idsi_n/aAvatar border
TS
idsi_n/a
Bandung akan Punya MRT, Walikota: Mohon Maaf Kalau Bandung Dahului Jakarta!
Jakarta - Sebentar lagi Bandung akan memiliki transportasi publik moderen, Mass Rapid Transit (MRT) sepanjang 11 Km. Walikota Bandung Dada Rosada mengaku jika proses Pra Feasibility Study (Pra FS) dan Feasibility Study (FS) selesai sesuai jadwal, ia optimistis Bandung bisa menyalip Jakarta.

"Ini kan pertama kali di Indonesia, walapun Jakarta itu juga ada kerjasama dengan Jepang (JICA), mudah-mudahan Bandung mendahului Jakarta dan mohon maaf kalau Bandung mendahului Jakarta," ungkap Dada di JCC, Jakarta, Selasa (28/8/2012).

Dada menjelaskan, moda transportasi massal ini nantinya akan mampu mengangkut sekitar 600 penumpang dalam sekali jalan. Selain itu, Dada mengatakan telah ada beberapa investor yang tertarik bergabung dalam konsorsium pembangunan MRT Bandung.

"Yang sudah datang ke saya banyak termasuk Pak Jusuf Kalla, sudah ada 3 sampe 4 yang sudah, karena ini kan proyeknya tidak terlalu besar, jadi tidak terlalu banyak, tapi pasti lebih dari satu," imbuhnya.

Ditempat yang sama Presdir Panghegar Kirana Group sebagai konsorsium bersama perusahaan China National Machinary Corporation (CMC Imp & Exp Corp) akan membangun MRT di Bandung. Ia menjelaskan setelah pembangunan tahap pertama usai direncanakan akan diperluas hingga ke sekitar wilayah kota Bandung

"Tahap kedua dari Soreang karena sekarang Soreang-Bandung itu yang paling macet, menyambungkan kota pendidikan di Jatinangor sampai Cimahi," imbuhnya.

Ia optimis, jika proses FS dan Pra FS berjalan lancar pada akhir 2013, MRT Bandung sudah mulai dibangun. "Mudah-mudahan akhir 2013 bisa dimulai," tutupnya.

Sebagai catatan MRT Jakarta juga memiliki rencana beberapa koridor, antaralain Utara-Selatan dan Barat-Timur. Koridor yang akan mulai dikerjakan adalah Utara-Selatan dari Lebak Bulus hingg Bundaran HI sepanjang 15,7 km dengan 13 stasiun.

Rencananya akan dilanjutkan untuk tahap II dari Bundaran HI hingga Kampung Bandan. Targetnya tahap pertama bisa dikerjakan awal 2013 dan selesai akhir 2016.

sumber
[url]http://finance.detik..com/read/2012/08/28/150826/2001130/4/bandung-akan-punya-mrt-walikota-mohon-maaf-kalau-bandung-dahului-jakarta?f9911013[/url]

cepetan mana yah realisasinya sm MRT JKT
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
13.1K
168
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan