konyolBESARAvatar border
TS
konyolBESAR
[Berita Dolly] Trik, PSK Baru Dikoskan
Spoiler for Ilustrasi Paspampres555:


SURABAYA - Komisi E DPRD Jawa Timur menilai kinerja Pemkot Surabaya memberantas praktik prostitusi belum maksimal.Apalagi saat ini ditemukan modus baru dalam upaya melanggengkan bisnis amoral tersebut.

“Para mucikari menempatkan PSK (Pekerja Seks Komersial) baru ini di luar lokalisasi dengan cara kos di rumah kos atau kontrak di rumah kontrakan. Siang hari mereka tinggal di rumah kos atau rumah kontrakan, dan malam harinya baru mereka berdatangan di wisma dimana mereka praktik prostitusi,” ujar Ahmad Jabir, Anggota Komisi E DPRD Provinsi Jatim, Senin (27/8).

Hal ini dilakukan, tambahnya, untuk menghindari pendataan dari Pemkot, sebab selama ini, upaya pendataan umumnya dilakukan siang hari. “Jelas tidak ada PSK baru kalau didata siang, lha mereka ditempatkan di kos-kosan,” tandasnya.

Menurut Jabir, hal tersebut terjadi lantaran beberapa Peraturan Daerah (Perda) yang dimiliki oleh Pemkot Surabaya tidak dijalankan dengan maksimal. Misalnya Perda 7 Tahun 1999 tentang larangan bangunan digunakan untuk tindakan asusila. Namun sampai sekarang Pemkot belum menjalankannya.

“Istilahnya selama ini, perda-perda tersebut seperti macan kertas. Pemkot selama ini tidak melaksanakan kewajibannya sebagaimana yang dimandatkan oleh isi Perda, sejak Perda ditetapkan tahun 1999,” katanya
Dirinya menambahkan kejadian penutupan dua wisma di Jl Dupak Bangunsari hasil operasi gabungan Pemkot pada tanggal 24 Agustus 2012 kemarin, adalah kejadian yang sejak tahun 1999 harusnya sudah dilaksanakan karena merupakan amanat perda 7 tahun 1999.

Jabir melanjutkan, dari sekian kali bertemu dengan warga, dia mengaku mendapat laporan warga atas fakta modus yang dialakukan oleh para mucikari untuk menambah PSK baru tanpa menambah data penghuni baru di wismanya. “Operasi yang lebih intensif dan masif harus dilakukan pada saat jam-jam mereka melakukan aktivitas prostitusi, yakni di malam hari, mengingat sekarang ada modus para PSK tersebut tidak tinggal menetap di lokalisasi,” katanya.

Ketua RT dan RW diharapkan menjadi garda terdepan untuk memagari bisnis prostitusi tersebut. “Jangan sampai mereka dapat intensif atau setoran dari wisma sehingga tidak bisa tegas mengusir pendatang PSK baru. Kalau perlu dalam kaitannya dengan program ini, bisa dialokasikan APBD untuk intensif bagi RT dan RW sebagai anggota tim penghapusan prostisusi di lokalisasi,” imbuhnya.

Sementara, Gubernur Jatim Soekarwo mengatakan, permasalahan ekonomi bukan hanya menjadi satu-satunya penyebab prostitusi masih marak hingga kini. Sehingga menurutnya perlu dicari solusi lain di luar ekonomi. “Solusinya tidak hanya masalah ekonomi. Jadi banyak orang miskin juga yang tidak jadi PSK,” papar Soekarwo. “Semuanya prinsipnya penutupan tanpa relokasi, mereka diajak bicara. Jangan sampai mereka itu menjadi objek terhadap program saja, tapi dia subjek terhadap solusi itu. Ini kan ngajak orang, jadi harus dibicarakan,” pungkasnya.

Sementara itu, berdasarkan data Dinas Sosial (Dinsos) Pemkot Surabaya menunjukkan jumlah PSK semakin berkurang. PSK mengalami penurunan sejak tahun 2009 hingga tahun 2011. Terjadi penurunan drastis sekitar 32 persen untuk PSK dan 24 persen mucikari. Pada 2009, tercatat 3.225 PSK dan 868 mucikari yang tersebar di enam lokalisasi di Surabaya. Sementara pada 2010, jumlah PSK mengalami penurunan dan tinggal 2.996 dengan 805 mucikari. Pada 2011, PSK sebanyak 2.027 orang dan mucikari 612 orang.

Sebelumnya, anggota DPRD Kota Surabaya juga menilai pengentasan PSK di Surabaya gagal. Kemudian, Pemkot memasang target jika PSK di lokalisasi Dolly, Sememi dan Bangunsari tutup dalam waktu 2-3 tahun mendatang. Ini terjadi karena jumlah PSK diyakini Pemkot akan terus berkurang dan akhirnya habis dengan sendirinya.

“Kami berkeyakinan seperti itu, sebab, saat ini jumlah PSK di sana semakin susut,” jelas Hendro Gunawan, kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya.m2, pur

==================================================

Jumlah yang terdata tetap aja ribuan
Menurut ane, percuma juga penertibannya dilakukan malam-malam, lha wong channel mereka ke aparat juga bagus kok. Lumayan kan, jadi radar untuk germo, dapat gratisan setiap kali mampir emoticon-Ngakak (S)
0
22.9K
58
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan