jablai2006Avatar border
TS
jablai2006
Berbagi Pengalaman untuk Pendatang BARU khususnya di LA
cuma mau berbagi pengalaman saja untuk pendatang baru yang sama sekali belom pernah datang ke amrik, gak tahu apa sudah pernah ada thread seperti ini sebelumnya....niatan jablai bukan mau melangkahi yang tua tua disini....cuma mau berbagi pengalaman saja, baik bagi yang benar benar mau jalan jalan atau yang bukan.......(khususnya yang berangkat sendiri tanpa ikut tour)....siapa tahu ada gunanya....ini cuma pengalaman jablai mungkin nanti dapat di tambahkan sama yang sudah lama di amrik....setidaknya bisa membantu untuk saudara kita yang baru pertama kali datang atau merantau...karena kebanyakan dari kita waktu baru pertama kali datang juga pasti di bantu oleh orang lain....

sebaiknya dari jakarta sudah mempunyai hotel untuk pertama tinggalnya....gak usah yang mahal2 cukup cari yang di bawah us 100 juga banyak...seperti motel 8...lincoln hotel...montery inn...comfort inn... dll....itu semua bisa di search di internet dan di book langsung di internet, gak usah lama lama cukup 3 atau 4 hari, kalaupun mau lanjut bisa di extend hotelnya. kalau yang ikut tour yach otomatis sudah mempunyai tempat tinggal. untuk di LA kalau mau untuk gampangnya bisa disekitar alhambra atau monterey atau san gabriel....kebanyakan orang indo banyak di daerah sekitar ini.

untuk yang merantau jangan membawa tas atau bagasi yang berlebihan....karena akan merepotkan, kalau bisa membawa LAPTOP....karena ini PENTING SEKALI dimana akan banyak terpakai untuk kita mau search alamat atau kita mau lihat rute bus dll (penting). karena setahu jablai gak kaya di indo banyak warnet. kalau bisa mempunyai teman dan mempunyai no. contactnya bilamana di perlukan (kalau ada).

untuk yang baru pertama kali datang jangan kaget kalau pas di imi di bawa ke suatu tempat...biasanya mereka akan menanyai kita seputar kedatangan kita tujuannya apa dll, lalu mengisi data. sekedar pengecekan dan sidik jari, jangan lupa bawa kredit card (biar sudah mati tidak apa2 karena tidak akan di cek...atau kartu bank mandiri juga cukup karena ada logo visanya, seperti kartu kredit) yang penting ada nama kita di kartu itu...jangan bawa uang cash lebih dari sepuluh ribu. setelah keluar dari airport kita bisa naik super shuttle ke hotel tujuan kita, kalau ke daerah alhambra atau monterey atau san gabriel biasanya gak lebih dari 70 us. kita bisa reservation online di http://www.google.com/search?hl=en&q...3&oq=super+shu
atau di airport juga ada counternya di LAX.

setelah sampai di hotel dan istirahat cukup, usahakan cari majalan media indonesia.untuk mencari tempat sewa tinggal. bisa di cari di toko2 chinnese...salah satunya ada di toko indo Sam Nutrition di 116 north garfield ave, monterey park. bisa di search di google cari di maps. kalau sudah dapat, di dalam media indonesia itu biasanya banyak iklan kamar yang di sewakan per bulan atau per minggu, gak perlu 55....dan bisa kita telp. atau kalau mau cari apartment bisa beli koran cina (chinnese daily los angeles ), atau search di google. setelah kita telp biasanya tentukan waktu lalu ketemuan di lokasi, karena managernya tidak selalu tinggal di lokasi penyewaan. lalu untuk sewa apartment atau house biasanya list kontraknya adalah setahun dan bayar rentnya perbulan, dan biasanya mereka minta deposit 1 bulan di muka.

kalau sudah mendapat tempat tinggal, tinggal tergantung tujuan kita apa gitu....kalau mau jalan jalan banyak tour di sekitar alhambra, monterey atau san gabriel. kalau kita mau mendapatkan teman, kita bisa pergi ke komunitas khatolik di daerah monterey itu, cross streetnya garfield & garvey....tidak jauh dari situ ada gereja komunitas khatolik indo namanya st.Stephen martyr. setiap hari minggu jam 2 siang (misa berbahasa indo)....setelah misa pasti ada ramah tamah di aula gereja, disini kita bisa mendapatkan teman...tinggal kitanya sendiri yang harus aktif untuk memperkenalkan diri. mereka sangat welcome dan dapat membantu banyak untuk orang indo yang baru datang.

setiap lokasi tinggal atau daerah seperti alhambra....monterey...dan lain lain pasti ada supermarket(istilah indo), jadi tidak usah takut susah untuk membeli keperluan rumah atau masak. misalnya ada 99 ranch, 99 cent, ralph, walmart, costco dll....semua juga bisa di search di google untuk lokasi tedekatnya dari daerah tempat kita tinggal. kalau perlu obat obatan khusus, vitamin bisa ke CVS.

kalau kita mau berpergian dengan bus, kita bisa search di [url]www.metro.net[/url] dimana akan diberitahukan secara jelas jam...no.bus...jurusannya dll, yang penting kita tahu lokasi kita mau naik bus dimana & dimana tujuan alamat yang akan kita datangi.

kalau bisa bikin id (ktp) di dmv, kadang ada dmv yang mau kasih kadang ada yang tidak. kalaupun dikasih biasanya hanya sampai tanggal ijin tinggal kita habis, dan itu harus bayar 23 us, kalau bisa dapat setidaknya bisa mempermudah kita dalam identitas...tidak harus selalu dengan pasport.

jangan lupa buka acc bank...kadang ada yang bisa kadang ada yang tidak mau terima. tapi yang jablai lakukan buka 3 acc bank tidak ada masalah hanya cukup dengan pasport. seperti wamu, bofa, wellsfargo. bisa juga hsbc cukup dengan pasport dan ktp indo. dengan adanya acc bank mempermudah kita untuk tidak harus membawa banyak uang cash di kantong.

untuk bus (namanya METRO ) biasanya jauh dekat adalah 1.25 us untuk satu kali tujuan, bisa juga kita beli daypass itu 5 us, itu untuk seharian terserah mau berapa kali kita naik bus. ada juga yang mingguan dan bulanan. selain metro ada juga montebello dll. tapi kebanyakan adalah metro.kalau kita mencari alamat kita harus tahu pasti misalnya kotanya apa, juga cross streetnya apa...itu akan sangat mempermudah dalam mencari alamat. semua hal bisa di search di google...

untuk yang mau membawa anak sekolah publick di amrik sebatas elementry...middle yang jablai tahu...jangan lupa untuk mempersiapkan translate ke bahasa inggris, baik akte lahirnya, raportnya, imunisasinya....

untuk bisa masuk ke sekolah public...gak susah kog...gak bertele tele dan mereka tidak memperdulikan or menanyakan apakah terang atau gelap & yang pasti benar benar GRATIS.
tapi tetap mereka akan minta persyaratan, yang pasti yaitu list kontrak sewa tempat tinggal kita, tagihan gas atau listrik, fotocopy akte lahir dan translatenya, fotocopy raport & translatenya....itu saja. setelah persyaratan lengkap kita tinggal ke distrik sekolah tempat kita tinggal. disini tidak seperti di jakarta tinggal datangin sekolah, bayar uang pangkal terus tinggal sekolah. disini kita harus mendaftar ke distrik, misalnya distriknya di monterey...maka mereka akan memberikan sekolah publick kepada kita di daerah monterey yang dekat rumah kita atau sesuai denga zip code kita(kode posnya). kita tidak bisa memilih seenak hati mau di sekolah yang di inginkan. kalau mau di sekolah yang di inginkan....maka kita harus mencari tempat tinggal di dekat sekolah tersebut atau kode pos(zip code) yang sama dengan sekolah tersebut.

walaupun sudah di imunisasi lengkap tetap kita di wajibkan untuk pergi ke clinic yang di tunjuksekolah untuk pemeriksaan...ini semua gratis gak ada yang bayar....
untuk sekolah public di sini baik elementry...middle atau high school rata rata baru mulai sekolah sekitar september minggu pertama. setelah persyaratan kita lengkap...lalu mendaftar...dan saat itu juga di pendaftaran kita akan di beritahu kita masuk sekolah yang apa dan dimana. lalu sekitar 1 atau 2 minggu sebelum sekolah di mulai akan mendapat surat panggilan untuk test bahasa. setelah itu tinggal tunggu sekolahnya mulai. usahakan kalau mau anak sekolah public di amrik, sudah bisa datang ke amriknya sekitar juni or juli untuk mendaftar. karena kalau sekolah yang dituju itu penuh maka kita akan di waiting list(daftar tunggu).

kalau untuk sekolah public itu yang paling bagus biasanya di daerah san marino, arcadia, temple city (yang jablai tahu) atau bisa di search di google untuk ranking sekolah yang blue ribbon. namun biasanya untuk sekolah yang bagus itu....untuk sewa tempat tinggalnya otomatis juga lebih mahal. biasanya sewa tempat tinggal/apartment sudah jarang yang ada di bawah 900 us per bulan,kecuali type studio yang tidak pakai kamar. mungkin masih ada...tapi mungkin letaknya tidak strategis atau jauh dari lokasi bus atau jauh dari market dll. kalau yang 2 kamar rata rata sudah di atas 1200 us keatas. untuk minta listrik dan gas dinyalakan kita harus apply sendiri melalui telp, kalau listrik namanya edison kalau gas namanya gas company. pas kita apply kalau ketemu yang baik kadang mereka tidak menanyakan apakah punya 55 atau tidak, kalau menanyakan terpaksa yach kita harus kenal teman yang punya 55 yang mau namanya di pakai untuk apply tersebut. atau kalaupun tidak kita harus deposit. deposit juga tidak mahal kog, tidak melebihi 100 us.

untuk orang tua yang tidak dapat berbahasa inggris juga dapat sekolah gratis, cari aja di setiap city yang ada tulis " adult school ", atau bisa di search juga di google untuk adult schoolnya...,sekolahnya gratis...kadang dapat makan, jadwalnya juga ada yang pagi atau malam.

untuk yang bisa membawa mobil, sebaiknya bikin sim international dari jakarta. kalau di LA sich bisa yach....setidaknya sim international bisa berlaku untuk 1 tahun. selama kita membawa kendaraan disiplin dan mengikuti aturan misalnya speed limit, lampu merah, sign stop, parkir dll gak akan ada masalah. kecuali apes aja...nabrak, di tabrak, salah parkir dll. kalau pas datang ke dmv ambil aja bukunya gratis kog, setidaknya kita tahu peraturan lalu lintas di amrik gimana. kalau di jakarta bikin sim international bisa di IMI ada webnya di [url]www.imi.co.id[/url] , disana ada lengkap apa saja persyaratannya.

sementara ini yang dapat di informasikan, kalau ada lanjutan nanti akan di tambahkan. barangkali dari rekan kaskus lainnya bisa membantu menambahkan.....


PEACE emoticon-Smilie
0
22.1K
577
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan