Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

benjoel36Avatar border
TS
benjoel36
Jelajah Eksotisme Waduk Sermo [Waduk Satu2nya Di Yogyakarta]
Waduk Sermo terletak di Kawasan Bukit Menoreh, tepatnya di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo atau kurang lebih lima km di sebelah barat kota Wates. Waduk yang mempunyai luas genangan kurang lebih 157 Hektar ini, menjadi penyangga air bagi pertanian di bawahnya sekaligus objek menjadi wisata yang menarik.

Waduk Sermo ini diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 20 November 1996. Waduk ini pun menjadi penyangga kawasan pertanian di bawahnya serta objek wisata yang bias dikunjungi untuk aktivitas memancing, hiking, atau jelajah alam. Beberapa waktu lalu di Waduk Sermo juga diadakan festival kapal naga gan.

Waduk Sermo ini terdiri dari bendungan utama yang merupakan tipe urugan batu berzona dengan inti kedap air. Waduk Sermo panjang 190.00 m, lebar 8,00 m, tinggi max 58,60 meter dan volume urugan 568,000 meter. Waduk ini dibuat dengan membendung kali NGrrancah yang dapat menampung 25 jute\a meter kubik air.

Waduk ini merupakan waduk satu2nya di Yogyakarta. karenanya, sayangsekali bila ketika mampir ke JogjaAnda melewatkan mampir ke waduk ini yang masih terkesan asri. Pemandangan Pegunungan Menoreh masih terlihat asri karena memang masih banyak pepohonan yang dibudidayakan di daerah tersebut.

Pengunjung dapat menikmati pemandangan waduk dengan menyewa kapal (biaya sekitar 100ribu sejam), atau dengan menggowes kendaraan Andamenyusuri jalan aspal sekeliling waduk sepanjang 21kilometer. Pengunjung juga bisa menyaksikan waduk dari gardu-gardu pandng yang ada dengan tidak dipungut biaya sepeser pun.

Untuk menuju kawasan ini, jaln yang harus dilalui memang cukup berkelok-kelok naik turun dengan beberapa tikungan di sana sini. Mklum, nmanya juga kawasan pegunungan. emoticon-Big Grin Tapi denganppemandangan alamnya, tentu bisa menghibur para pengunjung sepanjang perjalanan menuju ke sana.

Bagi paramancing mania, waduk sermo tentu udah tidak asng lagi. Kawsan ini memang terkenal sebgaai kawasan pemancingan yang ramai dikunjungi. So, tertarik kah berkunjung ke waduk sermo? Dijamin, segala biaya di sini sangat terjangkau.




Quote:





Quote:





Quote:





Quote:





Quote:


Ini pas festival perahu naga gan...
Quote:



Quote:



Bu Anni Yudhoyono juga pernah mampir lho gan... Nih jepretannya

Spoiler for Bu Presiden ke Waduk Sermo:




Oke sekian trit dari ane. Bila berkenan tolong dikasih emoticon-Blue Guy Cendol (L)
jangan di emoticon-Blue Guy Bata (L)ndak sakit. CIAO agaaan...
0
4.2K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan