KASKUS

Dampak Negatif Tidur Setelah Subuh

Quote:
Seringkali kita merasa malas untuk bangun pagi atau kebanyakan dari kita melakukan tidur lagi setelah sholat subuh. Apakah dampak negatif jika kita bangun kesiangan atau tidur lagi setelah subuh? Mari kita lihat penjelasannya di bawah ini...


Jam berapakah saudara bangun tidur? Ketika Matahari sudah terbit? Atau ketika matahari sudah tepat di atas kepala kita? Berhati-hatilah saudara, sesungguhnya bangun tidur kesiangan atau tidur lagi setelah subuh memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan kita. Mengapa berdampak negatif? Inilah bebrapa dampaknya:

1. Masalah metabolisme
Jika Saudara tidur terlalu lama, tubuh tidak akan berfungsi sesuai ritmenya. Anda akan merasa lapar dalam jangka waktu lama dan hal ini mempengaruhi kecepatan metabolisme. Hal ini akan membuat bobot tubuh meningkat.

2. Lesu
Tidur berlebihan akan membuat Saudara merasa lesu karena metabolisme Saudara masih bekerja dalam ‘set’ malam hari. Tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk memulai sistem dan tidak dapat berfungsi normal. Jika Saudara benar-benar ingin tidur sedikit lebih lama, usahakan jangan lebih dari tiga puluh menit.

3. Kehilangan waktu produktif
Para ahli menganggap pagi hari adalah waktu paling produktif karena pikiran Saudara masih segar. Jika Anda tidur terlalu lama maka akan akhirnya kehilangan banyak waktu produktif dalam sehari. Sehingga, Anda harus menyelesaikan pekerjaan sampai larut malam dengan terburu-buru.

4. Disorientasi
Tidur terlalu lama membuat Saudara sulit berkonsentrasi dalam waktu lama. Kecuali, setelah bangun tidur Anda langsung berolahraga. Lalu, karena metabolisme tidak bisa berhenti otak akan membuat Saudara merasa lapar.

5. Sakit kepala
Cairan serebrospinal bergerak ke otak ketika Saudara tidur terlalu lama. Kondisi ini, jika berlangsung dalam waktu lama dapat menyebabkan sakit kepala parah dan bahkan menyebabkan kebutaan. Jadi, pikirkan lagi jika Saudara ingin tidur lebih lama.

Bagaimana saudara, apakah sudah puas dengan jawaban tersebut? Tenang saudara, saya masih punya banyak alasan mengapa tidur setelah subuh itu tidak baik.
Begini saudara, sebenarnya Islam telah melarang kita untuk tidur lagi setelah subuh. Mengapa demikian? ikutilah penjelasannya di bawah ini:

1. Tidak sesuai dengan petunjuk Al Qur’an dan As Sunnah.

2. Bukan termasuk akhlak dan kebiasaan para salafush sholih (generasi terbaik umat ini), bahkan merupakan perbuatan yang dibenci.

3. Tidak mendapatkan barokah di dalam waktu dan amalannya.

4. Menyebabkan malas dan tidak bersemangat di sisa harinya.

Selain itu juga Ibnul Qayim pernah berkata ” Amalan di waktu muda berpengaruh terhadap amalan di waktu tua”, jadi jika pagi sudah bermalas-malasan maka sorenya akan bermalas-malasan juga.

5. Menghambat datangnya rizki.

Ibnul Qayyim berkata, “Empat hal yang menghambat datangnya rizki adalah [1] tidur di waktu pagi, [2] sedikit sholat, [3] malas-malasan dan [4] berkhianat.” (Zaadul Ma’ad, 4/378)

6. Menyebabkan berbagai penyakit badan, di antaranya adalah melemahkan syahwat. (Zaadul Ma’ad, 4/222)

Bukan tidak melarang untuk melakukan tidur ya, akan tetapi ada waktu2 tertentu dimana tidur menjadi baik untuk dilakukan, seperti :

1. tidur ketika sangat butuh,

2. tidur di awal malam –ini lebih manfaat daripada tidur di akhir malam-,

3. tidur di pertengahan siang –ini lebih bermanfaat daripada tidur di waktu pagi dan sore-. Apalagi di waktu pagi dan sore sangat sedikit sekali manfaatnya bahkan lebih banyak bahaya yang ditimbulkan, lebih-lebih lagi tidur di waktu ‘Ashar dan awal pagi kecuali jika memang tidak tidur semalaman.

Wah3x...Ternyata selama ini kita banyak melakukan kesiasiaan ya. Sudah tahu kan dampak negatif bangun tidur kesiangan atau tidur lagi setelah subuh? maka dari itu, mari mulai sekarang kita bangun pagi dan yang terpenting, jangan tidur lagi setelah subuh.



Usaha Sampingan Karyawan dan Mahasiswa ...
Spoiler for Jangan Dibuka !!!:
waduh ane sering gan, apalagi bulan puasa kek gini, tp ane biasa tidurnya jam 6.30 pagi
waduh ane sering gan, apalagi bulan puasa kek gini, tp ane biasa tidurnya jam 6.30 pagi
Maaf ya gan ... ANE PERTAMAXXXXX !!!
ane dulu sering kayak gitu...

tapi sekarang udah enggak....

nice share gan...
kayaknya KELIMAXX deh gan... Quote:Original Posted By bandit king
Maaf ya gan ... ANE PERTAMAXXXXX !!!


Quote:Original Posted By bandit king
Maaf ya gan ... ANE PERTAMAXXXXX !!!


Pertamax Pala Lu Bau menyan


kkkkkkkkkkkkk

buset dah berarti ane sekarang salah tidur dong gan ?
soalnya bulan puasa gini ane sering tidur pagi neh
ma seperti tidur menjelang maghrib ya gan...suka pusing - pusing kepala ane
yah, ane biasanya tidur abis subuh karena ada kerjaan

gimana ya ngaturnya?
Biasanya kalo udah sholat shubuh ane suka tidur lagi gan
bener tuh gan..
makasih info lengkapnya..
nice inpo gan,.
tiap hari ane tidur kalau habis subuh,.
malah jarang tidur malam,.
tidurnya habiz subuh,.
wah.. ane biasa.y klo abis solat, lngsung tdur lgi gan
Quote:Original Posted By Garodeanz
ma seperti tidur menjelang maghrib ya gan...suka pusing - pusing kepala ane


bukan menjelang maghrib aja gan.. tapi mulai setelah ashar..
bangunnya kyk ngerasa udah jam 5 pagi gitu..
manteppp gan...


Wew bulan puasa abis sahur emang enaknya tidur nih gan
Gmn dong
wah kebiasaan ane slalu tdur setelah subuh nih gan

br tau ane dampak negatifnya
nice share
keep posting ya gan
klo ngantuk banget setelah sholat shubuh tidur lagi, pas bangunnya suka lemes n pengennya tidur terus

nitip lapak jualan gan
Jasa Desain Power Point
padahal kebiasaan ane abis sahur langsung tidur gan