maowanAvatar border
TS
maowan
Apple Kalah di Jepang Melawan Samsung
Bukti no repost





TOKYO—Boleh saja Apple Inc menang di pengadilan Amerika Serikat melawan Samsung Elec­tronics Co, tapi tidak di pengadil­an di Jepang.
Apple kalah dalam gu­­gatan paten di Jepang setelah hakim di Tokyo memutuskan bah­­­wa smartphone dan komputer tablet Sam­sung tidak melanggar penemuan Apple untuk sinkronisasi data mu­­sik dan video de­­ngan server.

Hakim Distrik Tokyo Tamotsu Shoji memerintahkan Apple un­­tuk membayar biaya gugatan se­­telah putusan yang dibacakan, Jumat (31/8).

Hal itu adalah keputusan terbaru dalam sengketa global antara raksasa teknologi terkait paten yang digunakan dalam perangkat mo­­bile. Saham Samsung naik, menghapus kerugian sebe­lum­nya.

“Sulit untuk percaya bahwa produk itu mirip teknologi penga­du,” kata Shoji ketika memba­tal­kan kasus Apple.

Apple dan Samsung sedang bertarung pada pasar smartphone, yang diperkirakan oleh Bloomberg bernilai US$219 miliar tahun lalu, dengan sengketa paten yang berlangsung di empat benua.

Apple memenangi vonis US$1,05 miliar di pengadilan AS pada 24 Agustus, setelah juri menemukan bahwa perusahaan asal Suwon, Korea Selatan itu melanggar enam dari tujuh paten untuk perangkat mobile. Kedua perusahaan masih terikat oleh kesepakatan komersial yang terkait pasokan komponen.

Pembuat iPhone itu menggugat Samsung di Tokyo tahun lalu dengan mengklaim bahwa Galaxy S, Galaxy Tab dan Galaxy S II me­­langgar paten soal sinkronisasi, dan berusaha mendapatkan ganti rugi 100 juta yen (US$1,3 juta).

“Samsung menyambut baik keputusan tersebut,” kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan. Adapun, Carolyn Wu, juru bi­­ca­ra Apple, menolak memberikan komentar.

Saham perusahaan Korea Sela­tan naik 1,6% setelah keputusan itu, dan diperdagangkan pada 1,227 juta won pada pukul 14:08 di Seoul.

sumber Bloomberg
emoticon-Blue Guy Cendol (L)
0
2.4K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan