Quote:Original Posted By inalvaganza
bengkel di simpangan depok namanya Hendy Jaya Autoworks, ownernya baik kok
kalo shop and drive di cibinong ada di deket McDonalds jalan raya pemda om

biasanya langsung meluncur kesana atau harus call dulu om inal? klo cuma mau ikutin saran kemarin di pejwan, ga pke opname kan om? maap om inal, ada no telp Hendy Jaya Autoworks?

Quote:Original Posted By edoar
Welcome om albogory...
Disini jangan sungkan bertanya meski terdengar pertanyaan yg sederhana, krn tdk ada pertanyaan yg sepele ato gampangan...
jika butuh buku pintar dan part katalog, silakan hubungi om die audie di : die_audie@yahoo.com
Tuk oli mesin pake SAE 10w/40, kapasitas 3 ltr
tuk oli transmisi pake SAE 75w/90, kapasitas 2 ltr
Spoiler for OLI karimun:


Quote:Original Posted By edoar
h. Sainz Engine Oil Full Syntetic 10w-40, Rp. 75.000,-/ltr (out of stock)
i. Sainz Gear Oil 75w-90, Rp. 67.000,-/ltr

klo misal kita ke bengkel, terus oli nya ga ada atau abis kyk diatas, ada saran oli yang lain ga om? apa memang saklek harus yang itu? Sainz itu merk olinya kan om? sedangkan 10w-40/75w-90 apanya? apa boleh beda merk asalkan kode 10w-40/75w-90?

Quote:Original Posted By die_audie
Salken om..semoga betah... insya allah teman2 disini bisa bantu kalo ada yang ditanyakan...asal sabar aja,,kadang suka pada sibuk sama dapur biar terus ngebul..

related to om edoar's post, buku pintar yang kayak apa isinya sih om?

Quote:Original Posted By tamulilingan
Kalau deretan tombol yg di kanan itu (Karimun GX, kurang tau kalau DX seperti apa): :
(1) Saklar auxiliary-lamp (dua "lampu tambahan" yg di bemper depan).
(2) Defoger belakang (bener ya nulisnya gitu, kalau ndak salah supaya kaca belakang ndak mengembun kalau suhu dlm kabin lebih tinggi drpd suhu di luar mobil / lingkungan).
(3) Wiper belakang.
(4) Penyemprot air belakang.

Alhadulillah.... selama ini saya cuma bisa bengong lihat itu tombol, soalnya ga ngerti ini tombol berderet buat apaan. takut nyoba, takut salah satu tombolnya adalah tombol meledakkan diri
Quote:Original Posted By supperdupper
om tamu , setau sy sih kalo mau matiin mesin rpm harus idle . sy jg baca d blog nya om unggul bgitu kalo ga salah . mungkin ini bisa bantu link nya :
Blog Om Unggul
just info aja nih om tamu

Sedang ngetik post, pas submit eeh sudah ada postnya oom Supperdupper.. :
Maksud saya digas-gas rpm tinggi sebelum di-idle-kan.. Setelah itu, idle 15-30 detik baru off..
*mohon masukan ya oom-oom semua..*
Quote:Original Posted By tamulilingan
Lha ini sama hobi shift-up di 3000..
*) sambil numpang pertanyaan: Kalau setelah perjalanan, sampai di garase rumah, sebelum mesin dipadamkan, digas-gas rpm tinggi beberapa x .., ada juga yg kebiasaan spt ini? :


kebiasaan itu biasanya dilakukan biar voltasi di aki terisi penuh om..kalo aki dan alternator sehat..ga perlu di gas2..
kalo om tamu pake voltmeter..ketauan deh..ngegas-ngegas sebelum mematikan mesin..setelah sebelumnya mematikan semua perangkat kelistrikan..voltase langsung naik di posisi maksimal di point 14.2. imho. cmiiw
Quote:Original Posted By albogory

klo misal kita ke bengkel, terus oli nya ga ada atau abis kyk diatas, ada saran oli yang lain ga om? apa memang saklek harus yang itu? Sainz itu merk olinya kan om? sedangkan 10w-40/75w-90 apanya? apa boleh beda merk asalkan kode 10w-40/75w-90?

kalo menurut saya om, ini bukan masalah merk...dan memang untuk karimun make oli mesin 10W/40, kalo merk silahkan sesuai keinginan om, perlu diingat bahwa masing masing merk pasti punya keunguulan masing masing...n jangan lupa prinsip OROR (ono rego ono rupo), CMIIW
Quote:Original Posted By albogory
selama ini saya cuma bisa bengong lihat itu tombol, soalnya ga ngerti ini tombol berderet buat apaan. takut nyoba, takut salah satu tombolnya adalah tombol meledakkan diri

Kalau tombol "meledakkan-diri" (self-destruct) sih ndak ada di situ oom..
Tapi hati-hati ada yg utk "kursi-lontar" (ejection-seat) -> bail-out, jadi pas keadaan darurat (misalnya tiba-tiba ada kebakaran di kabin), tinggal pencet tombolnya maka pintu akan otomatis terbuka lalu kursi & pengemudi terlempar keluar.. -----===

Quote:Original Posted By die_audie
kebiasaan itu biasanya dilakukan biar voltasi di aki terisi penuh om..kalo aki dan alternator sehat..ga perlu di gas2..
kalo om tamu pake voltmeter..ketauan deh..ngegas-ngegas sebelum mematikan mesin..setelah sebelumnya mematikan semua perangkat kelistrikan..voltase langsung naik di posisi maksimal di point 14.2. imho. cmiiw

Ooo nambah penyimpanan aki ya oom..
Saya kira utk buang sisa-sisa karbon di ruang bakar.. :
Quote:Original Posted By tamulilingan
Kalau tombol "meledakkan-diri" (self-destruct) sih ndak ada di situ oom..
Tapi hati-hati ada yg utk "kursi-lontar" (ejection-seat) -> bail-out, jadi pas keadaan darurat (misalnya tiba-tiba ada kebakaran di kabin), tinggal pencet tombolnya maka pintu akan otomatis terbuka lalu kursi & pengemudi terlempar keluar.. -----===


Ooo nambah penyimpanan aki ya oom..
Saya kira utk buang sisa-sisa karbon di ruang bakar.. :


yup bener apa yg dikatakan om die biasanya ntuk pengisian aja, klo untuk buang sisa karbon biasanya pakai "Italian tune up" om
Quote:Original Posted By eko.p
yup bener apa yg dikatakan om die biasanya ntuk pengisian aja, klo untuk buang sisa karbon biasanya pakai "Italian tune up" om

Kalau Italian Tune-Up.., saya yg ndak berani oom..
Serasa plong aja kalau digas-gas rpm tinggi gitu :.., ternyata utk menambah pengisian aki ya ..
Thanks for sharing oom Eko..

Jual boskit untuk adapter setir karimun

om Yan mhn izin ya...

saya mau jual boskit/adapter setir merk hkb sport2 versi ou-171 (cocok untuk karimun kotak dan baleno)

fungsinya sebagai adapter wheeling setir aftermarket bagi temen2 yg mau ganti setir orinya sama setir costum

barangnya baru, ori made in japan, blm dibuka dr dus nya, rencananya tadinya mau dipake sendiri< tp krn blm nemu setir costum yg di mau, jdnya di tunda dulu deh...jd dijual dulu aja deh boskitnya

silakan yg minat pm aja ya
Quote:Original Posted By adejon
Maaf om, kmaren mgkn mati lampu jauhnya atau ap ya ane ga paham,soalnya pas ane tarik tuas ke atas atau bawah gak idup lampu jauhnya, trus pas ane pencet tombol yg ad disebelah kanan bawah kisi AC (klo g salah ad 2 tombol) ane pencet yg sblh kiri tu lampu jauh mau hidup/ngedim so ane kira cr ngedimnya gitu..

Maklum om ane bru ambil mumun sehari trus lgsg balik jakarta,skg MM dipake istri di daerah so blm bgitu kenal ama bagian2 MM..


Quote:Original Posted By tamulilingan
Berarti kalau Karimun standar sebaiknya di 4000 ya..
Selama ini biasa di 3000.., bs buat lebih irit? (ceritanya nyekolahin kaki kanan)
*sambil ikutan nunggu masukan dr oom-oom semua..* :

Kalau deretan tombol yg di kanan itu (Karimun GX, kurang tau kalau DX seperti apa): :
(1) Saklar auxiliary-lamp (dua "lampu tambahan" yg di bemper depan).
(2) Defoger belakang (bener ya nulisnya gitu, kalau ndak salah supaya kaca belakang ndak mengembun kalau suhu dlm kabin lebih tinggi drpd suhu di luar mobil / lingkungan).
(3) Wiper belakang.
(4) Penyemprot air belakang.

*atau sudah dipindahkan sama pemilik sebelumnya ya?*


sperti yg dibilang om tamu..
kemungkinan pernah rusak saklar di kolom stir jadi di rubah...

seharusnya tombol yg dibawah kisi2 ac kanan, tdk ada tuk lampu jauh.
urutannya sperti yg di post ma om tamu...

Quote:Original Posted By tamulilingan
Lha ini sama hobi shift-up di 3000..
*) sambil numpang pertanyaan: Kalau setelah perjalanan, sampai di garase rumah, sebelum mesin dipadamkan, digas-gas rpm tinggi beberapa x .., ada juga yg kebiasaan spt ini? :


kaga perlu om...
masuk garasi, biarkan idle beberapa saat dan matikan saja..
kaga perlu di gas tinggi2x dulu...

Quote:Original Posted By WeweGombelL
Ini saya rada aneh, yang ada sebelum mati justru malah di idle kan, saya biasanya matikan mobil saat ekxtrafan berhenti berputar, jadi klo pas berhenti ekstrafan masih berputar saya tunggu sampai mati, baru matiin mesin


Nah ini yg bener...
tapi kaga perlu tunggu, kipas mati dulu, juga nda apa kok...

setelah 2 jam-an (setelah termostart dingin), nanti kipas juga tdk akan nyala saat kunci kontak di "on" kan

Quote:Original Posted By Kesyara
Kalau utk busi, NGK yang platinum itu yang seri apa ? Seri 5 atau 6? Sebaiknya saya pake yang mana ya ? katanya kalo Platinum bisa lebih fokus apinya, tapi kata om wewe, sebaiknya pakai yang STD aja, lebih aman utk macet2 ria dalam kota..


kalo sy lebih rekomend pake yg 6 tuk antisipasi panas berlebih krn percikan api yg lebih besar dari busi standard.
Quote:Original Posted By adekempung
siang all,,siang om moderator..ane mau numpang jualan ya..sebelumnya dah minta ijin ke suhu yg punya..

yg mau ane jual velg jazz vtec R15 ET 45 lebar 5,5"..pake ban GT champiro 195/45/15..kondisi grip masih bgus,cm karna lama g kepake bagian pinggirnya retak2..


kalo ada yg minat please sms 08990376661..

trimakasih smua..smoga K3 tambah sukses..
cakeppp om mo dilepas berapa nih,,,

Quote:Original Posted By adejon
Misi om mau nanya mumun ane ko klo distarter ko ga langsung hidup ya? Butuh minim 3-5 kali coba ..Kira kira kenapa ya om, apa apa aja yg perlu di cek..
Tks..
setelan angin dan timing perlu dilihat ulang/diperiksa om

Quote:Original Posted By landak kaskus
Hallo, saya baru mau beli Karimun Estilo tahun 2007 biar istri bisa jemput anak pulang sekolah. maklum aja jaman sekarang kendaraan umum sering jadi sasaran kriminal. tadi siang barusan DP.
Pilihan saya jatuh kepada Karimun Estillo tahun 2007, dapat yg low km, sekitaran 24rb an.
Kira2 pertama2 saat nanti dibawa pulang apa yg musti dikerjakan yah?
yg harus dilakukan baca page 1 om...

Quote:Original Posted By obet88
Permisi om ,apa ada yg pernah buat kabel ground sendiri? Butuh berapa banyak ya?
Thanks
saya bikin gmaxx om tapi kalo mau bikin sendiri monggo titiknya yang kudu ditambahin ground ada di page one.

Quote:Original Posted By albogory
Assalamualaikum rekan-rekan...

Bismillah, syukur alhamdulillah tidak lupa saya sampaikan kepada Alloh SWT, karena atas limpahan rizki_Nya lah saya bisa membeli KARIMUN 2005 sekitar satu bulan yang lalu. semoga hal itu akan terus membawa kebaikan bagi saya dan keluarga saya kedepan.

sebelumnya tidak pernah terpikirkan dalam benak saya, bahwa suatu saat saya akan memiliki kendaraan roda 4. adalah kelahiran anak ke 2 yang memacu semangat saya untuk kemudian meningkatkan jumlah roda kendaraan dari roda 2 ke roda 4 . mohon doanya, semoga saya bisa segera lancar dalam mengendarainya

kenapa karimun?

maka jawaban saya pun sederhana. Karimun adalah pilihan ISTRI saya. dan atas pilihan istri saya tersebut saya ridho dan tidak ada kekecewaan sama sekali. (buat istri saya: I love You )

terus masalahnya apa?

pengetahuan saya tentang mobil (umumnya) karimun (khususnya) adalah 0. saya tidak mengerti bahwa sesuatu hal yang ringan atau berat tengah terjadi pada karimun saya. tetapi untungnya saya punya mertua yang punya pengetahuan standar tentang mobil. waktu mudik kemarin, mertua yang bawa karimun. Jadilah mertua yang bawa karimun ke bengkel langgananannya (dikampung) kemarin waktu mudik.

apakah itu cukup?

tentu tidak! saya punya angan-angan, bahwa suatu saat nanti saya akan tahu sedikit ke banyak tentang karimun baik itu dari segi performa mesin, ac, audio, dan acesoris lainnya. angan itu harus saya gapai karena yang ada digarasi rumah saat ini adalah karimun, bukan yang lain. kemudian atas angan-angan saya itu, saya mesti mulai dari mana? karena ketika saya membaca dari page ke page forum ini, maka saya tahu bahwa saya tidak tahu. pengetahuan saya atas ketidatahuan saya ini lah yang akan menjadi modal belajar saya.

selanjutnya apa?

Dengan segala kerendahan hati dan tanpa mengurangi rasa hormat saya kepada seluruh penghuni forum ini, saya mengetuk pintu. saya meminta ijin untuk ikut belajar melalui forum ini.

(albogory/cibinong)

Welkom om , mari kita belajar bersama sama.
Quote:Original Posted By albogory
Siap Om... siap belajar demi masa depan. btw keuntungan pke stikernya apa aja om...hehehhee....
bengkel yang di simpangan depok itu (minta alamat lengkapnya dong om)
sama shop and drive itu juga yang mana sih om? ane ga ngerti sama sekali nih... trus klo jenis oli yang kyk disampein di pejwan semua ada disana ya om?
maksudnya keuntungan pake sticker apa yah om?
kalo ketemu temen se K3 bisa saling sapa om, sebagai pertanda diskon kalo ke KMK, kudamas , beres cempaka putih. oli gear 75/90 hanya ada di om Edoar om...

Quote:Original Posted By obet88
Permisi om mau tanya nih, kalo saya jalan masuk gigi 1 dan pindah ke gigi 2 kok suka ndut- ndutan ya? Apa ada yg kurang setelannya ato saya yg salah caranya?Thanks
biasanya setelan idle upnya gak bener om... service ajah karbunya..

Quote:Original Posted By ovenpaint
sapa tau agan-agan ada yang perlu perbaikan body mobilnya , dr poles,atau kesenggol , tabrak parah ,dll kita balikkin seperti semula dengan bahan oven berkualitas tp harga bergaransi dijamin lah
boleh ditaru di page one barangkali butuh ud beberapa juga anak k3 main ke bengkel kita skrg jga ada yang jadi pasien
Alamatnya
http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=15048770
maksudnya anak K3 siapa yah Gan dan Idnya berapa, dan gak bisa seenaknya minta ditaruh di page one ya Gan.

Quote:Original Posted By Pangeran Dandan
Misi agan2
Saya br mw ambil kredit mobil ,, rencananya mau ambil karimun buat istri
Budget max di 80 jt
Yg penting maintenance -nya gampang n gak Mahal
Ada rekomen type apa ygm cocok ? Antara dx gx atau estilo ?
Trus bead karimun estilo standar sama ygm vxi Tu apa aja ya?
Makasi agan2
silakan Lihat2 om..... http://www.kaskus.co.id/showthread.p...#post744987171

Quote:Original Posted By rifrazzin
om Yan mhn izin ya...
saya mau jual boskit/adapter setir merk hkb sport2 versi ou-171 (cocok untuk karimun kotak dan baleno)
fungsinya sebagai adapter wheeling setir aftermarket bagi temen2 yg mau ganti setir orinya sama setir costum
barangnya baru, ori made in japan, blm dibuka dr dus nya, rencananya tadinya mau dipake sendiri< tp krn blm nemu setir costum yg di mau, jdnya di tunda dulu deh...jd dijual dulu aja deh boskitnya
silakan yg minat pm aja ya

om Kebetulan om Yan butuh tuh, japri ajah, kalo mo setir Momo Genuine silakan ke Om DK , Beliau lagi punya beberapa koleksi Momo aseli dengan harga dibawah 1 jt..

Upgrade Suzuki Karimun Classic:[/B]
1. Pulley Custom Versi 2.
2. Peringan kopeling.
3. Exhaust set by Kota Mas Knalpot.
4. Jacobs Ultra Coil.
5. Kabel Busi MSD.
6. Custom Open Air Filter.
7. Speedspark9R atau MSD6AL + Tachometer Adapter
8. Vacuum advancer / Delco Daihatsu Espass
9. Valen Sport Damper.
10. Ground Maxx - Gmaxx.
11. EXR Volt stabilizer.
12. Relay lampu Mx11 + Lampu Osram Allseason 55/60 watt.
13. Busi NGK BP6EGP platinum, Bosch Ir Fusion.
14. Shock Absorber Kayaba Excel G Depan + Belakang
15. Kaca spion samping Toyota Kijang Kapsul SX Original.
16. Sepatu Rem Bendix General Ceramic Technologies, Metal King Titanium
17. Oli mesin Castrol Magnatec 10/40
18. Oli transmisi sainz 75/90


Misi om mau tanya urutan komporan diatas dari yg skala prior ke minor untuk MM ane? mau mulai dr mana,ane bru pinang MM soalnya biar ga saling overlap maksutnya komporany..
Oiya dr laporan istri ane (MM kebetulan di daerah dipake istri) pas masukin gigi mundur ko sering bunyi krek2 ky benturan roda gigi padal kopling udh diinjek pol.mohon pencerahannya om..
Quote:Original Posted By albogory
klo misal kita ke bengkel, terus oli nya ga ada atau abis kyk diatas, ada saran oli yang lain ga om? apa memang saklek harus yang itu? Sainz itu merk olinya kan om? sedangkan 10w-40/75w-90 apanya? apa boleh beda merk asalkan kode 10w-40/75w-90?


Quote:Original Posted By botaxbyadab
kalo menurut saya om, ini bukan masalah merk...dan memang untuk karimun make oli mesin 10W/40, kalo merk silahkan sesuai keinginan om, perlu diingat bahwa masing masing merk pasti punya keunguulan masing masing...n jangan lupa prinsip OROR (ono rego ono rupo), CMIIW


seperti yg dibilang om botax, yg penting tuk oli mesin dan transmisi pake SAE yg sesuai dgn ketentuan pabrik/ATPM.

oli mesin banyak pilihan, ada sainz genius, sainz dynamic, shell HX-7, total quarts 7000, castrol magnetec, fastron dll.

oli trasnmisi, cuma seikit pilihannya, ada sainz gear, shell spirax 75w-90, total gear 75w-90.
jika sulit mendapatkan oli tersebut, masih bisa pake yg 80w-90.
hanya perpindahan gigi jadi sedikit keras/berat

dan yg paling penting pastikan oli yg kita beli ASLI dari tempat terpercaya..

kebetulan saja yg sy jual merk sainz.

SAE 10-40 dan 75-90 adalah ukuran kekentalan oli..

Quote:Original Posted By albogory
related to om edoar's post, buku pintar yang kayak apa isinya sih om?


buku katalog spare part dan buku manual service om...
Quote:Original Posted By adejon
Upgrade Suzuki Karimun Classic:[/B]
1. Pulley Custom Versi 2.
2. Peringan kopeling.
3. Exhaust set by Kota Mas Knalpot.
4. Jacobs Ultra Coil.
5. Kabel Busi MSD.
6. Custom Open Air Filter.
7. Speedspark9R atau MSD6AL + Tachometer Adapter
8. Vacuum advancer / Delco Daihatsu Espass
9. Valen Sport Damper.
10. Ground Maxx - Gmaxx.
11. EXR Volt stabilizer.
12. Relay lampu Mx11 + Lampu Osram Allseason 55/60 watt.
13. Busi NGK BP6EGP platinum, Bosch Ir Fusion.
14. Shock Absorber Kayaba Excel G Depan + Belakang
15. Kaca spion samping Toyota Kijang Kapsul SX Original.
16. Sepatu Rem Bendix General Ceramic Technologies, Metal King Titanium
17. Oli mesin Castrol Magnatec 10/40
18. Oli transmisi sainz 75/90


Misi om mau tanya urutan komporan diatas dari yg skala prior ke minor untuk MM ane? mau mulai dr mana,ane bru pinang MM soalnya biar ga saling overlap maksutnya komporany..
Oiya dr laporan istri ane (MM kebetulan di daerah dipake istri) pas masukin gigi mundur ko sering bunyi krek2 ky benturan roda gigi padal kopling udh diinjek pol.mohon pencerahannya om..


fokus upgrade dimana dulu om...

1. Pulley Custom Versi 2 (wajib...segera PM om HT) fungsinya ngurangin hentakan pada saat AC on, pasti berasa bgt om...
2. Exhaust set by Kota Mas Knalpot (kalo menurut saya ini juga wajib), fungsinya untuk nambah torsi, di tarikan bawah berasa bgt om....
3. Open Ar Filter + KNN filter (hampir sama dengan no 2 fungsinya, kalo yang no.2 untuk output, yang ini untuk input)

CMIIW
Quote:Original Posted By adejon
Upgrade Suzuki Karimun Classic:[/B]
1. Pulley Custom Versi 2.
2. Peringan kopeling.
3. Exhaust set by Kota Mas Knalpot.
4. Jacobs Ultra Coil.
5. Kabel Busi MSD.
6. Custom Open Air Filter
7. Speedspark9R atau MSD6AL + Tachometer Adapter
8. Vacuum advancer / Delco Daihatsu Espass
9. Valen Sport Damper.
10. Ground Maxx - Gmaxx.
11. EXR Volt stabilizer.
12. Relay lampu Mx11 + Lampu Osram Allseason 55/60 watt.
13. Busi NGK BP6EGP platinum, Bosch Ir Fusion.
14. Shock Absorber Kayaba Excel G Depan + Belakang
15. Kaca spion samping Toyota Kijang Kapsul SX Original.
16. Sepatu Rem Bendix General Ceramic Technologies, Metal King Titanium
17. Oli mesin Castrol Magnatec 10/40
18. Oli transmisi sainz 75/90


Misi om mau tanya urutan komporan diatas dari yg skala prior ke minor untuk MM ane? mau mulai dr mana,ane bru pinang MM soalnya biar ga saling overlap maksutnya komporany..
Oiya dr laporan istri ane (MM kebetulan di daerah dipake istri) pas masukin gigi mundur ko sering bunyi krek2 ky benturan roda gigi padal kopling udh diinjek pol.mohon pencerahannya om..


1. Pulley Custom Versi 2.

2. Exhaust set by Kota Mas Knalpot.

3. Sepatu Rem Bendix General Ceramic Technologies, Metal King Titanium

4. Custom Open Air Filter

itu dulu aja om yg utama sesuai urutan, yg lain setelah ke-4 part tersebut di upgrade...
tuk nomor 17 dan 18, disesuaikan dgn jadwal perawatan saja,.

kalo ada bunyi "kreekk" saat masuk gigi, di coba sbelum geser ke gigi mundur injek koplingnya 2x sampe mentok, bisa juga oli gear yg dipake kaga cocok.
Quote:Original Posted By albogory
biasanya langsung meluncur kesana atau harus call dulu om inal? klo cuma mau ikutin saran kemarin di pejwan, ga pke opname kan om? maap om inal, ada no telp Hendy Jaya Autoworks?





langsung aja om, kalo no telp bengkel HJ ane ga punya om, kalo mau datang bilang aja temannya Handry yang pake karimun silver cibinong.. ga janji nama ane membawa diskon ya tapi disana ownernya baik kok sambil nungguin ganti oli ente bebas tanya-tanya seputar mobil..

kebetulan minggu kemarin baru dari sana nanya harga oli, disana oli mesin castrol magnatec yang 10-40 harganya 235rb/4 liter
di Shop n Drive kena 295rb/4 liter
mumun pake nya 3 liter atau 3.5liter kalo ganti filter oli nya
oli transmisi nya lupa nanya, soalnya belom waktunya

mengenai opnam apa nggaknya mari kita estimasikan bersama:

Quote:Original Posted By yanbudiman

Jika service record tidak terlacak;
1. Ganti semua Oli, (oli mesin Pake SAE10w/40, Oli transmisi pake Shell Spirax 75w/90.)
2. Ganti timing belt set, periksa waterpump sekalian.
3. Service karburator (semprot pake carbjet atau sejenisnya), setel timing 8-10 derajat.
4. Setel klep in 15 - out 20, kalo yg seneng ngebut silakan coba di setelan in 20 dan out 25..
5. Kalo mobil kurang sehat alias knalpot ngebul silakan beli Nano Energizer cemplungin ke Oli, ini akan sangat mambantu...
6. Lainnya tergantung keluhan masing-masing penyakit...


1. sekitar 1 jam
2. sekitar 2 jam
3&4. sekitar 1 jam (tune up)
5 tinggal cemplungin doang
6. tentative

jadi kalo ente masukin mobil siang, insya Allah sore udah kelar om
kalo masih ada budget lagi ente bisa cek radiator sekalian, yang enak sih minggu dari pagi hehehe.. ane juga mau service radiator nih

ente cibinongnya di mana om?
Quote:Original Posted By edoar
seperti yg dibilang om botax, yg penting tuk oli mesin dan transmisi pake SAE yg sesuai dgn ketentuan pabrik/ATPM.

oli mesin banyak pilihan, ada sainz genius, sainz dynamic, shell HX-7, total quarts 7000, castrol magnetec, fastron dll.

oli trasnmisi, cuma seikit pilihannya, ada sainz gear, shell spirax 75w-90, total gear 75w-90.
jika sulit mendapatkan oli tersebut, masih bisa pake yg 80w-90.
hanya perpindahan gigi jadi sedikit keras/berat

dan yg paling penting pastikan oli yg kita beli ASLI dari tempat terpercaya..

kebetulan saja yg sy jual merk sainz.

SAE 10-40 dan 75-90 adalah ukuran kekentalan oli..

thanks om, ane paham sekarang. merk bisa apa saja, asal kekentalan oli sesuai dengan yang dipersyaratkan dari pabrikan

Quote:Original Posted By inalvaganza
langsung aja om, kalo no telp bengkel HJ ane ga punya om, kalo mau datang bilang aja temannya Handry yang pake karimun silver cibinong.. ga janji nama ane membawa diskon ya tapi disana ownernya baik kok sambil nungguin ganti oli ente bebas tanya-tanya seputar mobil..

kebetulan minggu kemarin baru dari sana nanya harga oli, disana oli mesin castrol magnatec yang 10-40 harganya 235rb/4 liter
di Shop n Drive kena 295rb/4 liter
mumun pake nya 3 liter atau 3.5liter kalo ganti filter oli nya
oli transmisi nya lupa nanya, soalnya belom waktunya

ente cibinongnya di mana om?


ane dah dapat no telp HJA gan, dari mbah gugel. moga2 hari sabtu/minggu bisa meluncur kesana. mungkin cuma ganti oli mesin&transmisi; sama service karbu & setel klep dulu.... klo ngerjain itu dulu aja, estimasi habis berapa duit itu ya?

ane di perum bogor asri om... daerah nanggewer situ
Quote:Original Posted By adejon
Upgrade Suzuki Karimun Classic:[/B]
1. Pulley Custom Versi 2.
2. Peringan kopeling.
3. Exhaust set by Kota Mas Knalpot.
4. Jacobs Ultra Coil.
5. Kabel Busi MSD.
6. Custom Open Air Filter.
7. Speedspark9R atau MSD6AL + Tachometer Adapter
8. Vacuum advancer / Delco Daihatsu Espass
9. Valen Sport Damper.
10. Ground Maxx - Gmaxx.
11. EXR Volt stabilizer.
12. Relay lampu Mx11 + Lampu Osram Allseason 55/60 watt.
13. Busi NGK BP6EGP platinum, Bosch Ir Fusion.
14. Shock Absorber Kayaba Excel G Depan + Belakang
15. Kaca spion samping Toyota Kijang Kapsul SX Original.
16. Sepatu Rem Bendix General Ceramic Technologies, Metal King Titanium
17. Oli mesin Castrol Magnatec 10/40
18. Oli transmisi sainz 75/90


Misi om mau tanya urutan komporan diatas dari yg skala prior ke minor untuk MM ane? mau mulai dr mana,ane bru pinang MM soalnya biar ga saling overlap maksutnya komporany..
Oiya dr laporan istri ane (MM kebetulan di daerah dipake istri) pas masukin gigi mundur ko sering bunyi krek2 ky benturan roda gigi padal kopling udh diinjek pol.mohon pencerahannya om..


Merah = Priority
Kuning = Non Priority
Hijau = Pelengkap aja
Gan istri ane minta dicariin mobil karimun estillo 2007. Nah di thread yang jual karimun estillo ada yang nulis sudah ada rpm di dashboard. Nah apa bedanya tu gan yang ada rpm dan gak ada rpm di dashboardnya ? ada pengaruhnya gak ama performance mobil? ama harga ada bedanya gak gan, misalnya pas beli baru tahun 2007 yang ada penunjuk RPM lebih mahal dibandingkan yang blm ada. Tolong ya gan jawabannya. Makasih gan
Quote:Original Posted By edoar
sperti yg dibilang om tamu..
kemungkinan pernah rusak saklar di kolom stir jadi dirubah...
seharusnya tombol yg dibawah kisi2 ac kanan, tdk ada tuk lampu jauh.
urutannya sperti yg di post ma om tamu...

kaga perlu om...
masuk garasi, biarkan idle beberapa saat dan matikan saja..
kaga perlu di gas tinggi2x dulu...

Nah ini yg bener...
tapi kaga perlu tunggu, kipas mati dulu, juga nda apa kok...
setelah 2 jam-an (setelah termostart dingin), nanti kipas juga tdk akan nyala saat kunci kontak di "on" kan

Ooo jadi ndak perlu ya..
Saya juga suka nunggu extra-fan padam dulu, mungkin alasannya oom Wewe sama dgn saya: yaa paling tdk sesuatu yg panas didinginkan lah dulu, setelah aki tersedot memutar extra-fan ada kesempatan utk "mengisi", toh semua ini "tdk lama".. CMIIW..

Makasi kirimannya oom Edo..
Quote:Original Posted By elangdewa
Gan istri ane minta dicariin mobil karimun estillo 2007. Nah di thread yang jual karimun estillo ada yang nulis sudah ada rpm di dashboard. Nah apa bedanya tu gan yang ada rpm dan gak ada rpm di dashboardnya ? yang nggak ada RPMnya edisi paling pertama estilo keluar omada pengaruhnya gak ama performance mobil? ga ada pengaruhnya, cuma nanti nggak bisa liat RPM kurang sreg, emangnya kita naik bajaj ama harga ada bedanya gak gan, misalnya pas beli baru tahun 2007 yang ada penunjuk RPM lebih mahal dibandingkan yang blm ada. lebih mahal dikit, paling 2-3 juta om...soalnya harga Spedonya segituanTolong ya gan jawabannya. Makasih gan