KASKUS

Quote:Original Posted By silsimenemoic
agan agan semua,

sebelumnya ane ucapin minal aidzin walfaidzin,

pas kemaren pulang mudik, grandia ane kalo nyalain lampu dim, engine kerasa drop, central lock kebuka dan indikator engine serta A/T nya nyala, kaya mobil habis mati, alhasil ga berani nyalain lampu dim,
kira kira apa penyebabnya yah? makasih


Kayanya di kelistrikan High Beam Headlamp Kuda Agan tuh ada hubungan arus pendek aka. korsleting tuh Gan...
Bisa jadi di kabel positifnya ada yg terbuka & kena body..mungkin loh ya...

Kuda Agan A/T kan ?
Berarti mesinnya bensin 2.0 MPi yg notabene electrical system-nya terintegrasi di ECU..otomatis kalo ada masalah electrical mempengaruhi sistim di ECU-nya & berdampak ke komponen electrical lain yg terhubung ma ECU...

Saran Ane sih mending buru 2x Agan cek sistim kelistrikan headlampnya di bengkel, daripada kalo dibiarin lama 2x bisa merembet kerusakannya ke kelistrikan komponen lainnya & paling parah kalo sampe nanti ECU-nya juga kena...
Quote:Original Posted By rantanplanz
Walau telat, Ane mo ngucapin dulu buat Agan 2x yg merayakan :
"Met Hari Raya Idul Fitri...mohon maaf lahir & batin"




kemana saja gan lama tidak bersua?

Quote:Original Posted By widisakti
Assalamualaikum, salam sejahtera.
Bung Faca & para joki, saya ingin tahu setelan angin karburator KUBEN GLX2002.
Dimana ya letaknya, tolong gambar sketnya / photo klo ada.
Trims.

agan rantan pasti lebih paham nih karena kadang sering ngoprek dan main ke bengkel. ane hanya tahu pakai saja gan, part-part mesin juga sebagian tidak tahu nama dan fungsiny
Quote:Original Posted By rantanplanz
Sekedar share Gan...

Kuda diesel Ane kebetulan udah ganti Shock Absorber ( SA ) aftermarket merk KAYABA :
  • Depan :
    Merk KAYABA Gas-A-Just ( jenis gas, buatan Kayaba Jepang )
    Spoiler for "penampakan :":

  • Belakang :
    Merk KAYABA Ultra ( SP Series ) - KYSU SP8403 ( jenis gas, buatan Kayaba Indonesia )
    Spoiler for "penampakan :":


Kuda diesel Ane lebih sering buat jalan jauh..lebih sering bawanya santai ( max. rata 2x cuma 100 km/jam ), lewat kondisi jalan yg umumnya mulus dengan muatan ( termasuk kondisi solar full tank ) yg gak berat...
Dengan SA tsb selama ini sih Kuda Ane menurut Ane cukuplah untuk stabilitas & kenyamanannya, walau ga bisa dibilang nyaman banget...

Kalo pendapat Ane sih sebenernya pemilihan SA pengganti kudu disesuaikan dengan kebutuhan & karakter dalam penggunaan kendaraan masing 2x, juga faktor lain dari kendaraan yg ikut mempengaruhinya..+ yg ga bisa dilupain juga kudu disesuaiin ma isi kantong masing 2x...



Standar apa nih Gan ?
Standar sesuai keluaran pabriknya alias OEM ?

Kalo keluaran pabriknya memang pake merk Kayaba, tapi jenisnya oli & tipe single action..
Tapi walaupun jenis oli & single action, tapi spec-nya heavy duty punya loh ( sesuai dgn yg tercantum dalam Owner's Manual Book - Mits. Kuda ).

Sedangkan yg aftermarket umunya adalah jenis gas & tipe double action.
Merknya macem 2x..ada SBM, Kayaba, Tokico, Monroe, Bilstein, dll...

Khusus untuk merk Kayaba jenis gas pun ada banyak variannya, al. :
  • Kayaba Ultra ( SP Series - buatan Indonesia )
  • Kayaba Ultra ( SR Series - buatan Jepang ).
  • Kayaba Excell-G ( buatan Indonesia ).
  • Kayaba Excell-G ( buatan Jepang ).
  • Kayaba Premium ( buatan Jepang ).
  • Kayaba AGX ( buatan Jepang ).
  • Kayaba Gas-A-Just ( buatan Jepang ).
  • Kayaba X-Drive ( buatan Jepang ).

Sedangkan khusus untuk merk Bilstein juga ada variannya, al. :
  • Bilstein warna kuning-biru.
  • Bilstein warna hitam.

Menurut Ane merk Bilstein recommended juga koq buat Mits. Kuda..cuma ya siap 2x juga buat harganya yg lumayan mahal.
Merk Bilstein buat Mits. Kuda bisa ( all - depan-belakang, kanan-kiri, totalnya bisa kena antara Rp 3.000.000 - Rp 5.000.000 ).

Sekedar info ukuran standar merk Kayaba Ultra ( SP Series ) buat Mits. Kuda :
  • Depan : Kayaba Ultra ( SP Series ) - KYSU-SP8428Z > harga Rp 350.000 - Rp 400.000 / set ( kanan-kiri )
  • Belakang : Kayaba Ultra ( SP Series ) - KYSU-SP8429Z > harga Rp 325.000 - Rp 350.000 / set ( kanan-kiri )


Nahhh, kalo yg Ane pake buat SA belakang Kuda Diesel Ane, merk KAYABA Ultra ( SP Series ) - KYSU SP8403, tuh sebenernya sesuai ukuran standarnya Isuzu Panther...
Bedanya lebih panjang sekitar 2 cm dari yg buat Mits. Kuda, baik saat lagi up maupun saat lagi down...



Wah,,
thanks banget gan info lengkapnya
ane sih rencana mau ganti yang depannya aja dulu, soalnya udah bocor sebelah
berarti pake yang tipe Kayaba Ultra ( SP Series ) - KYSU-SP8428Z yia

perlu dicatet nih tipenya, ane kirain SA tuh universal bisa dipake di semua mobil
ternyata beda2 ukurannya yia

cek kulkas om, ada yang seger2
Quote:Original Posted By rantanplanz


Kayanya di kelistrikan High Beam Headlamp Kuda Agan tuh ada hubungan arus pendek aka. korsleting tuh Gan...
Bisa jadi di kabel positifnya ada yg terbuka & kena body..mungkin loh ya...

Kuda Agan A/T kan ?
Berarti mesinnya bensin 2.0 MPi yg notabene electrical system-nya terintegrasi di ECU..otomatis kalo ada masalah electrical mempengaruhi sistim di ECU-nya & berdampak ke komponen electrical lain yg terhubung ma ECU...

Saran Ane sih mending buru 2x Agan cek sistim kelistrikan headlampnya di bengkel, daripada kalo dibiarin lama 2x bisa merembet kerusakannya ke kelistrikan komponen lainnya & paling parah kalo sampe nanti ECU-nya juga kena...


Iyah gan Rantaplaz, sabtu besok ane cek ke bengkel deh, ini kejadian setelah ane service ac sama benerin relaynya extra fan depan.
kondisi sekarang kalo ac di nyalain, jam yang di dashboard jadi redup sinarnya
Quote:Original Posted By rantanplanz
Sekedar share Gan...

Kuda diesel Ane kebetulan udah ganti Shock Absorber ( SA ) aftermarket merk KAYABA :
  • Depan :
    Merk KAYABA Gas-A-Just ( jenis gas, buatan Kayaba Jepang )
    Spoiler for penampakan ::

  • Belakang :
    Merk KAYABA Ultra ( SP Series ) - KYSU SP8403 ( jenis gas, buatan Kayaba Indonesia )
    Spoiler for penampakan ::


Kuda diesel Ane lebih sering buat jalan jauh..lebih sering bawanya santai ( max. rata 2x cuma 100 km/jam ), lewat kondisi jalan yg umumnya mulus dengan muatan ( termasuk kondisi solar full tank ) yg gak berat...
Dengan SA tsb selama ini sih Kuda Ane menurut Ane cukuplah untuk stabilitas & kenyamanannya, walau ga bisa dibilang nyaman banget...

Kalo pendapat Ane sih sebenernya pemilihan SA pengganti kudu disesuaikan dengan kebutuhan & karakter dalam penggunaan kendaraan masing 2x, juga faktor lain dari kendaraan yg ikut mempengaruhinya..+ yg ga bisa dilupain juga kudu disesuaiin ma isi kantong masing 2x...




Standar apa nih Gan ?
Standar sesuai keluaran pabriknya alias OEM ?

Kalo keluaran pabriknya memang pake merk Kayaba, tapi jenisnya oli & tipe single action..
Tapi walaupun jenis oli & single action, tapi spec-nya heavy duty punya loh ( sesuai dgn yg tercantum dalam Owner's Manual Book - Mits. Kuda ).

Sedangkan yg aftermarket umunya adalah jenis gas & tipe double action.
Merknya macem 2x..ada SBM, Kayaba, Tokico, Monroe, Bilstein, dll...

Khusus untuk merk Kayaba jenis gas pun ada banyak variannya, al. :
  • Kayaba Ultra ( SP Series - buatan Indonesia )
  • Kayaba Ultra ( SR Series - buatan Jepang ).
  • Kayaba Excell-G ( buatan Indonesia ).
  • Kayaba Excell-G ( buatan Jepang ).
  • Kayaba Premium ( buatan Jepang ).
  • Kayaba AGX ( buatan Jepang ).
  • Kayaba Gas-A-Just ( buatan Jepang ).
  • Kayaba X-Drive ( buatan Jepang ).

Sedangkan khusus untuk merk Bilstein juga ada variannya, al. :
  • Bilstein warna kuning-biru.
  • Bilstein warna hitam.
Menurut Ane merk Bilstein recommended juga koq buat Mits. Kuda..cuma ya siap 2x juga buat harganya yg lumayan mahal.
Merk Bilstein buat Mits. Kuda bisa ( all - depan-belakang, kanan-kiri, totalnya bisa kena antara Rp 3.000.000 - Rp 5.000.000 ).

Sekedar info ukuran standar merk Kayaba Ultra ( SP Series ) buat Mits. Kuda :
  • Depan : Kayaba Ultra ( SP Series ) - KYSU-SP8428Z > harga Rp 350.000 - Rp 400.000 / set ( kanan-kiri )
  • Belakang : Kayaba Ultra ( SP Series ) - KYSU-SP8429Z > harga Rp 325.000 - Rp 350.000 / set ( kanan-kiri )


Nahhh, kalo yg Ane pake buat SA belakang Kuda Diesel Ane, merk KAYABA Ultra ( SP Series ) - KYSU SP8403, tuh sebenernya sesuai ukuran standarnya Isuzu Panther...
Bedanya lebih panjang sekitar 2 cm
dari yg buat Mits. Kuda, baik saat lagi up maupun saat lagi down...

sebelumnya ane ngucapin Met Idul Fitri buat yg merayakan. mohon maaf lahir batin.

@gan rantan gan mo tanya
klo ngelewatin garis kejut seperti mau masuk masuk gerbang tol ato mendekati perlintasan kereta api dashbord bunyi smua grodag2..... apa ciri SA udah mati ya? ato emang karakter kuda gitu?
agan make standar panther yg lebih panjang 2cm gitu pas masang susah ga? apa perlu modif dudukannya ato tinggal pasang aja?

btw bagian bawah kliatan warna item dove gitu apa abis di cat yah gan? kliatan bersih bener :
Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir & batin

Para master kuda yg terhormat,
Tgl 19 ane mudik ke Ponorogo (Jatim) bawa kuben superexeed 1.6 th 2000, kondisi jalan ternyata masih macet terutama pantura. Nah disini mulai muncul permasalahan antara lain:

1. RPM biasanya 600-800 tiba-tiba naik di angka 1000.
2. Kalo mesin dimatikan tidak langsung mati.
3. Oli mesin sedikit berkurang (pake oli Prima XP) padahal knalpot tdk ngebul, total jarak yg saya tempuh sekitar 1.750 km (jkt-ponorogo-jkt)

Mohon pencerahan para master kuda sekalian, kira2 apa permasalahannya. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.
Quote:Original Posted By theyul
Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir & batin

Para master kuda yg terhormat,
Tgl 19 ane mudik ke Ponorogo (Jatim) bawa kuben superexeed 1.6 th 2000, kondisi jalan ternyata masih macet terutama pantura. Nah disini mulai muncul permasalahan antara lain:

1. RPM biasanya 600-800 tiba-tiba naik di angka 1000.
2. Kalo mesin dimatikan tidak langsung mati.
3. Oli mesin sedikit berkurang (pake oli Prima XP) padahal knalpot tdk ngebul, total jarak yg saya tempuh sekitar 1.750 km (jkt-ponorogo-jkt)

Mohon pencerahan para master kuda sekalian, kira2 apa permasalahannya. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.


Coba saya beri opini Gan, CMIIW
1. Beberapa kemungkinan sih, coba cek kabel gas apakah terlalu tegang, mgkn jg ada yg nyangkut di dkt pedal gas. ada baiknya di test dengan kabel gas dilepas dr karbu. kemungkinan kedua, ada kebocoran udara, biasanya yg mesti dicek antara karbu sampai ke intake manifold. Plg gampang cek selang vakum dulu apa ada yg lepas.
2. Itu efek dr no.1, istilahnya dieseling, penyebabnya krn idle terlalu tinggi atau stelan kurang pas.
3. Berkurangnya seberapa banyak?kl kurang dr 0.5lt mnrt sy msh normal koq. Pd dasarnya tiap engine pasti sdkt mengkonsumsi oli. Dl saya pake merk eropa, kbtlan mereka jujur mengenai mslh oil consumption ini, sampe ditulis di haynes segala
Quote:Original Posted By FaCa_Bdg



kemana saja gan lama tidak bersua?


Iya Gan...
Sorry nih, lagi sibuk ngejar jadwal project...



Quote:Original Posted By theyul
Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir & batin

Para master kuda yg terhormat,
Tgl 19 ane mudik ke Ponorogo (Jatim) bawa kuben superexeed 1.6 th 2000, kondisi jalan ternyata masih macet terutama pantura. Nah disini mulai muncul permasalahan antara lain:

  1. RPM biasanya 600-800 tiba-tiba naik di angka 1000.
  2. Kalo mesin dimatikan tidak langsung mati.
  3. Oli mesin sedikit berkurang (pake oli Prima XP) padahal knalpot tdk ngebul, total jarak yg saya tempuh sekitar 1.750 km (jkt-ponorogo-jkt)


Mohon pencerahan para master kuda sekalian, kira2 apa permasalahannya. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.


Quote:Original Posted By MSO1512NVG
Coba saya beri opini Gan, CMIIW
  1. Beberapa kemungkinan sih, coba cek kabel gas apakah terlalu tegang, mgkn jg ada yg nyangkut di dkt pedal gas. ada baiknya di test dengan kabel gas dilepas dr karbu. kemungkinan kedua, ada kebocoran udara, biasanya yg mesti dicek antara karbu sampai ke intake manifold. Plg gampang cek selang vakum dulu apa ada yg lepas.
  2. Itu efek dr no.1, istilahnya dieseling, penyebabnya krn idle terlalu tinggi atau stelan kurang pas.
  3. Berkurangnya seberapa banyak?kl kurang dr 0.5lt mnrt sy msh normal koq. Pd dasarnya tiap engine pasti sdkt mengkonsumsi oli. Dl saya pake merk eropa, kbtlan mereka jujur mengenai mslh oil consumption ini, sampe ditulis di haynes segala.



Sekedar nambahin aja Gan di point :

@ 2. :
Gejala ini biasanya disebut running onGan...
Umumnya kalo abis perjalanan jauh mesin jadi panas. Dalam kondisi ini biasanya ujung elektroda busi juga terlampau panas, sehingga saat mesin dimatikan ujung busi masih berpijar...
Apalagi ditambah kondisi idle yg terlalu tinggi kayak yg disampein Agan MSO1512NVG, otomatis suplai bensin & udara dari karburator jadi tinggi sehingga biasanya pada saat mesin dimatiin masih ada sisa uap bensin yg masih tersisa & akhirnya terbakar di ruang pembakaran krn ujung elektroda busi tadi pun masih berpijar...


@ 3. :
Ngecek oli mesinnya kapan Gan ?
Apakah pada saat mesin baru aja dimatiin setelah menempuh perjalanan ?
Kalo iya, berarti sisa 2x oli mesin belum seluruhnya turun ke bak / karter oli. Otomatis pada saat dicek pada dipstick, indikator menunjukkan jumlah oli yg tidak sesuai dengan seharusnya...

Cara menyetel RPM, Idle dan Idle Up di Karburator...

Quote:Original Posted By widisakti
Assalamualaikum, salam sejahtera.
Bung Faca & para joki, saya ingin tahu setelan angin karburator KUBEN GLX2002.
Dimana ya letaknya, tolong gambar sketnya / photo klo ada.
Trims.


Quote:Original Posted By FaCa_Bdg

agan rantan pasti lebih paham nih karena kadang sering ngoprek dan main ke bengkel. ane hanya tahu pakai saja gan, part-part mesin juga sebagian tidak tahu nama dan fungsiny



Waduhhh...
Kalo Karburator beberapa mobil merk lain sih Ane pernah liat Gan...
Tapi jujur aja, kalo Karburator Mits. Kuda 1.6 - Bensin Ane belom pernah liat bentuknya Gan...

Eniwei, Ane coba bantu copas nih dari forum sebelah soal cara menyetel RPM, Idle & Idle Up di Karburator nih...
Mudah 2x-an aja bisa bantu pencerahan ma Agan 2x penunggang Mits. Kuda 1.6 - Bensin...

Spoiler for Cara menyetel RPM, Idle dan Idle Up di Karburator...:
Quote:Original Posted By emotz
Wah,,
thanks banget gan info lengkapnya
ane sih rencana mau ganti yang depannya aja dulu, soalnya udah bocor sebelah.
berarti pake yang tipe Kayaba Ultra ( SP Series ) - KYSU-SP8428Z yia

perlu dicatet nih tipenya, ane kirain SA tuh universal bisa dipake di semua mobil
ternyata beda2 ukurannya yia

cek kulkas om, ada yang seger2


Sama 2x thanks Gan...

cek juga isi kulkasnya ya Gan


Quote:Original Posted By logawa
sebelumnya ane ngucapin Met Idul Fitri buat yg merayakan. mohon maaf lahir batin.

@gan rantan gan mo tanya
klo ngelewatin garis kejut seperti mau masuk masuk gerbang tol ato mendekati perlintasan kereta api dashbord bunyi smua grodag2..... apa ciri SA udah mati ya? ato emang karakter kuda gitu?
agan make standar panther yg lebih panjang 2cm gitu pas masang susah ga? apa perlu modif dudukannya ato tinggal pasang aja?

btw bagian bawah kliatan warna item dove gitu apa abis di cat yah gan? kliatan bersih bener :


Wahhh...
Kalo Dashboard 'grodag 2x' pas lewatin jalan ga rata mah ga bisa jadi patokan SA udah mati Gan...

Dashboard 'grodag 2x' bisa jadi krn :
  1. Barang 2x yg ada di laci dashboard.
  2. Head unit audio, speaker di ujung kanan-kiri, parts indoor ac yg terletak dibalik laci dashboard sampe dashboard itu sendiri yg ga baut ato dudukannya terkunci kuat aka kendor.


Kalo soal polisi tidur ( poldur ), itu yg jelek bikinnya & ga sesuai ketentuan, krn ada peraturan dalam pembuatannya.
Poldur yg ada sebelum & sesudah rel kereta api itu biasanya dibuat cembung & cenderung merusak kaki-kaki kendaraan ( biasanya poldur model begini Ane bilang polmil..polwan hamil... ).
Poldur tujuannya kan dibuat sebagai peringatan kepada pengendara untuk mengurangi kecepatannya & kudu dibuat agak melandai & dengan ketinggian + jarak minimal tertentu antara satu dgn lainnya.

So, kalo soal pasang SA belakang di Mits. Kuda, baik pake ukuran yg punya Kuda sendiri maupun punya Isuzu Panther, gampang koq Gan...
Kalo mo pake SA yg punya Isuzu Panther ga perlu ubah apapun termasuk baut & dudukannya..tinggal plek aja...
Modalnya cuma kunci pas aja ( sorry, pake yg no berapa Ane lupa ). Soal mo dibantu pake dongkrak ato ga juga bisa + mo dilakuin kotor 2x-an dengan cara ngolong sendiri ato oleh mekanik dibengkel & tinggal tunggu sambil duduk manis pun juga ok...

Kalo pengalaman Ane sendiri buat SA belakang Mits. Kuda diesel Ane, yg merk KAYABA Ultra ( SP Series ) - KYSU-SP8403 Ane beli di SHOP & DRIVE seharga Rp 325.000 ,- / set ( kanan-kiri & udah termasuk bongkar-pasangnya ).
Waktu itu pun mekaniknya langsung bongkar-pasang tanpa Kuda Ane didongkrak dulu & selesai paling lama sekitar 30 menit...

Nahhh...
Kalo soal bagian bawah Kuda Ane yg hitam doff & keliatan bersih itu bukan abis dicat Gan...
Itu krn beberapa hari sebelumnya Kuda Ane abis dipake jalan dibawah guyuran hujan deras, trus sebelum masuk garasi Ane bawa dulu ke car wash yg pake lift, biar bagian bawahnya bersih dari lumpur...
Quote:Original Posted By MSO1512NVG
Coba saya beri opini Gan, CMIIW
1. Beberapa kemungkinan sih, coba cek kabel gas apakah terlalu tegang, mgkn jg ada yg nyangkut di dkt pedal gas. ada baiknya di test dengan kabel gas dilepas dr karbu. kemungkinan kedua, ada kebocoran udara, biasanya yg mesti dicek antara karbu sampai ke intake manifold. Plg gampang cek selang vakum dulu apa ada yg lepas.
2. Itu efek dr no.1, istilahnya dieseling, penyebabnya krn idle terlalu tinggi atau stelan kurang pas.
3. Berkurangnya seberapa banyak?kl kurang dr 0.5lt mnrt sy msh normal koq. Pd dasarnya tiap engine pasti sdkt mengkonsumsi oli. Dl saya pake merk eropa, kbtlan mereka jujur mengenai mslh oil consumption ini, sampe ditulis di haynes segala



Terimakasih atas pencerahannya Gan, nanti saya ikuti saran dari agan.
Terimakasih atas pencerahannya agan Rantanplanz, maklum ane masih newbie dan beru pertama ane bawa mudik ke kampung halaman
Quote:Original Posted By rantanplanz


Sama 2x thanks Gan...

cek juga isi kulkasnya ya Gan




Wahhh...
Kalo Dashboard 'grodag 2x' pas lewatin jalan ga rata mah ga bisa jadi patokan SA udah mati Gan...

Dashboard 'grodag 2x' bisa jadi krn :
  1. Barang 2x yg ada di laci dashboard.
  2. Head unit audio, speaker di ujung kanan-kiri, parts indoor ac yg terletak dibalik laci dashboard sampe dashboard itu sendiri yg ga baut ato dudukannya terkunci kuat aka kendor.


Kalo soal polisi tidur ( poldur ), itu yg jelek bikinnya & ga sesuai ketentuan, krn ada peraturan dalam pembuatannya.
Poldur yg ada sebelum & sesudah rel kereta api itu biasanya dibuat cembung & cenderung merusak kaki-kaki kendaraan ( biasanya poldur model begini Ane bilang polmil..polwan hamil... ).
Poldur tujuannya kan dibuat sebagai peringatan kepada pengendara untuk mengurangi kecepatannya & kudu dibuat agak melandai & dengan ketinggian + jarak minimal tertentu antara satu dgn lainnya.

So, kalo soal pasang SA belakang di Mits. Kuda, baik pake ukuran yg punya Kuda sendiri maupun punya Isuzu Panther, gampang koq Gan...
Kalo mo pake SA yg punya Isuzu Panther ga perlu ubah apapun termasuk baut & dudukannya..tinggal plek aja...
Modalnya cuma kunci pas aja ( sorry, pake yg no berapa Ane lupa ). Soal mo dibantu pake dongkrak ato ga juga bisa + mo dilakuin kotor 2x-an dengan cara ngolong sendiri ato oleh mekanik dibengkel & tinggal tunggu sambil duduk manis pun juga ok...

Kalo pengalaman Ane sendiri buat SA belakang Mits. Kuda diesel Ane, yg merk KAYABA Ultra ( SP Series ) - KYSU-SP8403 Ane beli di SHOP & DRIVE seharga Rp 325.000 ,- / set ( kanan-kiri & udah termasuk bongkar-pasangnya ).
Waktu itu pun mekaniknya langsung bongkar-pasang tanpa Kuda Ane didongkrak dulu & selesai paling lama sekitar 30 menit...

Nahhh...
Kalo soal bagian bawah Kuda Ane yg hitam doff & keliatan bersih itu bukan abis dicat Gan...
Itu krn beberapa hari sebelumnya Kuda Ane abis dipake jalan dibawah guyuran hujan deras, trus sebelum masuk garasi Ane bawa dulu ke car wash yg pake lift, biar bagian bawahnya bersih dari lumpur...


Satu lagi nih pengen nanya
toko onderdil di jakarta yang murah dimana yia


Quote:Original Posted By rantanplanz
Walau telat, Ane mo ngucapin dulu buat Agan 2x yg merayakan :
"Met Hari Raya Idul Fitri...mohon maaf lahir & batin"


wueh sama sama gan,baru keliatan nih.
kebetulan nih gan,ane banyak mw tanya
ane ada yg nawarin kudis se limited thn 2001,
ada perbedaan sama se "biasa" ga?dimana aja ya ?
seperti biasa gan,kl ngecek mesin diesel point apa aja yg perlu diperhatikan yah?
terima kasih buanyakk
Quote:Original Posted By emotz
Satu lagi nih pengen nanya
toko onderdil di jakarta yang murah dimana yia


Onderdil apaan dulu nih Gan ?
Soalnya dari pengalaman Ane, beda spare part, beda juga harga masing 2x toko.
Ada toko yg jual lebih murah buat harga satu part, tapi lebih mahal buat part yg lain dibanding toko lainnya...

Kalo utk SA, terlebih merk Kayaba, pengalaman Ane sih di Shop & Drive yg paling murah & harganya pasti...
Apalagi utk SA belakang, harga udah termasuk jasa pasang. Sedangkan kalo utk SA depan biasanya dikenai biaya pasang krn lebih ribet.
Apalagi buat yg awam, disitu lebih amanlah dibanding di toko / bengkel SA umum...
Lagian lokasinya pun ada dimana 2x & bisa dicek disini

Khusus utk SA, jangan sampe langsung tertarik dgn SA yg dibilang baru & harganya murah, apalagi krn awam. Padahal sebenernya itu SA bekas yg udah rusak trus direkondisi / disuntik.
Banyak loh toko / bengkel yg praktek begini...
Quote:Original Posted By rantanplanz
Wahhh...
Kalo Dashboard 'grodag 2x' pas lewatin jalan ga rata mah ga bisa jadi patokan SA udah mati Gan...

Dashboard 'grodag 2x' bisa jadi krn :
  1. Barang 2x yg ada di laci dashboard.
  2. Head unit audio, speaker di ujung kanan-kiri, parts indoor ac yg terletak dibalik laci dashboard sampe dashboard itu sendiri yg ga baut ato dudukannya terkunci kuat aka kendor.


Kalo soal polisi tidur ( poldur ), itu yg jelek bikinnya & ga sesuai ketentuan, krn ada peraturan dalam pembuatannya.
Poldur yg ada sebelum & sesudah rel kereta api itu biasanya dibuat cembung & cenderung merusak kaki-kaki kendaraan ( biasanya poldur model begini Ane bilang polmil..polwan hamil... ).
Poldur tujuannya kan dibuat sebagai peringatan kepada pengendara untuk mengurangi kecepatannya & kudu dibuat agak melandai & dengan ketinggian + jarak minimal tertentu antara satu dgn lainnya.

So, kalo soal pasang SA belakang di Mits. Kuda, baik pake ukuran yg punya Kuda sendiri maupun punya Isuzu Panther, gampang koq Gan...
Kalo mo pake SA yg punya Isuzu Panther ga perlu ubah apapun termasuk baut & dudukannya..tinggal plek aja...
Modalnya cuma kunci pas aja ( sorry, pake yg no berapa Ane lupa ). Soal mo dibantu pake dongkrak ato ga juga bisa + mo dilakuin kotor 2x-an dengan cara ngolong sendiri ato oleh mekanik dibengkel & tinggal tunggu sambil duduk manis pun juga ok...

Kalo pengalaman Ane sendiri buat SA belakang Mits. Kuda diesel Ane, yg merk KAYABA Ultra ( SP Series ) - KYSU-SP8403 Ane beli di SHOP & DRIVE seharga Rp 325.000 ,- / set ( kanan-kiri & udah termasuk bongkar-pasangnya ).
Waktu itu pun mekaniknya langsung bongkar-pasang tanpa Kuda Ane didongkrak dulu & selesai paling lama sekitar 30 menit...

Nahhh...
Kalo soal bagian bawah Kuda Ane yg hitam doff & keliatan bersih itu bukan abis dicat Gan...
Itu krn beberapa hari sebelumnya Kuda Ane abis dipake jalan dibawah guyuran hujan deras, trus sebelum masuk garasi Ane bawa dulu ke car wash yg pake lift, biar bagian bawahnya bersih dari lumpur...

pertimbanganx apa ya gan ko make standarnya panther? apa hasilnya lebih
empuk?

oh cuma cuci aja ya. tp bener yah itu kolong dicat doff? yg kolong aja mulus gitu gmn yg luar yah...
Quote:Original Posted By berliantrading
salam kenal om...
grill dulu beli disini....http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=4244472
kl headlampnya cuma dicat pake p*lox item doff



makasih gan infonya...
kalo cara copas ngacat headlamp nya gmana cara m*lok nya gan?
mdh"n mau kasih ilmunya
kalo pake stiker d dalem kebakar kali ya gan.
Quote:Original Posted By aryo8636ep
wueh sama sama gan,baru keliatan nih.
kebetulan nih gan,ane banyak mw tanya
ane ada yg nawarin kudis se limited thn 2001,
ada perbedaan sama se "biasa" ga?dimana aja ya ?


Khusus Mits. Kuda gen 1 varian Super Exceed ( SE ).

Perbedaan yg versi Limited & Standar bisa diperhatiin nih Gan...
Spoiler for Perbedaan Mits. Kuda Super Exceed ( gen 1 ) versi Limited & versi Standar ::



Quote:Original Posted By aryo8636ep
seperti biasa sigan,kl ngecek mesin diesel point apa aja yg perlu diperhatikan yah?
terima kasih buanyakk


Mesin diesel tuh adalah mesin yg butuh tingkat kepresisian tinggi Gan...
Sedikit aja ada perubahan ukuran ato settingan pada mesin diesel akan keliatan banget efeknya...

Buat mesin diesel yg utama kudu diperhatikan adalah kompresinya.
Juga saat ngeceknya kudu agak jeli, terutama pendengaran krn mesin diesel cenderung berisk sehingga agak sulit mendeteksi suara yg aneh 2x dari mesinnya.

Usahakan pas ngecek kondisi mesin diesel Mits. Kuda adalah pada saat kondisi mesin sedang dingin.
Yg harus diperhatikan adalah :
  1. Pada saat suhu lingkungan sekitar normal ( bukan di daerah dingin kayak pegunungan ), coba putar kunci start. Perhatikan berapa lama lampu indikator pemanas mesin mati ?
  2. Pada saat mesin mulai nyala, jangan digas & perhatikan apakah keluar asap pekat dari knalpot & suaranya agak tersendat ato tidak ?
  3. Perhatikan suara mesinnya, apakah terdengar suara ketukan ato tidak ?
  4. Pada saat mesin nyala, buka tutup lubang pengisian oli mesin & rasakan beberapa cm dgn telapak tangan, apakah ada tiupan angin yg kuat ato tidak ?
  5. Pada saat mesin nyala juga, buka tutup lubang pengisian cairan pendingin mesin ( radiator ) & lihat, apakah cairan didalamnya bergejolak & agak berminyak ato tenang & bersih ?
  6. Matikan mesin sambil melihat body kendaraan, apakah pada saat kunci di-off-kan bodynya bergetar hebat ato tidak ?
  7. Perhatikan seluruh ruang mesin & bagian bawahnya ( termasuk transmisi & di lantai ), apakah ada lelehan oli ato tidak ?


@ 1. :
Kalau suhu sekitar normal & lampu indikator pemanas mesin di dashboard matinya lebih dari 4 detik, bisa jadi Glow Plug udah lemah.

@ 2. :
Kalo asap agak pekat selama beberapa saat ( bukan pada semburan knalpot pertama aja ) + mesin agak tersendat, bisa jadi Thermostat bermasalah ato malah udah dicopot sama sekali.

@ 3. :
Kalau terdapat ketukan, bisa jadi Metal-nya udah ada yg kena.

@ 4. :
Kalau tiupannya kuat, bisa jadi ada kebocoran kompresi dari piston ato klep ( kalo tiupannya sayup 2x, masih normal koq ).

@. 5. :
Kalau cairannya agak bergejolak & agak beminyak, bisa jadi ada kebocoran kompresi pada blok mesin.

@ 6. :
Kalau body-nya bergetar hebat pada saat mesin dimatikan, bisa jadi Engine Mountingnya udah lemah.

@ 7. :
Kalau ada lelehan oli, berarti ada kebocoran oli.

Menurut Ane, yg paling berat adalah point 3 - 5 krn perbaikannya agak ribet, makan waktu lama + biaya yg besar.


Ok, silahkan kalo Agan lainnya ada yg mo nambahin...

Sippp & thanks juga Gan
Quote:Original Posted By logawa
pertimbanganx apa ya gan ko make standarnya panther? apa hasilnya lebih
empuk?

oh cuma cuci aja ya. tp bener yah itu kolong dicat doff? yg kolong aja mulus gitu gmn yg luar yah...



Suerrr Gan...!!!
Ane ga pernah ngecat bagian bawah Kuda Ane...
Ane rasa pemilik sebelumnya pun begitu ( Ane tangan ke-2 langsung dari tangan ke-1 ), krn dia cuma seorang Ibu yg pake buat antar jemput anaknya sekolah. Pas Ane dapetin tuh Kuda pun kondisinya masih full standar ting 2x...
Mungkin krn pas dicuci di car wash dengan cara disemprot pake air tekanan tinggi bikin kotorannya semua rontok & bikin keliatan cat aslinya...


So, soal kenapa Ane pake SA merk Kayaba Ultra spek ukuran Isuzu Panther yg notabene lebih panjang dari spek ukuran Mits. Kuda :
  1. Kelemahan suspensi Mits. Kuda gen 1 adalah yg bagian belakang pada saat diisi muatan agak penuh + solar full tank akan turun & cenderung ambles.
    Pada saat Ane pake suspensi belakang standar dgn kondisi muatan + solar tsb pada kecepatan agak sedang di tikungan ( sekitar 60 - 80 km/jam ), Ane rasain body Kuda Ane agak limbung & cenderung ngebuang...
    ( Mis. : Dgn kondisi muatan tsb saat menikung ke kanan, body kiri terasa ambles & body kanan terasa terangkat jauh ).
    Nahhh, dgn SA penggantinya yg lebih panjang dari ukuran standarnya + jenis gas tipe double action, yg notabene lebih keras daripada bawaan standarnya yg jenis oli tipe single action, otomatis gejala limbung tsb bisa dikurangi.
    ( Mis. : Dgn kondisi muatan yg sama saat nikung ke kanan, body kiri akan tertahan SA tsb yg sebelah kiri krn lebih keras & titik terendahnya saat down yg lebih panjang ).
  2. Pada saat kondisi muatan kosong, body bagian belakang Kuda Ane jadi keliatan lebih tinggi sekitar 1 cm dibanding saat pake SA standar.
  3. Dari beberapa refrensi yg Ane baca, SA Kayaba Ultra punya spek yg ga terlalu keras dibanding SA merk Bilstein, Monroe, Koni & bahkan Kayaba Gas A Just. SA merk ini juga ga lebih lembut dari standarnya..jadi ada ditengah 2x lah...
    Kalo Ane perhatiin kondisi suspensi belakang Mits. Kuda gen 1 mirip ma Toyota Avanza..kalo kosong keras & kalo penuh ambles + mengayun...
    Kalo di Toyota Avanza Ane liat justru banyak yg ganti SA belakangnya pake Kayaba Ultra KYSU-SP8429 ( sama kayak ukuran buat standar SA belakang Mits. Kuda ) & paling ideal dgn muatan setengah penuh ( setara 4 orang dewasa ).

Intinya Kuda Ane pake SA tsb adalah krn kebutuhan penggunaannya yg lebih sering dipake untuk jalan jauh di jalanan yg mayoritas mulus, kecepatan agak tinggi ( max. 100 km/jam ) & muatan sedang.
Biar stabil sekaligus tetep nyaman..walau untuk keduanya pun Ane ga bisa dapetin secara max., tapi yahhh cukuplah...
Quote:Original Posted By rantanplanz
Suerrr Gan...!!!
Ane ga pernah ngecat bagian bawah Kuda Ane...
Ane rasa pemilik sebelumnya pun begitu ( Ane tangan ke-2 langsung dari tangan ke-1 ), krn dia cuma seorang Ibu yg pake buat antar jemput anaknya sekolah. Pas Ane dapetin tuh Kuda pun kondisinya masih full standar ting 2x...
Mungkin krn pas dicuci di car wash dengan cara disemprot pake air tekanan tinggi bikin kotorannya semua rontok & bikin keliatan cat aslinya...


So, soal kenapa Ane pake SA merk Kayaba Ultra spek ukuran Isuzu Panther yg notabene lebih panjang dari spek ukuran Mits. Kuda :
  1. Kelemahan suspensi Mits. Kuda gen 1 adalah yg bagian belakang pada saat diisi muatan agak penuh + solar full tank akan turun & cenderung ambles.
    Pada saat Ane pake suspensi belakang standar dgn kondisi muatan + solar tsb pada kecepatan agak sedang di tikungan ( sekitar 60 - 80 km/jam ), Ane rasain body Kuda Ane agak limbung & cenderung ngebuang...
    ( Mis. : Dgn kondisi muatan tsb saat menikung ke kanan, body kiri terasa ambles & body kanan terasa terangkat jauh ).
    Nahhh, dgn SA penggantinya yg lebih panjang dari ukuran standarnya + jenis gas tipe double action, yg notabene lebih keras daripada bawaan standarnya yg jenis oli tipe single action, otomatis gejala limbung tsb bisa dikurangi.
    ( Mis. : Dgn kondisi muatan yg sama saat nikung ke kanan, body kiri akan tertahan SA tsb yg sebelah kiri krn lebih keras & titik terendahnya saat down yg lebih panjang ).
  2. Pada saat kondisi muatan kosong, body bagian belakang Kuda Ane jadi keliatan lebih tinggi sekitar 1 cm dibanding saat pake SA standar.
  3. Dari beberapa refrensi yg Ane baca, SA Kayaba Ultra punya spek yg ga terlalu keras dibanding SA merk Bilstein, Monroe, Koni & bahkan Kayaba Gas A Just. SA merk ini juga ga lebih lembut dari standarnya..jadi ada ditengah 2x lah...
    Kalo Ane perhatiin kondisi suspensi belakang Mits. Kuda gen 1 mirip ma Toyota Avanza..kalo kosong keras & kalo penuh ambles + mengayun...
    Kalo di Toyota Avanza Ane liat justru banyak yg ganti SA belakangnya pake Kayaba Ultra KYSU-SP8429 ( sama kayak ukuran buat standar SA belakang Mits. Kuda ) & paling ideal dgn muatan setengah penuh ( setara 4 orang dewasa ).

Intinya Kuda Ane pake SA tsb adalah krn kebutuhan penggunaannya yg lebih sering dipake untuk jalan jauh di jalanan yg mayoritas mulus, kecepatan agak tinggi ( max. 100 km/jam ) & muatan sedang.
Biar stabil sekaligus tetep nyaman..walau untuk keduanya pun Ane ga bisa dapetin secara max., tapi yahhh cukuplah...


itu bagian bawah kudanya hitam doff begitu mungkin karena disemprot anti karat gan. kalau sudah ada antikarat sebisa mungkin jangan terlalu sering cuci di carwash, nanti lapisannya cepat rontok karena pressure dari mesinnya keras. yg ane paling cuci carwash kalau sudah dibawa jalan ke daerah pantai atau jakarta kena hujan. selebihnya cuci sendiri di rumah.

avanza '04 (std pabrik) baru enak kalau diisi penumpang 5 orang ++ (+barang atau + penumpang lagi 2 orang). kondisi isi 1 atu 2 penumpang mental mentul. kalau yg suspensinya sudah direvisi agak mending.

coba bantu gambar karbu kuda 1.6, semoga membantu. mau ambil gambar seperti yg di atas tapi kepentok sama aki

Spoiler for karbu kuben 1.6:
go go