thotoAvatar border
TS
thoto
Karya Fiksi Adalah Mimpi yang Tidak Terwujud
Spoiler for DP:

Seringkali mimpi kita tidak terwujud, bisa karena takdir, bisa juga karena mimpi itu tidak logis. Jika suatu mimpi tidak logis, kita bisa membawa mimpi tersebut ke dalam karya fiksi. Sebagai contoh, kartun doraemon, mungkin pengarangnya memimpikan suatu kehidupan yang mudah, mendapatkan barang yang diinginkannya hanya dengan mengambilnya dari kantong ajaib. Contoh lainnya adalah superman, pengarangnya bermimpi untuk menjadi pahlawan yang dapat menolong umat manusia, yang dapat terbang untuk melawan musuh, maka ia menciptakan cerita superman.

Karya fiksi bukan berarti hal yang tidak logis seperti kartun, bisa juga suatu hal yang logis, seperti novel. Sama halnya dengan kartun, pengarang novel mungkin juga melampiaskan keinginannya yang tidak terwujud menjadi sebuah tulisan dalam bentuk novel. Tetapi tidak semua kartun dan novel terinspirasi dari keinginan yang tidak terwujud karena kadangkala inspirasi itu datang sendiri, mungkin seperti Agatha Christie yang menulis suatu pembunuhan di suatu tempat ketika berada di tempat tersebut.

Pelajaran yang dapat diambil dari hal tersebut yaitu kita dapat mengubah mimpi yang tidak logis atau tidak terwujud menjadi terwujud, walaupun dengan cara lain. Mimpi yang tujuannya baik pasti diridhoi Tuhan dan dikabulkan, walaupun dengan cara yang lain. Hasil akhirnya bukan keinginan awal kita, tetapi menjadikan kita terkenal dan kaya dengan royalti seperti pengarang-pengarang karya fiksi itu. Dengan kekayaan yang didapatkan dengan menulis karya fiksi tersebut, mereka dapat mewujudkan mimpi-mimpi mereka yang lain.


http://filsafat.kompasiana.com/2011/...idak-terwujud/
0
1.5K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan