ashoetaAvatar border
TS
ashoeta
Asiknya ngeGandeng Anhang
Permisi om momod dan agan2 sekalian.. ane mau numpang share2 lagi nih.. soalnya ane udah cari tentang anhang, towing, trailler kayanya belum ada, tp d FJB banyak emoticon-Big Grin tp kalo udah ada maaf ya gan,, emoticon-Hammer (S)
Langsung aja nih gan.. Ada yang udah sering ngeGandeng Anhang? atau berencana mau pake anhang? ane coba share dulu jenis2nya yaaa.. agan2 yang udah sering pake boleh tampangin anhangnya di sini gan buat pencerahan agan2 yang lain juga emoticon-Big Grin
Jadi Anhang ini atau bahasa sononya Trailer atau biasa disebut juga Gandengan emang udah ga asing kan? kita udah sering liat pasti mobil2 besar yang ngegandeng anhang, atau bahkan mobil2 sedan yang ngegandeng? mungkin u/ sedan belum terlalu ngetrend kali ya gan.. emoticon-Big Grin
nah anhang ini fungsinya macem2 gan.. dan yang asti membawa muatan tambahan kan fungsi utamanya.. Tapi menurut sejarahnya ni gan anhang emang jadi keperluan utama di alat transportasi Perang Dunia II emoticon-army:, walaupun katanya juga udah ada sejak jaman koboi gan emoticon-Big Grin dan konon sih katanya setiap Willys yang dipake di medan perang bakal dibekali anhang dan winch PTO.
Spoiler for anhang willys:


fungsinya pada masa itu lebih kepada banyaknya bawa barang2 kali ya gan.. mungkin kalo jaman koboi untuk bahan2 aku seperti hasil panen ataupun daging2an,, nah kalo jaman perang ya ga salah lagi udah pasti buat amunisi dan keperluan perang lainnya ya gan..
seiring berkembangnya zaman sampai saat ini fungsi anhag pada semakin spesifik kan ya gan? macem2 fungsi dan bentuknya..
mari ane coba sharejenis2 anhang yang sering atau kadang kita temuin di jalanan ya gan..

Anhang barang
Anhang jenis ini paling simpel bentuknya gan, berupa bak seperti bak pick up aja, mungkin persis sama yang digandeng willys tadi gan, dan agan2 juga pasti sering liat di jalanan, seringya jenis ini digandeng mobil2 Jip kan gan.. emoticon-Big Grin kalo masalah fungsinya ini jelas2 buat bawa barang secara maksimal semuatnya anhang..ukuran juga beragam gan.. dan biasanya tinggi sasis anhang harus sejajar juga gan dengan tinggi sasis mobil yang narik, biar maksimal fungsi dan keamanannya, karena kelengkapan anhang jga sebenarnya banyak ketentuannya gan, dari mulai yang pakai sambungan rem angin, lampu dan lampu rem dan standarisasi lainnya yang sangat berpengaruh kepada keamanan.. jadi kalo agan2 mau bikin anhang request keamanan nya juga gan ke yang bikin anhang, kalo emang mau bikin sendiri..
Spoiler for anhang barang:


Anhang Genset
Anhang jenis ini biasanya kita sering liat juga seliweran dijalan kan gan? biasanya mobil2 PLN atau mobil2 untuk keperluan syuting gan.. dan kalo ane sering liatnya ginian ini biasanya di tarik ama Toyota Hardtop gan, dan ane pernah ngobrol2 sama orang operasional PLN, memang anhang genset ini berat banget gan, samapai2 mobil operasional yang baru2 ga bisa ngegantiin kekuatan Hardtop, yang ahirnya sampe sekarang yang masih banyak dipake ya toyota Hardtop gan..emoticon-I Love Indonesia (S)
Spoiler for anhang genset:


Anhang sepeda motor
biasanya anhang jenis ini dipake untuk keperluan balap gan, atau agan2 yang doyan touringtapi males pake motornya, ga usah repot2 pake jasa pengiriman gan, tinggal angkut emoticon-Big Grin biasanya anhang jenis ini datar aja gan, dan dilengkapin hook2 nya untuk tali pengikat, dan biasanya juga dilengkapin penjepit roda gan, biar motor lebih aman, malah ada yang pake penutup juga, jadi motor ga ke ujanan kepanasan gan, apalagi bawa motor kesayangan..
Spoiler for Anhang sepeda motor:


Anhang mobil
wah ini makin besar muatannya gan, mobil narik mobil, lagi2 biasanya ini dipake u/ keperluan kompetisi atau jasa pengiriman gan, dan bisa juga dmanfaatkan buat mobil2 kesayangan agan2.. dan banyak juga yang bisa muat beberapa mobil gan.. tergantung panjangnya. biasanya di bagian bawah anhang ada rampuntuk pijakan roda mobil, dan pasti ada pengganjal nya juga gan, biar mobil ga maju mundur dan idealnya mobil yang narik pake winch juga gan, biar bisa narik mobil tanpa harus nyalain mesin..
Spoiler for Anhang mobil:


Anhang kapalboat atau Jetski
buat anhang jenis ini biasanya cuma agan liat di daerah2 pantai kali ya gan, dan mungkin jarang juga mondar mandir di jalan2 kota ya gan.. yang paling penting biasanya anhang ini harus bisa masuk air gan buat ngelepas boat nya, bentuknya juga aga sedikit berbeda biar bisa nopang lekukan bawah boat gan..
Spoiler for anhang kapal boat:


Anhang Kuda
nah ini udah bner2 pengembangan pesat dari jenis anhang gan, apalagi kuda2 kompetisi yang ga mungkin dinaikin ke pacuan kuda yang jauh dari istalnya, dan diangkut pake truk kaya sapi kurban juga ga mungkin kan gan kalo kuda2 yang kelas tinggi emoticon-Big Grinbetuknya juga aga ribet dan macem2 gan, tergantung dari banyaknya muatan kuda yang dibawa, dan banyak juga bahan2 beda yang dipake gan, tergantung selera emoticon-Big Grin
Spoiler for Anhang kuda:


Anhang Camp
Untuk jenis anhang yang satu ini bakalan jarang diliat kali gan di Indonesia, baru sekali ane liat gan di bandung, soalnya banyakan ini dipake buat orang2 bule yang tinggal nomaden gan.. atau agan2 yang doyan touring.. biasanya da fasilitas lengkap kalo memang ukuran besar, dari mulai tempat tidur, tempat masak dan kamar mandi.. banyak juga jenis dan ukurannya, jadi macem2 juga fasilitasnya an..
Spoiler for Anhang camp:


[Bonus] Goldwing's Towing
ane kasi bonus ni gan.. motor honda Goldwing yang biasa dipake orang2 touringjarak jauh aau jalan2 santai, diproduksi juga jenis penarik mobil nya gan.. monggooo cekibrot...
Spoiler for Goldwing:



sekian dulu informasi dari ane gan.. mohon maaf kalo banyak salah2 gan, mohon koreksinya juga ya gan, sharing2 aja disini..

mohon maaf juga kalo emoticon-Blue Repostya gan.. jangan di emoticon-Blue Guy Bata (L) yaa,,, kasian gan.. emoticon-Frown

oiya, ga nolak emoticon-Toast gaaannn,, jangan lupa di komeng dan di emoticon-Rate 5 Star ya gaann.. trimssss........ emoticon-Smilie
iipafro
iipafro memberi reputasi
1
78.4K
152
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan