KASKUS

kulo warga ne Bu RISMA kang, asli kulo mboten goroh kok
Quote:Original Posted By nicolasdwi
Kita kembali pada pembagian manusia, manusia ada yang bilang terdiri dari jiwa dan raga lalu ada yang bilang terdiri dari jiwa, raga dan hati.
Menurut saya raga itu jasmaniah, jiwa itu ruhaniyah, dan hati itu nurullah karena sifat-sifat allah swt ada di dalam hati setiap manusia.

Saya rasa kuburan berjalan itu manusia-manusia yang luarnya saja hidup tapi dalamnya sudah mati, sehingga apapun yang dilakukan hanya berdasarkan hawanafsu dan keinginannya saja, tidak memperdulikan hatinya lagi.
Kalau hatinya lama tidak didengar lama-kelamaan akan layu dan mati dan diganti oleh hawa nafsu yang semakin dalam.




Monggo tamu lintu-lintunipun dipun babar...
Di pun padosi sareng-sareng...
Sag saged-sagedipun...

Silahkan tamu yang lainya di babar...
D cari bersama-sama...
Sebisa-bisanya..


Saya juga masih belajar puh bismialif...
Mohon petunjuk e jika ada yang salah...



saya quote dulu yah..ntar ada yg mau ditanyain..kalau saya masih belum ngerti


Quote:Original Posted By bismialif
kulo warga ne Bu RISMA kang, asli kulo mboten goroh kok


translate plis..
Quote:Original Posted By bismialif
kulo warga ne Bu RISMA kang, asli kulo mboten goroh kok


Saya warganya Bu Risma kak, asli saya tidak bohong kok

Iya percaya puh... Maaf sebelumnya, lebih baik lagi tidak usah bilang, kalau "tidak bohong" nanti kesannya malah sebaliknya lhooo....He..He..He..

"Bu Risma" itu bagaimana maksudnya?
Bu Risma itu saudara puh bismialif?
Bu Risma itu ibu kandung puh bismialif?
Bu Risma itu guru puh bismialif?
ato yang lainnya, soalnya masih ambigu... kalau rahasia bisa lewat PM aj puh...

suer

ane ga ngerti apa yang di cerotain... maksudnya membababar alim lam mim ha.. sama tiba2 ada malaikat turun . maksudnya apa cbba tolong jelasin ga ngerti bener ane
Quote:Original Posted By bismialif
pendek ringkas, siapa ragu2, siapa yg mau ngintip , tuan rumah sudah acc ...... mantab , setuju kang pancaran ILMU itu sebetulnya bukan ghoib , wasih wajar tetapi ada yg dibilang ghoib karena pancaran ILMU itu buah dari lelaku sehingga bisa MAUJUD.

sama dengan BUDI siapa yg bisa menilai BUDI yg menilai bukan diri sendiri , karena BUDI itu perbuatan kita kl kita yg menilai maka timbul EGO.

sedangkan ibadah ( LELAKU ) yg menilai Orang lain dari pancaran NUR nya kl LELAKU IBADAH mampu mengeluarkan NUR, kenapa sampai mengeluarkan NUR karena dalam beribadah terjadi SILA ( hubungan DR KATA SILATURAHIM ) antara SIRULLAH ( kehendak Allah ) dan hamba, HUBUNGAN INILAH DISEBUT IBADAH YG BERASHAR, BUKAN HANYA SEKEDAR IBADAH UNTUK MENGUGURKAN KEWAJIBAN maka dari itu lakukan ibadah dengan BENAR SEHINGGA BERASHAR, maka apa yg dilakukan itu menuju KEBENARAN.

inilah yg dinamakan MANUNGGAL itu yaitu MANUNGGAL SIRULLAH DENGAN MAHLUK , bisa diartikan pd saat Allah berkehendak dalam perintahnya kerjakan sholat maka SIRULLAH itu mampu menggerakkan mahluk ( manusia ) untuk melakukan sholat, maka manusia melaksanakan perintah sholat didalam SIRULLAH itulah bersemayan ILMU LAHAULA WALA QUWWATA .................. KITA DISHOLATKAN ALLAH, karena kita mampu menangkap nurullah berupa SIRULLAH , dan cara menangkap NURULLAH ITU HARUS DNG HATI YG HIDUP ( MODE ON ).

behitu juga sebaliknya ada orang yg tidak bisa Menangkap SIRULLAH.

BAHKAN ADA YG BERANGGAPAN MANUNGGAL KAWULA DENGAN GUSTI, kl dipakai ya tidak susai dengan SIFAT KETUHAN

hal diatas kan jelas bukan ghoib,

INGAT MASIH MENUJU KEBENARAN, belum IHDINASYIROTOLMUSTAKIM , masih menuju kesono


subhanallah..!

sebenernye pas kemaren baca, ane masih kurang mudheng ama yg ente maksud..

tapi..tadi dapet undangan buka puasa untuk anggota perguruan..dan...

alkhamdulillah..tanpa diminta,tanpa dikasih tau..Guru pembimbing ane ngasih tausiyah kepada kami yg mirip2 kayak yg Ente kamsud..

Bil ''hal"..."qudwah"...ma'rifat pada surat al mu'minuun..akhirnya menjurus ke pembabaran yg mirip dengan tulisan Ente yg ini :

ibadah ( LELAKU ) yg menilai Orang lain dari pancaran NUR nya kl LELAKU IBADAH mampu mengeluarkan NUR, kenapa sampai mengeluarkan NUR karena dalam beribadah terjadi SILA ( hubungan DR KATA SILATURAHIM ) antara SIRULLAH ( kehendak Allah ) dan hamba, HUBUNGAN INILAH DISEBUT IBADAH YG BERASHAR,

SIRULLAH itu mampu menggerakkan mahluk ( manusia ) untuk melakukan sholat, maka manusia melaksanakan perintah sholat didalam SIRULLAH itulah bersemayan ILMU LAHAULA WALA QUWWATA .................. KITA DISHOLATKAN ALLAH, karena kita mampu menangkap nurullah berupa SIRULLAH , dan cara menangkap NURULLAH ITU HARUS DNG HATI YG HIDUP ( MODE ON ).

Gokiil..pas beenerr..mirip beneerr..

mancaap..lanjut Puuh!
Quote:Original Posted By nicolasdwi
Saiki akeh kuburan mlaku...
Njobone urip tapi jerone podo mati...
Yen mangan gur mangan njobone...
Yen ngombe gur ngombe njobone...
Sing njero podo ga diurusi...
Suwe-suwe dadi layu lan mati...

Mugi o wulan romadhon sakmeniko saged maringi dahar lan ngunjuk jiwo-jiwo sing mboten keurus...

Amin...

Selamat Berbuka Puasa...


Jadi keinget ajaran kematian Kanjeng Syeh SIti Jenar ..l
Quote:Original Posted By Akew158bkZ
ane ga ngerti apa yang di cerotain... maksudnya membababar alim lam mim ha.. sama tiba2 ada malaikat turun . maksudnya apa cbba tolong jelasin ga ngerti bener ane


siapa mengerti dan mengetahui rahasia dan mampu mengamalkannya dan meriyadohi maka Allah akan mengangkat derajatnya, dan Allah akan memberinya ilmu yang tidak disangka2.

Maaf puh ane makin ga mudeng nih
Ane numpang lewat aja deh ya :
Quote:Original Posted By proxymighty


subhanallah..!

sebenernye pas kemaren baca, ane masih kurang mudheng ama yg ente maksud..

tapi..tadi dapet undangan buka puasa untuk anggota perguruan..dan...

alkhamdulillah..tanpa diminta,tanpa dikasih tau..Guru pembimbing ane ngasih tausiyah kepada kami yg mirip2 kayak yg Ente kamsud..

Bil ''hal"..."qudwah"...ma'rifat pada surat al mu'minuun..akhirnya menjurus ke pembabaran yg mirip dengan tulisan Ente yg ini :

ibadah ( LELAKU ) yg menilai Orang lain dari pancaran NUR nya kl LELAKU IBADAH mampu mengeluarkan NUR, kenapa sampai mengeluarkan NUR karena dalam beribadah terjadi SILA ( hubungan DR KATA SILATURAHIM ) antara SIRULLAH ( kehendak Allah ) dan hamba, HUBUNGAN INILAH DISEBUT IBADAH YG BERASHAR,

SIRULLAH itu mampu menggerakkan mahluk ( manusia ) untuk melakukan sholat, maka manusia melaksanakan perintah sholat didalam SIRULLAH itulah bersemayan ILMU LAHAULA WALA QUWWATA .................. KITA DISHOLATKAN ALLAH, karena kita mampu menangkap nurullah berupa SIRULLAH , dan cara menangkap NURULLAH ITU HARUS DNG HATI YG HIDUP ( MODE ON ).

Gokiil..pas beenerr..mirip beneerr..

mancaap..lanjut Puuh!



Alhamdulillah .................... Subhanallah ...............

Sampeyan iku sudah lama tak sengol2 tapi ora keroso , berkat rohmat bulan romadhon sampeyan mengerti apa yg saya maksud , semoga tambah seduluran maleh ..........................

Semoga saja, Saya tidak kebesaran rumongso Niat cuma satu , nanam kebajikan, dan semoga teman-teman kaskus bisa mengambil hikmah didalamnya.

kl seseorang yg praktisi akan mengerti kang , tetapi kl hanya belajarnya pakai buku tanpa guru , dia tidak akan tahu karena BUKU tidak bisa menilai, hanya GURU yg WASKITA saja yg mampu menilai apa yg terpancarkan oleh anak didiknya.

bahkan banyak yg dalil tetapi tidak tahu apa yg tersuruf didalam dalil tersebut ....

sepuro ne sing katah ...................kl ada kata ana yg salah

Quote:Original Posted By iffanux
Maaf puh ane makin ga mudeng nih
Ane numpang lewat aja deh ya :



dulur (saudara ) satu ini aneh, masih ingat dulu dalam kegersangan jiwa ....... dalam proses pencarian .......................... sekarang malah ndak kenal ..?

jangan pura2 .............. memang orang yg disini pada edan semua kok gan ? dan bicaranya pada ngelantur semua .....................

numpang lewat aja...

Quote:Original Posted By bismialif


bahkan banyak yg dalil tetapi tidak tahu apa yg tersuruf didalam dalil tersebut ....


Stuju puh kaya sholawat syiir gusdur "Ojo mung ngaji syariat bloko. Gur pinter ndongeng, nulis lan moco"



Quote:Original Posted By bismialif
xi...xi.xi , selama ana ngaskus ana baru tahu tulisan bisa terpancarkan warnanya hitam ........................., hebat sampeyan belajar dr mana bang ?

ana jalan2 ke trit katolik saja tidak ada yg warnanya hitam kok ?



Nyuwun sewu poro sesepuh sedoyo kemawon, umpami wadah gelas kagem ngisi toya sampun ditutup. Di paring ono toya sak lautan nggeh mboten saged mlebet. Umpami wadah e ilmu dasar e sampun mboten percoyo lan sampun nutup ati ne. Di jelaske kados punapa kemawon injih mboten saged nampi. Terah jatahipun makom namung semanten...

Karena perdebatan antar agama pun tidak akan ada habisnya karena semua individu sudah merasa paling benar.

Kaya orang minum tidak dapat merasakan nikmatnya minum kalau tidak minum sendiri. Tidak dapat merasakan nikmatnya dzikir kalau tidak ber dzikir sendiri.
Di ceritakan sepanjang apapun juga tidak bisa menggambarkan kenikmatan itu.

Monggo di babar malih.





Mohon maaf para sesepuh semuanya, jika ada gelas untuk mengisi air sudah tertutup. D kasih air selautan pun juga ga bakalan bisa masuk di akalnya. Jadi biarlah memang takdirnya sudah begitu.

Silahkan dilanjut pembabarannya...
ikut ndeprok

yg penting nggak mudeng
Quote:Original Posted By bismialif
siapa mengerti dan mengetahui rahasia dan mampu mengamalkannya dan meriyadohi maka Allah akan mengangkat derajatnya, dan Allah akan memberinya ilmu yang tidak disangka2.


kalo itu "sinyal"nya harus kuat mbah.....

smoga penghuni trid ini bisa menjadi orang2 yang mbah bismi postingkan di atas
Quote:Original Posted By prabuputri
Jadi keinget ajaran kematian Kanjeng Syeh SIti Jenar ..l


Maaf mau tanya bagaimana sih kejadian dari kematian Syeh Siti Jenar?
Ada yang bilang kalau di bunuh walisongo. Ada yang bilang kalau beliau Mukswa/hilang jiwa-raganya untuk menemui Tuhan?
saya rasa pembabaran makna hati yg hidup dan dampaknya pd kita sudah jelas , mari kita diskusikan lagi yg terlupakan bagaimana " METODE SHOLAT KHUSUK " apa itu sholat pengertian dan maknanya

ini kalau di surabaya ada triningnya dan biayanya minimal 1500 rb, ada di iklan2

sehingga timbul pertanyaan ternyata cukup mahal juga untuk belajar khusuk apalagi bagi kelas pemula ?, apalagi kl kita seoarng mahasiswa bahkan tukang becak ngumpulin duit segitu bisa2 setahun baru bisa ,,,? ada-ada saja orang cari hidup untuk menghidupi jasmaninya .

kenapa tidak khusuk karena yg didalam LIAR, kenapa yg didalam LIAR, karena yg didalam belum bisa ditundukkan , kenapa yg didalam susah ditundukkan karena belum tahu caranya dan belum tahu lawanya,

Izin bicara ya gan TS..

Awalan untuk memulai yg namanya sholat khusuk adalah mengetahui arti dari setiap bacaan maupun surat yg dibaca baik solat secara sendiri maupun yg diperdengarkan oleh imam..

Di atas adalah awalan..
Menurut saya shalat yang khusyuk adalah shalatnya jiwa dan raga secara bersama-sama, sehingga ketika mulut/jasmani mengucapkan takbir, batin juga mengucapkan takbir. Begitu juga saat membaca bacaan dalam rukun shalat.

Akan tetapi sebelumnya pahami arti dari setiap bacaan shalat. Biar batin kita dapat lebih menghayati setiap kalimat yang di ucapkan oleh jasmani jadi shalat secara lahir dan shalat secara batin lebih mudah tercapai.

Setelah terbiasa nanti kita dapat merasakan nikmatnya shalat bagaikan kita bertemu langsung dengan sang maha dumadi. Bahkan dapat pula shalat sambil menangis mohon ampunan. Shalat akan terasa indah bukan lagi menjadi sebuah beban tapi menjadi sebuah pertemuan yang di nanti-nanti.
Quote:Original Posted By jono559
Izin bicara ya gan TS..

Awalan untuk memulai yg namanya sholat khusuk adalah mengetahui arti dari setiap bacaan maupun surat yg dibaca baik solat secara sendiri maupun yg diperdengarkan oleh imam..

Di atas adalah awalan..


kalau itu sebagai ukuran kasihan mereka yg tidak bisa bhs arab, gan ......? apalagi makna persurat ...................... belum lagi kl imam membaca surat yg panjang2 ...........?

mungkin ada pendapat lain dr kaskuser .....?


Mohon izin ikut posting di sini sesepuh sekalian..
Saya ga pake quote aja ya, cuma ingin ikut posting saja (tentunya dengan bahasa yang mudah saja, biar sama-sama bisa di pahami, baik oleh yang awam maupun oleh yang sudah "berilmu")..
hhehehe...
Hampir kebanyakan orang tau arti dari surah Al-Fatihah, tau arti Surah Al-Ikhlas, tau Arti Surah An-Nass, tapi apa dari kebanyakan orang tersebut juga bisa mengawali untuk sholat dengan khusyu' ketika membaca surah-surah tersebut di dalam sholatnya ?!
Pernah merasakan nikmatnya sholat sampai nangis-nangis karena "merasa rindu akan Tuhan", tanpa tau sebabnya dan tanpa tau bener-bener arti ayat yang di baca ?!
Tidak semua bisa di jelaskan dengan akal logika kq, karena akal logika juga mempunyai keterbatasan..
Sama halnya jika anda membaca Al-qur'an "hanya" dengan logika, maka anda akan menemukan banyak sekali kontradiktif di antara ayat-ayat tersebut, tetapi jika anda membaca menggunakan "selain" logika, anda akan diajarkan sesuatu dari Mushaf tersebut..
Kunci dari kehidupan itu hanya satu, yaitu HATI..
Jika hatinya baik, maka baiklah segala perbuatannya. Namun jika hatinya buruk, maka buruklah semua perbuatannya..
Maka dari itu, beribadahlah dengan hati..
Bekerjalah dengan hati..
Dan terutama, HIDUPLAH DENGAN HATI..
Benahilah dulu hatimu agar dapat mencapai Tuhanmu..
HATI yang seperti apa ?!
HATI yang bagaimana ?!
Silahkan ditelaah sendiri dari debat kusir di halaman sebelum-sebelumnya, bagi yang belum paham atau bagi yang pura-pura belum paham..


Salam