimm ... kaloo udah ujan normal gtuhh mngkin kondisii alam akan stbill ..
Quote:Original Posted By Kardonos
minggu ini sangat menyedihkan gan..soalnya ayam kampung di kandang banyak yang co.id.. (kayaknya kena flu burung soalnya saya lihat jengger berwarna ke-ungu-an)..ini menjadi suatu pelajaran berharga..gimana ya gan tindakan pencegahan seperti ini ? satu hari mati sekitar 20 ekor..saya rasa hal yang paling penting kita diskusikan adalah tindakan pencegahan pada penyakit ayam kampung dan ransum yang baik..klo sudah panen sebanyak apapun pasti pasar menampung..mohon pencerahannya gan..


boleh saya tau gan ayamnya umur berapa ya? Indikasi penyakit maupun virus banyak. Memang benar mencegah pasti lebih baik dari mengobati,
mengenai Vaksin, sebenarnya kalau kita beli DOC dari breeder yg sudah menerapkan Good breeding practice biasanya indukan sudah di beri 3 vaksin, ( ND, AI, Gumboro) nah kita tinggal mengulang vaksin nya ke DOC pada hari-hari sesuai jadwal vaksin. InsyaAllah virus bisa ditangani.
mengenai penyakit, Intinya kita harus bisa menjaga sanitasi kandang, (sebelum pemeliharaan, saat pemeliharaan, dan setelah pemeliharaan). Seperti, kandang harus dicuci hama dengan kapur dan juga disemprot desinfektan. lalu didiamkan selama 2 minggu sebelum ayam masuk kandang.lalu yang terpenting adalah alas kandang, agar kotoran ayam cepat mengering dan tidak bau, apabila alas kandang basah inilah yang mengundang penyakit.


Quote:Original Posted By ariessty


gan jangan cepat mengambil kesimpulan flu burung
setau saya musim panas begini, dan cuaca tidak bersahabat, biasanya penyakit pernapasan sering meraja lela biasanya di sebut snot, ayam jadi susah bernapas cengan ciri2 ayam melakukan pernapasan melalui mulut, jadi mulut ayam terus terbuka pada siang hari, coba pakai neomeditril, untuk seluruh ayam yang ada dengan ketentuan ayam yang sudah sakit (terdengar suara ngorok diberi dosis pengobatan dan yang masih sehat di beri dosis pencegahan
juga lakukan pendinginan suhu kandang, terserah caranya, bisa dengan menyiram atap kandang atau dengan menggunakan kipas angin

salam sukses





Quote:Original Posted By selamet00
agan2 sekalian, mau tanya kalo ayam kampung cara vaksinnya sama ky ayam broiler ga?


kurang lebih sama gan. hanya pemberian antibiotik gak sesering seperti ayam ras...

umur 40 hari



reserved
sorry dopost
Quote:Original Posted By kustikus
nemu gambar dari situs luar







keren kandang nya bisa digeser2


masik nyimak dulu,tunggu rumah jadi..bagus tuh kandangnya,,kira2 itu muat brapa ekor ya gan?

Quote:Original Posted By kustikus


banyak juga ayamnya gan..
mumpung ketemu ama pegiat2 ayam kampung, saudara ane kebetulan butuh 3000 ekor sdh dalam kondisi bersih. Posisi ane di sidoarjo. Bagi agan2 di sekitaran jawa timur yang mampu men-supply, PM ane aja. Sekalian info-kan aja alamat & harga penawarannya. Ane cm akan kunjungi 3 calon supplier terbaik yg masuk ke inbox ane.
Quote:Original Posted By kustikus


ini gan yang di tungguu gann . ok ok ..... mantepss gann . ngmongngmong nie ayammm jumlahnya brapa gan .. kepatanyaa brapa .. apa kpadtan mmpengaruhi pertumbuhan ayam
Quote:Original Posted By dOnbAthol


masik nyimak dulu,tunggu rumah jadi..bagus tuh kandangnya,,kira2 itu muat brapa ekor ya gan?

banyak juga ayamnya gan..


ya gan tapi cuaca lagi gak bersahabat ya, kematian agak lumayan jg nih

Quote:Original Posted By nugrohow
mumpung ketemu ama pegiat2 ayam kampung, saudara ane kebetulan butuh 3000 ekor sdh dalam kondisi bersih. Posisi ane di sidoarjo. Bagi agan2 di sekitaran jawa timur yang mampu men-supply, PM ane aja. Sekalian info-kan aja alamat & harga penawarannya. Ane cm akan kunjungi 3 calon supplier terbaik yg masuk ke inbox ane.


wah klo jawa barat, bisa saya layanin gan. Tapi blum lengkap gan, Spesifikasi ayamnya mw seperti apa? berat berapa? frozen atau segar?

ayo buat yang di jatim klo mw supply

Quote:Original Posted By yahya.sisil


ini gan yang di tungguu gann . ok ok ..... mantepss gann . ngmongngmong nie ayammm jumlahnya brapa gan .. kepatanyaa brapa .. apa kpadtan mmpengaruhi pertumbuhan ayam


kandang ukuran 23,5 x 5 m gan, isi 1400 ekor, Rencana saya mw panen 10 hari lagi kisaran berat 8 ons/ekor, kalau saya terusin sampe 1kg/ekor, kandangnya terlalu padat, efeknya kanibalisme, kandang jadi lebih bau, sama kayak manusia aja gan, klo tempat tinggal sesak kan gak nyaman juga, efeknya ke pertumbuhan, cepat sakit... Itu lagi dikasih pakan gan, jadi pada ngumpul keliatannya padet.
Quote:Original Posted By Cudox1990
agan2 nanya dong.. baru mau bkin peternakan ayam kampung gan... saya mau nanya mengenai perijinan... ada ga si perijinan khusus untuk peternakan ayam kampung? (misal ijin ayam nya bebas penyakit ato apa gitu?)


mohon pencerahanya dong suhu2...
Quote:Original Posted By Cudox1990
mohon pencerahanya dong suhu2...


gan coba kunjungi situs ini :
http://perizinan.bogorkab.org/index....n+SOP&ref=cari
mungkin menjawab pertanyaan masalah perijinan:
Quote:Original Posted By Cudox1990
mohon pencerahanya dong suhu2...


bro coba kunjungi :

http://perizinan.bogorkab.org/index....n+SOP&ref=cari

untuk daerah bogor, semoga bermanfaat

Quote:Original Posted By Cudox1990


mohon pencerahanya dong suhu2...


Quote:Original Posted By ariessty


bro coba kunjungi :

http://perizinan.bogorkab.org/index....n+SOP&ref=cari

untuk daerah bogor, semoga bermanfaat



mantab mungkin klo skala kecil, cukup ijin gangguan (HO) aja, buat menghindari komplain tetangga, jadi sebelum mengajukan HO, sedikit ada sosialiasi dulu ke tetangga, lalu kalo gak salah sekitar 10 warga sekitar, diminta keterangan + tandatangan bahwa mereka tidak keberatan dan tidak terganggu akan adanya usaha peternakan di wilayahnya. setelah itu HO diajukan ke kecamatan kalo gak salah. nanti kecamatan yang akan mengeluarkan Surat Izin gangguan. Ini untuk menghindari apabila pada saat ada komplain dari warga lain, kita bisa tunjukan bahwa kita sudah punya izin gangguan dari kecamatan. (Berdasarkan kasus teman di daerah ciapus, bogor). Biasanya ini akibat kita sendiri kurang peka terhadap warga sekitar, jadinya timbul sirik. Yaa sebelum mulai kita bisa syukuran kecil dlu, dan kalau panen ada sedikit bagian untuk mereka. Work on me..
Quote:Original Posted By kustikus
mantab mungkin klo skala kecil, cukup ijin gangguan (HO) aja, buat menghindari komplain tetangga, jadi sebelum mengajukan HO, sedikit ada sosialiasi dulu ke tetangga, lalu kalo gak salah sekitar 10 warga sekitar, diminta keterangan + tandatangan bahwa mereka tidak keberatan dan tidak terganggu akan adanya usaha peternakan di wilayahnya. setelah itu HO diajukan ke kecamatan kalo gak salah. nanti kecamatan yang akan mengeluarkan Surat Izin gangguan. Ini untuk menghindari apabila pada saat ada komplain dari warga lain, kita bisa tunjukan bahwa kita sudah punya izin gangguan dari kecamatan. (Berdasarkan kasus teman di daerah ciapus, bogor). Biasanya ini akibat kita sendiri kurang peka terhadap warga sekitar, jadinya timbul sirik. Yaa sebelum mulai kita bisa syukuran kecil dlu, dan kalau panen ada sedikit bagian untuk mereka. Work on me..


wah good info nich bro, HO formatnya kayak apa , dan gimana cara mengajukannya ?
sebelumnya, makasih gan buat infonya tentang ayam kampung..

ane mo tny ni gan, ayam kampung ditaruh dikandang sampe brp minggu sebelum dilepas ke luar kandang.??
ayam saya sering keluar kandang, ditangkap nya susah juga..
jadi, kalo dah dilepas, bisa balik lagi ke rumah..

terus, knp ayam saya ga mau makan pakan ternak ayam ya?? saya beli di dedek yg yg beli kiloan,, dari pasar ternaka ayam.
Quote:Original Posted By DrLab
sebelumnya, makasih gan buat infonya tentang ayam kampung..

ane mo tny ni gan, ayam kampung ditaruh dikandang sampe brp minggu sebelum dilepas ke luar kandang.??
ayam saya sering keluar kandang, ditangkap nya susah juga..
jadi, kalo dah dilepas, bisa balik lagi ke rumah..

terus, knp ayam saya ga mau makan pakan ternak ayam ya?? saya beli di dedek yg yg beli kiloan,, dari pasar ternaka ayam.


Kalau menggunakan pola pembesaran yang intensif, ayam tidak pernah lepas dari kandang dan pakan yang diberikan bukan cuma dedak tetapi pakan ayam pedaging atau pakan broiler yang nutrisinya sudah lengkap
sumpah ni thread sangat bermanfaat... ane salut sm TS nya

Kebetulan ane sm kaka ane brniat mw buka usaha peternakan ayam kampung, mohon bimbingan dari agan KUSTIKUS dan teman2 lainnya dalam berternak ayam kampung. to agan KUSTIKUS, lokasinya dmana ya??? bisakan ane ke tempat agan untuk liat peternakannya, mudah2an bisa jadi pencerahan bwat ane.

Lokasi ane di cimanggis-depok gan...

terima kasih semuanya, salam sukses.
Quote:Original Posted By ariessty


wah good info nich bro, HO formatnya kayak apa , dan gimana cara mengajukannya ?


yang bikin format HO dari kecamatan gan, jadi agan tanya dlu nih ke kecamatan, lalu janjian dengan pihak dari kecamatan dan juga janjian sama warga, ngumpul bareng. Nah setelah hari H ditentukan, lalu sekitar 10 Warga + pihak kecamatan + agan, agan jelaskan bahwa peternakan agan itu bla bla bla, lalu nanti pihak kecamatan meminta pernyataan pada warga tentang peternakan agan sama sekali tidak menggangu karena sudah menerapkan teknologi penanganan limbah yang baik... hehe lalu nanti diproses oleh pihak kecamatan, ditandatangani camat. klo gak salah temen ane peternakan bebek bgitu gan

Quote:Original Posted By DrLab
sebelumnya, makasih gan buat infonya tentang ayam kampung..

ane mo tny ni gan, ayam kampung ditaruh dikandang sampe brp minggu sebelum dilepas ke luar kandang.??
ayam saya sering keluar kandang, ditangkap nya susah juga..
jadi, kalo dah dilepas, bisa balik lagi ke rumah..

terus, knp ayam saya ga mau makan pakan ternak ayam ya?? saya beli di dedek yg yg beli kiloan,, dari pasar ternaka ayam.


3 minggu gan kira2, klo cuma dikasih dedek doang kyknya lama banget gan pertumbuhannya, mungkin klo dibiasakan dari awal pakannya pabrik, gak akan nolak gan. CMIIW

Quote:Original Posted By techno_1010
sumpah ni thread sangat bermanfaat... ane salut sm TS nya

Kebetulan ane sm kaka ane brniat mw buka usaha peternakan ayam kampung, mohon bimbingan dari agan KUSTIKUS dan teman2 lainnya dalam berternak ayam kampung. to agan KUSTIKUS, lokasinya dmana ya??? bisakan ane ke tempat agan untuk liat peternakannya, mudah2an bisa jadi pencerahan bwat ane.

Lokasi ane di cimanggis-depok gan...

terima kasih semuanya, salam sukses.


wah jadi inget, Dulu ane teller bank BUMN cimanggis gan yang setelah Panasonic Gobel itu. Peternakan ane di cihideung dekat durian warso gan bogor, janjian bareng aja sama agan arriesty klo mw ke kandang saya. ditunggu gan
Quote:Original Posted By kustikus
yang bikin format HO dari kecamatan gan, jadi agan tanya dlu nih ke kecamatan, lalu janjian dengan pihak dari kecamatan dan juga janjian sama warga, ngumpul bareng. Nah setelah hari H ditentukan, lalu sekitar 10 Warga + pihak kecamatan + agan, agan jelaskan bahwa peternakan agan itu bla bla bla, lalu nanti pihak kecamatan meminta pernyataan pada warga tentang peternakan agan sama sekali tidak menggangu karena sudah menerapkan teknologi penanganan limbah yang baik... hehe lalu nanti diproses oleh pihak kecamatan, ditandatangani camat. klo gak salah temen ane peternakan bebek bgitu gan



3 minggu gan kira2, klo cuma dikasih dedek doang kyknya lama banget gan pertumbuhannya, mungkin klo dibiasakan dari awal pakannya pabrik, gak akan nolak gan. CMIIW



wah jadi inget, Dulu ane teller bank BUMN cimanggis gan yang setelah Panasonic Gobel itu. Peternakan ane di cihideung dekat durian warso gan bogor, janjian bareng aja sama agan arriesty klo mw ke kandang saya. ditunggu gan


oiya gan perbedaan ayam kampung unggul sm ayam kampung super apa ya??? trus yg paling bnyak d cari pelanggan itu yg mana... nah yang agan ternak sekarang ini termasuk ke ayam kampung mana ya gan... hehehehhe maaf bnyak nanya
×